Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Senin, 10 Januari 2011

Hape

Sore itu disebuah kandang kambing, terlihat pak Dargombes dan istrinya tengah berbincang.

"Bu mungkin besok aku mau jual kambing kita satu",  kata Dargombes sembari memberi makan kambingnya.

"Loh buat apa toh pak?", tanya bu Dargombes mengernyitkan dahi.
"Wong celengan beras kita di gentong isinya masih banyak".
"Ikan aja tinggal ambil di empang sebelah"
"Mau nyambel kita juga enggak perlu dipusingin dengan harga cabe yang sedang melonjak"
"Apa uangnya itu  mau sampean buat kawin lagi?", tanya bu Dargombez cemberut.

"Ah kamu ini ada - ada aja toh Yang, cintaku hanya untuk dikau kok",  jawab Dargombes merayu istrinya.
"Aku pingin beli hape bu, biar enggak kalah ma Pak Lurah".

"Lah untuk opo sih Pak, kita beli sesuatu yang enggak penting bagi kita", bu Dargombes menyahut.

"Ah kalau nuruti kamu, enggak bakalan maju kampung ini"
"Ya dibuat telpon - telponan sama teman - temanku di kota toh", timpal Dargombes kesal
"Masak mesti ngandalin kentongan balai desa terus. emang kita ini doro mesti ditabuhin kalau mau kumpul?"

Sambil masuk rumah bu Dargombes menjawab, "Ah terserah wis pak, sampean emang kalau ada maunya enggak bisa dikalahin oleh siapa aja"
"Poko'e aku enggak ikut - ikut kalau ada apa - apa nantinya loh",  imbuh Bu Dargombes dari dalam rumah.

Malam itu Dargombes sulit untuk memejamkan mata. Membayangkan besok pastilah namanya bakal melonjak drastis di desanya.
"Mulai besok pasti orang - orang pasti akan sungkan manggil aku lagi si Dargombes wedhus"
"Kalau aku punya hape kan kedudukanku sama seperti Pak Lurah atau Haji Marmo juragan apokat yang juga memiliki hape"
"hahaha, lihat aja besok hai orang - orang ndeso", batin Dargombes meringis.

Esok pagi segera Dargombes menyeret salah satu kambingnya, untuk segera di jual kepada Tarno. Tetangga belakang rumahnya yang sekaligus peternak kambing sama seperti dia. Setelah terjadi kesepakatan harga, segera Dargombes menuju ke kota untuk membeli barang yang amat dia idamkan yaitu sebuah hape.

3 Minggu kemudian....

"Bu keliatannya besok aku mau jual lagi hape ini",  kata Dargombes sambil utek - utek hapenya.

"Loh sampean ini piye toh pak?"..
"Kapan hari ngeyel enggak mau dicegah buat beli hape".
"Lah kok  sekarang malah mau dijual lagi?", tanya bu Dargombes keheranan.

"Perkiraanku salah Bu. Ternyata punya hape itu enggak enak",  jawab Dargombes menghela napas panjang.
"Masak tiap tiga hari sekali aku mesti nitip duit sama Bachtiar kalau pas ke kota buat beli pulsa".
"Wah bisa bangkrut aku kalau gini terus",  imbuh Dargombes berat.

"Tapi kan sampean sudah terkenal di desa ini?",  bu Dargombes balik bertanya sinis.

"Ya aku emang sudah terkenal Bu'ne, tapi terkenal enggak waras sama anak - anak kecil di desa ini", Dargombes menyahut jengkel.
"Masak gara - gara rumah kita ada di balik bukit, jadi tiap mau nelpon bisanya cuma di pojokan kuburan atas sana".
"Lah aku malah dianggap orang gila sekarang. omong sendiri di pinggir kuburan oleh anak - anak kecil"
"Kalau enggak di kuburan. Naik pohon rambutan dulu baru jaringannya enak".
"Wis emboh Bu'ne. Poko'e besok aku mau minta antar Bachtiar ke kota buat jual hape ini lagi".
"Kesikso aku kalau ceritane gini"

Esoknya Dargombes kembali minta antar tetangganya si Bachtiar. Dengan berboncengan motor dia bermaksud untuk menjual kembali hapenya ke tempat semula.

"Waduh.. waduh. apes..apes poko'e tumpes wes!", teriak Dargombes saat dia masuk rumah sekembali dari kota.

"Loh sampean ini ada apa toh Pak. kok kayak orang habis ngeliat setan pake teriak - teriak?", tanya Bu Dargombes heran.

"Gimana aku enggak kesel hape yang kemarin aku beli itu, sekarang dijual malah laku separuh dari harga aku beli dulu", jawab Dargombes sambil membuka baju.
"Padahal tempatnya sama, orangnya sama. lah kok  harganya turun enggak karuan gini malahan"

"Lah itu kan sudah jadi keputusannya sampean dulu kan Pak?".
"Jadi sampean harus bisa nrimo apapun yang terjadi", bu Dargombes mencoba mendinginkan suasana.

"Udah wes Bu'ne. Engga usah ceramah lagi, aku ini tambah mumet dengar ceramahmu", Dargombes membela diri.
"Nyesel rasanya aku beli hape itu dulu".
"Lebih ngenes lagi ternyata kambing yang aku jual dulu, kata si Tarno kemarin sedang bunting"
"Wah rugi banyak aku poko'e.", keluh Dargombes.

"Ya udah Pak, semua dijadikan aja pelajaran buat kita", bu Dargombes menyahut sembari menyodorkan secangkir kopi.

Dargombes menjawab sembari meminum kopinya, "Iya bu'ne, aku nyesel kenapa dulu enggak nurut katamu aja ya".
"Tapi kira - kira boleh enggak ya kalau kapan - kapan aku jual pekarangan buat beli motor seperti punya Bachtiar?"

"Beli motor?, TIDAK...!", jawab bu Dargombes mendelik.

 

Hikmah :

  1. Kebahagiaan adakalanya terasa indah saat masih belum ada di dalam genggaman, tapi manakala keinginan itu sudah kita dapatkan rasanya tidak seindah saat kita membayangkannya dulu
  2. Ambisi berlebihan dalam  mengejar nama, gengsi atau status sosial justru akan memberikan kesulitan pada diri kita sendiri
  3. Kecanggihan teknologi haruslah diimbangi dengan pengetahuan yang memakainya.


    Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Cermin Berhikmah di BlogCamp

    Image and video hosting by TinyPic
    Sekilas Pariwara...

    92 komentar:

    1. Benar2 menikmati cerita Dargombes ini sampek ludes des. Oyi critane brow..Sip..! Apalagi hikmahnya. Nggarai ayas melu mikir;

      BalasHapus
    2. haha,... lucu mas ceritane hehe,. kalau elektronik udah bekas pasti jatuh haha, kecuali tanah dan emas hehe

      BalasHapus
    3. aku sangat setuju dengan : Kebahagiaan adakalanya terasa indah saat masih belum ada di dalam genggaman, tapi manakala keinginan itu sudah kita dapatkan rasanya tidak seindah saat kita membayangkannya dulu

      BalasHapus
    4. Masbro@
      Ojo terlalu mikir Bro.. iso uleng umak.. jujur wae aku uleng gawe artikel iki :38

      Auraman@
      ada lagi yang enggak pernah naik brade.. yaitu sandal

      Mr. Pall@
      piye mas sudah nemu jawaban pertanyaan saya.. bisa bikn bahagia loh kalau tahu jawabannya

      Fitrian@
      Monggo.. kulo aturi tertawa Mbak :21

      BalasHapus
    5. aku wis ngiro lek sampyan nulis bakal apik....
      sip menarik..

      BalasHapus
    6. menyesal tiada guna, bersyukur mungkin lebih bisa memberi kebahagiaan... :)
      ceritanya oke mas, semoga beruntung dalam kontes ini... :)
      trimakasih

      BalasHapus
    7. Pak Dargombes memang Oke ...


      Salam dari Solo

      BalasHapus
    8. Propananda@
      aku yo ngiro lek bengi iki awakmu bakal komen hehe.
      sukes kontesnya ya Sam

      Sukadi@
      Matur nuwun Mas.. jenengan mboten tumut kontes :22

      Rantansolmj9@
      :39 Apa kabar Solo Mas.. lama nih kita enggak bersua ya

      BalasHapus
    9. Walah pada ditodong sama manager blog champ (mas Cholik).

      BalasHapus
    10. tiga hikmah yang benar adanya
      kebahagiaan sering terlihat semu
      semoga kita bisa semakin bijak
      salam sukses..

      sedj

      BalasHapus
    11. Wakakakakaa, bing-kambing.... Segar untuk cerita pagi2. Haha. Mas, pandai menyimpulkan hikmah euy mantep:D

      BalasHapus
    12. siippppp.......

      teruskan berkarya.....

      BalasHapus
    13. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam K.U.C.B
      Artikel anda akan segera di catat
      Salam hangat dari Markas New BlogCamp di Surabaya

      BalasHapus
    14. Wah mas Lozz iki akhire ketok kreativitase, kembangkan mas! Ketoke akeh penerbit sik siap nyetak!

      BTW realita dimasyarakat sekarang ini banyak yang begitu, keadaan ekonomi kalah dengan gengsi yang akhirnya menjerumuskan pada jurang kemiskinan yang lebih dalam

      Semoga artikelnya bisa jadi pemenang mas Lozz

      BalasHapus
    15. Cerita yang bagus...TOP BGT

      BalasHapus
    16. keren bgt ..

      smoga sukses ya dek .. :15

      BalasHapus
    17. ceritanya menarik deh...

      Seru banget bacanya.

      BalasHapus
    18. saya mah beli HP nya ntar kalo dah terakhir aja. Kalo dah murah dan gak akan keluar tife terbaru lagi hehehe

      keren ceritane koncoku

      BalasHapus
    19. Aldy@
      kapan nih sampean bikin acara todong - todongan juga Om?

      Sedjatee@
      matur nuwun Mas, semoga juga bisa menjadi hikmah buat saya dan siapa saja

      Qefy@
      ayo dulur2 Bloofers ikutan berpartisipasi yuk

      Muhammad Ridwan@
      Makasih kunjungannya Mas.. lanjutkan berkarya :10

      BalasHapus
    20. Shohibul KUCB@
      Alhamdulillah ternyata sampun diverifikasi artikelnya.. matur nuwun Pak Komandan

      Mas Tony@
      ono - ono wae mas Tony iki... ayo ikutan juga Mas mumpung ada waktu

      Smials@
      oke deh.. MKSH BNYK :10

      BalasHapus
    21. Fitr4y@
      makasih Uni.. semoga artikel Uni juga menang

      Nadia Meutuah@
      eh ada Mbak Nadia nih :31 maksih dah berkunjung ya

      Cucuharis@
      lah piye nanti Mas kalau saya mau pesan Mie janda, kan enggak bisa nelpon Mas Achoey nih :24

      BalasHapus
    22. Gengsi jangan mengalahkan Akal budi dan akal sehat. Atas stempel komandan blogcamp, JURI datang menilai. Terima kasih atas cerita penuh hikmah. Salam hangat

      BalasHapus
    23. hahahahaha...
      owalah dargombes dargombes..

      BalasHapus
    24. kebahagiaan gak hanya diukur dari materi

      -apa yang baik menurut kita, blom tentu baik di mata Allah-



      *ijin ngelink blognya ya!

      BalasHapus
    25. Cihuuuuuuuuyyyyy... ceritanya asoy geboy.. :)
      bener banget tuh ketiga hikmahnya mas.. :)

      bener2 deh dargombes,, ehehe...
      eh, motor kayak bachtiar harganya berapa ya mas?? :P

      BalasHapus
    26. waaah bachtiar provokasinya....*CANGGIH CERITA RAKYAT YANG SATU INI, ISINYA TENTANG GADGET!

      BalasHapus
    27. Jumialely@
      monggo bu Juri.. kulo haturaken.. diunjuk rumiyen es teh'e nggih.. :11

      Kira@
      loh kenal dengan si Dargombes ya..?

      Bundamahes@
      monggo.. saya link balik deh, biar kalau saya lagi kangen ma Mahes jadi enak nyarinya :28

      Advertiyha@
      apa motor..? emang mbak Iyha mau dipelototin bu Dargombes :19

      Adetruna@
      heeh kali Mas.. wong bachtiar itu juga sering pinjam kok hape Dargombes hehehe

      BalasHapus
    28. setuju,setuju... tp sebenarnya aku malah geli baca ceritanya, lucu, apalagi yg bagian kuburannya, hahaha..aku g bs ngebayangin gmn rasanya itu bapak setiap nelp begitu crnya. hahaha.., lucu. Oya, maaf, aku kn bukan org jawa, mo nanya mas, wedhus itu apa sih?srg denger, apalgi pasca merapi; wedhus gembel. Makasih..

      BalasHapus
    29. Kadang kecangihan tekhnologi yang tidak cocok bagi kita malah membuat kita terbelenggu oleh tekhnologi itu sendiri. :14
      Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

      BalasHapus
    30. iya emg punya hp ga enak habis2in duit hahahahahahaha.............

      BalasHapus
    31. Wits@
      Wedhus it's mean Goat.. ato bahasa latinnya embek

      Sugeng@
      lah ini yang jago teknologi buat nanam cabe sudah datang :14

      Menone@
      :36 bener nih enggak butuh hape lagi

      BalasHapus
    32. wah cerita nya bagus..

      apa lagi hikmah nya sangat bagus :D

      BalasHapus
    33. setuju kang... jika kita sebagai pengguna canggihnya tekhnologi tapi gag ngerti gunainnya, saiia rasa percuma juga :( seperti saiia nii :( hiks hiks hiks

      BalasHapus
    34. Suatu cerita yang benar-benar membawa hikmah, banyak kejutan disana, hebattt... bukan sekedar cerita, namun sekaligus mengingatkan kita yang kadang-kadang keblinger sama yang namanya teknologi, ayo semangat kang, aku melu ndukung, kang akbar pancen oyee

      BalasHapus
    35. wkwkwkkkkk.... asli mules mbacanya(lucu...). bagus banget tulisannya... ^menghibur^^

      BalasHapus
    36. Dariz Firzan@
      Mas Dariz bisa kok bikin cerita yang lebih bagus dari itu

      Genial@
      lah disyukuri donk.. ngeblog juga teknologi loh

      Astrasatria@
      :12 matur nuwun Kang. ayo melu pisan kontesnya

      Ientanainie@
      loh..loh.. awas jangan kenceng - kenceng ketawanya loh Mbak :21

      BalasHapus
    37. selain sandal ada juga mas , yaitu sikat gigi hehe, aya aya wae to mas haha

      salam pelayaran auraman

      BalasHapus
    38. ia maksudnya gtu kang... :)

      BalasHapus
    39. Hahahahah..
      keren mas ceritane..
      salam buat dargombes ya
      sukse mas kontesnya

      BalasHapus
    40. memang kadang kita silau dengan apa yang dimiliki orang lain ya mas.... kadang logika tersingkirkan dengan rasa iri yang berlebih.....

      BalasHapus
    41. Cerita yang menarik, dan semoga menang.

      BalasHapus
    42. haha...kasian mau jadi terkenal malah dikatain kurang waras.wis tak doakan sing nulis ngga ketularan dan bisa memenangkan kontesnya,nek wis menang ojo lali traktir aku yo..???

      Salam

      BalasHapus
    43. rumahnya baru nih Lozz,,, tahun baru, semangat baru,, :)
      ceritanya apik banget, mengena,, contohnya sih Hp, tapi banyak kebutuhan lain yg membuat kita seperti Pak Dargombes..

      BalasHapus
    44. Cerita yang sangat menginspirasi, memang sudah seharusnya berpikir baik-baik sebelum bertindak...

      SALAM hangat dari Kendari... :)

      BalasHapus
    45. Auraman@
      wkwkwk... masih kalah dengan sandal donk.. kan selalu turun dibawah

      Genial@
      lah mampir lagi nih Mas.. matur nuwun ya

      Apikecil@
      oke deh.. slam lestari wae yo :23

      Octa Winanda@
      eh Mas Octa.. sudah bangun nih rupanya

      BalasHapus
    46. Cyber Katrox@
      oke tenkyu Mas...

      Daun@
      begh kok malah nyangkutin sing nulis sih :18

      Ysalma@
      heeh nih Mbak rumah baru dengan satpam baru bernama Dargombes hehehe

      Tusuda@
      mataur nuwun Bli.. semoga yang nulis enggak ikut ketularan gegabah separti Dargombes

      BalasHapus
    47. haha
      kadang kita merasa kalo di tempat tertinggi itu menyenangkan
      tapi di saat kita di tempat tertinggi itu malah membosankan
      malah kadang menyusahkan kita..

      BalasHapus
    48. kak
      aku link ya blog nya
      okeh
      linkback ya kak
      makasih
      :D

      BalasHapus
    49. Ceritanya menarik mas.. Sing jenenge Dargombes ketbiyen ra tau beneh. hehehe... semoga sukses di kontesnya pakdhe.. :)

      BalasHapus
    50. maz Lozz....aku lom nemu jawabane hehehe salam yo

      BalasHapus
    51. AkaneD'Sila@
      oke..oke udah saya cantolin juga kok linknya

      Fendik@
      Matur nuwun mas.. slam buat Mbaknya ma si ganteng Wildan ya :20

      Mr. Pall@
      :19 wah piye iki juragan kuis, kok maah enggak bisa nebak pertanyaan saya

      BalasHapus
    52. ngeri amat, nyari sinyal harus ke kuburan dulu :p

      yang pasti... HP baru akan kepake kalau ada yang bisa ditelpon, hehehe :)

      BalasHapus
    53. ceritane mantep kang...hehehe..

      BalasHapus
    54. Rime@
      Hape baru juga baru bisa kepake kalau sinyalnya baik hehehe.. makasih dah berkunjung ya

      Xenia@
      Mantep juga tuh kalau bisa dapat Xenia.. sukses ya

      Kumpulan Hot threads Kaskus@
      Alhamdulilah, ternyata ada juga yang merasa terhibur dengan tulisanku.. makasih yo kang :10

      BalasHapus
    55. manusia indonesia sudah semakin tersihir sama yang namanya hape.. :( hiks hiks.. selalu gak pernah lepas benda satu ini dari genggaman.. jika terlupa... alangkah kebakaran jenggotnya.. duhh :(

      BalasHapus
    56. maklum.. ketika GENGSI diutamakan, ya akhirnya sengsara.. :D

      salam kenal kang.. :D

      BalasHapus
    57. hehe,,,
      itu cerita tahun berapa mas?
      di kampung saya yang pelosok kali pun udah pada pake Hape soale,, :D
      :17

      BalasHapus
    58. hahaha pak dargombes kena batunya:21,,kita mesti sabar ,,nurut omongan istri,,hehe cerita yg menarik,,salam kenal,,:11

      BalasHapus
    59. menurut saya haruslah bijak dalam berkeluarga...:24

      BalasHapus
    60. hhhmmm....postingan yang bermanfaat broo...

      thank's..

      aku pasang link kmu di blogku ya..??

      BalasHapus
    61. Postingannya bagus banget. Semoga suami or istri yang biasa gak dengerin omongan pasangannya, yang biasanya suka egois baca nih postingan, jadi bisa insyaf and sadar.

      BalasHapus
    62. kang.. ada hape yg gag kepake apa kang??? :)

      BalasHapus
    63. Lucuuu... :D
      Tapi, itu bener. Orang2 kita kan kebanyakan suka latah. Orang lain punya apa, langsung pengen pdhl gak tau cara makainya.

      BalasHapus
    64. inspiratif banget kang tulisanya.
      oh ya suksess buat kontesnya ya kang

      BalasHapus
    65. Merliza@
      termasuk yang komen kan..?? :19

      Chapunx32b@
      wah namanya seperti nama organisasi P.A saya nih. heeh salam kenal balik ya

      Mashury@
      mungkin itu zaman saat situ masih belum ngerti yang namanya blog :21

      Ahmad'z@
      makasih dah berkunjung ya.. slam kenal balik dari Jember

      BalasHapus
    66. Julicavero@
      yupz betul, kita berkeluarga kan harus menjalin komunikasi yang baik ma istri.. (sok tau, padahal yang nulis belum punya istri) :29

      Usman Jambak@
      dengan senang hati Mas, tuh udah aku pasang juga punya anda...

      Atikah@
      Amieen.. semoga juga saya enggak ikutan egois nanti seperti Dargombez

      BalasHapus
    67. Genial@
      hapenya dargombez tuh enggak kepake.. eman mau dibeli tah bro hahahaha

      Mirnarizka@
      lah Mbak Mirna ini piye toh.. dibawah tadi terharu ampe nangis, lah sekarang malah mringis ndiri nih

      And1k@
      :30 makasih ya.. enggak ikutan juga nih Brade

      BalasHapus
    68. Cermin hikmahnya sangat inspiratif Mas!

      Memang manusia kadang punya sifat ria, serakah, iri hati dan sebagainya.

      Kadang manusia baru sadar akan sifat buruknya saat merasakan akibat dari sifat buruk tersebut.

      Semoga kita terhindar dari sifat-sifat buruk itu, amin!

      Sukses buat Mas dan keluarga! Amin!

      BalasHapus
    69. suatu cerita yg memiliki bnyak arti dalam kehidupan.....
      ngomong2 tu crtax spa sam?????

      BalasHapus
    70. endi iki mbak chaterine kok ngga ada lagi...??
      hehehe ;)

      BalasHapus
    71. ronda malam ngantuk2, menu na mash yg ky kemaren ... ckckckck

      BalasHapus
    72. ceritane renyah gurih sedrhana tapi mengena....slam kenal bro

      BalasHapus
    73. Suka sama ceritanya :10

      BalasHapus
    74. ceritanya sederhana tapi penuh makna nih brother
      keren :)

      BalasHapus
    75. kisah yang sarat makna, Akbar.
      membacanya seperti menertawakan diri sendiri,
      begitulah kebanyakan dari kita berbuat sesuatu tanpa ilmu, jadinya malah keblinger .

      Semoga beruntung di acara KUCB ini ,Akbar :)
      salam

      BalasHapus
    76. Hmm...
      Rumput tetangga biasanya memang kelihatan lbh hijau ya...hehehe
      Yah, pintar2nya ajah kita mengendalikan antara keinginan dan kebutuhan... :)

      BalasHapus
    77. Erdien@
      Amien.. sukses yo Kang buat targetnya

      Paryogi Jodi Kusuma@
      Yo critane Dargombes le.. masak bang Lozz sih

      Daun@
      sik mas.. iki ora nemu - nemu bahan :25

      Fitr4y@
      heeh Uni.. untuk sementara habisin ini dulu deh

      BalasHapus
    78. jangan grusa-grusu dalam ambil keputusan ya bang?hhe
      oh ya, semoga sukses lombanya hhe. caranya ikut lomba gimana bang>

      BalasHapus
    79. Riez@
      emang makanan nih renyah 'n gurih :21

      Sya@
      :31 Makasih Mbak..

      Julie@
      Wow ada Mbak Julie lah yaw.. maksih ya Mbak..

      Bundadontworry@
      terima kasih Bunda.. yang penting berpartisipasi aja deh Akbar..

      Vany@
      bener.. jangan ampe kita silau melihat kebahagiaan orang lain.

      BalasHapus
    80. ampiran malam menjelang bu2 nii kang :)
      gmn hapenya?

      BalasHapus
    81. Cahyanugraha@
      tuh kan ada di link atas.. langsung aja deh ke TKP

      Genial@
      nanya Dargombes aja deh masalah hape hehe

      BalasHapus
    82. wakkk..wong ndeso di kmpung toh pengen punya hape :D mending ksi ke saya aja hpeny :D

      BalasHapus
    83. bagus banget ceritanya, smoga menang yachh......salam kenal

      BalasHapus
    84. penuh imajinasi...sukses dalam kontes ya... balesan kunjungannya ditunggu..

      BalasHapus
    85. haha... suka banget kisah dargombesnya...
      bahasanya natural n sangat menjiwai... seolah2 kisah nyata penulis sendiri xixixixi... wokeh..! kereeen..

      BalasHapus
    86. Kang Ian@
      lah kalau di kasih saya juga mau kok Kang

      Nia@
      makasih Mbak.. slam kenal balik ya

      Islam Mumtaz@
      oke makasih ya.. Insya Allah saya mampir juga

      Bunda Azka@
      loh berarti saya Dargomes donk :38

      BalasHapus
    87. jangan jangan ... hiks.. :21

      BalasHapus
    88. Lozz10x, alur cerita yang sederhana tapi padat dengan humor. Ampe bunda tuh ketawa-ketiwi didepan komputer pas baca ber-hp-ria di kuburan ma harus naek pohon rambutan ha-ha-ha-ha-ha....sekarang giliran bunda deh yang dibilang gini nih ma cucuku: iiiccchhh....bunda koq ketawa sendiri sih??? Lozz.....bunda tarohan nih pasti cerita si Dargombes menang dalam kontes. Hayyoooo, kalo menang bagi paro ya hadiahnya, xixixixixixiiiiiiiiiii...

      BalasHapus
    89. Alo mas,
      tabungan sudah saya kirim via ATM
      silahkan di cek
      Buku segera dikirim

      Salam hangat dari Surabaya

      BalasHapus
    90. Ceritane lucu tapi hikma e bener bener mantep ka,

      Terus berkarya ea ;-)

      BalasHapus