Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Minggu, 13 Maret 2011

Butuh Lagu Tentang Alam

Dulur blogger, mungkin anda bertanya-tanya kenapa di atas ada sebuah foto seorang gadis manis, diapit oleh dua orang pria tak seberapa tampan. Apakah itu sebagai bagian dari kampanye dini kami untuk mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Jember. Atau mungkin saat ini saya dan Masbro terlibat persaingan untuk memperebutkan cinta dari Prit si Apikecil..?. Mungkin juga ada yang beranggapan jika SIPICU adalah nama dari sebuah band vokal baru yang akan membuat karir Justin Bieber akan pudar dalam waktu dekat ha.ha.ha.

Foto di atas adalah tanda keikutsertaan kami bertiga di acara kontes Kecubung. Sebuah kontes menulis cerita fiksi bersambung yang diadakan oleh Newblogcamp. Ada yang masih belum tahu apa itu Kecubung?. Wah itu berarti anda ketinggalan dokar terlalu jauh nih di dunia maya hehe.

Sebagai orang yang mendapat nomer urut pertama dalam menulis di Trio SIPICU, tentu saja saya mengalami banyak kesulitan di dalamnya. Selain mendapat tugas untuk lebih menitikberatkan pada pengkarakteran tokoh yang ada dalam cerpen tersebut. Ini juga merupakan pengalaman kedua saya dalam menulis sebuah cerita fiksi, setelah cerpen berjudul Hape yang dulu juga saya partisipasikan dalam  kontes KUCB di Newblogcamp.

Wuih abot rasanya penjadi penulis dengan urut nomer pertama. Namun seperti yang sudah saya tulis dalam posting sebelumnya tentang pengertian kontes dalam kacamata saya yang berarti dikongkon ngetes alias diujicobakan. Jadi selama saya merasa bisa, kenapa saya tidak coba?. Selama masih ada secawan inspirasi untuk membuat sebuah kreasi, kenapa kita tidak berani?. Kontes harus didatangi, kalah menang urusan mburi. Yang penting partisipasi, bisa nambah relasi dan siapa tahu dari kontes ini juga bisa dapat calon bini hehe.

Ada yang menarik dari pengalaman saya saat membuat cerita fiksi kali ini. Dimana dalam kontes tersebut setiap kontestan diharuskan untuk mencari sebuah lagu yang dijadikan sebagai insiprasi cerita. Sebagai peserta yang sama-sama berlatar belakang pencinta alam. Disini kami dituntut untuk bisa membuat sebuah cerbung yang sekaligus sebagai media bagi kami untuk berkampanye tentang kelestarian lingkungan. Kalaupun ada roman, kami ingin roman itu bukan hanya sebatas roman antara seorang pria dengan wanita. Tapi juga sebuah kisah roman antara manusia dan alamnya.

Lah lantas apa sih sulitnya saya nyari lagu?. Kan banyak tuh lagu yang bisa dipilih?. Mungkin gampang saja kalau yang saya cari adalah sebuah lagu tentang cinta seorang pria kepada wanita, cinta seorang anak kepada orangtuanya atau seorang hamba kepada Tuhannya. Tapi lagu cinta seorang manusia kepada alamnya, saya pikir jarang sekali ada penulis lagu cinta yang membuat sebuah lagu tentang cintanya kepada alam raya. Kalaupun ada mungkin hanya satu dua dan itupun tidak akan menjadi sebuah lagu yang bisa booming seperti lagu cinta kebanyakan.

Mungkin saja aspek komersil yang jadi pertimbangan bagi  mereka sehingga enggan untuk membuat sebuah lagu tentang alam. Padahal sama halnya dengan tulisan sebuah lagu pun bisa mempengaruhi pendengarnya untuk bisa bersikap sesuai dengan pesan moral yang disampaikan lewat lagu tersebut.

Dulur blogger, sekian saja opini dari seorang blogger yang stres gara-gara kebingungan mencari lagu untuk tema alur ceritanya he.he. Semoga kelak akan banyak lagu tentang alam yang tercipta dari para musisi kita, sehingga seorang blogger seperti saya tidak akan kebingungan lagi mencari lagu sebagai bahan inspirasi penulisan cerpennya. Walaupun dari sudut pandang komersil dan entertainmen kurang begitu menjual, tapi setidaknya bisa menjadi sebuah obat bagi bumi kita yang sedang sakit. Sebuah lagu yang bukan hanya sebatas instrumen bunyi-bunyian di telinga tanpa makna, tapi sekaligus bisa menjadi bahan perenungan kita bersama, jika bumi juga butuh kasih sayang kita.

Oke deh saya pamit dulu ya. Mau lanjutin berburu lagu tentang alam sebagai tema cerpen saya. Ehm ada yang punya usulan nih lagu alam apa yang sekiranya cocok dengan tema cerpen saya nantinya?.

Image and video hosting by TinyPic
Sekilas Pariwara...

61 komentar:

  1. good job and good luck .. ALLAH bless you ,amin

    BalasHapus
  2. Keterangan foto,,

    Dari kiri ke kanan : evolusi terjadinya manusia, hahaha.... piss Kang;

    BalasHapus
  3. Brigadir Kopi@
    okey..okey tenkyu.. Ai Lophe Yu Mai Brade :18

    Masbro@
    :19 hoi komentar orang belum minum kopi ya hiyaha

    BalasHapus
  4. ditunggu syukuran kemenangannya! :pray:

    BalasHapus
  5. Mas arief Bayoe, ikutan kontesnya Pak De juga dong,,

    kang Lozz, ada tulisan bagus, menarik inspiratif. Di blognya Mas nenet, huruf A

    BalasHapus
  6. Bundamahes@
    begh dekrema reya Bing? kontesnya aja belum ikut, kok tasyakuran :20

    Arief Bayoe Sapoetra@
    Ayo melu pisan Sam, kan sampean jago nulis fiksi

    Keluarga Tamasya@
    sudah ke TKP dan melihat fotonya mas :21

    BalasHapus
  7. apa daya sam teman tak ada....hihihihihi biar aku mendukung sobat-sobat kita yang berkompetisi dalam kecubung mungkin sekarang aku masih harus banyak belajar sam..... soale ana ngerepoti ente tok sam....hohohohoho

    BalasHapus
  8. Mas Lozz, saya ada tuh lagu tentang Alam.... tapi Alam barzah... he he he ....

    BalasHapus
  9. yang ngapitnya cakep kok.... hihihihi, jangn sampe berebutan ya..... :)

    BalasHapus
  10. Lestari alamku lestari negriku
    Di mana Tuhanku menitipkan aku

    Yang teringat langsung lagu mas Gombloh itu,
    ambil dari lagu2 Tamasya Band aja mas Loss

    BalasHapus
  11. wah ada trio vokal, ya senantiasa sukses dukungan dr Bandung \nn/

    BalasHapus
  12. mas numpang ketawa ya ada yang lucu soalnya darintulisan diatas...
    kalo boleh usul mendingan lagunya panggung sandiwara cerita alam semesta

    BalasHapus
  13. Arief Bayoe Sapoetra@
    lah PDKT donk sama blogger lainnya, biar dapat pasangan

    Ratna Habsari@
    hehe Bu Ratna.. wonten-wonten mawon

    Yhantee@
    :13 saya sama Mbak Yanthee aja deh hehehe

    BalasHapus
  14. Monda@
    wah kalau boleh sih maunya gitu Bu...

    Blogdangkal@
    awas Bang Ade.. per SMS tuh premium loh tarifnya

    Farusganteng@
    silakan Mas.. mumpung ketawa di kotak komen enggak dikenai pajak...

    BalasHapus
  15. Lagune opo yo Kang... naik-naik kepuncak gunung?, dondong opo salak? aduuhh.. aku yo melu bingung Kang hehehe...

    *Kalo boleh urun rembug, Berita Cuaca saja Kang lagunya, dulu dinyanyikan Gombloh, tapi pernah juga dinyanyikan sama Boomerang he.he..

    Nuwun Kang

    BalasHapus
  16. rasanya lagu Iwan fals ada yg bercerita tentang alam tapi saya lupa judulnya cari aja di google mas

    BalasHapus
  17. wah sudah dimulai ternyata kontesnya, tapi keren dan cantik ya mas pemeran utamanya hehe, kalau judul lagu saya kurang paham, lebih senang menjadi pendengar budiman kalau masalah musik brad, sukses lombanya jeh. :D

    BalasHapus
  18. Wah.. ikut kecubung 3 warna nih..
    Aku tunggu aja deh cerpennya.. :D
    :17

    BalasHapus
  19. Sukadi@
    wah mentang-mentang gentenge pecah lagune tentang cuaca yo Kang hehe

    Agung@
    oh Rimba tiada tempat berpijak itu kan?? ehm masuk nominasi tuh kayaknya Mas

    Auraman@
    ayo dulur-dulur Bloofers disemngati biar ikutan juga brade

    Mashury@
    enggak jadi deh ikutan, wong diancem gitu hehehe

    BalasHapus
  20. Milih lagu untukku sendiri juga bingung :D

    BalasHapus
  21. Aku onlinnya berangkat make' jet tempur mas bukan dokar, makanya g ketemu kita. hahahaha

    Salam kenal,

    semoga menang dah, n semoga q ikut kecipratan rezekinya

    BalasHapus
  22. lanjutkan perjanganmu nak..
    hehehe..
    :D

    BalasHapus
  23. Hehe seneng baca postingannya Mas.
    Benar semoga dengan ikut kontes kecubung bisa menang dan bisa dapet bibi hehehe

    Salam buat yang di tengah ye, paling cantik soalnya.

    BalasHapus
  24. cinta alam ya jadi bikin tema ttg alam ,top deh

    BalasHapus
  25. Hhahahahahah... ups, aku abis baca komennya masbro..

    aku bingung juga kalo lagu alam... taunya lagu lagu: Luka yang indah, wkakakakaka... *kabooorrrrrrrrrr....

    BalasHapus
  26. sobat ku
    makasih ya atas postingnya
    sangat bermanfaat,,
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal
    ekonomi andalas

    BalasHapus
  27. suwe ga mrene kang lozz, ketoke tim solid iku, tak dongake menang wis! Ktoke koleksi gelar seko blog camp wis akeh!

    BalasHapus
  28. semoga cepat dapat theme song :D

    BalasHapus
  29. *gelar tiker*
    Juri duduk manis di sudut teras, nunggu cerita sipicu yang sedang berfikir keras.. :P

    wooii,, kopinya man??? pisang gorengnya mana???
    gak sopan nih, ada Juri datang dianggurin.. :P

    moga cepet nemu lagunya mas.. hihihi

    BalasHapus
  30. Saya suka lagu Lestari Alamku itu...
    Tapi kayaknya yang nyanyi bukan Gombloh ya
    Apa saya salah?
    Yang nyanyi kayaknya Grup Rock asal Surabaya...

    BalasHapus
  31. selamat bertarung...
    ntar hadiahnya sampe ketempatku ya...
    heheheh....

    sedj

    BalasHapus
  32. relisi lagu lestari alamku ciptaan boomerang juga keren mas.

    salam

    BalasHapus
  33. Kakaakin@
    jangan terbiasa bingung nih milih dua pria berkaos kuning hehe. lah sekarang malah bingung lagi milh lagu

    Ismail@
    salam kenal balik Mas.. sampai ketemu di langit ya haha

    Agung A Kusuma@
    injih Pakdhe :16

    Atikah@
    Ayo mbak Atik ikutan juga donk... poko'e melu hehe

    BalasHapus
  34. Lidya@
    betul Mbak... ehm ada usulan?

    Primeedges@
    awas sampean mas Priiimmm :22 hehehe

    Hendot@
    makasih balik sobatku, nanti saya kunjungi deh..sapa tahu ada bahan dari situ

    Mas-Tony@
    matur nuwun Mas Ton.. lah sampean ora melu tah

    Skydrugz@
    udah dapat kok brade

    BalasHapus
  35. Advertiyha@
    maaf segala bentuk pemberian kepada dewan juri adalah bentuk dari suap hiyahahaha

    Marsudiyanto@
    oh itu lagunya Gombloh pak Mars, cuma dirilis ulang lagi kayaknya

    Sedjatee@
    hehe sampean iso-iso wae Kang, piye dah nemu pasangan blum nih di Kecubung?

    Andipeace@
    ehm kapan hari udah saya dengarin kok, tapi keliatannya saya pilih lagu lainnya deh Mas

    BalasHapus
  36. rawe rawe lantas, malang malang puntung..:) tetep semangat.. mas akbar.. :)

    BalasHapus
  37. Sukses cak dengan kecubungnya. Semoga bisa mekar dan tidak layu :11
    Tapi awas cak, jangan sampai mendem bunga kecubung.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  38. Zico@
    ayo ikutan juga Brade...

    Sugeng@
    ehm matur nuwun Cak.... ojok sampeh deh mendem kecubung hehe

    BalasHapus
  39. Rrankie and Jane, banyak cerita tentang alam Kang ...
    tapi keberadaan kelompok musikus itu sepertinya sudah tidak eksis lagi,
    Btw semoga sukses aja dalam kontes Kecubung :15

    BalasHapus
  40. lagunya tentang alam barjah atau alam akherat gan?... :p

    BalasHapus
  41. ooo gitu tho caranya
    akhirnya dengan postingan mas akbar ini aku baru paham cemana cara ikutnya ituu
    ayo ayo buruan donk ceritanya manaaa??

    BalasHapus
  42. oo..ikutan kontes kecubung juga ya? semoga menang ^^

    BalasHapus
  43. wah, kayak personel band saja terdiri dari dua cowok dan satu cewek, trus vokalisnya yang bagus siapa ya?

    BalasHapus
  44. klo menang bagi2 hadiahnya ya sob... heheh

    BalasHapus
  45. lagu apa yah yg bagus?
    aku blank mas klo soal fiksi..hehe

    BalasHapus
  46. ihhiirr...pinter nulis fiksi juga nih, kang Akbar. baiklah...semoga sukses kontesnya...*kalo menang traktir aku lho !!! :17

    BalasHapus
  47. good luck, semoga menang mas

    BalasHapus
  48. tanya kan padaku...
    maka kan ku beri kau pilihan lagu tentang alam
    tapi lagu anak-anak teka
    mau mas?
    btw...aku iri sama gadis manis di atas
    pengen juga diapit kek gono

    BalasHapus
  49. wih... keren topiknya.. saya sebenarnya juga pengen ikutan mas.. ntar kita bertiga, ayahe wildan, ibu'e wildan, n wildan sendiri.. hehehe.. sayangnya wildan belum bisa nulis.. cuma bisa a.. aem.. ayah.. ibu.. hehehehe.. sukses mas buat menangkan api kecil dari masbro.. :p

    BalasHapus
  50. Ratansolmj9@
    matur nuwun Kang... lah sampean ora melu tah? tu Kang Sedjatee nyari pasangan Kang

    Firaun Ngeblog@
    :19 Alam Jahiliyah kalau ada

    Julie@
    lah sampean enggak ikutan tah Mbak..??

    Heny Arica@
    makasih Mbak tjantik.. :13

    BalasHapus
  51. Joe@
    kelitannya yang cewek tuh Mas vokalisnya, saya pegang tamborin aja deh hehe

    Pri Cimbun@
    hehehe kontesnya aja blum Mas hahaha

    Melly@
    berarti suka yang nyata ya Mbak Melly.. ehm apa'an ya hehe

    Aryna@
    enggak ah... minta traktir pake diancem gitu hehe

    BalasHapus
  52. Blackbox@
    tenkyu bradah... ayo ikutan..

    Desri@
    ayo deh sini foto juga.. tinggal pilih deh mau di dekat pria yang kanan atau kiri.. suit..suitt

    Fendik@
    wah sayang Omnya Wildan dah dilamar orang ya Mas hehe

    BalasHapus
  53. Thingak thinguk masih terkagok-kagok. Blognya seru ini. :) Kapan-kapan dolan lagi ah....:D

    BalasHapus
  54. Sesuai bidang ya mas, pecinta alam ya bikin tulisan yang bertema alam, sip sip, tak do'ain menang deh di kecubung nya pakdhe

    BalasHapus
  55. Etiksetaminan@
    :12 wah maksih dah mampir ya Mbak

    Mauna@
    saya aminin dari sini deh....

    BalasHapus
  56. Wah sukses ya lomba nya. coba namanya kecebong ya jangan kecubung :D

    ada tuh lagu terkenal kecintaan tentang alam, lagu nya ebiet G. Ade, hehe.

    Semangat dan sukses

    BalasHapus
  57. Assalamu’alaikum wr wb..
    Saya newbi, mohon izin untuk nimbrung…perkenalan dulu saya SONHAJI dari www.pengurasWCtanpasedot.wordpress.com ,saya telah membaca beberapa tulisan di blog anda sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi diriku yang newbi ini. Saya akan berkunjungi lagi jika ada tulisan baru. Dan saya berharap adanya kunjungan ini bisa selalu silaturrahim, memperbanyak teman bahkan saudara, terimakasih ya atas respon positifnya.
    Wassalamu’alaikum WR WB

    BalasHapus
  58. Maminx@
    awas saya bilangin Pakdhe Cholik loh.. nama kontesnya dirubah-rubah

    penguraswctanpasedot@
    waalaikmu salam Wr Wb

    matur nuwun dulur untuk kunjungannya :18

    BalasHapus
  59. mg sukses y mas sm kontes kecubungnya..

    BalasHapus
  60. Wah ... rame banget nih yang ikutan kontes Kecubung. Semoga menang ya Mas ... Jangan lupa hadiahnya dibagi rata ke dulur-dulur blogger :)

    BalasHapus