Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Jumat, 29 Juli 2011

Jangan ngajak perang loh gan..!


Pagi itu satpam dunia maya terlihat tergesa-gesa berangkat menuju tempat kerja. Selain bangun kesiangan gara-gara alarm ponsel yang lupa diaktifkan. Antrian saat membeli permen dan menukar uang recehan di sebuah toko makin  membuat si satpam terlambat menuju kantornya pagi itu.

Sampai di kantor si satpam bergegas melakukan tugas pertamanya. Membersihkan debu-debu yang mulai membandel di sana-sini. Mengambil sapu lalu menyapu lantai yang penuh kotoran dari user yang tak tertib membuang puntung rokok ke tempat yang semestinya.

Selang beberapa menit  terdengar bunyi klakson dari arah luar. Sepertinya  klakson tersebut sengaja dibunyikan agar si satpam segara  keluar. Satpam pun bergegas menuju mobil tersebut untuk melihat siapa gerangan orang yang ada di dalamnya. Ternyata suara klakson tersebut berasal dari nyonya juragan yang hendak keluar dengan mobil mewahnya.

Dengan muka kusut dan suara meninggi sang nyonya mempertanyakan tentang keterlambatan si satpam hari itu. Entah mengapa tiba-tiba pula si satpam  mengemukakan alasannya dengan sebuah argumen yang juga bernada tinggi. Selanjutnya terjadilah perang argumen antara si satpam dan sang nyonya juragan. Sebuah adu perang mulut antara bawahan dan majikan, yang membuat hati satpam dunia maya hari itu mendeklarasikan sebuah pernyataan....Kau menabuh genderang perang denganku juragan.!

Bekerja dengan suasana hati yang tak nyaman, itulah yang saat itu dirasakan si satpam. Satpam dunia maya merasa komplain nyonya besar terlalu berlebihan dibanding kesalahan yang dibuat si satpam. Selang beberapa kemudian muncullah seorang pria berkebangsaan Mesir atau yang disebut juragan besar.  Seperti halnya sang nyonya, juragan besar pun menanyakan alasan keterlambatan si satpam pagi itu. Kali ini si satpam tak ingin kembali kecolongan menjadi orang yang mendapat semprotan untuk kedua kali. Dia pun justru mendahului dengan memberikan sebuah argumen yang nadanya justru tiga kali lebih tinggi dari saat dia perang argumen dengan nyonya majikan pagi tadi.

Dengan bahasa inggris pasaran si satpam mengeluarkan semua kekesalannya di hadapan juragan besar. Dan inilah beberapa ungkapan kekesalan satpam dunia maya setelah diterjemahkan ke dalam Google translate versi pasaran.

"saya tahu saya salah, tapi kalau negur itu mbok jangan pakai ngotot dan mata ikut melotot"

"tolong jangan samakan saya dengan kuli-kuli yang ada di belakang itu, yang jika sedkit saja melakukan kesalahan pasti mendapat marahan"

"saya memang bawahan di sini, tapi jika ada satu hal yang membuat harga diri saya merasa terinjak. saya  bisa nekat dan tak perduli anda siapa"

"Kurang apa saya?. Apakah anda tidak ingat jika saya selalu menganggap warnet ini seperti punya sendiri. Sebisa mungkin saya selalu berikan yang terbaik di sini. Bahkan sampai berdarah-darah pun pernah saya lakukan. Apa anda masih belum paham?."


"Saya rasa anda pun pernah telat membayar upah saya, tapi saya diam dan menganggap itu wajar. Dan sekarang saya cuma telat  sekali saja tidak ada kata maklum dari istri anda"


"Jika anda tidak terima dengan kata-kata saya. Ya sudah, sekarang juga saya akan OUT dari pekerjaan ini"

Lantas apa yang dilakukan juragan besar setelah mendapat serangan bertubi dari si satpam. Apakah dia membalas pula dengan argumen bernada tinggi?. Apakah juragan besar memberhentikan si satpam karena telah menantangnya?. Ternyata tidak, justru juragan besar cuma diam mendengarkan keluhan dari si satpam sembari tersenyum. Cuma sebuah kalimat yang dia berikan kepada si satpam.. it's Okey..No problem. Yah, hanya kalimat itu yang dia jadikan perisai untuk menangkis serangan kekesalan dari  si satpam.

Dia pun mencoba mencairkan suasana dengan berdialog dengan penuh kehangatan bersama si satpam. Bahkan lucunya juragan besar pun kelihatan tak enggan meminta rokok pada si satpam yang menjadi bawahannya. Sebuah kondisi yang bukan hanya membuat si satpam  menjadi cair dari kebekuan, tapi juga membuatnya ngakak dalam hati... Oalah kok ono juragan njaluk rokok nang babu hehe.

Malam harinya satpam dunia maya akhirnya bisa tersenyum lega oleh sebuah pesan singkat yang dia terima lewat ponselnya. Sebuah SMS yang berisi..


Sebuah SMS dari nyonya juragan. Pesan singkat yang tak ubahnya semacam tanda tangan perjanjian damai dari kedua belah pihak yang tengah berperang. Sebuah pertanda jika detik itu pula ceasefire antara nyonya juragan dan satpam dunia maya harus segera dilakukan.

Dulur blogger, sebuah komunikasi rasanya sangat diperlukan dalam sebuah hubungan antara majikan dan bawahan. Sebab keduanya tentu saja amatlah saling membutuhkan. Bawahan memerlukan sebuah lapangan pekerjaan yang bisa menyambung hidupnya. Sebaliknya seorang majikan pun sangatlah memerlukan orang lain yang bisa membuat roda usahanya melaju semakin kencang.

Mungkin itulah hikmah yang bisa kita ambil  dari tujuan Allah menciptakan status bawahan dan majikan. Jika pada dasarnya kaya atau miskin hanyalah sebuah keberuntungan nasib. Adanya perbedaan status itu semoga tidak terlalu kita maknai dengan sebuah kesenjangan sosial yang berlebihan. Tapi harusnya menyadarkan kita jika tanpa mengenal seberapa tebal isi dompet seseorang, kita satu sama lain adalah sebuah individu yang saling membutuhkan.

Majikan mungkin mempunyai peranan sebagai pemegang kekuasaan uang untuk membuat sebuah lapangan pekerjaan. Namun seorang bawahan juga berfungsi penting bagi seorang majikan. Ibarat peperangan bawahanlah yang ada di garis depan. Bawahan pula yang membuat asap dapur para majikan semakin mengepul tinggi. Jadi jika saja ada sebuah permasalahan alangkah baiknya seorang majikan bisa merangkul seorang bawahan layaknya seorang sahabat. Bukan sebatas menghargai seorang bawahan sebuah kesejahteraan sesuai dengan kemampuannya. Tapi mau mendengar keluhan bawahan dan dengan lapang dada mau pula mengakui khilaf pada seorang bawahan, saya pikir itulah sebenar-benarnya wujud penghargaan.

Jika saja para bos, majikan atau juragan di negeri yang katanya penganut HAM ini bisa bersikap hangat seperti juragan besar, saya rasa May Day akan menjadi sebuah Happy Day. Tak akan ada lagi para buruh yang berteriak kepanasan karena menuntut sebuah kesejahteraan. Mungkin akan sedikit pula saudara-saudara kita yang akan beralih berbondong-bondong mengais dollar di negeri tetangga. Yah, saudara-saudara kita yang dengan bangga oleh pemerintah disebut sebagai pahlawan devisa. Namun karena sebuah kesewenangan dari seorang majikan, bukanlah devisa yang dia bawa pulang. Tapi sebuah berita jika nyawanya sudah melayang.
Sekilas Pariwara...

48 komentar:

  1. hem awal kerja yg diawali dengan senyuman makan akan menghasilkan kerja yg maksimal begitu sebaliknya.

    kesabaran sering mencoba kita ya mas Lozz. nasib jadi Kuli emang payah. walaupun kuli-payah tetap harus tunjukan kejantananmu bro katakan yg benar itu benar yg salah itu salah...

    Merdeka....!!! hore Mas Lozz tersenyum penuh dengan kemerdekaan. betewe gawe tulisan koyo sms itu gimana ya? :)

    BalasHapus
  2. wheheh ini toh problem yg bikin om lozz manyun manyun nyun nyun pas di YM whehehehe .. akhirnya ada ujungnya dengan senyuman bersama ^_^
    aku turut senang mas ...

    BalasHapus
  3. Syukurlah nggak terjadi pemecatan ya, Mas. Berarti si juragan bijaksana juga :D

    BalasHapus
  4. Juragan lanang kyak'e Asik juga...

    BalasHapus
  5. Ga juragan... karyawanpun bisa jg labil ... satu masa keduanya bisa sensitip meledak2 kemarahannya... jika tersulut keduanya... yo THE END dahhh....

    BalasHapus
  6. hahahahaha hihihihi hahahaha hihihihi
    maaf om lozz tak sanggup saya menahan tawa
    bukan saya tak bersimpati tetapi hahahaha hihihihi hahahah hihhihii ini keluhan karyawan sementara di blog saya melulu isinya keluhan si pemilik xixixi ... kira2 kita bisa menarik benang merahnya ga yah? xixixixi ....

    belakangan ini,saya juga sering bete dengan para asisten di sini, gimana engga?? saya lihat tangga penuh debu, toilet penuh sampah, kotor di mana2, dan saya lihat mereka anteng on line. tak banyak bicara saya dan suami berjibaku bersih2 berharap mata mereka melihat dan jadi sungkan, tapi apa? ya teteeeeeeep xixixi.... maunya ditunjuk ini lhooo kotor .. ini niy dilap.. itu lho ...yang mana saya sih udah emohsebenernya, tapi klo saya terus2 bersihin, buat apa dong mereka ada ...

    xixixii ..... jadi curhat kan sayaaaaaa hahahaha

    yo wes sing penting sekarang om lozz sudah lega toh, juragane wes minta maaf :D

    BalasHapus
  7. Hehehe...tenang uncle, sabar masak tragedi 'chip poker' tidak memberikan pelajaran berharga,.juragan marah i2 biasa tapi bawahan melawan i2, baru luar biasa..hehe

    Maju terus dgn membawa bendera HAM (Hak Aku Mana) hahaha

    BalasHapus
  8. Asikk,, ahirnya perdamaian pun terjadi,, hihihhi

    Semuanya itu sebenarnya adalah satu kesatuan dan untuk melengkapi. Atasan butuh bawahan, begitupun sbaliknya. Agar semuanya bisa berjalan dengan berkesinambungan ya diperlukan adanya suatu pengertian dan kerjasama yg baik. Jangan sampai salah satunya merasa yg "paling".

    semangat lagi kang lozz,,, yuk pada dolanan... hehehe

    BalasHapus
  9. weh wani tenan je satpame, nek aku mbiyen ora tau wani mbantah karo boz kang. Maklum boz sing wong jowo bedo karo boz luar negeri. Kadang boz sing njowo luwih arogan tinimbang boz china ato liyane.

    BalasHapus
  10. Baha Andes@
    lah kalau kita merasa ada sesuatu yang ganjel, ngapain ditahan Kang. sampean kan pernah bilang sesuatu yang dutahan itu bikin muka jerawatan hehehe.

    Brigadir Kopi@
    heeh Zey, tapi sudah ada gencatan senjata kok, piye kabar gadis plosotan? uhui..

    Riez@
    pingin kenalan tah, syarate satu.. bisa basa Arab, iso ora?

    Kakaakin@
    lah kalau emang dipecat yo wis toh biarin aja, eh Kak makasih ya

    Diah Fanza@
    hehehe mbak Diah apa kabar? udah ada yang baru nih

    BalasHapus
  11. Nique@
    loh..loh ini ada orang esmosi malah hahahihi.. piye kalau dilokir aja posisinya. Saya jadi satpam sampean, terus karyawan sampean pindah sini, biar dibikin spot jantung ma nyonya juragan. Sekalian nanti kita bikin blog bareng yang ceritane curhat majikan dan bawahan hahaha

    Sofyan@
    hehehe belajar wani kang, yo mosok harus nrimo terus

    Mabrurisirampog@
    ayo wis, dah siap tah bahannya yang baru?

    Masjier@
    itulah dia kang kadang bangsa kita sendiri kurang saling menghargai.. matur nuwun yo kang.

    BalasHapus
  12. @Lozz, bagus banget tulisannya. Udah daftar di dumalana.com lom? Ayo donk daftar and ikutan tuh bikin cerpen. Pasti bisa. Saluut buat Lozz. Bunda suka gaya kata-kata dalam postingan diatas, seperti juga bunda mengagumi postingan Lozz dulu dengan judul HaPe. Mantaaabbeh..

    BalasHapus
  13. hahahaha....maaf ya Uncle, bukan nya ketawain Uncle yg abis perang dgn juragan2 ituh :D
    tapi, kok ya ternyata mudah saja penyelesainnya, bila salah satu pihak mau mendengarkan alasan dgn hati dingin
    Selalu sehat ya Uncle dan sabar ...
    salam

    BalasHapus
  14. kadang memang orang gak bisa nahan emosi, untungnya bisa diredam... semoga saat puasa semua orang bisa menahan diri untuk tidak marah

    BalasHapus
  15. yaaaa .. bosss tidak pernah slah,, beruntung dek kamu dapat juragan yang bisa diajak berkomunikasi,, kalo juragan aku dulu sombong sekali,, mereka cuma tau gw bos loe babu,, jadinya karyawan gak ada harganya dimata mereka,, bagi mereka uang bisa menyelesaikan segalanya, tanpa perduli pada hati dan perasaan,, maklum dek orang yg tidak memahami agama lebih dalam ya begitu jadinya..

    salam :)

    BalasHapus
  16. wow, mantab negh juragan. tau menempatkan diri.

    sya doakan, usahanya makmur, sma satpamnya juga, biar2 sma2 makmur. :D

    BalasHapus
  17. Indahnya akhir dari sebuah kesalah pahaman jika terselesaikan dengan komunikasi dan sebuah maaf, bukan menganggap diri sendiri yang paling benar.

    BalasHapus
  18. baru tau kalau uncleLozz bisa marah juga

    BalasHapus
  19. Akhire no problem yo Kang, Alhamdulillah.
    Kadang kita sering terjebak menilai seseorang dari status pekerjaan, bukan pada sisi sisi yang lainnya. Ada semacam anggapan tak tertulis bahwa yang namanya atasan itu lebih berhak mendapat sebuah kehormatan daripada angkatan di bawahnya.

    Hmmmm.. sabar Kang.

    BalasHapus
  20. Suka dengan penyampaiannya yg anti biasa...

    BalasHapus
  21. Goodcrab@
    waduh Bun.. Lozz kan masih pemula hehehe, nanti deh saya intipin dulu para peserta buat nyontek hehe.. matur nuwun ya Bun

    Bundadontworry@
    kayak Srimulat Cs ya Bun hahaha, yups diselesaikan dengan hati yang dingin dan dalam sebuah obrolan hangat minum kopi

    Ami@
    Puasa kan buat latihan mbak Ami, ibarat sekolah itu sebulan dan magangnya 11 bulan.. masalahnya nih biasanya kita justru taat saat puasa, setelah itu kumat. semoga Ramdhan ini kita bisa belajar menahan diri dengan baik deh

    Fitr4y@
    untung enggak ketemu saya, bisa saya tonjok tuh Uni hehehe. Yah didoakan aja Uni, semoga mereka sadar, jika tanpa orang kecil mereka bukanlah apa-apa

    Melly@
    iya sayang hehe

    BalasHapus
  22. Accillong@
    aamiin, tapi kalau semua pada makmur entar ga ada orang mau kerja nih

    Ysalma@
    betul mbak komunikasi d=baik Insya Allah hasilnya juga baik

    Lidya@
    Uncle Lozz kan juga manusia hehe

    Masbro@
    Alhamdulillah Kang, Montaser emnag juragan paling baik se Jember Selatan hahaha

    Marsudiyanto@
    lah kalau pak Mars, emang rajanya anti biasa

    BalasHapus
  23. bro akbar...alhamdulillah masalahnya udh beres. Bukannya mau belain nique, saya pernah beberapa kali punya asisten dan segala fasilitas sudah kita berikan tapi kenapa mereka kelihatannya kurang bersyukur yah? saya yakin bro akbar bukan termasuk yang ....iya khan???

    BalasHapus
  24. Kebanyakan ibu2 gitu uncle, yg penting ngomel dulu ha..ha..ha..mikirnya belakangan

    BalasHapus
  25. yow iso kan saban hari maca alfatiha...ngko tinggal moco alfatihah ae kui kan yow bahasa arab....

    BalasHapus
  26. syukur sudah akur, ni mau Ramdhan, saya mohon maaf yang sebesar besarnya dan seluas luasnya

    BalasHapus
  27. kalau gitu, ntar jadi bos aje bang....biar bisa perang juga, n nggak perlu damai,...hahahahaha
    salam kenal..

    BalasHapus
  28. Wew...jadi terharu...

    Ngono toh critane(ahahha,ini javanese yg kacau)

    Sabar...

    Hmm,bagus nih untuk lebih mengingatkan kita bagaimana ber-speaking tepat sasaran dan tepat cara penyampaian^^

    BalasHapus
  29. foto yg diatas itu Bosnya ya mas?

    tentang pahlawan devisa, kebanyakan mereka tidak diberi pembekalan akan keberanian. Mereka malah disuruh manut, nurut sama bos. maklum, sang agen penyalur tidak mau tahu sang Bos jahat/tidak yang penting pemasukan lancar.

    Kalo merasa dipihak yang benar, kenapa harus takut, meskipun kita hanya seorang karyawan, bukan Bos. :)

    BalasHapus
  30. mungkin hanya masalah komunikasi saja Kang,
    kalo saya dengan yang ikut di rumah saya anggap sebagai keluarga. Mereka juga berjuang untuk kita, jadi saya kurang setuju istilah juragan dan bawahan. Yang ada adalah team work. Prinsipnya jika kita sopan maka timbal baliknya mereka segan

    BalasHapus
  31. tapi ternyata di negeri tetanggapun, para majikan gak jauh beda dengan di sini kang :(

    BalasHapus
  32. Lain kali bilang ma tu satpam,,
    alarm kencengin,, hehhhe,..
    peace,,..

    BalasHapus
  33. walah masih untung dia cuma meminta rokok, coba kalo juragan minta pijat gimana dong h h h ....

    "SELAMAT MENYONSONG BULAN SUCI RAMADHAN"

    BalasHapus
  34. jarang ada dua manusia seperti ini...hmmmm ^__^...sama-sama berjiwa besar.

    BalasHapus
  35. He he he he he

    Komunikasi emang penting, beruntunglah kita mempunyai boss yang bisa mendengarkan alasan atau opini kita. Saya juga pernah kok ribut ama boss, tapi alhamdulillah pertengkaran itu membawa ke dalam kebaikan. Dia berubah menjai mahluk baik sekarang :)

    Ini menjaid pelajaran ya Mas,...kejadian yang buruk itu insyallah kalau kita jelih selalu menjadi jalan menuju ke proses lebih baik. :)

    Salam damai selalu...

    BalasHapus
  36. Syukurlah kalau udah damai.. hehe...
    semoga Uncle Lozz nggak kesiangan lagi ya...
    ^_^

    BalasHapus
  37. sekalian mau ucapin selamat menunaikan ibadah puasa yah Uncle.. mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  38. salam damai dari LA Mania.
    Besok da puasa...jgn emosi jiwa lg lo yaaa.... Hehe

    oia..aku tadinya binun kok Persidmania??? Yealah ternyata Djember to??? :)
    salam damai dari LA Mania.
    Besok da puasa...jgn emosi jiwa lg lo yaaa.... Hehe

    oia..aku tadinya binun kok Persidmania??? Yealah ternyata Djember to??? :)

    BalasHapus
  39. bekerja di tengah tengah suasana gag nyaman laksana memakan buah simalakama :( kang.. selamat menjalankan ibadah puasa :)
    semoga amal ibadah kita diterima di sisi-Nya, amien :)

    BalasHapus
  40. wkwkwkkk..... asik n begitu menikmati moco postingan uncle Lozz.... walo dengan 2 tanduk di kepala, msh jua hebat tulisannya....
    hmmm... coba waktu itu aku ada disitu n bawa kamera, bisa jd bahan postinganku slnjtnya mngkn... xixixiixi.... sambil bawa roti mesir tentunya... xixixii.....
    zalutttttttttsssss........ (setuju banget dengan argument uncle lozz. merdeka!!!! hehee....)

    BalasHapus
  41. Necky@
    insya Allah saya bukan termasuk pak Neck

    Monda@
    lah itu Tante, kok tegane marahin Uncle Lozz yang kinyis-kinyis ini hehe

    Teroriez@
    hahaha emang dipikir juraganku guru ngaji tah kang

    Nyach@
    sama-sama kang.. mohon maaf jika ada khilaf dari saya. Met Ramadhan ya

    Yanuar Catur Rastafara@
    jadi bos buat diri sendiri aja deh mas.. makasih dah mampir ya

    BalasHapus
  42. Putri Baiti Hamzah@
    sini aja Put kalau ingin saya ajari basa jowo

    Erwin@
    semoga enggak makin banyak saudara kita di luar negeri yang menjadi korban kesewenangan majikan ya mbak

    Djangan Pakies@
    betul kang.. maksude mungkin kasih teguran, tapi metodenya yang kurang pas

    Genial@
    ehm mungkin juga ada sentimen ras mas, tapi jika majikan yang dari bangsa sendiri aja sudah bertindak keterlaluan.. kan kebangetan namanya

    Cikal Ananda@
    makanya bangunin saya dong mas hahaha

    Pakde Sulas@
    lah bisa pijet pijetan nanti Pakdhe hahaha

    BalasHapus
  43. Aryadevi@
    yah Alhamdulillah mbak, saya bisa nemu juragan yang baik

    Pendar Bintang@
    Alhamdulillah,, jika semua masalah bisa membawa hikmah ya mbak Han

    Lyliana Thia@
    sama-sama mbak Thia, met Ramadhan.. jangan lupa Vania diajak kalau sahur bersama ya

    Iffa Hoet@
    hahaha begin deh kalau suporter fanatik bola komen di blog.. met Ramadahan ya mbak Iffa

    Belajar Photoshop@
    essip kang.. selamat menjalankah ibadah dengan khusyuk juga ya

    Ientanainie@
    begh, mau diapakan? apa sampean mau moto saya pas marah? haha

    BalasHapus
  44. Semoga di posoan kali ini kita bisa lebih sabar ya sam. Maaf lahir dan bathin. Salam gawe dulur2 WACHANA sam.

    BalasHapus
  45. Mugo mugo sing diomongne Bencot kelakon Kang. Di hari yang penuh cahaya ini, yuk kita melatih diri ala shaolin untuk lebih bersabar..

    BalasHapus
  46. Ajari saya ya

    sukses selalu untuk kita semua :)

    BalasHapus
  47. waahh... tetep aja komenku mas... Kendhel sampeyan...
    Tapi kalau yakin rejeki dari Allah maka tak akan takut membela kebenaran.
    Bahkan majikanpun harus belajar... :)

    BalasHapus