Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Sabtu, 23 April 2011

Hari Ini Hari Bumi

Sebelumnya saya ucapkan selamat Hari Bumi untuk anda para aktivis lingkungan hidup, dulur-dulur pencinta alam atau untuk semua warga di dunia yang masih memiliki kecintaan terhadap bumi yang kita diami ini.

Walaupun terdengar basi karena telat sehari saat saya mengucapkannya. Menurut saya enggak harus 22 April saja kita harus memperingatinya. setiap hari adalah Hari Bumi, yang kita aplikasikan dalam wujud nyata dalam kehidupan sehari-hari. 22 April hanyalah sebatas momentum tolak awal dalam bertindak bagi mereka yang masih belum memiliki kesadaran terhadap kelestarian buminya. Bagi mereka yang sudah mulai bergerak, 22 April mungkin juga bisa dijadikan sebagai momentum evaluasi diri terhadap apa yang sudah dia berikan terhadap bumi.

Alhamdulillah, saya merasa bersyukur karena adik-adik saya telah memiliki inisiatif sendiri untuk melakukan sesuatu di Hari Bumi. Sebuah itikad kesadaran pribadi tanpa adanya instruksi dari saya atau kakak-kakaknya yang lain. Lebih bangga lagi karena ternyata merekapun telah bisa merangkul organisasi pencinta alam lainnya untuk bersama-sama bergerak melakukan sesuatu untuk buminya. Meski hanya sebatas acara diskusi lingkungan dan aksi tanam pohon kecil-kecilan di sebuah kawasan perbukitan. Setidaknya mereka telah memiliki kesadaran, jika mereka harus segera memberikan obat bagi bumi mereka yang telah sakit.

Saat mbarengi adik-adik saya melakukan diskusi di malam Hari Bumi. Saya merasa salut dan bangga dengan mereka semua. Disaat sebagian anak seumuran mereka bersikap apatis terhadap buminya dan lebih memilih terbuai di alam mimpinya masing-masing. Malam itu adik-adik saya memilih untuk mencurahkan sedikit pemikiran untuk lingkungannya lewat sebuah diskusi. Esoknya merekapun rela-rela berkotor-kotor ria melakukan aksi tanam pohon, padahal bisa jadi saat itu teman-teman mereka yang lain sudah asyik bersuka ria mengisi hari libur mereka.


Dulur blogger rasanya bumi tak pernah henti memberikan kasih sayangnya terhadap kita semua. Pertanyaannya sekarang adalah apa yang sudah kita berikan untuk bumi yang telah menjadi tempat hidup kita ini?. Saya pikir bukan hanya sebatas slogan "stop global warming" yang harus kita teriakkan dengan sangat lantang, tapi sebuah tindakan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Jangan hanya diam berpangku tangan, tapi cobalah melakukan sesuatu meskipun kecil tapi nyata sebagai imbal balik kasih sayang kita terhadap alam raya.

  • Jika anda seorang ibu rumah tangga, cobalah membawa tas plastik sendiri saat berbelanja, ketimbang kita menumpuk-numpuk plastik yang akhirnya menjadi sampah.
  • Jika anda seorang bapak, lebih bijaksana rasanya anda bersepeda atau berjalan kaki, jika hanya mengantarkan puteri anda membeli jajan di minimarket terdekat. Ketimbang anda menghamburkan asap knalpot motor, yang akan membuat lubang ozon kita semakin menganga.
  • Jika anda seorang politikus, mungkin ada baiknya anda mengarahkan massa anda untuk tak melakukan konvoi motor saat melakukan aksi mendukung anda.
  • Jika anda seorang musisi, alangkah indah rasanya jika anda mau membuat sebuah karya di sela-sela lagu roman ciptaan anda. Sebuah lagu yang bisa membuat setiap telinga yang mendengarnya menjadi semakin cinta terhadap buminya.
  • Jika anda seorang blogger, luangkan sedikit waktu untuk membuat sebuah karya diantara posting-posting anda. Sebuah tulisan yang bisa menggerakan orang lain untuk berbuat sesuatu terhadap alamnya.

Namun jika anda masih merasa enggan berbuat sesuatu, minimal berdoalah agar tidak makin banyak lagi manusia yang membuat kerusakan lingkungan ini semakin parah.

Dulur blogger, banyak hal sepertinya yang bisa kita lakukan untuk mengobati bumi kita yang terkena demam ini. Semoga saja kita dijadikan manusia yang senantiasa bisa membalas budi terhadap apa yang sudah bumi berikan terhadap kita selama ini. Selamat mengisi hari bumi dalam kehidupan sehari-hari.


Image and video hosting by TinyPic

Sekilas Pariwara...

49 komentar:

  1. Mengamankan Pertamaxx Dulu Brade....., :12

    BalasHapus
  2. keren....kurangi penggunaan plastik agar bumi kita cantik...

    BalasHapus
  3. Semoga hari Bumi ini manjadi sebuah momentum kita tuk selalu mencintai dan melestarikan alam raya ini. :16

    BalasHapus
  4. Sukses buat WACHANA yang merayakan hari bumi dengan menanam pohon di punggungan Manggar,, Salut Kang..!

    BalasHapus
  5. Hudaesce@
    ambil deh subsidinya hehehe..

    Propa Nanda@
    :12Salam lestari sam

    Masbro@
    sukses pisan yo Bro buat launchingnya besok... ketemu besok yo sam

    BalasHapus
  6. saya bukan Ibu rumah tangga, tapi saya emaknya Ibu Rumah tangga di rumah saya, oleh karena itu sebagai yang paling muda menjadi emaknya yang tua-tua, saya selalu kepasar membaca plastik sak gede keranjang, ndak perlu numpukin plastik.

    Sekeliling rumah indah rupawan dan hijau, tak tanemin aneka sayur, buah, dan rumput :D, karena saya bukan bapake tangga, maka saya lebih seneng jalan kaki kalo kepasar. Mayan olah raga loh :D

    karena saya blogger sudah ada beberapa tulisan tentang kecintaan pada alam

    keren loh ini artikelna

    BalasHapus
  7. selamat hari bumi...terima kasih sdh mengingatkanku dengan tips2 itu.. :)

    BalasHapus
  8. baiklah, karena saya ibu2 maka saya akan budayakan belanja pakai kantong permanent saja :)

    salut deh buat adik2nya yang masih mau peduli pada Bumi!

    BalasHapus
  9. Jumialely@
    emang essip markosip bu guru yang satu ini

    Mechta@
    :18 selamat hari bumi juga... yuk kita rawat bareng2 bumi ini

    Nique@
    mantep Mbak...

    BalasHapus
  10. assalamu'alaikum mas Akbar..
    tulisan yang mnurt saya sanagt inspiratif..
    mengajak dengan sungguh-sungguh...
    saya setuju apabila saat kita belanja, kita sudah siap dengan kantong permanent dari rumah. sehingga meminimalisr penggunaan kanting plastik yang seperti yang kita ketahui bersama
    bahwa sampah palstik susah diurai oleh tanah....

    BalasHapus
  11. Hijaukan Bumi ini sebelum di Bumi hanguskan

    BalasHapus
  12. mau ikutan mengobati bumi ah,dirumah hanya ada pohon2 kecil saja

    BalasHapus
  13. Mari hijaukan bumi lagi, kalau bukan kita siapa lagi,,,
    awali dari diri kita, dan dari hal sekecil apapun demi kelestarian bumi untuk masa depan meskipun pada ahirnya bumi ini akan tetep hancur.

    BalasHapus
  14. selamat hari bumi juga sam.... semoga kita bisa diberi waktu untuk merawat bumi kita yang hanya satu ini....
    salam lestari....

    BalasHapus
  15. Hari Udara ada nggak ya?
    Karena udara juga penting dan harus dapat perhatian juga

    BalasHapus
  16. Choirunnangim@
    Waalaikumsalam...:12 Apa kabar Kang Choirun
    bener Kang.. gunakan plastik secara bijaksana

    Riez@
    bertobat sebelum kiamat hahaha

    Lidya@
    wah bagus tuh Mbak Lid... menanam pohon juga sebagai penghilang stres dan jenuh loh

    BalasHapus
  17. Mabrurisirampog@
    betul Kang.. kalau bukan kita lantas siapa ya??
    lestarikan bumi demi generasi mendatang

    Imam Shyhox@
    hoi.. kok ora melu kemarin sam

    Marsudiyanto@
    sepertinya kita harus usulin deh pak...

    BalasHapus
  18. Wew... keren! :D
    Selamat hari bumi dan selamat GO GREEN.. :17

    BalasHapus
  19. Lestari Alamku, lestari desaku, dimana Tuhanku, Menitipkan aku...
    hidup hari bumi...
    (nggak nyambung ya... )
    :)

    BalasHapus
  20. selamat hari bumi...moga makin cinta bumi..mari budayakan daur ulang, jangan pada nyampah sembarangan....

    BalasHapus
  21. mari lindungi bumi.
    jagalah bumi tetap menghijau.demi masa depan anak cucu kita.

    BalasHapus
  22. Selamat hari bumi, semoga saja bukan hanya sebatas peringatan, tapi bener2 ada tindakan nyata dari semua pihak... :18

    Terimakasih

    BalasHapus
  23. Selamat hari bumi, jaga yuk lingkungan jangan ngomong doang, semangat melindungi bumi kalo indah matapun segar melihatnya....

    BalasHapus
  24. Mashury@
    selamat menjalani hari bumi juga kang

    Suke@
    saya suka loh dengan lagu itu hehehe

    Aina@
    ayo-ayo buang sampah pada tempatnya

    BalasHapus
  25. Musyafak timur banua@
    let's make our earth more green...

    Padang Cahaya@
    bener.. semoga slogan-slogan itu dibarengi juga dengan tindakan

    Anisayu@
    bikin puisi tentang alam dong Mbak...

    BalasHapus
  26. memanfaatkan sisa tanah yang cuma seipit,,
    untuk menghijaukan bumi..
    # iya deh Om,, ntar bawa tas sendiri,, kalo dikit mah ga perlu :)

    BalasHapus
  27. makasih ya tips2 nya..sy kepasar emang gk prnh bw plastik sendiri, cm plastikx sllu sy kumpul, makax drmh bnyk bgt plastik2 bekas..insyaAllah mulai besok klo ke pasar bw plastik..:-)

    BalasHapus
  28. selamat hari bumi.

    Ya meski tak bisa jauh ke bukit minimal tanami bumi di sekeliling hunian kita biar asri.

    BalasHapus
  29. lindungi bumi, jg lindungi diri......

    BalasHapus
  30. wah lewad ya :12
    moga kita bisa menjaga bumi kita menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya

    BalasHapus
  31. mksih kk udah mau diingatkan :13

    BalasHapus
  32. semoga bumi kita makin hijau.....,

    BalasHapus
  33. jujur gan ane baru tahu bahwa haru bumi udah lewat, pantesan aja lambang google hari2 kemarin tuh asri banget gambarnya, heheh

    oya dan satu lagi para blogger wajib meluangkan waktu bloggingnya karena dengan 10 menit saja , bumi ini sudah senang , karena energi listik berkurang* buat ngecas leptopnya , wkwkwkwk

    BalasHapus
  34. Tanggal 28 ini kami akan mengadakan kegiatan menyambut hari bumi.... bakal di share deh.

    BalasHapus
  35. Hari bumi alias hari Ibu Pertiwi, mangstab Kang ... :11

    BalasHapus
  36. selamat hari bumu akbar, yuk buat artikel yang mengusung cinta lingkungan

    BalasHapus
  37. meskipun saya bukan aktivis lingkungan, tapi saya dukung penuh kampanye kang akbar,,,
    hidup ESSIP!!

    BalasHapus
  38. tumben banget yah tahun ini hari bumi ga ada gaungnya di media??...apa karena kalah pamor dengan terungkapnya para aktor bom buku yah???

    BalasHapus
  39. Selamat hari bumi...
    Kegiatannya seru banget, Mas.
    Sepertinya banyak banget pemuda yang nggak peduli dengan bumi, apalagi hari bumi...

    BalasHapus
  40. yuuuuk, mulai dari hal kecil , dari diri sendiri dan mulai dari sekarang ,utk memelihara bumi tercinta ini,
    kalau buukan kita siapa lagi ya Akbar ?
    selamat hari bumi
    salam

    BalasHapus
  41. Mas, coba aku di jember, pasti aku ikut blasak2, wkakakakaka... aku suka taneman, cuma kalo ternyata bisa menyelamatkan bumi dari kehancuran, ya why not, wkakakaka.. *bahasanya lebay

    BalasHapus
  42. Selamat hari bumi mas, thanks ya tips2nya. Sebagai ibu Rumah tangga, saya akan mengurangi penggunaan plastik.
    salam

    BalasHapus
  43. Sampai lupa hari Bumi..
    Met Hari Bumi, Mari kita jaga Bumi ini untuk anak cucu kita Sahabat.

    BalasHapus
  44. Pelihara bumi dimulai dari diri sendiri dan hal paling sederhana yang kita bisa :)

    BalasHapus
  45. Ysalma@
    sip deh Mbak

    Amisha@
    alhamdulillah... makasih dah mampir ya

    Iffa Hoet@
    betul Mbak.. kanan kiri kita juga perlu ditanamin, biar semakin hijau

    Kira@
    hahaha yup kang dimulai dari manusianya dulu

    Aciid@
    oke saling mengingatkan kok Cong

    Cahjoker@
    ayo rame-rame kita ijokan bumi ini

    BalasHapus
  46. Daris Firzan@
    sip.. hemat energi hemat biaya

    Hendrawan@
    mantep mas.. saya tunggu postngnya ya

    Ratansolomj9@
    matur nuwun yo Kang

    Monda@
    monggo Bu kita nulis bareng-bareng

    Tunsa@
    setiap orang bisa loh jadi aktifis lingkungan

    Necky@
    mungkin aja Pak, tapi semoga kita bisa maknai Hari bumi ini dalam perikehidupan sehari-hari

    Kakaakin@
    jadi kewajiban yang lebih tua donk buat ngingetin yang muda

    BalasHapus
  47. Bundadontworry@
    bener Bunda.. meski kecil tapi nyata, ketimbang cuma diam berpangku tangan

    Primeedges@
    kalau Mas Prim jangan ditanya deh.. asli jago nanem-nanem

    Aisyana@
    oke.. selamat mengaplikasikan di rumah.. salam buat Kang Mas Fendik ya hehehe

    Suparyanto@
    mari Mas sama-sama kita rawat dan jaga

    Sya@
    betul... dimulai dulu dari kita

    Agung A Kusuma@
    tentunya dengan perbuatan ya Mas...

    BalasHapus
  48. gelar tiker nyambi mbibit pohon nunggu new update

    BalasHapus