Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Selasa, 16 Agustus 2011

Kalau Cuma Gitu, Vania Juga Kuat Puasa.

Alhamdulillah sudah separuh perjalanan kita di bulan Ramadhan ini. Bagaimana dengan puasa anda semua?. Masih tetap on fire kan hingga penghujung bulan nanti?. Bagaimana pula dengan suasana Ramadhan di tempat anda semua. Apa barisan shaf di masjid anda semakin hari semakin maju ke depan, karena sudah banyak orang yang memilih makmuman di pusat perbelanjaan?. Yah, semoga saja kita semua masih diberi keteguhan untuk melaksanakan ibadah puasa ini secara khusyuk hingga lebaran nanti.

Secara fisik bagi saya puasa adalah sesuatu yang enteng untuk dikerjakan. Bahkan jika saja puasa tersebut dilakukan setahun penuh, Insya Allah saya akan tetap kuat menjalankannya (secara fisik loh). Bukan berarti saya sombong atau merasa sebagai orang yang tahan lapar dan haus. Namun pola hiduplah yang membuat saya bisa berkata demikian.

Sebagai manusia nokturnal tentu saja saya memiliki gaya hidup yang sedikit berbeda dari orang kebanyakan. Di saat sebagian orang menjadikan mentari pagi sebagai start awal menjalani rutinitas hariannya. Saya malah terbuai ke alam mimpi dan asyik mengukir gugusan nusantara di atas bantal tidur.  Siang saya jadikan waktu beristirahat, sebaliknya malam hari saatnya untuk mencari rejeki. Sebuah pola hidup yang hampir sama dengan pola hidup superhero bernama Batman.

Aktifitas di tempat kerja memaksa saya pulang minimal jam 1 dini hari saban harinya. Sebagai penderita insomnia stadium tinggi saya pun mendapat kesulitan memejamkan mata saat tiba di rumah. Apalagi sekarang ada Nona Lappy yang membuat saya begitu betah melek di saat jam tidur. Ngeblog, BW, mulung dollar, ngegame dan utek-utek internet, itulah yang saya lakukan saat menanti sahur tiba.

Setelah Subuhan barulah mata saya bisa diajak untuk kompromi menuju alam mimpi. Bangun biasanya jam 1 siang. Setelah Dhuhuran, jika dirasa masih mengantuk saya pun melanjutkan tidur hingga selesai Ashar. Barulah setelah Ashar saya pun bersiap kembali menjalankan tugas saya sebagai seorang satpam dunia maya. Yah, itulah gaya hidup ala blogger kalong. Sebuah pola berpuasa ala satpam dunia maya, yang saya pikir bocah sekecil Vania pun akan mampu menjalankannya haha.





Kita tahu ada saling silang pendapat tentang tidurnya orang yang berpuasa. Di satu sisi ada yang menganggap jika tidurnya orang berpuasa itu berpahala. Namun ada pula yang mengatakan tidak, sebab bagaimana akan mendapat sebuah pahala, wong kita tidak melakukan apa-apa?. Sebuah perbedaan yang saya rasa wajar, karena masing-masing punya dalil yang mereka jadikan patokan. Saya rasa semuanya benar, enggak ada yang salah. Menurut saya yang salah adalah orang yang mampu dan tiada halangan untuk berpuasa, tapi tak mau menjalankannya.

Mungkin saya lebih memilih ngiler di atas bantal tidur daripada saya keluar rumah dan menggeber motor dengan maksud untuk menunggu maghrib tiba. Saya tak ingin puasa rohani saya menjadi kurang sempurna gara-gara melihat penampakan di jalanan. Sebab di saat lebaran hampir tiba, itu berarti akan banyak pula gadis-gadis yang pulang dari rantaunya. Para gadis berambut merah yang menjadikan jalanan sebagai ajang catwalk dengan mode yang mereka dapatkan saat di kota. Sebuah pemandangan yang jujur saja bagi seorang lelaki normal seperti saya akan membuat ngiler dan membuat puasa rohani akan berbuka sebelum waktunya.

Saya pun lebih memilih berdiam diri di dalam kamar, ketimbang nongkrong bareng orang-orang diluar yang berpotensi akan menghasilkan sebuah obrolan ngrasani. Sebuah kegiatan yang begitu mengasyikkan, tapi akan menjadikan hanya rasa lapar dan hauslah yang akan didapat dari puasa yang kita jalankan.

Puasa adalah sebuah urusan antara seorang hamba dan Tuhannya. Ibarat sebuah sekolah saat ini kita sedang melaksanakan sebuah ujian di sekolah. Dan rapornya baru diketahui saat nanti kredit usia kita sudah lunas di dunia. Semua tergantung diri kita saat menjalani ujian tersebut. Niat dan keikhlasan, saya rasa itulah yang akan menentukan baik buruknya rapor kita masing-masing. Jadi kurang bijak rasanya, jika kita terlalu berdebat perihal dosa dan pahala. Sebab Sang Maha Pemberi Ganjaran-lah yang nantinya akan memberi nilai atas perbuatan kita.

Dulur blogger, mumpung kita masih ada di bulan Ramadhan. Mumpung kita masih berada di separuh perjalanannya. Ada baiknya kita kita kaji kembali semua kegiatan yang kita lakukan di bulan suci ini. Monggo kita luruskan kembali nawaitu puasa kita. Kita tahu di bulan suci ini berbondong-bondong manusia begitu antusiasnya berlomba melakukan kebaikan. Namun adakalanya kegiatan mereka memicu sebuah kontroversi, seperti halnya berbagi takjil di jalan, bersedekah/berzakat besar-besaran dan Sahur On the Road yang beberapa hari lalu memakan korban jiwa. Apakah mereka salah?. Saya rasa, Wallahualam. Hanya Sang Khalik yang tahu kadar niat dan keikhlasan dari masing-masing seorang hamba. Yah, hanya keikhlasan dan niat luruslah yang nantinya akan mendntukan hitam merahnya rapor yang akan kita terima.

Note : buat mbak Lyliana Thia, maaf saya pinjam Vania jadi modelnya. salahe sendiri sih anaknya cantik hehe

Sekilas Pariwara...

45 komentar:

  1. imsak kang imsaaakk.... saatnya tidur... hehehe

    aamiin kang, smoga puasanya lancar sampe Ramadhan usai.
    Bicara masalah tidur, kalau kata pak ustad sih, tidur yg bernilai ibadah itu ya tidur yg dilakukan karena untuk menghindari hal2 yang bisa mengurangi pahala ibadah berpuasa, smisal yang kang lozz katakan tadi. Daripada nggeber motor ya lebih baik tidur, daripada jalan2 ntar liat yang tidak2 ya lebih baik tidur,,,

    Jadi, tetep masih mau tidur nih kang??? kalau puasanya kaya gitu sih, Vania juga pasti bisa... hahhaha

    BalasHapus
  2. Pantesan kuat puasa setahun ya.., uncle nggak ingak inguk lagi, udah ada hidangan fresh tuhn fresh tuh

    BalasHapus
  3. wuih asyik bener waktu tidurnya Uncle Lozz panjang, kalau aku bulan puasa waktu tidurnya malah lebih sedikit dari hari biasanya

    BalasHapus
  4. Hahaha.... *ngakak liat gambarnya*
    Vania sih seneng bgt kali Uncle disuruh puasa, wong dia gak doyan makan.. Haduuuh..

    Anyway, mnrt aku, yg namanya "bulan Ramadhan" puasanya gak di siang hari aja... Untuk apa nahan lapar haus klo buka puasanya ngegosip.. Heehe.. Ilang dong pahala seharian...
    Dan tidur kan utk kesehatan, insya Allah mudah2an nilainya ibadah yah Uncle..

    met istirahat, Uncle... :-D

    BalasHapus
  5. setuju dan sepakat banget dgnmu, Uncle
    lebih baik tidur drpd melihat 'penampakan' yg seperti Uncle bilang, daripada cuma dapat nahan lapar dan haus saja :(
    selamat berpuasa Uncle
    semoga ibadah puasa kita mendapatkan ridho Allah swt ,aamiin
    salam

    BalasHapus
  6. Mabruri Sirampog@
    hahaha aku kan masih balita kayak Vania kang, jadi kuat puasa hehe

    Monda@
    udah kok barusan saya ke situ tante, malahan kentongan saya ketinggalan tuh hehe

    Lidya@
    namanya aja Batman mbak, jadi harus sering ngumpet hahaha

    Lyliana Thia@
    Semoga saja kita engga jadi orang yang doyan tomat ya mbak,Ramadhan taubat, setelah lebaran kumat hehe. Nitip sun sayang buat Vania ya *batal enggak ngesun anak kecil ya? hehe

    Bunda Lyli@
    met berpuasa juga Bunda Lyli... tetap semangat ya...

    BalasHapus
  7. Walau kegiatan sy beda dgn mas Essip, tapi sy juga sagat jarang JJS ngabuburit. Insya Allah diam dirumah + melakukan aktivitas lain lebih nikmat.
    Selamat, sukses & salam kenal :)

    BalasHapus
  8. Puasa bukan hanya menahan lapar.... jauh lebih dari itu, kalau bulan puasa lebih banyak jalan-jalan, hura2 bisa mengurangi amal puasa Ramadhan...,
    Salam Sukses SOb.

    BalasHapus
  9. hehehe,,,sepakat Uncle,,laopo bengi digolek'i enak'an bercumbu dengan Nona Lappy,,,btw itu siapa yang tidur dibelakang Vania,,,hehehe....

    Oh ya selamat Uncle memenangkan kontesnya Mbak Nia...hehehehe lumayan THR'an

    BalasHapus
  10. Haha pajang2 anak orang ntar kena pajek lho. Wehehehe

    Smoga kita jd manusia yg benar2 puasa, bukan hny puasa nahan laper tok. Amiin

    BalasHapus
  11. Menunaikan ibadah di atas bantal (tidurnya orang puasa=ibadah benerkan ya?)

    BalasHapus
  12. hehehhee.... smoga tidurnya berpahala y uncle... coz emng khrsn cari nafkah di malam hari.... tapi kuat juga y tidurnya. cckckkckkk... klo saya dah pusing2 tuh.
    btw, penampakannya begitu "menggiurkan" y. xixiixix.....

    BalasHapus
  13. alhamdullillah ya mas akbar kita sudah menjalani setengah waktu puasa...*temanya sama ya dg postingan terbaruku,,cm disitu aura nya kok heboh ya,,kalo disini auranya tenang..:P

    soal tidur..itu lebih baik dari ngerasani, liat2 cew2 ...dan lebih baik tidur daripada makan..hehe...ya iyalah..vania jg (ga) tahu...
    pola hidup mas akbar asyik juga ya,,,tidur sepanjang siang..hehe..jd ga kerasa ketika puasa,,,namanya juga sudah rutinitas begitu ya..Allah maha tahu ya...emang cape mau diapain...cm ya misal abis dhuhuran...(atau nyuhur??tapi kalo nyuhur pas asar jadi nyasar??? jadi yg bener dhuhuran...) mas akbar baca quran,,sehalaman aja,,,terus tidur lagi..hihi...setidaknya dapet 1 hari 1 halaman quran,,pasti tambah resep dah...
    salam,,semoga semangat selalu..^^

    BalasHapus
  14. Wah hebat mas Lozz, nemenin Batman berpatroli hehehe... Tapi lebih baik tidur lah, drpd melihat penampakan ga jelas atw ngrasani itu ya. Ujian terberat saya di jalanan mas Lozz, duh...ampun deh berpotensi besar membatalkan puasa rohani :(

    BalasHapus
  15. Asaal... pas tidur kaga mimpiin belo aje ye om... hehhee :P :P

    BalasHapus
  16. Satpam dunia maya. yang penting ibadah jalan terus biarpun siangnya tidur. Semoga mendapat kebaikan dunia dan akhirat ya...

    BalasHapus
  17. sampean tidur siang itu karena kan mengembalikan kondisi tubuh akibat kerja semalaman, dan itu saya pahami sebagai bentuk ibadah yang baik karena tidak ada niatan tidur untuk melupakan lapar dan haus.

    BalasHapus
  18. Saya yakin si mas essip kuat walau tak molor terus......

    Piye kabareeee mas...???

    wis bangun ojo molor ae

    BalasHapus
  19. Nafsi-nafsi sam,,,,,, oha ya selamat nyantol baju kok sam nang CBBP...hehehehe

    BalasHapus
  20. makasih banyak om atas infonya, nari kita taubat romadhan

    BalasHapus
  21. suka main game yah? di G+ sudaha da gamenya tuh... aduan angry bird yuk he he

    BalasHapus
  22. Dedekusn@
    lebih baik di rumah ya Mas, ketimbang keluyuran yang akan membuat puasa kita kurang sempurna. Salam kenal balik Mas

    Piss@
    semoga di Ramadhan ini, rohani kita juga berpuasa

    Sofyan@
    Alhamdulillah Kang, pas wis dengan sarunge hehe

    Tarry Kittyholic@
    udah ijin kok sama emaknya, bahkan ada nota kesepakatan dengan materai loh mbak hahaha.. aamiin semoga doa itu terkabul

    Sarang Souvenir Pernikahan@
    emang masih sahur kok, tapi mungkin di luara negeri hehehe

    Riez@
    Wallahualam, semua ada pada niat Kang Riez

    BalasHapus
  23. Ientanainie@
    emang sayembara berhadiah, pake menggiurkan? hahaha

    Puteriamirilis@
    matur nuwun resepnya mbak Put.. doakan saja Dhuhur saya enggak waktu nyasar hehe

    Orin@
    ada apa di jalanan sana ya? *mikir

    Belo Elbetawi@
    ehm..ehm.. bentar tak amati dulu lama-lama gravatarmu, biar nanti pas tidur bisa mimpikan dikau hehe

    Ami@
    Siap komandaaan...

    BalasHapus
  24. Djangan Pakies@
    mungkin karena faktor bujang juga kang, jadi kalau malam sulit untuk cepetan turu hehehe

    Jumialely@
    kuat dong.. sahure kan pakai mie 3000

    Arief Bayoe Sapoetra@
    matur nuwn sam

    Agen XAMthone Sidoarjo@
    sukses buat usahanya ya MAs

    R10@
    owh udah ada tah, nanti deh saya liatin.. makasih mas R10

    BalasHapus
  25. Betul juga ...

    Mmmm ... bagaimana kalau olah raga saja dirumah ...
    atu mbetuli genteng ... mbetuli pager ...
    biar ndak tidur terus ...
    hahaha

    Salam saya Sip ...

    BalasHapus
  26. klo puasa tidur terus, ya bukan puasa toh namanya. klo malemnya puas tidur :D

    BalasHapus
  27. Gambarnya keren, haha... lucu-lucu... :)
    btw, semalat berpuasa mas brow.. :D

    BalasHapus
  28. *Sebagai manusia nocturnal* Sama dengan saya kalo ini Mas. Sayapun nyatpamin Net malam hari mulai jam 21'30 s/d 04'30.
    Biasanya puasa saya juga isinya tidur doang sepanjang siang dan kalo lagi gag malas saya goesan sore hari.

    Salam.. .

    BalasHapus
  29. yang penting tetap semangat Kang, tidur itu ibadah, tapi ya seperlunya saja... mosok seharian mau tidur terus hehe
    soal niat terkadang itu yang jadi rancu, memang benar segala sesuatu yang berbau ibadah perlu ditingkatkan dibulan ini, tapi kalau cenderungnya sudah ke arah riya' mending dikoreksi kembali..

    semoga ibadah kita diterima Allah SWT.. amin

    BalasHapus
  30. NH18@
    hehehe iso wae nih Om NH. genteng kebetulan belum ada yang bocor Om.. mending nanam lombok aja deh di pekarangan sebelah

    Melly@
    lah namanya saja Batman mbak, berkeliaran saat malam hari.. kalau siang menggantung di atap-atap langit hehe

    Mashury@
    matur nuwun brade.. met puasa juga ya

    Goedel Mood@
    wah sampean lebih lama piketnya ya bang Mood, senior manusia nokturnal dong

    Sukadi@
    betul kang.. niat itulah yang akan menentukan kadar dan bobot semua ibadah kita

    BalasHapus
  31. salam sahabat
    tuh mas Akbar telet disampingnya Vania tah hehehehe

    BalasHapus
  32. wah lucu gmbarnya....
    masih tetap semangat puasa dan tarawihnya
    salam sukses.... :)

    BalasHapus
  33. Oh, tidak, saya bukan makhluk nokturnal. :D

    BalasHapus
  34. Ajari aku memulung dolar disini Cak, sapa tahu bisa mimpi sambil gendong lapie :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  35. hahah..mengukir nusantara di atas bantal ya?
    saya juga bisa kang..

    BalasHapus
  36. tp puasa gak puasa aku tetep molor kok sob...

    kalo malem maksudnya
    hehe
    ^_^

    BalasHapus
  37. Yang penting segala tindakan diniatin ibadah pada Allah Ta'ala :D
    Hehe... ternyata hobi menggambar peta juga ya... *toss :D

    BalasHapus
  38. wahh padahal pola hidup ky gitu gak sehat lho..hihii
    salam kenal ^^

    BalasHapus
  39. Wah...jangan diterusin gitu brother bikin gak sehat, wajah pucat dan gak fresh!

    kalau saya puasa malah banyak activitas, alhamdulillah tetep sehat karena banyak minum air putih..

    BalasHapus
  40. Vania kuat puasa???
    hebat deh.....
    hehehehheeeee

    ngakak juga lihat fotonya

    BalasHapus
  41. blognya menarik :)
    Ditunggu kunjungan baliknya yah!
    terima kasih :)

    BalasHapus
  42. Kalo lagi menjalankan puasa, tidur merupakan ibadah. Hehehe..

    BalasHapus
  43. waduh kaya gitu pasti anak kecil juga bisa hehehhe ;)

    BalasHapus