Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Senin, 11 April 2011

Justin Mbleber

Sebelumnya saya minta maaf jika saja ada penggemar Justin Bieber membaca judul posting di atas. Bukan maksud saya untuk melecehkan nama besar dari seorang Justin Bieber. Bukan pula sebagai wujud protes cekal mencekal yang biasanya terjadi di negeri ini apabila akan kedatangan sosok fenomenal dari luar negeri.

Disini saya akan memuat sebuah video, yang kapan hari dibuat oleh adik-adik saya. Sebuah video yang mereka beri judul "Justin Mbleber". Yah sebuah video iseng yang sengaja dibikin di sela-sela canda mereka saat berkumpul di rumah Wachana.

video

Dari video di atas nampak adik saya yang bernama Tengez bergaya lipsing menyanyikan sebuah lagu dari Justin Bieber yang berjudul One Time.

Setahu saya adik saya tersebut cuma terbiasa dengan lidah Jowo, enggak teteh berbicara dengan bahasanya Justin Bieber, apalagi mengerti arti yang ada di dalam lagu tersebut. Namun jika kita amati video di atas nampak jika Tengez sepertinya sudah hafal di luar kepala dengan lirik lagu tersebut. Belum lagi ditambah dengan aksi gayanya, yang menandakan dia adalah seorang mania dari Justin Bieber.

Dulur blogger, Rasanya kita sulit membendung segala perubahan sosial yang terjadi di era persaingan global ini. Segala macam pengaruh dari luar negeri datang bertubi-tubi seiring kemajuan teknologi. Sebuah fenomena yang tentunya akan berdampak pula dengan perubahan pada pemuda kita.

Bukan menjadi sebuah permasalahan besar jika saja para pemuda kita mulai menggilai artis-artis atau budaya dari luar, sepanjang pengaruh tersebut positif dan masih sesuai dengan adab ketimuran kita. Namun mungkin akan menjadi sebuah masalah besar jika saja karena gara-gara budaya luar, para pemuda kita sudah mulai menafikan budaya mereka sendiri.

Semoga saja bukan hanya Justin Bieber yang mereka gandrungi, tapi mereka juga mau menggandrungi Reog, Wayang, Ketropak, Ludruk, Lenong atau budaya daerah kita sendiri. Yah jika saja ada seseorang yang mau mengeluarkan duit seharga 1,6 juta hanya untuk melihat seorang bernama Justin Bieber, kenapa kita menjadi enggan menonton budaya kita sendiri meskipun gratis?.

Semoga pula para pemuda kita tidak semakin keblinger untuk mencintai segala sesuatu yang bukan menjadi milik mereka sendiri. Di tangan mereka semualah warisan budaya kita kelak akan mereka teruskan. Sebab bisa jadi kelak akan makin banyak Justin Bieber-Justin Bieber baru yang akan bermunculan, yang tentu saja akan membuat budaya kita semakin dilupakan dan ditinggalkan pemuda kita karena sudah dianggap ketinggalan jaman.

Nah kalau bukan sekarang kita belajar mencintai, lantas kapan lagi?. Atau kita nunggu bangsa lain mengklaim budaya kita dulu ya?, baru kita mau berteriak Cintai Budaya Indonesia..!!

Image and video hosting by TinyPic
Sekilas Pariwara...

67 komentar:

  1. Budiman As'ady11 April 2011 02.08

    dan rasanya emang begitu adanya, bangsa kita sudah pada keblinger pada hal2 yang berbau materi sesat dan sesaat...

    gaya gak kalah, yang kalah cuman resolusi shootnya :D, mantap...

    BalasHapus
  2. Indonesia harus punya jati diri...harus dipupuk dari sekarang....suka sama pernyataan kamu yang ini >>> Atau kita nunggu bangsa lain mengklaim budaya kita dulu ya?, baru kita mau berteriak Cintai Budaya Indonesia..!! ....setuju banget !!!

    salam..... :)

    BalasHapus
  3. Saya gak ikut heboh kok sama justin bieber..
    secara gitu loh, dia aja gak kenal ma aq!
    huft... :17

    BalasHapus
  4. Mending Sule beiber... :15

    BalasHapus
  5. lebih senang melihat artis indonesia dibanding arti luar...:))

    BalasHapus
  6. aku juga suka ngga habis pikir kalo ada orang yg rela menghabiskan uang jutaan cuma utk melihat artis dr luar? padahal bagi orang yg ngga mampu, uang segitu bisa untuk hidup sekeluarga selama sebulan lochh.......

    yahh mudah2an aja harapan mas Akbar bisa terwujud, moga2 di tahun2 yg akan datang banyak generasi muda kita yg lebih mencintai budaya sendiri ketimbanga budaya dr luar.

    BalasHapus
  7. video nya sambil merokok ya?:)

    BalasHapus
  8. Wah mau nyaingi briptu norman nich...........:21

    BalasHapus
  9. saya ndak suka koq sama si Justin itu!

    BalasHapus
  10. Budiman As'ady@
    hehehe soale ngeshootnya pake ponsel tuh Mas, bintangnya juga adiksaya bukan justin biber hehehe

    Fahrie Sadah@
    wow apakah posting saya mengandung kopi? ampe bisa mantap hehehe

    Nufri L Sang Nila@
    lah kan biasanya disini suka teriak Ganyang...tapi enggak disadari justru merekalah yang suka ganyang budaya sendiri

    Mashury@
    kalau ama Hurry potter kenal enggak hahaha

    BalasHapus
  11. Riez@
    kalau aku tessy Biber aja Kang hahahaha

    Nitnot@
    lebih suka liat brade Nitnot ketimbang orang bule hehe

    Nia@
    amien.. semoga aja ya Mbak

    BalasHapus
  12. Lidya@
    hehe jadi malu ma Mbak Lid

    Arief Bayoe Sapetra@
    kok senenge saingan sih???

    Bunda Mahes@
    kalau Mbak Ika sih saya tahu ngefans siapa paling si Ayaaaahhhhhh hehehe

    BalasHapus
  13. Terima Kasih mas Lozz Akbar untuk kehadirannya di 1rst anniversary rumah maya saya, silahkan cinderamata diambil disana untuk dibawa pulang, salam hangat, I love You Friends sudah menceriakan hari saya, padahal udah mampir, cuma saya mau nganter cinderamatanya ke sini, jangan-jangan tadi ndak liat.

    -----------------------------

    Salam sama si Justin mblember itu lho, bilangin kalau nyanyi yo kereta api dimatiin bentar. hahahaha

    AKu cinta Indonesia..... Now And FOrever.. Nah pake Ingish Kan. Tapi aku CInta Reog dkk nya...

    Aku CInta Padamu Indonesiaaaaaaaaaaa *terak sekencangnya*

    BalasHapus
  14. Jujur boleh kan, apalagi terus terang...????




    Aku ini ga gaul kayanya, sampai detik ini kok ndak ada ngefans2nya ama si beiber itu. Kok iso..???
    Malah ngefans ama si Iwan Fals.. Piye Iki

    BalasHapus
  15. hehehehe boleh - boleh - boleh...
    salam kenal bro

    BalasHapus
  16. hehehehe.. cukup m'hibur... tp agak kurang "sreg" sm rokoknya. apalagi kayaknya msh kecil yo mas adekmu... iki ojo2 melu2 mase ngrokok. hehehe....

    BalasHapus
  17. Aku sih nggak peduli sama justin bieber. Sukanya sama artis Korea. Loh, ini sama saja kurang mencintai budaya sendiri ya?? :D

    Kalo gitu, yuk, kita nonton bolang aja di tv. Gratis :)

    BalasHapus
  18. hehe..lipsinc memang bnyk membuat org jd mendadak terkenal, iseng2 tp malah ketiban rejeki

    justin mbleber..bhsny agk gmn gt, hehe

    BalasHapus
  19. bagaimanapun kreatifitas tetep kudu disemangati... tapi sayang kok sambil ngrokok ya?

    BalasHapus
  20. ndak kenal qu ma siapa th namanya ???

    BalasHapus
  21. yah... justin emang digandrungi. banyak orang di twitter namanya pake justin...

    BalasHapus
  22. Jumialely@
    matur nuwun Mbak Jum untuk cindera matanya.. duh kah tambah ngefan ja aku jadinya hehe :13

    Andipeace@
    salam kenal juga brade :18

    Merliza@
    kakaknya juga imut loh hahaha

    BalasHapus
  23. Ientanainie@
    loh dah lulus SMU dia loh Mbak.. malah aku kok yang diajarin roko'an ma dia haha

    Kakaakin@
    lah terus pedulinya ma sama Kak??

    Wits@
    hayo agak gimana??

    Mechta@
    lah justru tanpa rokok enggak bakalan dia berkreasi Mbak

    BalasHapus
  24. Fitr4y@
    kalau sama saya kenal kan Uni??

    Personal Health Care@
    masak sih enggak kenal??

    Ami@
    kalau gitu besok aku mo pakai nama Justin Akbar di FB ah hehehe

    BalasHapus
  25. Ah, emang ga masuk akal harga tiket2 konser artis luar negri yang dateng ke indonesia, aku ga pernah tuh mau beli tiket konsernya, males aja, nyari uangnya setengah mati cuma dengerin lagu2 yang sama aja kalo kita denger di list MP3 player..

    Sekali-kali nya aku bayar adalah untuk acara ONROP! teater musikal yang dibikin sama joko anwar, dan ga sia2 tuh uang, emang keren banget!

    BalasHapus
  26. Hahaha.. Tenges essip Kang, salam yo.. hihi,,

    BalasHapus
  27. hahaha..
    wah keren. .
    bisa ne jadi mbleber gahahaha :D keeren2

    BalasHapus
  28. hehehe kalo saya ga tau lagunya kecuali yang baby baby baby itu mas :p

    BalasHapus
  29. Diupload aja di YouTube Mas, siapa tau nasibnya bisa seperti si Briptu ituu.... :P

    BalasHapus
  30. wkwkwk...bisa jadi kayak briptu norman nih, bisa terkenal...

    BalasHapus
  31. Budayakan budayamu, begitu ya mas

    BalasHapus
  32. Duh, saya berasa kesindir nih, bukan karena suka sama Justin Bieber lho. Tapi saya merasa masih cetek banget pengetahuan ttg budaya & kearifan lokal.

    BalasHapus
  33. Pidionya mulak malek mas.. jadi pusing saya liatnya... heheheh

    BalasHapus
  34. Bhiberceloteh@
    Gimana kalau aku bayarin tiketnya Bhi.. kita nonton bareng deh, tapi yang tiket 5000an aja ya hahaha

    Masbro@
    tetep tambeng tapi Kang

    Ada-Akbar.com@
    hehehe cuma iseng Mas.. oh ya makasih dah mampir disini ya :18

    BalasHapus
  35. Julie@
    baby Dija nih maksude? hehehe

    Yuni Cute@
    wah pake aji mumpung ya Mbak hahaha

    Tunsa@
    pingin kayak Tunsa aja deh.. yang di foto itu loh hehe

    BalasHapus
  36. Ceritabudi@
    betul Bli.. sebab kalau ada yang berani klaim budaya kita.. nurut saya sih karena kita ndiri yang kurang sayang dengan budaya kita

    Sya@
    hahaha ya mulai sekarang aja Mbak Sya, kita belajar mencintai budaya kita ndiri :13

    Sibair@
    kan enak kalau diliat sambil tiduran di tempat tidur Mas hahaha

    BalasHapus
  37. betul sekali Mas..pengaruh arus globalisasi tersebut harus bisa diantisipasi sedini mungkin, agar nilai budaya asli nasional tidak punah.

    BalasHapus
  38. Justin Keblinger diboikot aja yuk konsernya.. Hhahahaa

    BalasHapus
  39. whuaaaaa...
    gaya lipsinc nya udah okeh tuh Bang...hihihi...
    Briptu Norman mah lewat laaaaah...hihihi...

    tapi kok sampe muter muter gitu sih...

    BalasHapus
  40. Biasanya cwek2 nih yang pada keblinger sama si Justin Bieber :D
    Tapi kalo dari segi vokal sih emang oke, gak hanya tampang :D
    Soal reog ponorogo dan budaya lainnya, emang perlu dilestarikan dan kita cintai :)

    BalasHapus
  41. zippy agak beda dgn komentar kebanyakan...
    Sy ikut minoritas aja, yup suaranya bagus kok bocah ini. Tp tetap kita perlu edukasi yb lbh buat bekal generus ttg cinta budaya bangsa --Merdeka! :12

    BalasHapus
  42. mampir nunggu hidangan baru, apa ga tau isi hatiku, laperrrrrrrrrrrr, 3000 semangkok bole juga mas

    BalasHapus
  43. "jika saja ada seseorang yang mau mengeluarkan duit seharga 1,6 juta hanya untuk melihat seorang bernama Justin Bieber, kenapa kita menjadi enggan menonton budaya kita sendiri meskipun gratis?"

    #plakk #asliketampar

    BalasHapus
  44. Waduh, mosok si Tenges tetep tambeng? Berarti pengen niru mas mase de'e haha...

    BalasHapus
  45. wahh..bisa terkenal nih artisnya spt briptu norman..hehe..saya kok ngga segitunya ngefans ama artis2 barat..suka aja tapi bukan ngefans :)

    BalasHapus
  46. setuju kk. :14
    kita merupkan pnerus bangsa dan kita pula yg juga ikut andil untuk mengharumkan negara kita

    #################################
    Mohon dukungannya atas event blog yang sedang saya ikuti..
    Mohon dibantu dengan mengklik “recomend facebook” dan mengcomment artikel saya
    Thanks ya semua

    mari kita menjadi pengguna IT yang sadar akan lingkugan
    “green computing to save our earth”

    >>> http://www.greand.co.cc <<<<
    #################################

    BalasHapus
  47. hahah.. pengen ngakak abis liat videonya.. tapi emang deh, cinta produk lokal itu lebih baik daripada nggak cinta sama sekali :P

    BalasHapus
  48. Mungkin pengenalan budaya kita terhadap generasi mudanya yang perlu lagi,, bisa ga yaa, dijadikan ekskul disekolah2,,

    BalasHapus
  49. hahha..whuahaa..videonya gakuku..
    Aku ga sukaa Justiin bieber..
    aku sukaa Briptu Norman halah..

    http://nchiehanie.blogdetik.com/index.php/2011/04/demam-briptu-norman/

    BalasHapus
  50. Sobat Sedjatee
    Terimakasih telah memberi dukungan pada tulisan kami
    Dukungan Sahabat telah memberi semangat pada kami
    Untuk memenangkan kontes menulis berantai Kecubung 3 Warna
    I’m nothing without you, salam sukses….

    sedj

    BalasHapus
  51. Kayaknya ada yang juara nih? Selamat ya mas! Sukses buat panjenengan.

    Untuk postingan diatas.... Aku cinta produk Indonesia

    BalasHapus
  52. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berkarakter, jangan sampai karakter itu hilang digerogoti oleh budaya lain terutama kebiasaan yang menyimpang dari norma2 kesusilaan

    BalasHapus
  53. hahha,,, ssiiippp tu bang,, keren2...
    & bener kata abangnya, kalau bukan skarang kapan lagi,,, nyok kita uri2 lagi budaya Indonesia...

    BalasHapus
  54. setelah saya lihat videonya, mantap juga nih adiknya bang essip,, :)

    BalasHapus
  55. kita meniru karena kita anggap bahwa itu adalah hal yang sudah biasa, pergeseran nilai sosial emang sudah terjdi, seperti adanya budaya lipsing yang mulai beken

    BalasHapus
  56. Hiihihihihiih... mirip kamu mas! *gubrak!

    MUngkin namanya juga ababil mas, lha jaman aku ababil yo podo ae, sok-sokan ngefans artis barat...wkakakaka... lha udah sekarang, aku malah tersentuh dengan hal-hal etnik, alami, dan indonesia... gak tau ya kalo yang lain.. ^^

    BalasHapus
  57. wah bakal ngetop lagi ni kaya briptu norman hahaha

    BalasHapus
  58. Tusuda@
    setuju dengan Blitu.. harus kita lestarikan budaya kita

    Giewahyudi@
    hehehe biarin ja mas, yang penting harus tetap balance.. budaya kita harus lebih dicintai

    Bibi titi teliti@
    itu keliwat kreatif Mbak Ery.. ampe yang liat aja mumuet hehe

    Cho@
    awas jangan ampe pingsan loh hehehe

    Masbro@
    aku enggak tambeng kok Bro

    Joanna@
    saya malah ngefans ma Mbak Joanna hehe

    BalasHapus
  59. Aciid@
    ayo diajak temen-temenya untuk lebih mencintai budaya kita Dik

    Gaphe@
    betul brade.. biar enggak terlalu keren tapi kalau punya ndiri.. terasa membanggakan rasanya

    Ysalma@
    maaf saya bukan Mendiknas Mbak hahaha

    Nchie@
    mbak enggak ada makanan?? aku laper nih hahaha

    BalasHapus
  60. Sedjatee@
    hore ada jawara Kecubung nih.. selamat yo Kang:18

    Mas-Tony@
    yang juara kang Sedjatee loh Mas hehe.. matur nuwun Mas Tony

    Halaman putih@
    betul.. sungguh sayang sekali jika karakter itu hilang gara-gara pengaruh dari luar

    Mabrurisirampog@
    yupz.. enggak mungkin kan Mas orang luar yang malah melestarikan budaya kita

    BalasHapus
  61. Daris Firzan@
    kalau kakaknya enggak mantap kok bang.. tapi gurih dan nikmat hehe (kok kayak iklan rokok ya?)

    Imam Shyhox@
    sip.. pancen pinter pak ketum siji iki

    Primeedges@
    hehehe jadi sekarang jaman opo Mas? kalau dulu jaman ababil??

    Kan Ian@
    hehe ojo melu-melu latah deh Kang

    BalasHapus
  62. kalo ngomongin idola,jadi inget sama anak-anak di TK...ternyata mereka sudah asyik ngomongin....Sm*sh yang sering tampil di tv! ga ada tuh yang ngomongin si cepot atau si kabayan.
    salah siapa hayoooo....?

    BalasHapus
  63. Haha,,,
    Mas, disuruh berdiri aja si Tenges ituh, biar lebih gaya lagi.
    Salam buat Tengez,
    emangnya suka mrenges tah ?

    BalasHapus