Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Sabtu, 12 Februari 2011

Silakan Telanjangi Aku

Assalamu'alaikum.. saya pulang nih. Makasih banyak ya sudah menjaga rumah saya saat empunya mengikuti pesantren kilat ala blogger hehehe.

Namanya manusia pastilah tak luput dari sesuatu yang membolak - balikkan hati. Kadang diberi keteguhan untuk menjalankan apa yang saat ini dia lakukan. Namun kadang pula tiba - tiba dia dibayangi sebuah perasaan, jika apa yang dia lakukan adalah sesuatu yang sia - sia.

Berawal dari sebuah komen tiba - tiba saja saya mempunyai sebuah pertanyaan dalam diri saya, apakah benar apa yang diutarakan oleh sobat tersebut?. Apa ada yang salah dengan cara ngeblog saya?. Apa yang sebenarnya saya cari dalam dunia blogger ini?. Itulah beberapa pertanyaan yang beberapa hari kemarin muncul dalam benak saya. Suatu kondisi yang memaksa saya untuk sejenak menjauh dari dunia blogging. Dengan tujuan mengevaluasi, introspeksi sekaligus mencari jawaban dari pertanyaan - pertanyaan yang ada dalam hati saya.

Ada seorang sahabat yang mengatakan jika sekali - kali coba pandanglah diri kamu dari luar. Sebab kamu tidak akan pernah merasakan kekuarangan dalam diri kamu jika selalu melihat dari kacamata diri sendiri. Itulah yang beberapa hari kemarin saya lakukan. Mencoba menjadi orang lain dan menatap blog saya dari luar agar saya bisa menemukan letak kekurangan dari semua yang saya lakukan lewat ngeblog. Alhamdulillah akhirnya saya menemukan jawaban dari semua pertanyaan yang tersirat di hati saya tersebut.

Apa yang kamu cari dari ngeblog?. Uang, ketenaran atau pinter - pinteran? Ah kenapa mesti ada pertanyaan seperti itu dalam diri saya?. Padahal selama ini saya tidak pernah memperhitungkan apa yang saya dapatkan dari sesuatu yang orang lain anggap adalah hal yang sia -sia.

Sebagai seorang pencinta alam saya diajarkan untuk ikhlas memberikan apapun yang kita bisa bagi sesama dan alam yang kita cintai ini. Disinilah saya mendapatkan pelajaran jika orang kaya adalah orang yang lebih banyak memberi sesuatu dibandingkan dengan apa yang harus dia terima.

Dulupun saya pernah menjadi seorang pandusiar dari beberapa radio komunitas di daerah saya. Meski tanpa gaji dan kadang harus merogoh kocek sendiri, tapi saya jalani semua itu dengan ikhlas. Saya bersyukur karena lewat mulut ternyata saya masih bisa membuat orang lain terhibur. Sungguh sangat berbahagia rasanya saat melihat seseorang yang terpinggirkan karena keterbelakangan mental bisa tersenyum gara - gara acara radio saya. Yah, sebuah ganjaran kebahagiaan yang mungkin tidak bisa saya nilai dengan uang.

Bagi saya ngeblog tak jauh beda dengan dunia pencinta alam yang telah menjadi bagian dari hidup saya. Hubungan persahabatan yang ada di dalamnya bukanlah sekedar formalitas atau basa - basi di dunia maya belaka. Semua tergantung dari siapa yang memaknai dari hubungan persahabatan dunia maya itu sendiri. Tapi bagi saya dunia blogging memang benar dilakukan di dunia maya, tapi pelakunya adalah nyata. Nyata bisa merasakan apa yang dia baca dan apa yang telah dia tuliskan.

Ngeblog juga hampir sama dengan apa yang dulu telah saya lakukan sebagai seorang pandusiar. Sama - sama terkesan sia - sia di awalnya, tapi jika kita bisa memaknai pastilah kita bisa mengambil kesimpulan jika ngeblog bukan hanya sebatas menulis, membaca komen atau berdiskusi dengan yang lainnya. Menurut saya ngeblog juga bisa dijadikan sarana ibadah kita di dunia maya. Kalaupun bisa memberikan sebuah materi bagi kita, yah itu hanyalah sebuah ganjaran di dunia atas semua keikhlasan memberi sesuatu saat kita ngeblog.

Dulur Blogger, sudah lebih 4 bulan saya memasuki dunia yang penuh warna - warni ini. Ibarat murid sekolah, mungkin sudah saatnya saya menerima rapor catur wulan untuk semua yang sudah saya lakukan saat ngeblog. Bagi saya anda semua adalah guru - guru saya yang berhak untuk menentukan nilai rapor blog ini merah atau hitam. Jadi saya berharap anda bisa memberikan masukan, kritikan atau mungkin komen pedas tentang blog saya ini.

Silakan anda obok - obok semua isi tulisan yang ada di dalamnya. Telanjangi diri saya jika ada hal yang menurut anda perlu ditelanjangi. Jangan sungkan silakan anda buka - bukaan tentang blog ini atau penulisnya. Sebab ada baiknya saya telanjang sejenak agar bisa lebih mudah melihat semua kekurangan yang ada dalam diri saya. Yah, siapa tahu ada panu keangkuhan dan kesombongan dalam kulit saya yang perlu dihilangkan.


Saya berharap semoga Essip menjadi sebuah blog yang bisa memberikan suatu kebaikan namun tidak mengggurui bagi siapa saja. Kalaupun tidak ada satupun yang bisa diambil dari blog ini, minimal bisa membuat seseorang yang membacanya bisa tersenyum simpul ceria.

Oh ya buat dulurku Bro Hakim, Luka Yang Indah bagi saya bukan hanya sebatas lagu tapi disitu juga ada semangatku. Karena luka itu Brot aku bisa menjadi seseorang yang bisa memandang dunia ini dengan begitu indah. Sepurane brot untuk beberapa hari aku tidak bisa menemanimu ngeblog. Santai saja brade, meski lelah seorang pencinta alam tak akan pernah menghentikan langkah. Seorang pencinta alam juga akan enggan menanggalkan ransel yang ada di pundaknya, sebelum dia berhasil menaklukkan puncak tujuannya.

Sekilas Pariwara...

61 komentar:

  1. kalo aku kasih nilai. hmm nilai 8 yang aku kasih,
    karna di blog ini aku bisa dapet pelajaran yang sebelumnbya aku gak dapet.
    :D

    teruslah membuat orang lain tersenyum
    :D

    nupost kak

    BalasHapus
  2. telanjangi? Jgn mas....melanggar undang2 loh...sy perhatikan mas lozz tipikal org yg 'all out' dlm bidang yg digelutinya, namun begitu ada yg memengaruhinya bisa 'korslet' permainannya utk bbrp saat dan kembali dlm kondisi 'fresh from the oven' *kontemplatif artikel kali ini spt biasanya....

    BalasHapus
  3. Oalah, ternyata kakang Lozz lagi curhat, haha...
    Ayo ngeBLOG maneh, berkarya lagi. Waktu kita nggak banyak, cuma antara 60 - 80 tahun di dunia ini. Ingat kata pak guru di laskar pelangi, "memberi sebanyak banyaknya.." hehe..

    Tengkyu Kang, salam Lestari..

    BalasHapus
  4. waduh mas... ntar masuk angin gimana tuh mas?!?! :p

    BalasHapus
  5. AkaneD'Sila@
    tenkyu... ehm kok nilainya 8.. emang nilai maksimalnya berapa nih hehehe

    bd@
    makasih Mas.. sebenarnya enggak korslet, tapi ada gangguan sinyal dikit hehehe...

    Masbro@
    wah kalau bicara umur keliatannya teka teki Brot kapan kita The End nya hahaha.. makanya yang harus kita lakukan hanya amal, amal dan amal dengan cara apapun. ngeblog kan termasuk amal brot

    BalasHapus
  6. oh.....gitu toh...baguslah...semoga tambah manfaat (aku blom di follow balik lho, mas),hehehhe

    BalasHapus
  7. skip ah, terlihat auratnya tuh hehehe

    BalasHapus
  8. Majalah Masjid Kita@
    saya sudah sedia tolak angin mas ha..ha

    Putri Baiti Hamzah@
    saya penuhi permintaan anda tuan puteri :35

    Lidya@
    hahaha namanya aja buka - bukaan tuh

    BalasHapus
  9. lah..kok minta ditelanjangi..saru iki..kena razia lho..hihihi..have fun di dunia perbloggeran ya mas..dipikir susah2 buat apa..yg pasti kita saling memberi info yg bermanfaat dan menjalin persahabatan..ayoo semangat !! :)

    BalasHapus
  10. mas...mas...awak kuru kok ngligo hahaha
    #piss bro,,,

    Menulislah sesuai hati nurani...curhatlah dengan tulisan itu..terserah orang mau berkata apa yg penting enjoy aja men...hehehe

    BalasHapus
  11. Joanna@
    betul mbak saling berbagi kebaikan.. kalaupun ada perbedaan semoga semua bisa menjadi warna warni yang indah dalam dunia blogger. dan sebisa mungkin perbedaan itu masih bisa kita bicarakan dengan cara yang santun

    Angrha13@
    menulis dengan hati dan cinta.. mungkin itu yang harusnya kita lakukan sebagi seorang blogger.. tenkyu brade

    BalasHapus
  12. salam kenal
    kata orang jawa, "yen kowe pengin weruh awakmu, kowe aja ngilo neng kaca pangilon nanging ngiloa ana kaca pangrasa" kurang lebih artinya : kalau kamu ingin melihat dirimu sendiri jangan berkaca pada cermin tapi berkacalah pada hatimu sendiri....
    salam rahayu

    BalasHapus
  13. emang sob yg bisa menilai diri kita to orang lain.............succes sll sobat

    salam persahabatan dr menone

    BalasHapus
  14. bingung juga seh kalo ngejawab apa yang kamu cari dari ngeblog,pertama seh ketenaran blog,hasil pemikiran dan uang mungkin.

    BalasHapus
  15. Saya suka tulisan2 mas Lozz, simpel,lucu tapi penuh makna....justru susah lho bikin tulisan yang begini ini.

    BalasHapus
  16. Kunjungan prdana, jd hanya bs bilang, salam...., n.n

    BalasHapus
  17. Wowos@
    matur nuwun Kang.. akan saya ingat kata - kata sampean

    Menone@
    salam persaudaraan selalu Menone :12

    Agung Aritanto@
    ehm kalau bingung pakai kompas Bro, biar enggak kehilangan arah hehehe

    BalasHapus
  18. Ratna Habsari@
    makasih Bu Ratna.. semoga saya diberi ketetapan hati membuat sebuah karya sampai usia senja ya Bu

    Edo@
    tenkyu brade... salam kenal balik dari Jember

    Marsudiyanto@
    matur nuwun Pak Mars.. jangan lupa ajri saya kalau ada trik - trik sulap eh ngeblog ya Pak hehe

    BalasHapus
  19. owalah mbes dargombes,,, hahahahaha

    BalasHapus
  20. Kalau katanya Mas PriM, Mas PriM, di dunia nyata saja sudah banyak yg bikin kita pusing, ngapain harus stress di dunia maya? Iku jarene lho yo, hehe....

    BalasHapus
  21. Walah, salah menyisipkan kode aku, sampe' dobel hehe...Pokok'e tetap semangat Kang...!!!

    BalasHapus
  22. Nelanjangin !!
    Gak cak, aku gilo ndelok sampean, mending blogger liyane sing rodho kinyis2 :D
    (translate: Tidak cak, aku geli dan shock melihat sampean telanjang, lebih baik blogger lainnya saja yang masih enak di lihat :D )

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  23. Kira@
    :18 awas yo... hehehe

    Masbro@
    awak dewe iki ora stres loh brot.. tapi uleng :21

    Sugeng Harjono@
    kepingin tak kandakno bojone sampean tah Mas hahah

    BalasHapus
  24. iya sih kadangan saya juga merasa kalo lagi ngeblog nggak ada gunanya, tapi suatu saat pasti berguna saya yakin itu. :-)

    BalasHapus
  25. Beneran mau dan boleh ditelanjangi?
    Sini tak copot tuh kolor kuning!... hahaha...

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  26. sampai sedemikian ya...menarik kontemplasi,introspeksi,katarsis atau apalah namanya memang diperlukan....

    bagaimana kalo blognya gak usah di kasih lagu

    BalasHapus
  27. Akar.....pakai baju dulu sana....
    nanti masuk angin dan lagi auratnya kelihatan gituh akh .............
    ( si bunda ngomel nih)
    sambil dengerin lagu yg enak, apa judulnya ini Akbar?
    salam

    BalasHapus
  28. Tampilan blognya baru ya? essip

    BalasHapus
  29. Gotaufik@
    nah itulah Mas Taufik.. yang saya kamsud eh maksud dengan perkara membolak balikkan hati

    Denuzz Burunh Hantu@
    Denuuuzz... :18 awas kamu ya

    BalasHapus
  30. Propa Nanda@
    lah iki kan bukan blog Net.. tapi warung kopi, jadi sekali - kali dikasih musik biar pengunjung enggak bosen hehehe

    Gayahidup@
    loh yang nyanyi kan masih tetangga nih ma Bunda.. malahan ada yang lagunya berjudul sama dengan nama Bunda

    Anonimous@
    ehm :22 dari aroma mbakonya aku tahu siapa ini nih

    BalasHapus
  31. judulnya seronok...
    tapi isinya menyentuh banget
    welcome back My Fren
    ditunggu jamahanmu berikutnya
    salam sukses..

    sedj

    BalasHapus
  32. hehehe...

    saya tak telanjangin dulu semua isinya ya mas....

    tanap sungkan sungkan neh....

    saya tau saya pasti menemukan banyak hal bermakna

    disini

    BalasHapus
  33. wah good inspiration brade...... semaki essip wes,.,,,, kita memang manusia biasa g akan luput dari kesalahan sepatutnya kita mwas diri & terus berinovasi

    BalasHapus
  34. waduh kok ote-ote mas..?hehe
    nti kero'an lo....

    Justru aku suka cara ngeblog sampeyan yg bak-blakan...*la kuwi lak wes mbuka to..hehe. *
    terus lugas n mengalir apa adanya dengan dialek jawa timur koyo pojok kampung.
    Keep blogging. Sukses sll...

    BalasHapus
  35. waduh kok ote-ote mas..?hehe
    nti kero'an lo....

    Justru aku suka cara ngeblog sampeyan yg bak-blakan...*la kuwi lak wes mbuka to..hehe. *
    terus lugas n mengalir apa adanya dengan dialek jawa timur koyo pojok kampung.
    Keep blogging. Sukses sll...

    BalasHapus
  36. waduh kok ote-ote mas..?hehe
    nti kero'an lo....

    Justru aku suka cara ngeblog sampeyan yg bak-blakan...*la kuwi lak wes mbuka to..hehe. *
    terus lugas n mengalir apa adanya dengan dialek jawa timur koyo pojok kampung.
    Keep blogging. Sukses sll...

    BalasHapus
  37. waduh kok ote-ote mas..?hehe
    nti kero'an lo....

    Justru aku suka cara ngeblog sampeyan yg bak-blakan...*la kuwi lak wes mbuka to..hehe. *
    terus lugas n mengalir apa adanya dengan dialek jawa timur koyo pojok kampung.
    Keep blogging. Sukses sll...

    BalasHapus
  38. waduh kok ote-ote mas..?hehe
    nti kero'an lo....

    Justru aku suka cara ngeblog sampeyan yg bak-blakan...*la kuwi lak wes mbuka to..hehe. *
    terus lugas n mengalir apa adanya dengan dialek jawa timur koyo pojok kampung.
    Keep blogging. Sukses sll...

    BalasHapus
  39. waduh kok ote-ote mas..?hehe
    nti kero'an lo....

    Justru aku suka cara ngeblog sampeyan yg bak-blakan...*la kuwi lak wes mbuka to..hehe. *
    terus lugas n mengalir apa adanya dengan dialek jawa timur koyo pojok kampung.
    Keep blogging. Sukses sll...

    BalasHapus
  40. Gak. Aku gak menilai persahabatan kita diblog ini hanyalah basa-basi. Justru dengan blog ini pengen punya temen yang buaaaanyak banget, dengan tulus tentunya.
    Ngeblog,ah, bukan suatu yang sia-sia, banyak pelajaran yang kita dapet, banyak curhat yang kita lepaskan , yang melegakan hati. banyak , banyak, dan banyak manfaatnya. SELAMAT UNTUK TERUS AKTIF DI DUNIA BLOGGER YA, MAS.

    BalasHapus
  41. menurutku....
    blog ini sudah essip tenan mas kopral.. :)

    ini bukan basa-basi, tapi asli dari hati.. :)
    1. sampeyan sudah rajin posting dengan materi yang bermanfaat gak asal ngecap atau haha-hihi belaka..

    2. melebarkan sayap silaturahmi dng rajin blogwalking dan meninggalkan komen2 yg berisi, gak nyampah.. :) dan juga gak males bales komen.

    3. menularkan semangat dengan rajinnya ngontes, rajin bertukar sapa juga punya cirikhas sendiri yg paling kusuka.. sapaan Dulur Bloger,,, :)
    ah, selalu merasa diorangkan kalo maen kemari,,,

    tetep semangat mas.. :)
    senang bersahabat denganmu...
    *apakah aku sudah cukup menelanjangimu?? :P *

    BalasHapus
  42. Sedjatee@
    matur nuwun Kang... :12Ojo bosen - bosen dolan mrene yo

    Jumialely@
    Monggo Bu Juri... sekalian Dargombes di bawa balik enggak apa-apa deh hihihi

    Arief Bayu Saputra@
    :10 tambah pinter wae makelar hape iki hehehe. ayo semangat ngeblog rek

    BalasHapus
  43. Cahyanugraha@
    habis saya minta kaos ma kamu enggak dikasih..

    Iffa Hoet@
    wah saking semangatnya nih Mbak Iffa ampek komen banyak banget hehe.. awas komen lagi nanti saya kasih bonus payung loh.. makasih Mbak

    BalasHapus
  44. Atikah@
    makasih Mbak Atik... :23 Suemangaaatttt...!!!

    Advertiyha@
    sik..sik Mbak aku tak pake baju dulu.. isin aku hehehe :19

    BalasHapus
  45. Mas akbar, heheheh, rupanya kata2 saya sudah disampaikan oleh masbro...

    Ini sekedar opini, syukur2 bermanfaat, btw umur blogku baru 5 bulan, umur kita gak jauh beda lha, hahahahaha...
    Mas akbar jangan terlalu dipikirkan tentang ngeblog, ngeblog adalah selingan hidup yang pantas dinikmati, kalo dengan ngeblog, bikin jidat kerut2, kayanya malah salah deh...

    Jadi setiap ngeblog,berikan pertanyaan ini:
    Apa saya ngeblog hanya untuk menyenangkan orang lain?
    Apa saya "jujur" dalam ngeblog?
    Apa saya hanya mengharapkan komentar?

    Happy Blogging mas!
    aku mau jalan2 dulu... :)

    BalasHapus
  46. Terus berkarya...
    hehehehe...

    saya suka blog ini karena selalu nemuin sebuah kejujuran dan sifat apa adanya :)

    BalasHapus
  47. soriiiiiii.....
    Maappppp.....
    Tadi jaringan trouble jadi tak ulang...eee..g taunya jadi berulang ulang.

    Gpp mas kalo dihapus dan disisain atu aja. Maap lo g bermaksud nyampah...:)

    BalasHapus
  48. Primeedges@
    sekelangkong Mas Priem.. saya simpen kata-kata sampean buat saya.. salam Tape Bondowoso yo hehe

    Bebek@
    makasih Bebek yang aduhai :31

    Iffa Hoet@
    biarin aja Mbak Iffa.. biar jadi kenang2an, anda yang palin banyak komen di posting ini... hehehehe

    BalasHapus
  49. emnag mantab deh brade akbar satu ni.. lanjutkan.

    BalasHapus
  50. Kritikan pada dasarnya pertanda kita memiliki harga dan derajat, manakala kritikan yang anda terima makin pedas, maka semakin tinggi pula harga anda, teruslah berkarya dengan membuat orang lain tersenyum.... :)

    BalasHapus
  51. Idiiih... pamer aurat! Malu donk!
    yang jelas, apapun yang kita lakukan dengan niat tulus dan ikhlas, insyaAllah akan menghasilkan sesuatu yang manis Om!

    BalasHapus
  52. Auraman@
    emang saya kopi nih brade, pake mantab :19

    Srikandi Hati@
    Makasih Mbak.. seneng juga kalau anda bisa tersenyum simpul kerena saya hehe

    Bunda Mahes@
    kan saya ikutan Mahes Bunda, sering enggak pake baju..

    BalasHapus
  53. Mas, saya ga mau nelanjangi Mas ah. Malu saya, hehehe. Saya ga bisa menilai dalam deretan angka, karena buat saya blog lebih dari itu. Yang saya tahu, bila saya BW ke teman-teman blogger, saya selalu mendapat ilmu baru. Begitu pun bila berkunjung ke blog Mas Akbar. Semangat terus untuk ngeblog ya Mas :)

    BalasHapus
  54. Sya@
    saya juga banyak dapet ilmu dari rumah Mbak Sya loh

    BalasHapus
  55. Kita baru temenan niih jadi bingung mau komentar apa, hehehe..
    Tapi sejauh ini saya suka kok sama isi postingannya, ada yang santai ada yang serius, jadi enak lah bacanya ga monoton.. :)

    BalasHapus
  56. Bhiberceloteh@
    komen kalau saya ganteng juga enggak apa-apa kok.. enggak diminai bayaran alias gratis :19

    BalasHapus
  57. Setiap kali mampir kesini selalu ada tulisan Install Missing Plugins,,

    BalasHapus
  58. hehehejudulnya lucu tapi menarik .. maksih ya ...

    BalasHapus
  59. Halah... judulnya kok provokatif banget :D
    Badan kurus mbok ya nggak usah dipamer2in... Kalo six pack, baru oke, hehe...

    BalasHapus