Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Selasa, 15 Maret 2011

Sederhana

Alhamdulillah, nemu juga deh lagu yang akan dibuat sebagai tema cerbung trio Sipicu dalam kontes Kecubung. Banyak sekali usulan lagu lagu yang kami terima dari para dulur blogger lainnya. Entah lewat SMS, email, surat kaleng, bahkan sempat ada pula beberapa penyanyi dan pencipta lagu yang berdemo menuntut agar lagunya dijadikan Sipicu sebagai soundtrack dalam cerbungnya hehe.



Mengingat dan menimbang jika batas akhir pendaftaran Kecubung sudah semakin dekat, yang artinya kami harus segera menyelesaikan cerbung tersebut. Akhirnya kami memutuskan tidak memilih semua usulan lagu dari pihak manapun. Bukan berarti kami berbuat seolah layaknya orang atas yang sering mengabaikan aspirasi dari bawah. Tapi bagi kami persatuan itu penting, sebab kami tidak ingin terjadi gejolak seperti di Libya, Tunisia atau Mesir terjadi di republik blogger. Enggak lucu kan gara-gara perbedaan lagu terjadi revolusi oleh rakyat hehehe.

Kami pilih sebuah lagu yang menceritakan tentang kesederhanaan, hidup apa adanya dan tentu saja ramah lingkungan. Sebuah kehidupan dari sekumpulan orang yang kadangkala dianggap terbelakang dan tidak mengikuti perkembangan jaman.

Lagu ini mengajak kita untuk belajar hidup sederhana, mensyukuri sekecil apapun pemberian Tuhan serta menggunakannya dengan cara bijak dan tidak serakah.

Sebuah perenungan jika pada dasarnya alam sudah lebih dari cukup menghidupi kita. Tapi karena ketidakpuasan dan terlalu silau dengan kemilau dunia, seorang manusia kadangkala menjadi serakah untuk mengejar dan terus mengejar uang serta kedudukan dengan segala cara.

Di negeri ini suap dan korupsi sudah menjadi tradisi. Padahal tujuan kita kerja hanyalah untuk beribadah dan menopang agar perut kita tetap terisi. Kita tahu jika isi perut kita ada batasnya, tapi mengapa masih ada sekumpulan manusia yang masih saja berteriak tidak puas?. Bahkan kadangkala dengan cara yang zalim mereka pun jejali isi perutnya dengan lembaran uang, aspal, minyak, emas dan barang kemewahan lainnya. Seakan mereka tidak menyadari jika hanyalah sepiring nasi yang dia butuhkan agar tubuh kita senantiasa kuat saat melakukan sujud pada-Nya.

Mungkin ada baiknya kita belajar pada orang-orang sederhana di ujung sana. Sekumpulan orang yang sering kita cap sebafai orang ndeso, terbelakang atau ketinggalan jaman. Tapi sesungguhnya merekalah orang-orang yang lebih kaya dari kita, karena mereka tidak pernah merasa kekurangan apapun. Merekapun tak pernah berhenti bersyukur meski kadangkala hidup mereka dipenuhi segala macam keterbatasan.

Dulur blogger, ada yang tahu kira-kira lagu apakah itu?. Oke deh biar enggak penasaran lihat aja sendiri deh lagunya. Tebak sendiri deh judul dan penyanyinya sapa hehe.

Aku gak perlu uang ribuan
Yang aku mau uang merah cepe'an
Aku gak butuh kedudukan
Yang penting masih ada lahan 'tuk makan

Asal ada babi untuk di panggang
Asal banyak ubi untuk ku makan
Aku cukup senang... aku cukup senang
Dan akupun tenang

Aku gak ngerti ada banyak tambang
Yang aku tahu banyak hutan yang hilang
Aku gak peduli banyak nada sumbang
Kita orang ini dianggap terbelakang

Asal ada babi untuk di panggang
Asal banyak ubi untuk ku makan
Aku cukup senang... aku cukup senang
Dan akupun tenang

Hei... yamko rambe yamko...aronawa... ombe
Hei... yamko rambe yamko...aronawa... ombe
Hei ngino kibe kumbano kumbu beko
Yumano kumbu awe ade

Image and video hosting by TinyPic
NB:
Selamat Ulang Tahun buat dulur-dulur OPA Swapenka Fak Sastra UNEJ..
Teruslah berkarya saudaraku meski dalam kesederhanaan.
Suka Duka Satu Kata... hanya untuk Swapenka tercinta... Salam Lestari...!


Image and video hosting by TinyPic

Sekilas Pariwara...

58 komentar:

  1. Lagu apa itu? kayak lagu dangdut ya?
    hemm..
    Okelah, lanjutkan Cerbung nya.. :17

    BalasHapus
  2. lagunya sederhana,
    tapi kesederhanaan itu kadang mahal karena dia punya harga dan bernilai.

    hehe nyerah, saya gak tahu lagu apa.

    BalasHapus
  3. hidup Slankers........ ayao maju mas bro aku selalu mendukung mu.............!!!!!!!

    BalasHapus
  4. emang selalui kreatif kawanku ini
    maju terus Kang Akbar

    sedj

    BalasHapus
  5. Mashury@
    dangdut...?? :20

    Bundamahes@
    tanya Mahes aja Bunda.. dia pasti tahu kok hehe

    Atikah@
    yupz.. ojo terlalu ngoyo ya Mbak.. jalani wae opo onoke..

    BalasHapus
  6. Marsudiyanto@
    bukan Iis Dahlia tuh Pak Mars, tapi Elya Khadam

    Arief Bayoe Saputra@
    wah saya berarti enggak didukung nih :21

    Sedjatee@
    piye Kang wis nemu pasangan di Kecubung..??

    BalasHapus
  7. ya termasuk ente kan.... masbro itu mewakili ente sama masbro sam.....hehehehe aku pasti dukung saudara ku ini... semoga menang sam biar kota jember eksis dalam per bloggeran....

    BalasHapus
  8. kontes lagi...? Moga congrat lagi yo...
    Label albumnya udah siap beredar kayaknya..hehe..

    BalasHapus
  9. gak ada habisnya kreativitas Akbar, salut dn kagum
    semoga selalu sukses ya Akbar
    salam

    BalasHapus
  10. Sebuah kehidupan dari sekumpulan orang yang kadangkala dianggap terbelakang dan tidak mengikuti perkembangan jaman.

    wah point itu yg banayk terjadi sekrang btw yg di spoiler itu hihi lagu opo ya .. hihihii

    BalasHapus
  11. Akhirnya.... wis Kang, ndang digawe ceritane, tak dukung wis he.he...

    *dapat lagunya Slank ya? kalau nggak salah lembah beliem he.he..

    BalasHapus
  12. jadi penasaran mau dengar lagunya.salam kenal ya..kalau ada waktu mampir diblog saya,ya.
    http://edyirawannasution.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Mana nih ditunggu cerbungnya, kalau lagu temanya Slank pasti manztap dech.

    BalasHapus
  14. yeee inikan lagunya SLANK bro...xixxii saya juga bisa nyanyi

    BalasHapus
  15. Arief Bayoe Sapoetra@
    amien.. :18suwun sam

    Iffa Hoet@
    hehe mau enggak jadi produsernya Mbak

    Bundadontworry@
    lah saya kan belajar dari Bunda nih...

    BalasHapus
  16. Brigadir Kopi@
    sing jelas bukan lagu Punk brade :16

    Sukadi@
    :14 selamat kang ada bisa menebak dengan tepat, ambil hadiahnya di warung sebalah ya hehe

    I-one@
    salam kenal balik dari Jember brade...

    BalasHapus
  17. Dwi@
    sabar..sabar antri di depan loket dulu ya hahaha

    Maspri@
    ehm.. boleh juga tuh kalau Mas Pri yang nyanyi

    Lidya@
    yang jelas bukan lagunya Cal-Vin Mbak...

    BalasHapus
  18. Ya wis, apa wae lagune ra masalah kang, sing penting dang dirilis critane, hehehe ..

    BalasHapus
  19. lagu apa yah..

    Ciyee SIPICU,kerennya..
    di tunggu loh ceritanya di kecubung..
    moga sukses yah..

    BalasHapus
  20. Ratansomj9@
    hehe mbales nih ceritane Kang

    Nchie@
    saya rilis dengan satu syarat barter makanan ya

    BalasHapus
  21. waduh... itukan lagu daerah ya... tapi di kolaborasikan dengan lagu sekarang... nyerah dee saya mas :(

    BalasHapus
  22. sok misterius deh mas... wkakakkakaka... aku ndak tau aja... :16 ditunggu tanggal mainnya!

    BalasHapus
  23. Ewaaaaah, hidup sederhana dan pas-pasan itu lebih asyik dan nikmat. Pas butuh pas ada, hehe. Oia, ikutan juga. Hehe. Baiklah jumpa di Cerbung ya Mas Akbar.

    BalasHapus
  24. Gak ada daging ya makan tempe
    gak ada telor ya makan tahu
    gak ada minyak ya pake kayu
    gak ada lampu ya pake obor

    sederhana ........
    sederhana ........
    sederhana ... sederhana ...
    sederhana ........

    BalasHapus
  25. Jadi penasaran nech...kayaknya ceritanya membumi yachh...alias tidak menjual mimpi hehehe.....

    BalasHapus
  26. Merliza@
    begh gitu aja udah angkat bendera putih deh hehe

    Primeedges@
    wkwkwkwk padahal asline culun yo :20

    Qefy@
    oke deh brade.. ampe ketemu ya

    BalasHapus
  27. Maseko Cahyo@
    wah iyo tah Mas...

    Riez@
    lah trus gimana kalau enggak ada bola? apa kita main kasti aja???

    Nia@
    hehehe nanti deh Mbak, pas lebaran baru saya posting ceritane hehehe

    BalasHapus
  28. oh elya kadam toh? duh pengen denger gak ada headset nih, hehe

    BalasHapus
  29. Sipicu di kecubung 3 warna,, pastilah menimbulkan histeria massanya,, beli tiket jauh-jauh hari ahh :)

    BalasHapus
  30. Hmm... kayaknya lagunya Iwan Fals deh.. klo bener aku dikasih apa hayoo??? :P

    BalasHapus
  31. Duduk manis nunggu Cerbung Sipicu tayang ah... *Jangan lama2 ya...* :)

    Oya, thx kunjungan kemarin ya...

    BalasHapus
  32. ditunggu gan ceritanya.

    BalasHapus
  33. apapun lagunya aku sukalah.........heheh
    salam persahabatan

    BalasHapus
  34. :18 whehehe kirain punk hihihiih :19

    BalasHapus
  35. sipicu... terus memacu...
    sukses buat albumnya!

    BalasHapus
  36. Ayo segera daftar Kang, terakhir aku cek sudah ada 4 peserta, jadilah grup sampeyan yang kelima, siapa tahu pak dhe kasih hadiah untuk kategori khusus, peserta kelima heheheh....

    Selamat bergabung di K3W yang semakin membuat hidup berwarna warni seindah pelangi.

    BalasHapus
  37. wah anak muda yang kreatif dan inspiratif nich... 2 jempol dech untuk projectnya mas.. mantaappppp:)

    BalasHapus
  38. bisa-bisa-bisa asal sama2 bulat kang lozz

    BalasHapus
  39. sayang wajahnya tidak kelihatan tuh...

    BalasHapus
  40. hah??lagu siapa itu mas??kok ada he yamko rambe yamkonya??

    BalasHapus
  41. ini kapan sih mulai cerbungnya??? *Juri mulai gak sabar* :19

    oh iya, gak mau komen lagunya, cuma posternya itu lho, kenapa mukanya ditutupin tulisan segede gaban gitu?? *protes...!!!*

    JURI CEREWET... hihihihi

    BalasHapus
  42. Kayaknya pernah dengar lagunya deh, di mana ya? Lupa saya.

    BalasHapus
  43. Maminx@
    oke deh brade maminx.. selamat bergoyang deh

    Ysalma@
    hehehe awas jangan beli di calo ya..??

    Yuhiarinukti@
    betul deh sampean Mbak Yun.. :15betul-betul salah

    Mechta@
    :12 tenkyu.. kunjugan baliknya ya

    Kira@
    juragan sayur mas hehehe

    BalasHapus
  44. Kezedot@
    salam persahabatan balik dulur :18

    Brigadir Kopi@
    kapan-kapan aja deh saya bikin cerpen judulnya Punk Berhati dangdut hehe

    Bung Iwan@
    Album foto kenangan nih bung Iwan..??

    Abi Sabila@
    wkwkwk ono-ono wae sampean Kang

    Kamal@
    wah saya enggak muda loh Mas hehe

    BalasHapus
  45. D Durahman@
    selamat malam pak...

    Riez@
    hehehe roda juga bulat tuh Kang

    Joe@
    wajah siapakah Brade Joe hehehe

    Firimelinda@
    enggak tahu ya lagu sapa tuh...??

    BalasHapus
  46. Pak Ngah Zikri@
    hayo.. lagu siapa itu

    Advertiyha@
    :21 malu sama jurinya kalai Mbak Iyha..

    Sya@
    mungkin saat berdua ma Yayank nih Mbak Sya.. :13

    BalasHapus
  47. berarti usulan aku juga di tolak dek ??? ckckckckckkk

    BalasHapus
  48. saatnye bersemangat
    salam persahabatan

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum Kang,
    lho tak kiro kemarin wis komentar ndi rumah sampean setelah di cek tibaknya belum ada, seporana ....
    .......
    kesederhanaan dan keterbatasan justru seringkali membuat manusia semakin gampang menempatkan diri pada posisinya, karena mampu menerjemahkan menjadi prinsip hidup yang legowo. Hanya saja jika tidak kondisi seperti itu bisa membawa pada keterputusasaan jika tidak diimbangi keimanan.

    BalasHapus
  50. wuih, kreatifitasnya tiada henti nih sepertinya Bang...

    ayoo lanjutkan...
    hehehe,,,

    BalasHapus
  51. Sepertinya aku belum pernah dengar lagu ini.

    BalasHapus
  52. Fitr4y@
    boleh.. asal Uni yang nyanyi.. piye..??

    Kezedot@
    salam balik dulur... :12

    Djangan Pakies@
    waalaikumsalam Kang Pakies..
    kalau dipikir enak opo ono'e Kang.. kang bikin kita loro kabeh

    Bebek@
    lanjut kemana Bek..??

    Kakaakin@
    lah kan udah dengar disini hehehe

    BalasHapus