Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Selasa, 22 Februari 2011

Poko'e Melu

Alhamdulillah.. Mungkin itu yang bisa saya ucapkan untuk semua kebahagiaan yang telah saya dapatkan dalam pekan kemarin. Setelah Dargombes membawa keberuntungan dengan menjadi pemenang ke 8 KUCB lewat hapenya. Kapan hari giliran goyang patah-patah saya yang berhasil membuat Kakaakin kesengsem hingga akhirnya memberikan penghargaan sebagai peserta ternekat dalam Kontes Aku Ingin Sehat.

Bicara tentang kontes saya juga mempunyai sedikit pengalaman dengan sebuah kontes yang kebetulan pula saya beruntung di dalamnya. Sebuah kontes foto yang diadakan oleh Myallfriends. Sebuah situs jejaring sosial yang membayar untuk setiap aktifitas membernya.

Walaupun cuma berhadiah total $8 untuk tiga pemenang saya antusias sekali mengikutinya. Sebab menurut saya kontes adalah singkatan dari dikongkon ngetes atau dalam bahas Indonesia berarti diujicobakan. Saya pun ingin coba-coba mengetes sejauh mana sih penilaian orang terhadap foto saya itu.

Saya pilih beberapa foto yang saya anggap bagus di mata saya. Beberapa foto tentang kegiatan mendaki gunung pun saya ikutkan, karena saya anggap foto-foto tersebutlah yang layak untuk mengikuti kontes tersebut. Seperti biasanya saat mengikuti progam atau lomba apapun di dunia maya, saya tidak terlalu banyak berharap. Bahkan tarkadang lupa kalau saya telah mengikutinya. Menang Alhamdulillah, kalahpun Alhamdulillah. Poko'e kalau mampu saya melu itulah prinsip saya.

Dua minggu berikutnya saya dibuat keheranan, karena ada beberapa pesan dan komen di akun saya. Beberapa orang bule yang tidak saya kenal menulis "congratulations", "nice photo" atau ucapan-ucapan selamat yang saya masih belum mengerti artinya. Saya pikir ada apa dengan saya kok orang bule-bule ini omong congrats-congrats semua kepada saya.

Oh ya ding, saya kan mengikuti kontes foto yo?. Berarti foto saya menang dong. Lah terus foto yang mana ya, wong fotonya orang bule itu bagus-bagus? Kok bisa ya saya menang?. Itulah pertanyaan yang timbul dalam hati saya setelah sadar jika salah satu foto saya menjadi salah satu pemenang kontes. Karena penasaran akhirnya saya cek satu persatu foto yang saya ikutkan lomba tersebut. Oalah ternyata foto yang saya anggap paling jeleklah yang menjadi pemenangnya. Dan inilah foto tersebut..


Terus terang sampai sekarang saya bertanya-tanya kenapa foto di atas itu bisa menang. Padahal foto itu cuma diambil lewat kamera ponsel Sony tipe K800, mulus tanpa editan. Modelnya aja baru bangun tidur dan belum cuci muka sama sekali. Seingat saya sepeda yang ada dalam foto itupun saya pinjam dari anak sekolah yang kebetulan lewat rumah. Lah kok iso orang bule menganggap foto saya bagus?.

Dulur blogger, dari pengalaman tersebut saya mendapat pelajaran, jika kita seringkali meremehkan karya kita sendiri. Padahal apa yang mungkin menurut kita remeh belum tentu orang lain menganggapnya demikan. Kontes..Dikongkon ngetes, ya itu berarti kita harus maju dahulu untuk mencoba. Sebab bagaimana kita bisa mengetahui hasil dari sesuatu, jika kita belum mencobanya terlebih dahulu?. Ibarat sebuah perang, jangan sampai bendera putih sudah kita kibarkan sebelum pertempuran kita jalani.

Percaya diri  harus kita punyai, sebab dengan rasa pede itulah kita jadi berani untuk menunjukkan eksistensi karya meskipun kita hanyalah seorang pemula. Intinya jika kita mampu mengikuti sesuatu, kenapa tidak?. Maju aja deh, poko'e melu. Jika menang ojo terlalu ngguyu, sebab itu hanyalah keberuntungan, seperti halnaya saya memenangkan kontes foto itu. Jika kalah yo ojo digawe ngelu opo maneh nesu, sebab dalam sebuah kompetisi pastilah ada kalah menang dalam setiap akhirnya.

Oh ya dulur blogger, seandainya anda menjadi seorang juri. Kira-kira faktor apa yang bisa membuat foto saya di atas bisa menang ya?. Apa karena background bangunan di belakangnya, sandal jepit, sepeda pancal atau pesona karisma modelnya  yang membuat si juri kesengsem dengan fotonya.


Sekilas Pariwara...

66 komentar:

  1. Iku pamer foto opo pamer hape? Hehehe..
    Selamat Kang, semoga terus setia pada proses, Amin;

    BalasHapus
  2. bagus kok...
    seimbang... (gk ngerti istilah fotografi)
    antara atap yg cringih2 itu dengan batu2an di bawah, seimbang..
    kanan-kiri juga seimbang..
    keren kok...

    *sengaja gk ngomentari modelnya :P

    BalasHapus
  3. Fotonya emang terkesan lain daripada yang lain bang, penuh dengan nuansa keunikan deh :15

    BalasHapus
  4. tebakan dhe sih, pasti karena sepeda ontel dan juga ekspresi ayah yang sok polos.. hahahahahaha.. (ups).. :P

    waaahh, ayah menang mulu.. yang foto ini dapet hadiah apaan yah??

    BalasHapus
  5. ^__^ sepeda ontelnya keren pak..... :) hehehehe

    BalasHapus
  6. Masbro@
    iku poto lawas Sam... delok wis wajahe kan masih imut hhihihi

    Yustha tt@
    padahal modele pingin banget dikomentari.. betul kan Masbro hehe

    BalasHapus
  7. Hudeesce@
    jelasin donk uniknya mana? aku enggak iso turu iki loh

    Dhe_Bie@
    ehm polos? kok malah kayak kain, polos..??

    Yhantee@
    yee saya kira orangnya...

    BalasHapus
  8. Hehehe, imut jare..
    ya barangkali itu yang bikin sampean menang Kang, gara2 imut haha...

    BalasHapus
  9. fotonya agak mengenaskan, hehehehe...
    pantaslah kalo dikasih hadiah
    hehehe... salam sayang, Fren..

    sedj

    BalasHapus
  10. :14 adus ndisek tha lah nek pe photo... kiiik kiiik kiiik.... :23

    BalasHapus
  11. itu kaya foto klasik Om!
    klasiknya pake tanda kutip ya! :)
    klasik kaya foto jadul gitu, dari bangunan, sepeda, sampe modelnya :D

    BalasHapus
  12. Essip tenan sam.... Terkadang sesuatu yang g pernah kita sadari itu malah bisa membuat kita mengerti & tau untuk lebih menggali potensi dalam diri........

    BalasHapus
  13. mas lozz selamat yah....kalo ngeliat foto itu kayanya mencerminkan sebuah kesederhanaan dari mas lozz sendiri..hehe

    BalasHapus
  14. Selamat ya, mas...
    saya sih nggak ngerti menilai foto :D

    BalasHapus
  15. klo qu yg jadi juri,, ini poit pentingnya..

    1. latarnya gubuk beratap jerami,, di negara qu mana ada yg begini .. hehhehe

    2. tempat duduk dri bambu dah reot pula,, menandakan orang kismin ,,,, hehehhe

    3. modelna gk senyum, nandain agy banyak masalah,, terlihat dari sendal jepit, n sepeda ontelna ..

    pkokna .. kasian bgt dh poto ini .. hehehe

    BalasHapus
  16. karena spedanya pak....it's a classic...(kt bule2 itu)

    BalasHapus
  17. Mungkin diliat dari nilai artistiknya mas. Orang barat kan suka sama sesuatu yang punya value/nilai begitu..

    BalasHapus
  18. Masbro@
    sstttt.. ojo rame-rame Brot.. iki kan rahasia awake dewe loh

    Sedjatee@
    loh Kang... kok melas ceritane yo

    Wa One@
    justru dengan tidak mandi itu karisma modelu keluar bradah..hahaha

    Bundamahaes@
    lah kalau modele bukan klasik tapi karismatik

    BalasHapus
  19. Arief Bayoe Saputra@
    tambah pinter wae rek.. mana kopi luwaknya jeh?

    Nadia Meutuah@
    iya tah Mbak.. ehm jadi tersipu malu diriku nih

    Kakaakin@
    kalau situ sih bisanya cuma nilai orang lagi goyang hehehe

    BalasHapus
  20. Fitr4y@
    Jangan salah Uni, di dalam gubuk situ tuh.. lengkap semuanya.. dari internet, tv kabel bahkan kolam renangpun ada di dalam

    Necky@
    wah apa enggak sebaiknya saya foto sepeda aja ya Pak..?

    Wits@
    berarti saya punya nilai tambah ya di mata orang bule, termasuk Madonna ya Mbak Wits hihihi

    BalasHapus
  21. sek boss sepeda ana digowo andre cell.......hihihihihi

    BalasHapus
  22. selamat ya mas udah jadi pemenang, lebih semangat lagi siapa tau menang lagi :)

    BalasHapus
  23. sepedanya antik.
    yuk go wess kk :D

    BalasHapus
  24. Kayaknya mas Lozz ini ditakdirkan jadi orang yang penuh keberuntungan hehe he ....

    BalasHapus
  25. mungkin orang bule yang eksotis gtu....hehehehe

    BalasHapus
  26. WAduch, saya juga bertanya-tanya kenapa foto itu bisa menang...
    Simpel, seperti tidak ada keistimewaan...
    Berhubung saya cuma seekor BeBek dengan otak segede upil, makanya tidak bisa menemukan apa yang "indah" dari foto itu...
    hehehe..

    BalasHapus
  27. Hmmm mungkin karena kerutan di kening model fotonya tuh, kesannya galak, kalo ga dimenangin fotonya nanti ngamuk2 ke juri.. jadi jurinya takut, trus dimenangin deh mas fotonya!
    hahahah!

    Peace! :lol:

    BalasHapus
  28. Selamat atas kemenangan beruntunnya...
    Untuk yg kontes di Kakaakin itu sejak awal saya yakin kalau bakal menang karena tulisan dan penataannya yang unik.
    Kemungkinan juga foto diatas juga menang karena unik.
    Diluar sana mungkin nggak tau Posko...

    BalasHapus
  29. kalau mas mah saya percaya dah, wajar saja menang hehe. tapi kalau soal tulisan emang keren nah kalau foto yang ini saya juga bingung haha mungkin karena sepedanya mas haha , peace brad ^_^

    BalasHapus
  30. katok e mas.. biru apik.. hihihihi

    BalasHapus
  31. mungkin secara tidak langsung fotonya ada sedikit efek blur dan focus..
    coba kita fokus ke bagian tengah foto,, bagian bawahnya seperti ada efek blur gitu.. :D

    btw,, mas mau pesen kaos blogger indonesia ndak? sekalian bisa untuk promosi offline.. hehe :D.. cek blogku ya.. postingnya disini

    BalasHapus
  32. Arief Bayoe Sapoetra@
    :16matur nuwun kopine Kang

    Lidya@
    makasih Mbak... semangat..semangat

    Jual Gula Merah@
    mungkin sepeda itu dulu yang punya Umar Bakri mas hahaha

    Ratna Habsari@
    yah kebetulan aja beruntung Bu.. kalu udah waktunya keterusan apes.. ya gitu deh hehe
    met malam ya Bu...

    BalasHapus
  33. Poko'e..aku ra melu ..
    titik..

    BalasHapus
  34. Lali..Ucapin selamet se..
    aku aja ampe kesengsem tho mass..
    goyang tu wa ga pat nya itu loh..fenomenal..hahah..

    BalasHapus
  35. Riez@
    bule yang eksotis..? seperti apa ya bentuknya hehe

    Bebek@
    woi ada bebek disini ternyata.. wah berarti kamu bukan keturunan bule Bek.. kalau enggak bisa nemuin keindahan disana hahaha

    Bhiberceloteh@
    betul.. padahal disaku kiri tuh Bhi dah saya siapin kelewang buat ancam juri lo enggak dimenangin hihi

    BalasHapus
  36. Marsudiyanto@
    mungkin di luar negeri sana adanya cuma gerdu ya Pak hehe

    Auraman@
    nurutku karena sandal jepitnya brade...:19

    Alwathaniyah@
    padahal itu blum diumbah loh Mas hahaha

    BalasHapus
  37. Dery@
    lah harusnya modelnya di kasih satu donk Mas buat promo hahaha, sekalian nanti saya foto pake kaos itu 'n saya buat posting.. oke deh sebentar lagi meluncur buat liat-liat

    Nchie@
    ayolah Mbak Nchie.. lo sampean ora melu, kalau aku laper sapa yang kasih makan nih :13

    Dpoer Nchie@
    awas ketawa sendiri loh Mbak ingat gyangan saya loh

    BalasHapus
  38. selamat ya udah menang kontes hehe kontes berikutnya mudah2an menang lagi

    BalasHapus
  39. Setuju kang, sing pokoke melu, perkara menang atau tidak itu urusan nanti. Menang itu bukang yang utama, tapi hadiahnyalah yang utama. Ups! Hehehe...Banyak manfaat yang didapat dari mengikuti sebuah kontes.

    Mengomentari foto di atas, barangkali sang juri menilai dari sudut naturalnya mas. MOdel yang baru bangun tidur, belum cuci muka adalah seorang model yang tangguh, berani tampil apa adanya kalau tidak ingin disebut berani malu. Ups! Hehehe...

    BalasHapus
  40. sebagai pengamat foto saya setuju anda sebagai pemenang alasan saya :
    1. Peserta dari Indonesia (anda tahu kan kita orang unik2)
    2. Mungkin si bule belum pernah liat wajah model nyang beginian hehehe (PISS....)
    3. Selamat2....

    BalasHapus
  41. Don't worry Lozz, sandal jepit bunda udah tak masukkin tas kresek item je, tak kempit, wis aman, hehehehe...........Slamet ya udah menang lagi nih di Kontes Foto. Tau gak sih apa yang bikin fotonya Lozz itu masuk daftar yang menang? Ya itu....pasti karena kakinya yang "jingjit dan bergelang kaki pula", hehehehe.... Mereka pikir pastilah nih orang "niat banget" ikutan Kontes ampe di-bela-belain "jingjit", hahahaha..... Anyway, Slamet ya Lozz. Bunda bangga deh.

    BalasHapus
  42. Kayaknya karena keluguan modelnya deh, hahaha..
    Maknyus buat fotonya.. :D

    BalasHapus
  43. mungkin menang karena paling sesuai sama tema kontesnya kali : PALING JELEK

    hehehe (^.^)V

    BalasHapus
  44. Archer@
    oke tenkyu..tenkyu

    Abi Sabila@
    hahaha kontes kan dikongkon ngetes kang.. kalau kita enggak pernah ngetes kapan nih bisa tahu hasilnya.. matur nuwun kunjungannya Kang :12

    Mas-Tonny@
    hehe orang Indonesia memang unik Mas Ton

    BalasHapus
  45. Agen Bola Online@
    Matur nuwun Mas.. Indonesia kalah semalam ya

    Goodcrab@
    nah kan Bunda sudah saya kasih contoh untuk berani pede.. okeh karena itu, ayo ngeblog Bunda

    Mashury@
    Lugu? hahaha

    Gaphe@
    hahaha mungkin jurinya sudah enggak ada pilihan lagi tuh Mas

    BalasHapus
  46. ke semuanya lozz,,
    susah nyarinya yang seperti photo diatas di negerinya orang bule sana :)
    selamat untuk menang kuis-kuisnya..

    BalasHapus
  47. Yang membuat foto diatas menang adalah warna celananya, senada dengan tali sandal jepit.
    Jarang lho orang memadu-padankan antara celana dengan tali sandal jepit.
    Selamat mas-pokoke ada kontes yo melu ae wong gak mbayar.
    Congratulation, nice photo (niru bule)
    Tali asih sudah saya kirim semua lho

    salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  48. Ysalma@
    seneng deh kalau ada orang yang jujur macam Ysalma hahaha

    Pakde Cholik@
    siap komandan... tali asih udah saya terima..
    :12matur nuwun Pakdhe

    BalasHapus
  49. Menurut juri, fotone mungkin tergolong langka tapi nyata ...:)

    Sukses ya kang atas segudang prestasine.

    BalasHapus
  50. Mungkin di daerah si bule-bule itu gak ada model tempat (rumah) /sepeda yang seperti itu, jadi unik hehehe...
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  51. portrait jati diri apa adanya kadang lebih bermakna seperti ungkapan sederhana itu indah...

    Malah di majalah2 besar sekelas TIME ato Refugees aja covernya justru diambil dari photo2 yg unik dan terkesan alami.

    Congrats deh hehehe...

    BalasHapus
  52. wah selamat ya atas kemenangannya, btw fotonya alami sekali :D

    BalasHapus
  53. Foto itu really original mas, so nature,, bener-bener asli, tanpa polesan, benar-benar karya seni aliran seni murni, hahahah...

    apik tenan kok fotonya mas, pas dihati, pas dimata, apalagi kalo ditambahi caption "kapan mandor bayar gajiku"hihihi.. :P

    selamat buat kemenangan2 kontesnya mas Kopral, goyang karawangnya malah berhasil menginspirasi si raja misteri Shanker buat bikin pilem Jupe-Depe,, hehehe..

    dan satu lagi, sangat setuju,,!! jangan pernah meremehkan karya sendiri, tetap Pede dan Nekat yang bertanggung jawab..! heheh,,
    sukses mas Kopral...

    BalasHapus
  54. Ratansolmj9@
    lah kok malah seperti acara TV Kang haha

    Bule Property@
    yang jelas juga enggak ada yang pake sendal jepit

    Iffa Hoet@
    wah semoga saja foto itu bisak masuk majalah TIME edisi Jember yo Mbak hehehe

    BalasHapus
  55. Srikandi Hati@
    awas ojo mbujuk loh Mbak :21

    Advertiyha@
    :19 kok enggak sekalian dikasih tulisan "Balada Blogger nelongso" huahahaha

    BalasHapus
  56. wah...saya salut dengan prinsipnya. memang kita harus berani mencoba dan maju terus.
    salam kenal ya...

    BalasHapus
  57. selamat ya Akbar, udah jadi pemenang.
    menandakan memang foto ini pasti keren dan mengesankan.
    kalau boleh milih pertanyaan yg diajukan diakhir tulisan, tentu saja bundamu ini milih, karena modelnya yang masih kinyis kinyis, makanya menang ..... :P

    Mungkin penilaiannya dari foto yg terkesan antik ya Akbar
    (bundamu sok tau, padahal ya gak ngerti fotografi) :D
    salam

    BalasHapus
  58. Eniharyanti@
    Makasih kunjungannya Mbak.. salam kenal balik

    Gayahidup@
    hehehe Bunda iso wae.. masak saya kinyis-kinyis

    BalasHapus
  59. aq yo bingung neh Mas..kok iso foto koyo ngene dikatakno apik...opo jurine ora salah delok, atau mungkin jurine ijek sakdalur??? he3 (woso jawa ku balepontan kang yo ??? maklum jek belajar)

    Mantap Mas...lanjutkan...salam kenal wae...sak kabehe

    BalasHapus
  60. jiakaka..berharap si juri g cepet2 cuci muka mungkin melihatnya pas bangun tidur.. tapi congrats mas :D

    BalasHapus
  61. Dolly Belta Hemawan@
    lah mana mungkin saya punya saudara bule Mas haha

    Kang Ian@
    awas sampean kang, enggak tak salamkan ke orang bule loh nanti

    BalasHapus
  62. Ass... Salam kenal ya.. ini saya dari Medan numpang lewat.. kalau tidak keberatan mampir donk.. heheh.. thks..

    BalasHapus
  63. postingan ini membuat saya termotivasi ikut kontes " dikongkon ngetes"

    selamat Mas

    BalasHapus
  64. hebat mas, ngesuk aku jajal melu kontes ah

    BalasHapus
  65. wah photone api' mz tp syang seng photo urung addos..hkkkhk :)
    Selmat bwt mz akbar, lnjutkan..

    BalasHapus