Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Kamis, 17 Februari 2011

Utank Cell

Photobucket

Dulu saat menjelang kelulusan SMA saya mempunyai keinginan untuk merasakan sejenak menjadi seorang pengangguran. Pingin punya rambut gondrong, hidup bebas dan tentu saja meneruskan hobi mabuk-mabukan yang saya dapatkan saat bangku sekolah. Akhirnya sayapun keturutan menjadi seorang berandal ndeso berambut gondrong, tapi aktif di pesantren (pengangguran santai nan keren).

Kehidupan negatif tersebut saya jalani beberapa tahun setelah lulus sekolah. Namun Alhamdulillah, saya tidak sampai terjebak dalam kasus kriminal sedikitpun. Sayapun bersyukur bisa mengenal pencinta alam. Sebuah dunia yang telah menyadarkan saya dari keterpurukan.

Saya mulai sadar jika dengan bertambahnya kreditan umur saya, itu berarti saya juga harus memikirkan untuk mempunyai pekerjaan demi masa depan. Lucunya sampai saat ini saya tidak pernah mempergunakan ijasah SMA saya untuk melamar pekerjaan apapun. Entah kenapa saya merasa tidak mempunyai rasa pede untuk menyodorkan surat berharga itu kepada siapapun.

Akhirnya tentu saja saya hanya mempunyai pengalaman pekerjaan masyarakat bawah dan cenderung kasar. Mulai dari penjual VCD bajakan di tepi jalan sampai menjadi pedagang keliling hiasan dinding. Bahkan menjadi tukang jemur padipun pernah saya lakukan. Yah, sebuah pekerjaan yang upahnya cuma cukup buat tamb`l sulam ongkos produksi hidup sehari-hari.

Pernah pula saya mempunyai pengalaman merantau di ibukota. Bekerja di daerah Kota Wisata - Legenda Cibubur bersama Om saya yang kebetulan adalah pematung berskala nasional. Kalau sudah berbau nepotisme tentu saja segalanya berkaitan dengan kemudahan.

Ada yang bilang jika menjadi pekerja proyek itu erat kaitannya dengan kehidupan kasar, tapi tidak demikian yang terjadi dalam diri saya. Meski hanya sebatas menjadi seorang Asisten (Asisten Tukang Aduk Semen) dari Om, tapi saya merasa menjadi seorang anak emas dalam lingkungan pekerjaan. Di saat semua pekerja memulai aktifitas sejak pagi hari, eh saya justru memulai pekerjaan siang hari. Untuk urusan gajipun sudah hampir sama dengan para pengawas pekerja dalam lingkungan proyek tersebut.

Mungkin karena saya tidak pernah memegang uang gede pada saat itu, akhirnya membuat lupa jika saya hanyalah seorang perantau. Meski Jakarta adalah tanah kelahiran saya, tapi karena sejak kecil sudah pindah ke Jember. Akhirnya saya merasa menjadi seorang yang ndeso di kota kelahiran sendiri. Menjadi orang desa yang maruk dengan segala gemerlap ibukota.

Hingga saat tiba waktunya saya pulang kampung, tak ada sedikitpun uang hasil jerih payah merantau yang bisa saya banggakan. Sebuah pengalaman yang selalu saya titipkan kepada teman-teman saya saat mereka hendak merantau kemanapun. Jika merantau kerja di negeri orang janganlah sebatas mencari sebuah pengalaman tapi selain itu niatkan juga untuk mencari uang sebagai modal saat kita telah kembali pulang.

Alhamdulillah sekarang saya sudah bekerja di balik meja. Sebagai staf DPU (Dinas Pengawas User) bagian internet hehehe. Belajar dari pengalaman terdahulu sekarang saya mencoba untuk bisa sedikit mengatur keuangan dan menyisihkan sebagian dari hasil kerja saya. Ya meski bergaji kecil boleh kan bermimpi kelak menjadi majikan, meski sebatas untuk diri sendiri. Siapa tahu pula tiba-tiba puteri Pak haji sebelah naksir saya. Jadi saya enggak kebingungan nantinya jika di suruh mengatur sawah-sawahnya hahahaha.

Saat ini saya mempunyai sambilan berjualan pulsa elektrik. Tujuan saya hanya agar uang tersebut saya gunakan untuk hal yang bermanfaat. Selain itu saya juga ingin membantu teman-teman saya yang mungkin butuh pulsa tapi duit tiada. Tanpa bunga, tanpa catatan hutang dan hanya bermodalkan kepercayaan, saya bebaskan siapa saja untuk hutang pulsa. Meski beresiko tapi syukur Alhamdulillah para pelanggan pulsa saya konsekuen dalam membayar tagihannya. ehm Dirut Utank Cell, status yang keren kan hehe.

Wuih.. postingku kok panjang jadinya?, padahal saya cuma mau omong jika kerja dengan gaji segede apapun, jika cara ngatur duitnya sembarangan pastilah enggak akan dapat hasil apa-apa. Kok sekarang sekarang saya malah mblarah ngalor ngidul?.

Dulur blogger semoga kegagalan merantau saya bisa dijadikan pelajaran bersama jika prinsip njagerno (bahasa Indonesia bakunya apa?) akan berakibat buruk pada diri kita. Sebab kita tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi esok hari pada diri kita. Mungkin saja hari ini kita menganggap jika kondisi keuangan kita masih baik-baik saja, tapi jika esok hari ternyata tidak sesuai harapan kita?. Apa yang harus kita lakukan?. Tentu saja menyisihkan apa yang kita dapatkan hari ini, agar jika esok hari terjadi apa-apa kita sudah siap untuk mengatasinya.

Oh ya, ada yang mau hutang pulsa sama saya.. monggo saya persilakan, tapi bayarnya pakai paypal aja ya. Nah kan mblarah maneh. Bisa panjang lagi ceritanya nanti. Ya udah kalau sekarang saya benar-benar pamit deh.. Saya menghilang wis.. twing..!
Sekilas Pariwara...

56 komentar:

  1. itulah proses brur ... jiwa enterpreuner di jaman skrng sangat amat dibutuhkan ...terlalu banyak orang pinter di indonesia tapi kerjanya minterin orang .. dan sedikir sekali orang yg pinter dan paham ... sukses selalu .. Jakarta wajah di balik wajah berisi jutaan tafsir tentang hidup enak !!

    sukses selalu ,mugi mugi bisnis pulsone lancar .. keep enterpreuner ..

    salam dari orang yg nyari duit cuma dari kamar ^_^

    BalasHapus
  2. Brigadir Kopi@
    nyari duit dari kamar :22 wah jadi curiga nih.. jangan-jangan piara babi ngepet ya hahaha :21

    BalasHapus
  3. Mas Akbar secara langsung, sudah terjun di dunia enterpreunership.... alias usaha sendiri...
    nice posting.

    salam persahablogan..

    BalasHapus
  4. Zico@
    enterpreunership? istilah opo maneh iki

    BalasHapus
  5. tetap semangat,... dan teruslah menulis ^^

    makasih sudah mampir dan salam kenal y

    BalasHapus
  6. Kunjungan perdana dan salam kenal,,,

    pengalaman sangat berharga, tapi dapat memetik hikmah itu yang plaing jempol sob,, hehehe

    tetap semangat ya!!! dengan tetap berusaha seimbang dunia dan akherat!!! ^_^

    BalasHapus
  7. wow wow owoowwww... mulai dari hobi bermabuk2an... hingga akhirnya bisa punya usaha sendiri.. :) keren kang :)

    setuju kang.. gaji gde gag jaminan pengurusannya bisa selalu bener dan sesuai kebutuhan :)

    BalasHapus
  8. omm... bisa utang pulsa ga?? hahaha

    nice post kang.. :)

    BalasHapus
  9. Nais story...

    Inspiring enough ^___^

    #kejujurannya sangat dihargai#

    BalasHapus
  10. Mantap kang, perjalanan hidup penuh dengan kemanfaatan buat orang lain...
    *bersemangat!!! :27

    BalasHapus
  11. mas Lozz...aku seneng dengan kalimat ini,
    "Mungkin saja hari ini kita menganggap jika kondisi keuangan kita masih baik-baik saja, tapi jika esok hari ternyata tidak sesuai harapan kita?. Apa yang harus kita lakukan?. Tentu saja menyisihkan apa yang kita dapatkan hari ini, agar jika esok hari terjadi apa-apa kita sudah siap untuk mengatasinya. "

    karena aku sekarang juga lagi mempersiapkan itu mas, alias lagi nabung..

    BalasHapus
  12. gmn klo ngambil dek menone az pulsanya hehehehehehehe...


    salam persahabatan sobat.........menone

    BalasHapus
  13. Senja@
    makasih mbak cantik.. salam kenal balik dari Jember

    Nyayu Amibae@
    wah ada nona cantik lagi nih... piye dah ketemu sama emak Umai?

    Belajar photoshop@
    janagansetuju doang donk.. kasih saya modal juga hehehe

    BalasHapus
  14. Chapunx23b@
    monggo rek.. tapi bayar pake PP mau ora?

    Putri Baiti Hamzah@
    yupz makasih kunjungannya ya :20

    Budiman As'ady@
    Mas Budiman ini blognya apa? kok enggak pernah kasih link.. jadi saya enggak bisa mampir nih

    BalasHapus
  15. Nadia Meutuah@
    wah..wah selamat menabung deh mbak Nad.. eh Mbak Nadia ini apa yang di iklan bisnis online itu ya? kok namanya sama?

    Menone@
    ehm kira-kira bisa dihutang juga enggak nih Menone hahaha

    BalasHapus
  16. bener nih boleh utank pulsa bayar pakai paypal? :) tapi nomor saya matrix hehehe makin ngaco nih yg komen

    BalasHapus
  17. assalamualaikum mas, setidak-tidaknya sampean punya jiwa petarung sejati...saya mah belum ada apa2nya kali yah...yang penting tetap istiqomah dan berjuang...penghasilan besar yang diterima sebagian besar pegawai *kayak saya* sudah teralokasi sempurna. Tanggal 1 dapat gaji, tanggal 2 sore udh masuk di pos masing2...tanggal 3 udh mulai ngirit dan nungguin gajian bulan berikutnya....hahahahahaha

    BalasHapus
  18. Saya jadi ingat filosofi keuangan di keluarga saya...

    "kurang ngamek, entek golek"
    artinya : kalau kurang kita ngutang, kalau habis kita nyari uang (kerja), hehehe

    BalasHapus
  19. Lidya@
    wah kalau Matrix saya lupa kodenya buat ngisi Mbak.. maklum enggak ada yang pake Matrix disini hehehe

    Necky@
    waalaikumsalam Pak Necky. wah Pak Necky ini suka merendah terus... Salam buat keluarga di rumah ya

    Imam Shyhox@
    wah-wah ini nih salah satu pelanggan Utank Cell hehehe, piye kalau kapan-kapan Utank Cell ngadain progam beli pulsa 10 kalai dapat 1 gratis.. biar Utank cell segera pailit :21

    BalasHapus
  20. Sukses ya Bang Akbar buat bisnisnya,,,!
    Btw eikeuh boleh ngutang pulsanya ? :D

    BalasHapus
  21. Hehehe... hebat! Udah jadi bos dianya :D
    Jangan lupa jaga kesehatan ya... supaya usahanya tambah maju :)

    BalasHapus
  22. Pengalaman yang panjang, bisa memberi inspirasi bagi perantau seperti saya Mas... :)
    Walau gaji lumayan, tapi kalau nggak bisa mengatur keuangan hasilnya juga cuma dapat pengalaman. Inginnya pulang saja, ikut anjuran pak gubernur "bali ndeso mbangun ndeso" he.he

    Maturnuwun Mas, semoga sukses.

    BalasHapus
  23. hebat dan salut utkmu, Akbar
    pengalaman hidup yg dilalui bisa langsung diambill hikmahnya, yg membuat dirimu mampu memandang dan menjalani hidup kini dgn lebih bijak penuh rasa syukur.
    Semoga Allah swt selalu memberikan kemudahan pdmu dunia dan akhirat, amin
    salam

    BalasHapus
  24. Whuik... lama tak nongol.. ada cerita masa lalu nih.. Seru ya bang.. hampir miriplah sama saya.. hihihi...

    BalasHapus
  25. Srikandi Hati@
    hahaha monggo kalau mau..

    Kakaakin@
    enggih Mbak.. matur nuwun dah perhatian sama saya

    Sukadi Brotoadmojo@
    salam buat pak Gubernur ya mas :39

    BalasHapus
  26. Gaya Hidup@
    matur nuwun Bun... salam hormat saya :12

    Fendik@
    loh apakah Mas Fendik dulu juga gondrong hehehe

    Jamal Rahmat@
    artine opo yo? :22

    BalasHapus
  27. hehehe ada deh !! yang jelas halal dan gak pake mistik2an semua pake logika dan usaha hihiihi ... jadi duit yang nyamperin kita hahaha ^_^ itu juga udah lewatin proses sebelumnya ,pahir asem,manis kecut hihihhhihi

    BalasHapus
  28. pulsa bisa utang tho ?

    Alo mas,
    tabungan sudah saya kirim via ATM
    silahkan di cek
    Buku segera dikirim

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  29. ohh pantes begadang terus..staff DPU kan :) seneng bacanya..lucu, tapi ada pesan di balik postingan ini..semangat yaa..rejeki dah ada yg ngatur kok mas, apalg jodoh..semoga diberi kelancaran utk semuanya ya

    BalasHapus
  30. Tetap semangat mas, boleh menikmati hidup tp jgn kebablasan, iya kan?
    klo ada sisa uang yah sisihkan klo gak ada yah udah, kita nikmati aja yg ada.
    hehe
    aku jg pernah jadi staf DPU :D

    BalasHapus
  31. wah...
    Bang Lozz mantan preman rupanya ya...hihihi...
    Tapi semua pengalaman hidup tersebut pasti akan ada manfaatnya di kemudian hari kok Bang...
    Aku yakin itu...

    Kebeneran pulsa lagi abis nih...
    tolong kirim yang fleksi ngutang ya Bang...hihihi...

    BalasHapus
  32. Usaha, usaha, usaha + Nabung dikit2 plus Zakat juga mas!

    Usaha pulsa lanjut mas, Saya juga dah lumayan nekuni lama,alhamdulillah buat tambahan

    BalasHapus
  33. weleh....juragan pulsa nh...heh

    hmm...pengalaman yg unik sob, nanun pengalaman adalah guru yg terbaik.

    Tengyu sharenya n sukses sll ya...

    BalasHapus
  34. Brigadir Kopi@
    ajarin aku dong.... kalau yang halal-halal dan enggak ribet aku mau kok diajarin

    Pakde Cholik@
    siap Komandan..! :14 duit udah saya terima dalam keadaan tersegel halus hehehe. wah kalau komandannya hutang, bisa pailit anak buahe Pakde hehe

    Joanna@
    betul Mbak Joan.. gadangholic saya. makanya enggak usah khawatir deh rumah anda kalau malam bakal saya jagain

    BalasHapus
  35. Melly@
    wah ada senior saya di DPU nih...

    Bibi Titi Teliti@
    bukan preman Mbak, tapi man mepreman hehe.. enggak deh enggak ampe segitunya Mbak Erry..

    Mas - Tony@
    setuju Mas Ton... biar dikit yang penting bisa kita sisihkan untuk hari depan

    Iffa Hoet@
    guru saya namanya Pak Amin loh Mbak bukan Pak Pengalaman :21

    BalasHapus
  36. Yap, setuju mengenai gaji segede apapun, jika cara me-manage-nya kurang begitu bisa, sama saja bohong. Dan, memang pengalamanlah salah-satunya faktor yang bisa membuat kita berpikir serta betindak lebih bijak :-D

    BalasHapus
  37. Pengalaman memang guru sejati ya kang ...

    Salut atas bisnis kreatifnya :)

    Salam sukses

    BalasHapus
  38. selaluuu saja menampilkan posting yang menarik dan enak untuk dibaca. jalan sore-sore, memang enaknya jajan di blog ini.hehe..

    saya juga perantau mas. memang dah jadi keturunan dari nenek moyang ketika seorang perantau tiba di kampungnya harus selalu ada yang dibawa keluarga.
    hehe.. mudah-mudahan anak pak hajinya mau ya mas. jangan lupa undang saya.hehehe

    BalasHapus
  39. Mas, silakan diintip postingan terbaru saya :D
    Hiks... gak bisa pasang musiknya :(

    BalasHapus
  40. Kips@
    Gaji gede aja enggak ada hasil apa-apa kalau salah manaje, apalagi pas2an ya? makasih kunjungannya

    Ratansolomj9@
    loh guru saya bukan pak pengalaman kok Kang heheh
    itu bukan bisnis Kang, tapi cuma siasat agar duit enggak buyar dalam sekejap:15

    BalasHapus
  41. Has@
    Haji Sobri ya hehe... oke nanti akan saya pasang di televisi undangannya buat anda

    Kakaakin@
    udah ke KTP, eh TKP barusan.. 'n udah saya selipkan kode musiknya via email.. makasih ya Kak

    BalasHapus
  42. utang pulsa owh mas...sing 50 yak hahaahha

    BalasHapus
  43. Hihhiihihi... ini mas akbar malah cerita jaman2 susah cari uang, hahahahah.... saya nunggu bagian utang cellularnya malah terakhir, hihihiihiihii...

    Saya juga pernah ams, pengalaman kerja pertama malah kalap, duit malah abis, hiks... nyesel di belakang, cuma selalu ada hikmahnya, ke depan kita jadi lebih hati-hati, ya kan?

    tentang jualan pulsa, sekarang memang sudah sering kayanya jualan pulsa pake ngutang gt, terus bayarnya di akumulasi, cuma memang harus hati2, namanya juga muter uang, ada aja kan pelanggan bandel yang males bayar... :D

    selama masih positif, saya dukung mas!

    BalasHapus
  44. Anugrjha13@
    waduh disini cuma ada voucher Rp. 1500an. mau nih? heh

    Primeedges@
    yah prinsip say nolong aja MMas Prim ma mereka yang butuh pulsa tapi enggak ada duit.. Alhamdulillah sih enggak ada yang mokong para pelanggan saya

    BalasHapus
  45. Mas Akbarrr.. cerita hidupnya inspiratif sekalii..!
    Apapun pekerjaan kita, yang penting halal mas, ga harus bekerja dengan gaji berlimpah, yg penting itu hati yang bahagia :)

    Semoga Mas Akbar bahagia selalu hidupnya :)

    BalasHapus
  46. Bhiberceloteh@
    hoi ada apa Bhi kok teriak gitu.. ampe aku GR loh:31 Amien.. semoga kamu juga berbahagia disana adinda hahaha

    BalasHapus
  47. hahahaha...bener tuh, saya punya penyakit yang sama mas, boros......makasih nih...mantap

    BalasHapus
  48. wakaka justru keberakhiran bisnis pulsa saya dulu karena sering diutangin dan dipake sendiri hahaha

    BalasHapus
  49. Salute buatmu mas Kopral.. :)
    dengan semangat dan kerja keras itu, aku yakin bentar lagi bisa jadi Jenderal.. :)

    sukses terus..!!!
    Weh, kok kemaren aku hutang, belum dikirim sih?? hihihi... :P

    BalasHapus
  50. Om, nomerku di hape yang ilang itu dah balik! diisiin pulsanya donk! :)

    BalasHapus
  51. Blackbox@
    emang saya kasih duit.. kok bilang makasih?hehe

    Kang Ian@
    wah sampean kuran manajemennya kalau gitu Kang

    Advertiyha@
    udah saya transfer kok Mbak Iyha.. 3 juta malahan :21

    Bundamahes@
    boleh.. tuker kacang panjang ya hahahaha

    BalasHapus
  52. Acca@
    huahahaha nang Benjut Cell wae

    BalasHapus
  53. Waw, ceritanya bagus sekali Sob.. Kebiasaan buruk SMA jangan dibawa th.. :D

    BalasHapus
  54. asiiik....utang ah... :)

    BalasHapus