Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Rabu, 22 Desember 2010

Untuk Bunda

Ibu.. sosok yang mungkin sulit untuk  jelaskan, karena sebagai orang yang sejak kecil tidak tinggal dengan keluarga kandung, sedikit sekali saya mendapatkan info tentang ibu kandung saya. Tapi Alhamdulillah, saya masih sempat bertemu dengan ibu saya sebelum beliau meninggal. Walaupun saya pikir pertemuan tersebut terkesan kaku akibat sudah terbiasa tak berdekatan, namun tak sedikitpun mengurangi hormat saya kepada ibu yang telah melahirkan saya tersebut.

Lucu rasanya kalau saya bercerita tentang ibu, karena saya sering salah kaprah memanggil orang yang pantas disebut ibu buat saya. Di rumah saya punya seorang ibu yang membesarkan saya, tapi saya panggil "Neng" atau dalam bahasa Indonesia disebut mbak. Ada lagi ibunya Neng, orang yang terbiasa saya panggil emak. Justru anehnya ipar ibu saya yang sekarang telah almarhumah yang malahan saya panggil dengan sebutan "ibu". Nah terus ibu kandung sendiri dipanggil apa donk.? Saya justru panggil beliau dulu dengan sebutan Bulek atau Bibi.. mbulet kan? hahaha.

Yah mungkin karena faktor keluarga itulah yang membuat saya sekarang justru merasa menjadi seorang yang banyak dieman orang karena mempunyai banyak ibu. Dalam organisasi saya juga tanamkan pada adik-adik saya, jika semua orangtua teman kita berarti orang tua kita juga. Makanya jangan heran jika ibu saya di rumah anaknya puluhan meskipun belum pernah melahirkan mereka sama sekali.

Di dunia mayapun rasanya saya juga mempunyai seorang ibu, walaupun mungkin saja beliau tak merasa saya sebagai anaknya. (emang ibu darimana wong ketemu aja belum pernah hehe).

Ada dua orang yang saya anggap sebagai ibu saya di dunia maya. Pertama bernama Bunda Yati Rahmat, yang saya kenal lewat teman saya Bro Hakim dari FB. Seorang wanita sepuh yang meski dalam usia senjanya tak pernah berhenti belajar untuk mencari sesuatu yang baru. Bahkan kadang saya sempat kelabakan saat beliau meminta ajarin saya tentang pengetahuan baru di dunia maya.

Bunda yang kedua mungkin semua sudah banyak yang mengenal. Beliau bernama Bunda Lily Dontworry, seorang narablog yang sering saya jadikan tempat menggali inspirasi dalam berkarya. Kenapa beliau?. Jujur saat pertama kali saya memasuki dunia blogger saya merasa minder dan patah semangat karena sering kali saya temui beberapa narablog yang lewat kritikan tajamnya malahan mematahkan semangat blogger pemula seperti saya. Tapi saat memasuki blog beliau saya merasa mendapatkan tempat berteduh dan belajar banyak, meskipun saya hanyalah seorang pemula di dunia blogger.

Lewat posting ini saya ingin memberikan penghargaan atau oleh para blogger disebut award buat para wanita hebat yang telah memberikan  sebuah nuansa tersendiri dalam kehidupan saya. Walaupun saya tidak paham tentang apa itu award. Saya juga tidak paham apakah sebagai pemula saya layak untuk memberikan award. Saya cuma berharap semoga award di bawah  ini bisa mewakili cium tangan hormat saya kepada yang menerimanya.



Award ini saya haturkan kepada :
  1. Neng dan Emak atas semua kasih sayang yang telah beliau berikan sejak saya kecil hingga saya bisa seperti saat ini.
  2. Bunda Yati Rahmat Semoga award ini bisa menjadikan beliau untuk tak ragu-ragu lagi membuat blog personal.
  3. Bunda Lily Suhana, Saya berharap semoga award ini bukan menjadi sesuatu yang prematur seperti perkenalan saya dengan beliau yang baru seumur jagung.
Saya persembahkan juga kepada semua ibu yang mungkin telah memberikan saya makan, numpang tidur dan saran lewat petuah-petuah bijaknya. Juga untuk semuanya deh para nenek, embah, tante, bibi, bude, bulek, mbak, nona atau siapa saja para calon ibu... Selamat Hari Ibu...!! 

sumber gambar : ovations.blogspot.com
Sekilas Pariwara...

41 komentar:

  1. Sobat, beruntung ya kita punya Ibu
    Aku pun menuliskan puisi tentang Ibu

    Akhirnya bisa BW lagi ke sini nih :)

    BalasHapus
  2. maafkan anakmu ini mak, karena selalau saja membuat kesalahan dan membuatmu menangis...

    BalasHapus
  3. selamat hari ibu..., saya belum sempat menyampaikan pada istri dan ibu saya nih!

    BalasHapus
  4. Uhui, ada namaku nyantol di tulisan ini, cihuii..
    Tulisan yang manis Kang. Selamat hari Ibu ya.. sampaikan salam sungkem saya buat kedua Ibunda tersebut..

    BalasHapus
  5. Cucuharis@
    benar mas, mungkin kita enggak akan bisa komen2an ya tanpa ada ibu...

    Choirul@
    aku ampuni nak, asal jangan diulangi lagi ya

    Mas Tony@
    Wah buruan mas, awas enggakdibukain pintu loh kalau pulang hehe

    Masbro@
    oke tenkyu brade. tak salamno wes.. salam juga buat bapak, aku kangen rokok2an bareng

    BalasHapus
  6. ikut mengucapkan selamat hari ibuuuuu ^^

    BalasHapus
  7. dek ku mw juga dg award na .. boleh qu bawa pulang sekarang jga gak ???

    BalasHapus
  8. Selamat Hari Ibu Mas...
    Semoga kita dapat lebih berbakti pada Ibu.. :)

    BalasHapus
  9. :mj
    selamat hari ibu mas bro..
    wah kren tuh awardnya klo ane ibu boleh tuh tak pajang he... :o

    BalasHapus
  10. HALO-HALO, WAH SELAMAT HARI IBU BUAT MAMA MAMA DI INDONESIA. INGAT DAN TETEP SAYANG KITA KITA YA MA HHE

    KANG MAMPIR KE JOGJA, UDAH AMAN HHE

    BalasHapus
  11. Inge@
    Selamat hari Ibu juga mbak Inge tjantik

    Fitr4y@
    monggo deh Uni... silakan dicangking satu hehehe

    Ajengdewie@
    eh ada neng Ajeng ... yupz semoga saja hari Ibu bukan hanya sebatas diperingati, tapi sebagai anaknya kita harus bisa memberikan sebuah darma bakti buat beliau

    BalasHapus
  12. Genksukasuka@
    boleh kok silakan diambil juga, tapi dengan syarat ente mesti pake sanggul dan kebaya mulai sekarang :k

    Cahyanugraha@
    Insya Allah jika saya ada libur bro, main ke Jogja...salam buat mama ya...

    BalasHapus
  13. Awardnya manis sekali.. :)
    salam hormat dan sayang saya untuk ibu mas Akbar yang banyak sekali ituuuuuuuuuuu.. heheh..

    Selamat hari ibu untuk semua ibu di dunia, semoga ibu2 kita semua selalu dilimpahi kebahagiaan dan kemurahan rezeki.. :)

    BalasHapus
  14. Subhanallah, Alhamdulillah..........
    Akbar, terimakasih banyak, bunda bahagia juga terharu, kl memang Akbar merasa bunda jg sebagai ibumu....hiks...hiks....(peluk sayang)

    Semoga bunda bs jadi teladan utkmu, walaupun kita hanya bertemu via blog, semoga satu saat Allah swt mengizinkan kita utk bs saling bertemu muka langsung ,amin

    terimakasih banyak jg utk award yg penuh dgn kasih sayang ini ya anakku :)
    nanti bunda pajang sekalian di lemari award di rumah bunda :D

    titip salam hormat dan sayang bunda utk bunda2mu yg banyak itu, sampaikan ucapan selamat hr ibu pd Beliau2 ini.
    salam

    BalasHapus
  15. advetiyha@
    oke deh nanti saya sampaikan dapat salam dari Mbak Iyha yang biutipull... :r

    Bundadontworry@
    Alhamdulillah, berarti punya emak baru nih di dunia maya.. wah bisa selametan bubur merah nanti nih di dunia maya... Matur nuwun Bunda.....

    BalasHapus
  16. essip sam...
    hehehehehhe
    Ibu(smua wanita yg qt sbut ibu) memang seorang yg tidak pernah tergantikan.........

    BalasHapus
  17. OKE BOS, MAMPIR KE GEBUGKU KALAU KE SINI. NGINEPP DISINI JUGA BOLEH HEHEHE

    OKE :D

    BalasHapus
  18. Selamat hari ibu mas.. Dan selamat buat ibu-ibu yang mendapat award dari mas essip :)

    BalasHapus
  19. Prayogi Jodi Kusuma@
    wah ada adikku nih... aku sudah berkunjung ke blog kamu.. bagus deh dah berani nulis :d

    Cahyanugraha@
    Insya Allah brade, jika suatu saat saya ke Jogja bakal mampir kesitu

    Fendik@
    sampaikan selamat hari Ibu saya buat bundanya mas Fendik ya

    BalasHapus
  20. selamat hari ibu, dari tulisan ini saya tahu rasanya punya banyak ibu, apapun sebutannya begitu unik terdengar, beliau-beliau itu pastinya ibu yang mulia ya. makasih mas lozz akbar atas sambutan pertemanannya

    BalasHapus
  21. Gambar yang pojok kiri atas ditambahi ya? Tadi saya mampir kesini kok nggak ada?

    BalasHapus
  22. mamah Aline@
    wah sayang ya mbak terlalu muda utnuk jadi ibu dunia maya buat saya :O

    Gak Kuliah gak kiamat@
    Salam perkenalan balik mas

    MasBro@
    ono kok Kang...wah wes ngantuk keliatannya nih

    BalasHapus
  23. Salam dengan segala hormat buat ibunda tersayang dimanapun semua rasa kasih itu ditemukan... :)

    BalasHapus
  24. Wah, sebagai hadiah hari ibu. :)

    BalasHapus
  25. selamat hari ibu untuk para ibu semua di seluruh dunia ^^

    BalasHapus
  26. meski terasa kaku bertemu ibu kandung, tetapi saya yakin darah yang mengaliri tubuh pasti merasakan kehangatan disana...

    salam hangat dari kota medan

    BalasHapus
  27. Aku yakin kau anak yg baik dan berbakti
    Beruntung ibumu melahirkanmu
    Dan lebih beruntung lagi kau sobat karena memiliki ibu yg sangat baik :)

    BalasHapus
  28. Selamat Hari Ibu Mas. Saya juga blogger pemula banget Mas (alias Newbie). Mari bertukaran pikiran & berbagi cerita sesama newbie, he,,he...he. Salam perkenalan :)

    BalasHapus
  29. Selamat Hari Ibu Mas.......

    BalasHapus
  30. dek mana yg baru?? ktana semalm ngeblog og gk da ?? u cma bw yh ..

    salam dari Bunda Siti dek ..

    :)

    BalasHapus
  31. selamat hari ibu...
    betapa mangagumkannya sosok ibu..sosok bunda..yang begitu sabar membesarkan kita...mendewasakan kita :)

    BalasHapus
  32. Tusuda@
    oke makasih deh Bli buat kunjungannya

    Asop@
    Kang Asop mau tah hadiah juga? :P

    Kang Ian@
    Sampaikan salam hormat saya buat Bunda Kang Ian ya

    Jumialely@
    hem jadi ter teringat almarhumah ibu saya nih..
    Salam hangat dari Jember ya mbak

    BalasHapus
  33. Cucuharis@
    wah mas Haris nih membuat saya jadi merona-rona :L

    Belajar dan Berbagi Informasi@
    Saya pikir enak terus menjadi newbie deh biar bisa terus belajar.. salam perkenalan balik ya Mas

    Ded@
    matur nuwun Mas... salam dari Jember

    Fitr4y@
    cuma jalan jalan doang kok, loh kan semalam juga sempat mampir dirumahnya Uni?


    Elmaoudy@
    Semoga kita juga tak pernah merasa lelah untuk terus memberikan cinta bakti kita kepada ibu..
    Salam kenal

    BalasHapus
  34. Saya susah dalam mengungkapkan perasaan kepada ibu saya mas, jadi saya hanya mengirimkan sebuah sms untuk ibu ... salam persohiblogan ^_^

    BalasHapus
  35. Wuih.... keren! Ibunya banyak! Asyik tuh pastinya!
    ===
    Lucu juga panggilan ama ibu-ibunya, simpang siur hahaa :D

    BalasHapus
  36. Auraman@
    yang penting ikhla saya yakin ibu kita pasti senang menerimanya.

    Erdien@
    wah bisa-bisa kang erdien saya panggil Om nanti nih

    Indonesia bisa@
    oke makasih banyak kunjungannya

    BalasHapus
  37. Awas, jangan sekali-kali manggil saya ibu lho mas.
    Ibu memang perannya tak bisa digantikan oleh ayah mas. Kalau gak ada ibu entah bagaimana kita jadinya.
    Mari kita hormati dan kasihi ibu, siapapun beliau.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  38. Pakde Cholik@
    gimana kalau sekarang saya panggil ebes aja Pakde

    :20

    BalasHapus
  39. Ya ampuuunn....Lozzzz...bunda baru liat hari ini kalo anak online-ku yang kocak ini menghadiahkan sebuah Award buat bunda. Makasih banget ya Lozz. Maafin bunda yang lalai membuka lembar-lembar fb ya, hehehehe....

    BalasHapus