Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Selasa, 29 Maret 2011

Sundel Bo'ong

Maaf.. jika ada yang ketakutan karena foto kemarin
Sebelum heboh bom paket santer terdengar di desa saya. Kapan hari juga terjadi kehebohan di desa sebelah. Namun kali ini giliran kuntilanak yang menjadi sumber kehebohannya. Loh kok bisa?. Sabar..sabar saya mau nutup pintu dulu ya. Jujur saya juga agak takut nih, malam-malam posting ginian hehe.

Bermula dari cerita seorang pencari rumput yang katanya bertemu dengan kuntilanak di sebuah perkebunan tebu. Akhirnya cerita itu menjadi heboh dan menjadi perbincangan di desa tersebut. Jujur saya pribadi pada dasarnya percaya dengan adanya setan dan jin, karena dalam agama saya diajarkan untuk mempercayai sesuatu yang ghaib. Bagi saya hantu dan segala komplotannya adalah sesuatu yang ghaib. Tapi mereka bukanlah roh atau arwah penasaran. Mereka hanyalah oknum jin yang memang kurang kerjaan sehari-harinya.

Namun ada yang membuat saya janggal dari cerita tersebut. Sebab dari cerita orang-orang, ternyata pencari rumput itu bertemu dengan kuntilanak tersebut pada siang hari. Lah ini kok lucu ya?. Ngapain mahluk bernama ilmiah Sundel Bolong ini nongkrong siang hari?. Kan sudah jelas jika jam operasinya tengah malam. Jadi kenapa nona Kunti harus muncul di siang hari bolong?. Apakah ini tidak melanggar kode etik dia sebagai hantu?.

Akhirnya saya pun penasaran dan segera meluncur menuju ke desa dimana cerita itu terjadi. Dari cerita seorang kawan yang kebetulan tinggal di desa tersebut, saya pun mempunyai kesimpulan jika cerita Sundel Bolong tersebut hanyalah sebuah cerita yang sengaja dihembuskan sesorang untuk mengalihkan sesuatu.

Sebelum heboh Sundel Bolong itu terjadi sebenarnya di desa tersebut banyak sekali terjadi pencurian hewan ternak, kabel telepon dan segala macam kasus pencurian lainnya. Hingga akhirnya ramai pula kegiatan ronda dan patroli polisi setiap malamnya di desa itu. Nah gara-gara heboh Sundel Bolong tersebut, ronda yang biasanya diadakan oleh para penduduk sekarang menjadi sepi. Barangkali para peronda tersebut takut ya Sundel Bolong ikut ngeronda bareng mereka hehe.

Dulur blogger dari kejadian tersebut tentunya kita bisa jadikan pelajaran. Banyak kasus besar yang terjadi di negeri ini dan butuh diselesaikan. Namun kadangkala karena sebuah kejadian kecil, konyol dan bahkan tidak masuk akal, kita justru malah melupakan kejadian yang lebih besar dan penting. Bahkan terkadang pula kita malah asyik terlena dengan masalah sepele yang memang sengaja dibuat oleh seseorang untuk mengalihkan permasalahan yang lebih besar tersebut.

Semoga rakyat kita semakin pandai untuk tidak lagi mudah dibohongi dengan isu-isu tidak masuk akal macam corp circle, isu ninja, penampakan hantu dan lain sebagainya. Sebab bisa jadi di balik semua itu hanyalah rekayasa yang sengaja dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Tentunya dengan tujuan untuk mengalihkan fokus perhatian kita. Sebab sudah menjadi kebiasaan jika setiap kasus besar tidak pernah terusut dengan tuntas di negeri ini. Bahkan kadangkala kasus tersebut tak ubahnya seperti cerita Sundel Bolong. Datang membawa geger, tapi tiba-tiba saja hilang tanpa kita tahu kemana perginya.

Image and video hosting by TinyPic

Sekilas Pariwara...

63 komentar:

  1. Hiiiiiii... gambarnya medeni,,

    Negeri ini memang negeri para pesulap (seperti lirik lagu reggae, hehe)

    BalasHapus
  2. Kaya mistery kolor ijo dulu ya kang, sekarang sudah hilang dengan sendirinya hehehe ...

    BalasHapus
  3. kaya jalangkung juga ga bro, datang tak dijemput pulang tak diantar... waaaaa. gambarnya seremmmmm kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr wushhhhhh"

    BalasHapus
  4. Masbro@
    makanya ampe dibikin acara The Master Bro di Indonesia

    Ratansolmj9@
    hoi apa kabar Kang.. wah sampean malah kayak Kolor Ijo nih... muncul tiba-tiba haha

    Kamal@
    aku aja takut bro liat gambarnya..
    lari juga ah :21

    BalasHapus
  5. itu si mbak kunti kok gak kena rantib Satpol PP ya...? Hehe...

    La ya itu, dulu gempar sms santet, penculikan dll yg pada dasarnya kerjaan para mafia koruptor untuk menutupi isyu dirinya dg membeli kasus publik biar orang beralih pandangannya.

    BalasHapus
  6. hahaha...kenapa itu non sundel nggak laporan dlu sama aku ya?
    hehe

    kalo ninja itu bener...soalnya semalam saya liat sndiri,

    NINJA ASSASIN.

    wuahahahahaha

    BalasHapus
  7. Sundel bo'ong2an. Jalannya napak tanah? Barangkali pake sandal? Barangkali yang suka nyolong sandal di rumah ini?

    BalasHapus
  8. emang ada kode etik yang ngatur bahwa Mbak Kunti dan Oma Sundel Bolong harus beraksi malam hari ya???
    kayanya ga ada deh uncle!

    BalasHapus
  9. Gambarnya serem mas Lozz, Boongan ya?

    BalasHapus
  10. berarti para pewarta juga harus berpihak ke rakyat dikitlah,,
    btw nona kunti nyari temannya yang kabur kali :D

    BalasHapus
  11. Mas akbar, kuntinya ternyata boong ya, tapi gambarnya beneran jeh... :19

    BalasHapus
  12. Namanya setan & bahkan ratunya setan itu bisa muncul kapan saja sam.....hehehhehe iya sam ini bisa aja pengalihan objek biar gaka ada yang ronda & malingnya beraksi dengan leluasa...... sam serem lihat fotonya..... ganti pake clip art aja sam....hehehehehe

    BalasHapus
  13. huwwwaaaaaaaaaaaaaaaa nggak mau liat potonya lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii nguerrrrrrrrrrriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii............ ^^wah ngalamat t'bayang2 wajah mbk kunti deh :(

    BalasHapus
  14. Isu yang meresahkan semacam itu pasti ada yang mendalangi dan ada maksud terntu (mungkin). Kalau tidak, sundel bo'ong-nya salah lokasi syuting :15

    BalasHapus
  15. hikkk... serem......eh, tapi emang iya ya... kalo diperhatikan tiap ada masalah di negeri ini, lom tuntas thu masalah langsung digempur isu2 aneh... sengaja wat ngalihin perhatian...

    BalasHapus
  16. serem ah denger nama kuntilanak

    BalasHapus
  17. whuaaaaa...
    Bang Lozz posting apaan siiiiih...
    syereeeeem...

    *aku takut...aku takuuuuut*

    BalasHapus
  18. Iffa Hoet@
    kalau sama Satpol PP enggak bakalan takut sundel bolongnya Mbak Ifa.. mereka takutnya cuma ama ghostbuster

    Tunsa@
    awas ketemu sundel bolong beneran loh

    Ami@
    hehe mungkin aja Mbak mungkin juga nama asli dia sandal bolong haha

    Bunda Mahes@
    Ya ada dong.. mereka kan juga punya MK alias Mahkamah Klenik hehe

    Mas TonyIffa@
    namanya aja sundel bo'ong Mas Ton

    BalasHapus
  19. Ysalma@
    yupz katakanlah yang hak adalah hak dan yang batil adalah batil.. hidup wartawan hahaha

    Primeedges@
    awas fotone ada penampakan loh Mas prim hihihhi

    Arief Bayoe Sapoetra@
    wah kelihatannya pengalaman awakmu nang dunia Ghoib.. mantan dukun tah hahaha

    Ientanainie@
    sebut nama saya 3 kali sebelum tidur Mbak... dijamin makin inget deh ma kuntilanaknya haha

    BalasHapus
  20. Sukadi@
    bisa jadi Kang, kok engga sekalian tukang nyari rumput itu minta tanda tangan ya

    Aina@
    yah namanya aja untuk mengalihkan perhatian Mbak.. dengan cara apa aja dilakukan, sekalipun enggak masuk akal

    Wits@
    kalau dengar nama Lozz Akbar piye?hehe :16

    Bibi Titi Teliti@
    sekali kalai serm dikit dok Mbak Ery..masak guyon trus sih hehe

    BalasHapus
  21. sundel bolongnya...udah makek sun Block kalii kang.

    BalasHapus
  22. waduh,gambarnya seram bgt..klu ada waktu kunjungi blog ane ya,masalahnya blog ane perlu bantuan

    BalasHapus
  23. wihhhh,, mas Solll,,untung aku mbuka'e gak bengi mas..sory gak tak woco postinge..
    wedi ndak iso turu

    BalasHapus
  24. Memang semakin banyak orang yan gpinter mengalihkan perhatian, dan semakin banyak orang yang pinter menutupi kejadian yang benar.

    BalasHapus
  25. baru lihat gambarnya aja udah serem,,,, hiiiyyyyy,,,,,, berdiri bulu kuduku....!!!!

    BalasHapus
  26. jadi inget ramainya bom buku....itu sebenarnya mau mengalihkan perhatian dari apa yah???...
    *kaburrrrrrrrrr....takuttttttttttttt....:-)

    BalasHapus
  27. Riez@
    hehehe sundel bolong alay lah yaw...

    I-one@
    santai brade.. saya kunjungi kok

    Apikecil@
    hahaha arek P.A kok wedi nang hantu (asline aku yo wedi) :20

    BalasHapus
  28. Atikah@
    berarti kita harus bersyukur mbak Atik.. orang Indonsia sudah banyak yang pinter hehe

    Srikandi Hati@
    padahal isine enggak serem loh Mbak, tapi medeni

    Necky@
    bukan mengalihkan perhatian pak Necky, tapi mengganggu konsentrasi

    BalasHapus
  29. ih serem, pang ngebuka blog ini langsung disuguhin gambar ginian, bikin bulu kuduk merinding... kabooooooooooooooor............ hihihihi

    BalasHapus
  30. Ampuuun maaasss... gambarnya kaga bisa diganti poto saya aja apa yak? biar lebih serrem gituuu *loh?* hehehe..

    ternyataaa pengalihan isu bukan hanya untuk kasus politik nasional ya Mas, di desa pun ada..

    BalasHapus
  31. wuisss...pas masuk halaman depan langsung merinding. Gambarnya sangar abies!

    BalasHapus
  32. isu2 mistik masih saja mempan utk mengelabui kita, krn memang kita sendiri percaya dgn hal2 seperti ini ya Abar.
    salam

    BalasHapus
  33. nah itu salah satu kasus kecil pengalihan sorotan publik xixi.. aya aya wae tapi kenapa masyarakat jd percaya y sebelum minimal 10 orang lah yang meyakini bertemu dengan nona kunti hehe

    BalasHapus
  34. Yhantee@
    jangan kabur dulu sebelum komen hehe

    Bhiberceloteh@
    lah kan topike jadi beda Bhi, kalau potone kam yang saya pajang :20

    Bukandetikcom@
    hayo mau kabur juga ya hahaha

    BalasHapus
  35. Bundadontworry@
    mungkin karena kebanyakan liat sinetron berbau mistik Bun..

    Kang Ian@
    lah kalau misal ternyata kesepuluh orang itu tukang bo'ong juga..trus piye Kang.?

    BalasHapus
  36. gpp dek, siapa tw sundelna dah bisa liat matahari, kaya vampir sekarang udah bisa ol siang, gak perlu nunggu malam terusss .. hehhee :)

    BalasHapus
  37. masyarakat kita lebih cenderung menyukai cerita takhayul dari pada berita korupsi atw sejenisnya, makanya dek, kalo mau bikin film ya bikinlah yg di sukai mereka itu, jangan film yg bikin stress ..

    salam :)

    BalasHapus
  38. ya Mas..berita yang tidak jelas sumbernya harus dipilah-pilah dengan bijak agar tidak mempengaruhi ketertiban umum bersama.

    BTW..apa kabarnya..mohon maaf baru sempat BW kesini.
    SALAM hangat dari Kendari.

    BalasHapus
  39. ya ya betul sekali tuh. Dan kita harus banyak belajar dari setiap kejadian yang ada...

    BalasHapus
  40. hidup kita jadi penuh ketakutan
    kemarin ditakuti sama bom
    hari ini ditakuti sundel bolong
    dulu juga ada hantu PSSI
    gimana tuh Kang?

    sedj

    BalasHapus
  41. fotonya bener2 serem kang...untung lihatnya siang2 gini, kalo sore aku langsung kabur kebawah...soale di kantorku kalo udah mulai sore suka ada suara2 aneh hiiiiyyyy......

    bener banget mas, di negeri ini seringkali bikin issue utk mengalihkan masalah yg besar, biasanya kalo ada masalah besar suka ada isuue tiba2 ada teroris ditangkap...krna udah kebaca sm rakyat, skrang diganti jadi bom buku....aya aya wae.....

    BalasHapus
  42. jadi inget suzanna. hahahahaha

    BalasHapus
  43. SBnya lagi pengen pindah tayang kali ya...biar yg ngronda jadi ayem, hehe...

    BalasHapus
  44. Mereka hanyalah oknum jin yang memang kurang kerjaan sehari-harinya.

    Kwakakakakak...., :15 Hayo...,siapa yang mau ngasih kerjaan tuk oknum2 itu.

    BalasHapus
  45. Fitr4y@
    wow sundel bolong modern donk hehe

    Personal health care@
    ah enggak ikut-ikutan latah deh Uni..

    Tusuda@
    :12halo Bli.. wah lama nih enggak keliatan.. ampe kangen saya hehe

    BalasHapus
  46. Mauna@
    termasuk belajar dari sundel bolong ya Mbak haha

    Sedjatee@
    lah mungkin saja ini republik hantu Kang hihiii

    Nia@
    fotonya dah saya ganti deh Mbak Nia.. banyak yang komplain masuk rumah sakit gara-gara liat foto yang kemarin hehehe

    BalasHapus
  47. Kira@
    wah keliatan nih sisa-sisa generasi oldies wkwkwk

    Mechta@
    SB.. sinta bella Mbak?? hehe

    Hudaesce@
    yah mungkin penyalur jasa tenaga kerja jin yang mau brade

    BalasHapus
  48. pinter banget ya, bikin cerita buat menutupi/mengalihkan perhatian atas kejadian lainnya

    BalasHapus
  49. Hehe...di Desa saya juga pernah dihebohkan pocong nyuri sandal. hihi...

    BalasHapus
  50. dikasih jepret tikus az to sundel bo'ong-nya hahahahahahahahahahah...........


    salam persahabatan selalu dr MENONE

    BalasHapus
  51. hihihi...hantunya imuuuut!
    isu yang mistik-mistik gitu emang disukai ya..
    percaya lagi,
    waktu di kampungku ada isu hantu...blasss...kampung mendadak sepi. pada ga berani keluar malam

    BalasHapus
  52. Kasus kaayak gitu sih bukan pengalihan perhatian, terlalu kecil skalanya.
    Itu hanya halusinasi si pembuat berita saja.
    Pingin masuk TV atau BlogCamp kaleeee.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  53. Wah... ceritanya cukup menakutkan nih.. tapi baca dulu ah... :D..

    BalasHapus
  54. Wealah... ternyata kunti-kuntian tho.. gk sido wedi aku mas... hahahaha

    BalasHapus
  55. Kakaakin@
    namanya aja rekayasa yang dibuat para orang-orang pinter Mbak..

    Aryna@
    mungkin besok akan ada heboh Wewe Gombel nyabet jemuran hehehe

    Menone@
    apa enggak sekalian pakai racun tikus Menone hehe

    BalasHapus
  56. Desri@
    kasihan hantunya dong Mbak.. enggak ada teman lagi kalau kampungnya sepi :20

    Pakde Cholik@
    usul Pakdhe, gimana kalau kapan-kapan sundel bolong aja yang dipakai model dalam kuis Reboan

    Alwathaniyah@
    hahaha Mbales nih ceritane yo Kang

    BalasHapus
  57. Alhamdulillah gambarnya udah diganti..

    BalasHapus
  58. Emang udah membudaya kali ya, sering banget di Indonesia bikin berita heboh untuk mengalihkan perhatian masyarakat.
    Eh ngomong-ngomong saya pernah ketemu jeng kunti di Bali lho. Percaya ga???

    BalasHapus
  59. Keluarga Tamasya@
    :14 hore...gambare ganti

    Sya@
    wah boleh tuh Mbak Sya, dibuat postingan entar

    Penghuni60@
    ono-ono wae yo Kang..

    BalasHapus
  60. Pengalihan isu besar dengan hal-hal yang remeh temeh dah umum di negeri ini mas, gak heran lah, heheh,,, eh, aku kok lama pwol gak mampir sini ya,, ckckkc,, sampe kangen,, ihik.. piye kabare mas kopral?? :)

    BalasHapus
  61. Advertiyha@
    yah Mbak Iyha sih mulai melupakan si tampan berbaju kuning ini sekarang ikhs..ikhs...

    BalasHapus