Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Senin, 11 Juli 2011

Semangat...... Lozz.!


Saat mengunjungi rumah Pendar Bintang beberapa hari yang lalu, saya disuguhi sebuah artikel yang menceritakan kepenatan mbak Hanie akan rutinitasnya sehari-hari. Dengan pede saya memberikan sebuah komen, yang bertujuan agar si empunya rumah mempunyai gairah dan semangat kembali menjalani rutinitas hariannya.

Eh dilalah, beberapa hari berikutnya justru saya malah ketularan dengan sebuah virus bernama jenuh tersebut. Yah, itulah yang terjadi pada diri saya belakangan hari ini. Sebuah perasaan tak jelas yang membuat saya malas untuk beraktifitas.  Bukan hanya ngeblog, tapi malas pula kerja, keluar rumah, mandi, ketemu orang-orang ruwet dan segala macam tetek bengek pekerjaan lainnya.

Saya pun mencoba sedikit berimprovisasi untuk melawan perasaan tidak jelas tersebut. Menjauhi segala hal yang memancing emosi saat beraktifitas di dunia maya mau pun dunia nyata. Mencoba melepas kepenatan dengan bermain game online bernama Travian. Hasilnya?  Bukanlah hiburan yang didapatkan, tapi justru saya malah uring-uringan dengan bule-bule sialan.  Mencoba pula melakukan sedikit improvisasi dengan berkebun kecil-kecilan di rumah. Namun masih saja pikiran ini dikuasai oleh sebuah virus bernama LELAH.

Pinginnya saya kembali isi rumah maya yang mulai lengang ini. Namun inspirasi kembali menguap saat papan keyboard telah siap menerima sentuhan jemari. Mencoba untuk berlari ke rumah dulur blogger lain untuk sedikit kulakan inspirasi. Namun tetap saja rasa penat yang lebih dominan dibanding sebuah semangat. Pingin pula saya mencoba hiatus, tapi saya pikir, ah terlalu lebay rasanya jika saya melakukan hal itu. Lucu rasanya jika karena kurang produktif posting saja, saya malah mencari sebuah dalih untuk mencuri perhatian orang-orang.

Kemarin  saya mencoba membuka FB. Di list teman saya melihat ada salah satu teman yang sedang berulang tahun hari itu. Yati Rahmat, sebuah nama yang begitu akrab bagi saya saat di dunia maya. Seorang wanita sepuh yang biasa saya panggil Bunda Yati, kemarin telah genap berusia ke 72. Sebuah pautan usia yang begitu jauh dari cicilan usia saya saat ini. Namun saya kagum dan salut  dengan beliau, karena dengan usianya yang sudah menapak senja, semangat dan kemauannya untuk belajar tak mau kalah dengan yang masih muda.

Secara tidak langsung saya merasa ditampar oleh bunda Yati,  karena saat beliau di sana menjalani hari-hari dengan sebuah senyum dan semangat. Ternyata di sini  hanya karena sebuah  rasa penat, semua itu saya jadikan alasan jika insipirasi saya menjadi lemah syahwat. Harusnya saya malu, karena di saat Bunda Yati begitu menggebu untuk belajar tentang sesuatu yang baru. Justru saya di sini serasa menjadi sebuah patung yang kaku. Seakan tak pernah sadar, jika hidup bukanlah hanya sekedar menunggu waktu. Tapi waktu itu haruslah kita jemput dengan sesuatu dan  mengisinya dengan sebuah semangat untuk terus belajar dan berkarya semampu kita.

Mungkin yang harus saya lakukan sekarang adalah diam sejenak. Merenung di sela kepulan asap sigarret yang semakin  membumbung. Mencoba kembali menggali inspirasi sambil mengecup manisnya secangkir kopi. Saya harus sadar jika pohon yang telah lapuk, suatu saat tentunya akan berganti dengan sebuah tunas baru. Yah, mungkin saya lah bakal tunas baru itu. Jadi mulai sekarang saya harus mempersiapkan. Agar kelak saya bisa menjadi sebuah dahan yang kuat saat menghadapi segala macam terpaan angin kehidupan.

Selamat hari jadi bunda Yati Rahmat. Maaf Bun, jika ucapannya telat sehari. Namun bagi saya kali ini begitu spesial, karena saya bisa memberikan sebuah bingkisan tulisan sederhana buat anda. Dibanding Lozz kemarin yang hanya bisa memberikan sebuah ucapan selamat basa basi lewat dinding Facebook saja. Saya berharap semoga coretan sederhana ini bisa mewakili salam cium tangan dan hormat saya dari kejauhan. Bisa menjadi penyemangat pula, jika mungkin suatu saat kembali diri saya diliputi sebuah rasa lelah dalam berkarya.

Terima kasih Bunda Yati Rahmat. Meski pautan jarak memisah kita untuk bertatapan. Meski tiada pernah pula tangan kita saling berjabat erat. Tapi bagi saya anda adalah sebuah semangat. Sebuah semangat berkarya yang bukan hanya bagi saya, tapi bagi adik-adik Wachana dan juga semua Keluarga Tamasya. Sebuah semangat yang bisa kami rasakan saat lagu Untuk Bunda kami dendangkan. Semoga pula bunda Yati di sana turut merasakan, jika hati dan  semangat kami selalu menyertai hari-hari  bunda di sana.

Oh ya Bun, sekali lagi maaf jika kadonya cuma coretan sederhana. Maklum enggak begitu mahir merangkai kata pujangga. Minta aja sama Masbro atau Pritz si Api Kecil, mereka kan jago berpuitis ria hehe. Terima kasih karena telah memberikan sebuah apresiasi tinggi buat goyang bahenol saya. Alhamdulillah deh jika gara-gara goyang itu cucu anda bisa ngakak kegirangan. Wis ya Bun. kelihatannya saya mulai ngelantur. Semoga ini pertanda jika perasaan tak jelas itu mulai luntur. Jangan lupa yang rajin klik iklan ya, dan satu lagi permintaan saya. Salam juga ya buat awewe'-awewe' Pamulang di sana hehe.

Ai Lophe Yu Bunda...


Image and video hosting by TinyPic
Sekilas Pariwara...

47 komentar:

  1. Buka gembok dulu ahhh...hehehe

    BalasHapus
  2. Opo bener permasalahan yang ada seperti yang smpean sebutkan diatas atau bukan karena si "ehem..ehem..ehem" kui tah,,hehehehe,,untung saja aku tidak meluncur kearah selatan Jember,,bisa gak direken ki,,

    Tetep semangat Uncle,,malu sama Bunda Yati tuh hehehe,,ngopi dulu ahhh,,mari buka gembok rasanen plong wkwkwkw

    BalasHapus
  3. Moga virusnya ga nular ke ane dan met HUT buat bunda Yati Rahmat Moga sisa hidupnya bisa dimaksimalkan untuk beribadah dngan Ikhlas.

    BalasHapus
  4. SElamat hari jadi ya BunDa...

    Buar Kang Lozz,, kapan maen ke panaongan? Suwi ora nang omah rek..

    Semangat...!!!

    BalasHapus
  5. dulu saya juga sempat terjangkit virus jenuh, sehingga 3 minggu tanpa update, sampai2 alexa anjlok... hm, semangat bro

    BalasHapus
  6. Dan hari ini saya menceritakan tentang Bunda Yati kepada bapak agar memotivasi Bapak untuk mau belajar menulis :)
    kita lihat nanti hasilnya.

    BalasHapus
  7. tumben jenuh,ada apakah gerangan? nongkrong di warung kopi dulu siapa tau jenuhnya hilang

    BalasHapus
  8. Jangan tularkan saya#soalnya udah sempet didiagnosa bergejala,hehehhe

    Wah...aku turut mengucapkan selamat hari lahir untuk bunda yati itu,semangatnya yang begitu boleh untuk menjangkit ke diriku ini.

    Ayo ayo yang semangat,bozz akbar^^...berlelah-lelah sampai lelah itu lelah mengikutimu,hehehhe

    BalasHapus
  9. Bw ^_^
    salam kenal ya.

    Selamat hari jadi juga untuk bunda Yati Rahmat.
    barokallah.

    tertanda,

    gulunganpita

    BalasHapus
  10. Lozz, bunda pernah juga dilanda penyakit seperti itu, tapi sebabnya adalah karena bunda kecewa banget gak trima sms or telpon dari Sang Secret Admirer, heheheheh....tapi ketika semua lancar, maka semangat itu begitu aja bergulir, ngegelinding gak terbendung...Naaa...pastinya tuh Lozz lagi ehem--ehem... Ngaku aja deh. Oya Lozz, boleh gak bunda ikutan di lahan ini buat ngebalesin temen-temen Lozz (mudah2an jadi temen bunda juga...ngarep.com.x). Boleh gak boleh harus boleh-lah wong bundanya yang minta je.......

    @Sofyan: jangan suka manas2in Lozz ya,ntar dia kebakar beneran kita gak bisa ngebagi waktu buat baca postingan2nya lho.

    Baha Andes: Makasih untuk ucapan dan sarannya. Insya Allah sejak lama udah bunda laksanakan dan Insya Allah akan lebih ditingkatkan lagi. Amin. YRA.

    @Joe: hi, ketemunya disini. Apa kabar? Semoga selalu sukses.

    @niQue: bisa aja, mudah2an bapak bisa termotivasi ya?

    @Putri Baiti Hamzah: Putri adalah orang ke-3 nih yang mengucapkan istilah "selamat hari lahir" buat bunda, setelah si Api Kecil, Mas Bro.

    @Fitri A: Makasih ya ucapan n do'anya. Semoga Fitri sukses selalu mengikuti Fitri dalam setiap langkah dan usaha. Amin.

    BalasHapus
  11. Ooops....sangking senengnya dikasih hadiah ini sama Lozz ampe lupa bilang "matur nuwun" untuk lahannya. Jangan ditarik sewanya ya?

    BalasHapus
  12. Manusiawi jika malas kadang menyerang bloggger yang menciptakan keenggananan menulis di blog sementara.............:)

    BalasHapus
  13. ngga nyangka ya udah 72 tahun masi semangat :D

    BalasHapus
  14. Yeah... sifat malas den jenuh itu memang kadang kala sering mampir ke kita. termasuk aku juga sering mengalaminya.... hemm..

    Salam semangat aja dah.... :D

    BalasHapus
  15. aduh, kenapa si akang merasa jenuh?? kayanya sudah butuh teman hidup nih,, hehehe..

    buat bunda yati, saya ucapkan selamat ultah, baroka_Allah...

    BalasHapus
  16. semangat mas lozz...^^

    terkadang memang mondar mandir di dunia maya menimbulkan perasaan jenuh ya mas...seolah semua hanya rutinitas,,tak ada lagi hal2 yg sifatnya desire..(halah)...mencoba sesaat hiatus,,(tp hrs cepet balik) jg cara yg pernah saya lakukan dan hanya bertahan 2 hari...^^
    setelahnya semangat muncul lg deh...
    selamat untuk bunda yati atas miladnya..semoga usianya berkah selalu amiin...salam saya mas akbar.

    BalasHapus
  17. Sofyan@
    awas dol gemboke kang hehehe.. biasa kang lagi butuh melancong kelihatannya

    Baha Andes@
    makanya Kang, harus siap obat buat penangkal virusnya hehe

    Masbro@
    bentar Kang.. aku masih doyan ngendog saiki

    Joe@
    punya pengalaman juga brade Joe nih dengan perasaan tak jelas

    Nique@
    salam hormat buat Bapak ya mbak Niq

    Lidya@
    heeh wis mbak Lid, leyeh-leyeh dulu di warung

    Putri Baiti Hamzah@
    makasih Put.. jangan ampe ketularan ya\

    Fitri@
    salam kenal juga mbak Fitri.. matur nuwun sudah mampir

    BalasHapus
  18. Yati Rahmat@
    horre yang lagi ultah hadir.. monggo deh Bun, jadi penerima tamu rumah ini hehe

    Arief Bayoe Sapoetra@
    tapi kadang ada loh sam yang pura-pura malas, lantas ngetrik hiatus

    Meutia Halida Khairani@
    kalau mbak Meutia umur berapa? hehe

    Mashury@
    hahaha ternyata sami mawon yo Kang

    Mabruri Sirampog@
    owh ngerti wae karepku hiyahaha

    Puteri Amirilis@
    piye arep hiatus mbak.. wong kerjanya aja satpam dunia maya hehe

    BalasHapus
  19. selamat untuk bunda yati atas miladnya....
    ya bener kalau begitu mas :) semangat!!!

    BalasHapus
  20. wahh belum kenal sama Bunda Yati...salam kenal Bunda...met ulang tahun....smoga sisa umurnya barokah...amiiin

    Pantes skrang ajrang psoting, trnyata lagi jenuh tochhh....jenuh knapa sech? lagi ehem ehem yach hehehe....

    smoga semangatnya bangkit lagi...aku juga pernah jenuh....tp skrang udah pergi jauh rasa jenuhnya

    BalasHapus
  21. Ayo semangat! Siapkan diri sebagai tunas muda yg penuh potensi ya!
    Oya, nitip salam kenal & selamat ultah buat Bunda Yati..

    BalasHapus
  22. hepi Milad bunda yati...
    moga keberkahan selalu menyertai dan diberikan ketenangan juga kesenangan selamanya.. :)

    salam Bun...

    uncle kopral.. kasih senyum aja ah,, hehe..

    BalasHapus
  23. Permisi.. mampir lg akh... ADEEEEEM...

    BalasHapus
  24. saya juga kadang jenuh, tapi saya anaggap ngeblog sebagai pekerjaan dgn sepenuh hati :D


    sitti saat ini per klik, tapi dimasa depan bisa jadi per impresi :D

    ssst mas, biasakan kalau main ke bloggger teman, klik iklannya (seperti yg sering saya lakukan) he he

    BalasHapus
  25. iklan yg mau diklik mana? :D

    BalasHapus
  26. pertama kenal bunda saat saya bikin giveaway, bunda yang pertama kali mengirim email ke saya, duh .. terharu dengan isi emailnya.
    Semangatnya memang luar biasa, selamat menikmati hidup ya bun ..

    BalasHapus
  27. Kalo jenuh mah udah jadi virus Putri semenjak di daulat ntuh, Mas
    jenuh juga nh ya angkat telepon? hayo. kemarin nggak diangkat, Mas Kemana?
    padahal Putri mau nanya penting loh..
    :'(

    BalasHapus
  28. SEMANGAT KANG!!!!
    semoga saja ini hanya sebuah dinamika, jangan keterusan...

    BalasHapus
  29. Majalah Masjid Kita@
    matur nuwun mas.. nanti saya sampaikan ucapan selamatnya ma Bunda Yati

    Nia@
    ehem..ehem suit..suit haha

    Mechta@
    oke mbak.. masih semangat kok.. add aja deh FB beliau.. tuh di atas kan sudah saya kasih link FBnya

    Advertiyha@
    senyummu mengandung alkohol ndoro.. terasa memabukkan hahaha

    Cikal Ananda@
    monggo mas... jangan lupa bawa kopi sendiri ya

    BalasHapus
  30. r10@
    betul mas.. jangan mudah ngersulo ya..
    essip mas.. demi kesejahteraan para pemulung dunia maya.. akan saya budayakan bewe sambil klik hehe

    Skydrugz@
    tuh yang kelap kelip

    Dey@
    bu Dey dah kenal juga ya?

    Putrie@
    hapenya ikutan lelah nerima telpon Put haha..

    Sukadi@
    cuma kembangane urip kok Kang

    BalasHapus
  31. Duh padahal saya juga lagi males nih. Baca tulisan ini, mau males jadi ga enak. Hehehe.

    BalasHapus
  32. wah2...... kena jg tu virus y. tp kok kayane ganas banget y. ckckckkk.... segitunya..... btw, selamat deh, dah luntur virusnya. o iya.... goyang bahenolnya yg mn? kali aja bs bikin diem anakku yg lg nangis :D

    BalasHapus
  33. semoga sekarang sudah makin semangat lagi mas.
    Oh ya makasih ya doanya, Alhamdulillah liburan lancar.
    selamat milad juga buat bunda yati, saya jadi ikut terinspirasi nih

    BalasHapus
  34. wah, saya juga jadi ikutan salut sama buunda yati..berteman ah...^^

    hmm,,kejenuhan kadang emang datang ga permisi,, tapi itu sebagai tanda dalam diri kita bahwa kita perlu mencari suatu pembaharuan dalam melakukan sesuatu...ayo temukan...^^

    BalasHapus
  35. kita emang gk boleh kalah semangat ama yg lebih tua..yuk semangat mas..

    BalasHapus
  36. Sosok yang sangat inspiratif sekali ya...
    semangatnya perlu ditiru...
    titip salam selamat ulang tahun utk Bunda Yati ya...
    :-)

    BalasHapus
  37. kang lozz sak iki pancen sue gawe postingan,gak kaya dhisik rek

    BalasHapus
  38. Assalamu’alaikum
    Lama tak jumpa sobat,gimana kabarnya…??
    Maaf gak bisa lama2 hanya mampir sebentar.

    Salam Sukses Slalu

    BalasHapus
  39. Ayo SaM, semangaaaat...!!! hehehe..

    BalasHapus
  40. Ikut mengucapkan semangat ultah buat Bunda Yati, semoga banyak kebaikan yang akan didapatinya.
    Semangatnya perlu ditiru tuh oleh kita kita yang masih muda, cuma kadang masih saja bermalas malasan.

    Salam.. .

    BalasHapus
  41. Hee jenuh itu akan selala ada, dan saya sendiri mengalaminya kang....mungkin pengaruh bulan juli hahaha (ngak kok), selamat ultah buat Bundanya, dan tetap semangat untuk menjadi sehat.

    Kalau sehat, berarti masih bisa nulis kan? kalau masih bisa nulis berarti ada artikel, dan kalau ada artikel blogpun menjadi terupdate heeee

    BalasHapus
  42. Duh, Mas Akbar, saya yang masih muda ini kok bisa kalah semangat ya... :(

    BalasHapus
  43. selamat ultah untuk bunda Yati ya mas

    BalasHapus
  44. Apa?? BUnda Yati usianya 72 tahun? benar-benar ga percaya...
    Saya sering mendengar nama Yati Rachmat di dunia blogger tapi belum pernah main ke blog beliau..

    Salam kenal Bunda...

    BalasHapus
  45. Bunda Yati saya gak bisa ninggalin koment diblognya, karena saya pke blogdetik, dan disana ga ada pilihan isi url...

    BalasHapus
  46. saya ikutan ngasih selamat ah.
    sekalipun telat.. tetap ja happy milad..
    barakallah fii umuriikk

    BalasHapus
  47. Lho gak tahu kalau Bunda ikutan nulis di sini *peluk*

    Telat sih, tapi....Hani akan berdo'a khusus buat kesehatan Bunda tersayang :)

    BalasHapus