Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Tempat Nongkrong

Kirim Email

Minggu, 17 April 2011

(enggak semua) Fakta!! (jika) Jepang VS Indonesia Bagai Langit Dan Bumi

Saat  sliwar-sliwer di mesin pencari Google kemarin, tanpa sengaja saya menemukan beberapa posting yang menarik perhatian saya.  Beberapa posting berjamaah yang menuliskan sebuah perbandingan antara Indonesia dengan Jepang. Ada yang penasaran kenapa saya sebut posting berjamaah?. Monggo ketik kata kunci "fakta Jepang Vs Indonesia" di Google. Pastilah anda akan mengerti maksud saya menyebut posting itu sebagai posting berjamaah.

Entah kenapa banyak sekali netter dan blogger yang tertarik memuat tulisan yang memperbandingkan Indonesia dengan negeri bunga sakura tersebut. Saya setuju jika ada pernyataan negeri kita kalah maju dengan Jepang. Namun saya merasa ngeri jika posting-posting tersebut diberi judul Fakta!! Jepang VS Indonesia Bagai Langit Dan Bumi. Kurang bijak rasanya jika hanya karena perbandingan budaya antri masyarakatnya dan kepedulian pemerintah masing-masing membuat kita beramai-ramai menulis posting dengan judul seperti di atas.

Ada ungkapan Jawa yang mengatakan "rempeyek yo rempeyek neng ojo diremet-remet, ngenyek yo ngenyek neng yo ojo banget-banget". Meski tak sekalipun saya pernah menginjakkan kaki di jepang, namun saya haqul yakin disanapun banyak terjadi masalah sosial seperti di negara kita seperti gembel, koruptor, orang melarat, maling dan lain sebagainya. Jadi saya rasa terlalu ekstrim lah jika ada sebuah perbandingan yang mengibaratkan Indonesia dan jepang layaknya langit dan bumi.

Tapi ya sudahlah yang namanya opini, tentu saja harus kita hormati. Yang jelas saya pun mempunyai opini sendiri. Sebuah opini pribadi dan bukan opini makmum alias melakukan posting berjamaah. Meskipun posting saya berbau konyol.  Tapi setidaknya inilah wujud dari rasa cinta saya sebagai blogger kepada Indonesia. Sebagai bukti jika kita enggak kalah kok sama negara lainnya.

Dulu saya pernah membuat sebuah posting tentang runtuhnya sebuah dinding Pyramid gara-gara penganan kampung bernama tempe. Nah sekarang saya juga akan membandingkan produk Jepang dengan apa yang dipunyai Indonesia.

Kalau bicara tentang Jepang tentunya pikiran kita akan langsung tertuju pada kemajuan teknologi otomotifnya. Bener nih kita  kalah dengan teknologi otomotif Jepang?. Oke deh waktunya saya edel-edel kekurangan teknologi Jepang tersebut hehehe.


Mobil mewah made in Jepang
Cikar made in Indonesia
 

 
                VS
Jika saja anda dikasih pilihan untuk memilih, saya yakin tentunya sebagian besar cenderung memilih gambar satu dibanding gambar nomer dua. Tentunya anda pun mempunyai perbandingan jika antara Suzuki APV dan Cikar perbandingannya bagai bumi dan langit. Oke sekarang kita buktikan apakah benar seperti itu perbandingannya?.

  • Sisi Ekonomis
Dari sisi ekonomi jelas cikar lebih unggul. Cikar lebih murah. Tidak membutuhkan banyak biaya operasional seperti Suzuki APV yang butuh ganti oli, onderdil dan segala macam tetek bengeknya. Bandingkan dengan cikar yang nyaris tiada biaya opersional. Kalau pun ada paling-paling hanya buat beli sabun untuk memandikan sapinya. Cikar juga enggak butuh bahan bakar seperti mobil. Tinggalkan aja sapi-sapinya di lapangan rumput. Sapi kenyang, cikar pun dengan mulus melanggang hahaha.
  • Sisi Investasi
Yang namanya membeli barang berupa otomotif ataupun elektronika tentu saja banyak rugi dibanding dengan untungnya saat kita menjualnya kembali. Nah cikar disini menawarkan sebuah investasi yang menggiurkan. Selain bisa digunakan sebagi sarana transport, cikar juga memiliki nilai investasi yang tinggi bagi kita. Bayangkan jika saja dalam setahun sapi-sapi tersebut beranak? Ehm bisa jadi juragan cikar kita ya hehe.
  • Sisi Status Sosial
Jika kita berbicara tentang arti sebuah status sosial, saya pikir ini hanyalah semacam gengsi belaka. Coba anda bayangkan jika saja ada seorang publik figur atau mungkin artis terkenal mau menaiki cikar dalam kesehariannya. Saya yakin cikar akan menjadi trendsetter dan gaya hidup tersendiri di masyarakat kita.
  • Sisi Lingkungan 
Sudahlah jangan bandingkan Suzuki APV dengan cikar, karena cikar dijamin 101% ramah lingkungan. Suzuki APV mengeluarkan asap emisi yang menjadi salah satu penyebab semakin bocornya lapisan ozon kita. Sedangkan cikar? wow bukan hanya tanpa emisi, tapi sesuatu yang dikeluarkan dari knalpot cikar pun bisa kita manfaatkan sebagai pupuk.

Dulur blogger mungkin itu hanyalah secuil gambaran jika saja pada dasarnya kita enggak terlalu kalah-kalah amat dengan Jepang atau negara maju lainnya. Semoga saja kita tidak terlalu silau dengan apa yang dimiliki oleh negara maju lain.

Bersyukur mungkin itu yang seharusnya kita lakukan ketimbang terlalu terlena membanding-bandingkan Indonesia dengan negara maju lainnya. Ya setidaknya Indonesia enggak seperti Eithopia yang lalatnya saja berebut makan dengan manusia yang kelaparan. Walaupun negeri kita diguncang teror bom, setidaknya kita masih bisa tertidur dengan pulas tanpa ada ketakutan bom akan nyangsang di atap layaknya di Palestina.

Kita tidak bisa menutup mata jika saja masih banyak ketimpangan dan permasalahan yang terjadi Indonesia. Jika saja ada sesuatu yang perlu dikritisi. Cobalah kritisi dengan sebuah solusi yang dibarengi aksi. Ya sebuah tindakan agar kita tak semakin terjebak ke dalam  jurang keterpurukan.

Semua itu butuh proses, semangat dan perjuangan kita bersama untuk membalikkan keadaan jika Indonesia memang adalah suatu bangsa yang besar. Sebuah proses "alon alon asal kelakon". Ya lebih baik melangkah perlahan, tapi pasti. ketimbang tergesa-gesa yang akhirnya malah berakhir dengan semakin sengsara.

Maaf jika artikelnya kelewat panjang. Sebagai blogger berKTP Indonesia, tentunya saya enggak ingin jika sengsara yang kita rasakan saat di dunia maya merembet pula ke dunia maya. Sebab mata dunia selalu terjaga melihat seperti apakah wajah Indonesia. Maaf pula jika di akhir tulisan saya berani menyimpulkan bahwa

(enggak semua) Fakta!! (jika) Jepang VS Indonesia Bagai Langit Dan Bumi.

Image and video hosting by TinyPic