Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Sabtu, 01 Januari 2011

Ah Itu Cuma Sepele

Sedianya semalam saya akan menghabiskan malam tahun baru seperti yang sudah saya tulis dalam posting kemarin. Tapi ternyata saya justru menghabiskan detik - detik tahun 2010 dengan berdiam di dalam kamar. Gagal deh ritual pergantian tahun dengan mencumbui alam raya saya kali ini.

Sebenarnya pulang kerja saya sudah mempersiapkan segalanya buat acara nanti malam. Adik - adik sayapun sebagian besar sudah berangkat duluan menuju ke tempat yang telah dijanjikan. Namun saya menahan keberangkatan saya menyusul mereka, karena tiba - tiba hujan muncul. Sejam dua jam saya menanti, hujan tak jua berhenti. Sampai akhirnya saya dikagetkan oleh datangnya adik - adik saya yang tadi berangkat.

Saya tanya ada apa gerangan mereka kembali pulang. Mereka menjawab jika mereka tak tahan dengan kondisi hujan saat itu. Saya heran bukankah beberapa hari sebelumnya mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya, tapi kenapa mereka sekarang malah balik kucing?. Bukankah mereka pencinta alam yang seharusnya bisa mempersiapkan segala kondisi apapun itu saat di alam bebas.

Akhirnya saya mendapatkan jawabannya. Yah ternyata mereka menggangap remeh dengan apa yang akan mereka lakukan. Mungkin karena telah merasa jika hutan dan bukit itu sebagai tempat bermain mereka, jadi mereka menganggap sepele dan tidak mempertimbangkan segala sesuatu yang di luar perkiraan bakal terjadi.

Pulang kedinginan karena semua pakaian dan bawaan tak terlindungi, gara - gara tidak membawa jas hujan. Tenda yang tak bernah berdiri karena tak ada satupun yang membawa tali. Bahkan ada yang sampai kehilangan sandal karena berjalan tanpa membawa senter penerang. Sungguh sesuatu yang sebenarnya mereka tahu, tapi karena merasa di atas angin. Mereka jadi terlena dan diri sendirilah yang akhirnya menjadi tersiksa.

Akhirnya terpaksa rencana bermuhasabah bareng urung dilakukan dan diganti dengan obrolan bareng yang dibumbui dengan omelan saya akibat kesembronoan mereka. Rencana mencumbui alam rayapun gagal total karena semalam saya cuma bisa berdiam di dalam kamar sembari memandang timer online yang saya pasang di blog bergerak mundur sampai titik nol.

Mungkin cerita adik - adik saya bisa dijadikan pelajaran di awal tahun yang baru ini. Perasaan menganggap sepele tentang hal yang kita pikir mudah, akhirnya bisa membuat kita tertimpa masalah. Saya masih bersyukur adik - adik saya bisa pulang dengan selamat. Tak bisa saya bayangkan jika  adik - adik saya mendaki gunung besar dengan persiapan seperti semalam. Wah bisa - bisa malah sekarang saya yang kerepotan.

Dulur blogger, adakah rencana  yang dalam waktu dekat ini akan anda dikerjakan? Semoga tidak ada perkataan "ah itu cuma sepele" dalam perencanaan anda, karena bisa jadi di belakang ada sesuatu yang tidak bisa anda duga sebelumnya. Suatu hal yang anda anggap sepele, tapi jika diabaikan akan membuat rencana anda akan menjadi berantakan.

Image and video hosting by TinyPic

Sekilas Pariwara...

50 komentar:

  1. merencanakan segala sesuatunya dengan matang tanpa menyepelekan walau telah sering dilakukan karena kita tak pernah tau apa yang akan terjadi nanti >.<

    BalasHapus
  2. Ow, adek adeknya balik kucing ya? Nggak jadi dong mencumbui alam rayanya? Wah wah wah, sayang sekali.

    Packing itu penting ya Om. Dan jaskopi alias jangan sekali sekali melupakan korek api, hehe.

    Saam Lestari..!

    BalasHapus
  3. Yang paling sering terjadi di sekitar kita, kalau ada seseorang yang berprestasi, pasti ada saja yang nyelutuk, "Siapa duu Bapaknya.." Atau, siapa dulu mamanya, atau sebutan lain yang senada.

    Hmmm.. Kalau contoh kasusnya seperti yang di posting ini, kira2 apa ya tanggapannya?

    (Pura2 mikir, garuk2 kepala, trus cepet cepet ngacir. Mblayuuu...)

    BalasHapus
  4. Hahaha....
    Arek pencinta alam kok balek kucing, wkwkwk

    Sebenarnya tidak ada yang salah dengan adik2 kita... yang salah adalah kita sendiri yang tidak mengajari dengan ilmu yang benar...

    BalasHapus
  5. tetep semangat di tahun 2011, semoga harapan-harapan yang ada terwujud.. kebanyakan orang membuat rencana resolusi tahunan di tahun baru ini.. namun seleksi alam-lah yang bisa mengetahui orang yang sungguh sungguh dengan rencana resolusi ke arah kebaikan yang di pegang teguh.. keep spirit mas......

    BalasHapus
  6. Aduh malah enggak jadi. Enggak apa bang, nunggu waktu sambil liat jam online hhehe
    .Selamat tahun baru ya bang, semoga tahun 2011 adalah tahun yan baik untuk kita semua

    BalasHapus
  7. Smucklove@
    Sama - sama Om.. salam hacker jadi - jadian ya

    Inge / cyberdreamer@
    Met tahun baru ya mbak Inge... semoga rencana anda tahun ini, baik yang matang ataupun sepele bisa sesuai dengan harapan yang anda wujudkan

    Keluarga Tamasya@
    Jangan lupa koreknya Tokai.. biar tangguh di segala medan

    Masbro@
    Puh iki kan berarti sama dengan omong "Sapa dulu dong dewan Syuronya" :19

    BalasHapus
  8. Imam Shyox@
    Makane kamu juga jangan sampai keliru ngajari adik - adikmu, kamu kan termasuk sepuh sekarang di Pring Kunig wkwkwkwk

    Zico@
    sukses juga dengan anda Mas...

    Cahyanugraha@
    oke met tahun baru juga brade.. salam buat saudara - saudara Padmanaba disana

    BalasHapus
  9. kalo saya sih sob, gak pernah merencakan sesuatu, kalo bs dilakukan skrg ya lngsung dilakukan, jd kalo gagal gak trlalu kecewa.
    itu berlaku utk hal2 yg ingin dilakukan dlm wkt dekat saja.

    oya, met tahun baru ya sob..

    BalasHapus
  10. Diambil hikmahnya saja sobat dengan dtidak bisa mencumbu alam mungkin lebih baik jika dipaksakan mungkin juga anda bisa sakit hehehe....

    Salam

    BalasHapus
  11. sama dong, saya tidur jam 9 bangun jam 03.04. :D
    Tahun baru, semangat baru. Salam hangat :D

    BalasHapus
  12. Kasihan bang adik-adiknya.. jangan diomelin terus donk.. hehehe.. Sukses selalu buat mas akbar... :)

    BalasHapus
  13. Penghuni60@
    yupz semoga semua rencana anda, baik besar ataupun kecil bisa terlaksana ya.. met tahun baru juga Mas

    Daun@
    heeh wes rek.. mungkin pertanda ya sudah tua enggak boleh blusukan lagi hehe

    Qefy@
    Allo Mas Qefy makasih dah mampir balik disini ya.. Salam hangat dari Jember

    Fendik@
    enggak kok Mas, kalau enggak ngomel berarti enggak sayang.. Salam buat Wildan ya..

    BalasHapus
  14. Semoga kita selalu sipa dengan rencana juga selalu siap dengan ketentuan. like your post

    BalasHapus
  15. segala sesuatu itu harus di persiapkan dan di rencanakan dengan matang agar berjalan sukses ^_^
    selamat tahun baru 2011 yaa sob , semoga di tahun 2011 ini kita semua tambah sukses dalam hal yang di inginkan :)

    BalasHapus
  16. Hal-hal yang kadang dianggap sepele itulah yang kadang menjadi musuh terbesar kita dan akan menjerumuskan kita ke dalamlembah kegagalan... Hehe
    *_*

    Sukses selalu...

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  17. Blackbox@
    udah say konfirm FBya bro.. makasih ya

    Sichandra@
    selamat tahun baru juga ya :10

    Denuzz Burung Hantu@
    wah si Denuzz lagi berkicau di awal tahun nih.. sukses juga :17

    BalasHapus
  18. Jangan meremehkan, karena kita ga tau apa yang akan terjadi nanti (sok tau)

    BalasHapus
  19. Kembali pada, siapa yang menemani dan mengajari mereka? Adek2 baru tidak bisa disalahkan seratus persen. justru seniornyalah yg punya tanggung jawab moral terhadap mentalitas adek angkatannya.

    BalasHapus
  20. Kelpo@
    Jangan meremehkan, karena kita ga tau apa yang akan terjadi nanti (setuju) :42

    Mal@
    :41 jika adiknya tidak mengindahkan?
    bukan menyalahkan 100 % Sam.. justru ini dijadikan pelajaran..

    BalasHapus
  21. kunjungan balasan sekalian follow.

    Yupz, hal2 yg dianggap kecil bukan berarti kecil artinya justru ia memiliki peran yg ckp besar.

    Met taon baru moga sukses sll...

    BalasHapus
  22. saya yakin yang terjadi pada kita tu yang terbaik buat kita...
    coba ambil hikmahnya ka...

    BalasHapus
  23. semangat aja sob ngadapinnya, hehe..
    =D

    BalasHapus
  24. Iffa Hoet@
    oke matur nuwun Mbak Iffa, udah aku follow balik kok..

    Sibutiz@
    yupz benar.. kalau hal ini enggak terjadi.. yo kan kita enggak belajar lagi..:23

    Agung a. Kusuma@
    oke deh.. tetep semngat '45 kok :40

    BalasHapus
  25. namanya juga anak2 cak.... :13
    Mi diapain lagi, bisa jdi pelajaran yg berharga buat masa2 mendatang :17

    BalasHapus
  26. test.. Emoticonnya mantab.. Aku mbok diwuruk'i cak....???
    :10 :11 :12 :14 :15 :16

    BalasHapus
  27. Terkadang, sesuatu kecil yang kita sepelekan bisa berefek besar,,apalagi untuk mempersiapkan sebuah peralanan...

    BalasHapus
  28. Sedia payung sebelum hujan
    Begitu kan kawan
    Selamat Tahun Baru 2011 smoga semakin sukes ya...

    BalasHapus
  29. jika adiknya tidak mengindahkan? Caranya dong kawan. Untuk menghadapi sepuluh orang, lebih bijak bila kita menggunakan 10 cara yang berbeda.
    Oke kawan, salam rimba.
    :30

    BalasHapus
  30. Yup, jangan menyepelekan
    Tapi persiapkan dengan baik

    Ada deh :)

    BalasHapus
  31. bisa saya jadikan pelajaran juga mas Lozz, karena saya sering tidak tanggap darurat!

    BalasHapus
  32. Blog Santai@
    wah ojo akeh - akeh pasang emoticonnya cak.. Komputerku njerit iki kabotan buka'e :13

    Apikecil@
    termasuk barang - barang kecil ya Bid.. contohe tas kecil, kompor kecil.. api kecil masuk enggak hahaha

    BalasHapus
  33. Anisayu@
    met tahun baru juga Mbak.. sukses buat anda

    Mal@
    :17 Salam rimba Sam.. diombe disik kopine

    Cucuharis@
    :23 makasih Mas.. nih dibuat pelajaran lagi kok

    Mas Tony@
    sama - sama Mas Tony.. mumpung tahun baru, ada semngat baru buat belajar sesuatu yang baru

    BalasHapus
  34. mengajarkan yang baik-baik kepada adik-adik kita,,,,

    BalasHapus
  35. Betul mas, jangan pernah menganggap sepele segala sesuatu yang bahkan telah kita kenal dan hafal benar medannya, karena setiap detik akan selalu berbeda.. :)

    salam saya untuk adik2nya, juga abangnya yang katanya ganteng, haiyahhh,,, :P

    BalasHapus
  36. terkadang yang sepele itu dapat menyebabkan peristiwa yang dasyat, misalnya kerikil atau pasir yang kecil dapat menyebabkan mobil sedan terbalik karena terpeleset.
    atau seorang pegawai kantor yang kehilangan bolpoint yang harganya cuman seribu perak, bisa dimaki-maki orang satu kelurahan karena gagal mendapatkan tanda-tangan he he he....

    BalasHapus
  37. jangan pernah menganggap sepele segala sesuatu

    BalasHapus
  38. Asis Sugianto@
    heeh Mas, mungkin saya aja yang kurang kasih materi sedia payung sebelum hujan :33

    Advertiyha@
    :16 Terima kasih Mbak Iyha.. anda wanita pertama yang mengatakan saya ganteng di tahun 2011 ini

    Pakde Sulas@
    benar juga ya.. Bayangkan jika pak Lurah enggak bawa stempel, kan bisa di ganti cap jempol tuh surat-suratnya :20

    Mr Pall@
    oke setuju Mister....

    BalasHapus
  39. Disinilah pentingnya manajemen terhadap segala sesuatu yang hendak kita kerjakan, jadi pengalaman juga buat yang membaca, yang penting jangan sampai terjadi dua kali, ..... tambahan tulisan woco maneh marakno wong penasaran pengen klik, :29

    BalasHapus
  40. ibarat pepatah ya kalo kerikil yang kecil masuk ke sepatu pasti tidak nyaman :)
    Trims sekali sarannya :)

    BalasHapus
  41. Salam buat adek2 WACHANA ya Mas. Kita turut bangga dengan skil mereka di bidang daur ulang dan konservasi SDA. Salam Lestari.

    BalasHapus
  42. Sekecil apapun, persiapan harus matang. Tak boleh ada yang diremehkan.
    Tetap semangat. Salam,

    BalasHapus
  43. Hmmm....setuju gan...
    terkadang keberhasilan itu lebih didominasi oleh persoalan kecil yang sebagian org anggap sepele...


    Salam

    BalasHapus
  44. well prepared , itu kuncinya .
    bila kita ingin sukses dlm mengerjakan sesuatu ya Akbar :)
    namun, hal tsb diatas pasti ada hikmahnya juga , utk pelajaran berharga next time :)
    salam

    BalasHapus
  45. sekali2 thn baru di kamar to... hehehe... msh ada thn dpn dan pastinya bs lbh prepare lg. kn dh ad pengalaman. hehehe...
    alhmdlh crb cerah,jd bs nikmatin kembang api bersama anak2 n suami(hehehe... gak penting y)

    BalasHapus
  46. Astrasatria@
    Awas mbledos loh kalau di klik :21

    Arkasala@
    :35 Apa enggak sebaiknya sepatunya dilepas aja Mas, pakai sandal

    Keluarga Tamasya@
    oke .. iki lagi ngopi bareng.. Ora melu tah?

    BalasHapus
  47. Indo[dot]com@
    oke... semangat....!!!:31

    Usman Jambak@
    wah jangan panggil juragan lah.. juragan emoticon ya hehe

    Bundadontworry@
    eh Bunda dah muncul lagi deh.. yup pelajaran buat saya dan adik - adik saya Bunda... :23

    Ientanainie@
    Met tahun baru ya Mbak buat anda sekeluarga

    BalasHapus
  48. permisi...tukang servis kulkas numpang lewat...hehe

    BalasHapus
  49. bisa jadi muhasabah awal tahun mas hahaha :D btw ke gunung apa neh

    BalasHapus