Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Senin, 01 Agustus 2011

Kopdar-kopdaran...





Sudah 10 bulan saya wira-wiri di ranah blogsphere. Menyaksikan hilir mudik orang-orang yang lalu lalang di dalamnya. Datang dan pergi silih berganti sepertinya bukan hal yang baru lagi. Yang di awal dulunya keliatan bersemangat rajin membuat postingan. Kini sudah ada beberapa yang mulai tumbang di tengah jalan.

Alhamdulillah, tunas-tunas baru pun bermunculan. Blogger-blogger muda  yang penuh semangat untuk berkarya di dunia maya. Namun kita juga tidak tahu apakah ngeblog sudah menjadi salah satu pilihan hidup mereka untuk berkarya, atau malah sebaliknya semangat justru itu makin lama-lama makin hilang seperti halnya blogger-blogger lain yang telah tumbang.

Dunia blogging bagi saya adalah sebuah dunia yang penuh keajaiban. Ranah blogspher tak ubahnya ibarat sebuah akademi yang memberikan banyak pelajaran bagi diri saya. Sebuah dunia yang mengajarkan jika tidak ada sesuatu yang tak bisa kita kuasai jika kita mau mempelajari.  Sepuluh bulan saya bertahan menjadikan ngeblog sebagai salah satu pilihan hidup untuk berkarya. Semoga saja saya bisa terus mencintai apa yang saat ini jalani, seperti halnya saya menjadikan dunia pencinta alam sebagai dunia yang tak bisa saya tinggalkan.

Menjadi seorang blogger sepertinya ada beberapa hal yang saat ini masih belum bisa saya lakukan seperti blogger lainnya. Yang pertama saya ingin sekali membuat sebuah posting tentang puisi. Tapi entah kenapa otak saya terasa terkunci ketika saya mencoba membuat posting berbentuk puisi. Rasanya saya tak kuat mental, jika saja ada orang lain tertawa ngakak manakala saya nekat memuat sebuah puisi. Bahkan saya pun berpikir jika Arya Dwipangga si pendekar syair berdarah tak memiliki garis keturunan satupun dengan nenek moyang saya hahaha.

Selain puisi ada satu lagi sesuatu yang saya impikan tapi masih belum keturutan. Kopdar, yah sebuah impian yang mungkin juga amat dirindukan oleh blogger-blogger yang belum melakukannya. Alhamdulillah, akhirnya sore tadi saya bisa melakukan kopdar dengan salah seorang blogger. Sebuah acara yang kami sebut kopdar-kopdaran. Lah bagaimana enggak dinamai demikian wong saya cuma ketemuan dengan kang Sofyan, seseorang  yang sudah lama saya kenal jauh sebelum menjadi blogger dan kebetulan juga sekota dengan saya.

Berhubung kita cuma kopdar-kopdaran jadi bukanlah restauran, plasa atau cafe yang jadi tempat ketemuan. Tapi cuma di sebuah warung kopi di kaki sebuah perbukitan dengan pemandangan kali yang mengalir di depan. Meski sederhana tapi rasanya sore itu kami bisa membayangkan seperti apa sih rasanya sebuah sensasi seorang blogger yang sedang kopdar. Lebih lengkap rasanya, karena tak seberapa kemudian muncul pula Arief Bayu yang menambah ramai suasana kopdar-kopdaran kami. Pokoe kopdar wis, menikmati kopi sambil bersandar hahaha, meksone rek pingin disebut kopdar..

Kopdar rasanya bukan hanya impian saya, tapi mungkin menjadi sebuah impian bagi blogger-blogger Jember lainnya. Menjabat erat tangan anda, duduk berdampingan dengan anda, menemani ngobrol sembari menikmati manisnya kopi, menyentuh pipi mungil putera puteri anda.. Ah sesuatu yang saya rindukan, tapi sayang karena sebuah keterbatasan semua itu hanya menjadi impian di awang-awang.

Yo wis tah, itu tadi reportase kopdar-kopdaran blogger Jember hari ini. Sebelum pamit saya ingin mengutip sedikit sebuah lirik lagu Lestari dari Tamasya band.

Aku ingin kita saling mengingat
Aku ingin kita ada kenangan manis
Aku ingin nantinya kita saling merindukan
Aku ingin yang kita saling menginginkan

Persahabatan di bawah atap yang sama
melangkah dengan langkah indah


Dulur blogger, semoga dimanapun dan sampai kapanpun, kita semua bisa saling mengingat dan saling merindukan satu sama lain. Meski tak pernah ada tatap muka dan jabat tangan lewat sebuah kopdar. Semoga hati kita bisa senantiasa dekat dan selalu mengingat jika ada sebuah kenangan indah diantara kita semua. Semoga pula bisa menjadi nostalgia bagi kita semua, jika ada sebuah atap bernama blogger yang menaungi kita bersama menjadi sebuah keluarga.

Salam hangat dari Jember.

Image and video hosting by TinyPic
Sekilas Pariwara...

53 komentar:

  1. Haha, ada cap jempolnya. Gak opo2 yo Kang, sekali sekali.

    Mari kopdar kopdaran kok nggak ajak2 Kang? hehe..

    Sip, semoga kang Lozz akan terus berkarya di media apapun. Salam hangat Kang.

    BalasHapus
  2. tjap tiga jari wae kang biar marem...

    nanti aja wis kopdar-kopdaran maneh, apa perlu kita sewa aula Bandung Permai hahaha.

    BalasHapus
  3. dimanapun tempatnya, apapun makanannya namanya tetap kopdar :)

    BalasHapus
  4. hehehe,,,KOPDAR²an itu tak ubahnya sebagai jalinan silaturrrahmi..saya cenderung suka silaturrahmi sama yang namanya KOPDAR hehehe,,,tapi untung wae wingi gak adusss,,

    Suwon kopinya Uncle...next Kopdar nang Banyuwangi

    BalasHapus
  5. mungkinkah Sirampog dg Jember??
    smoga Allah memudahkan jalannya,, aamiin

    BalasHapus
  6. Kopdar yang bener itu ya yang sampean lakukan, kenapa ?
    sampean ketemuan sama Kang Sofyan ato Kang Hakim sambil minum kopi to ?
    sekarang coba apa artinya Kopdar ? ada unsur kopinya kan ?. Bahkan yang tiap hari melakukan itu Kang Muhammad 'zey' Hirohito.

    BalasHapus
  7. Xixixi saya kmrn jg br kopdar-kopdaran ama mbak Dhana. Tp blm sempat postingXixixi saya kmrn jg br kopdar-kopdaran ama mbak Dhana. Tp blm sempat posting

    BalasHapus
  8. ayokkkk...skali2 kopdar ng cirebon... hehehe.... pgn jg nih kopdar....

    BalasHapus
  9. Aku juga mau posting Acara kopdar sama rezka ahhhhh....

    Hehhehe :p

    BalasHapus
  10. hmm.. jadi nyesel gak ke jember nih, hehe..
    pengen dong kopdar sama mas akbar & kang sofyan :)
    aku malah br sedikit blogger sekotaku yg prnh kutemui, mas.hmm.. jadi nyesel gak ke jember nih, hehe..
    pengen dong kopdar sama mas akbar & kang sofyan :)
    aku malah br sedikit blogger sekotaku yg prnh kutemui, mas.

    BalasHapus
  11. kata-kata endingnya suka banget aku sam, "semoga dimanapun dan sampai kapanpun, kita semua bisa saling mengingat dan saling merindukan satu sama lain. Meski tak pernah ada tatap muka dan jabat tangan lewat sebuah kopdar. Semoga hati kita bisa senantiasa dekat dan selalu mengingat jika ada sebuah kenangan indah diantara kita semua" , Kopdar eneh mben sam neng Samarinda,,,,,,,hehehehehe fotoku nglentruk sambil nenteng rokok,,,,hehehehe

    BalasHapus
  12. Waaaahhhhh...pokoke yang namanya Kopdar (bukan kopdar2an lho) sungguh menyenangkan dan sekaligus membahagiaakan. Lho koq membahagiakan? Ya iyalah lha wong ketemuan sama orang yang cuman kenalnya di OL doank, tapi begitu ketemuan koq ya kayaknya udah kenalan lamaaaa....banget. Nah, apa gak bahagia namanya kalo kita bisa derai ketawa bersama? Puisi? Gak nyoba sih, coba deh bikin puisi tentang bunda Yati Rachmat, pasti bisa, qiqiqiqiqiqiiiiiiii

    BalasHapus
  13. enak ya yang bisa kopdar...kalau aku sendiri disini..hehehe :D

    salam kenal dari blogger banyuwangi

    BalasHapus
  14. Ketemu sama Sofyan sama Bayu ya.... senengnya kopdaran, ngobrolnya seru yaaa...

    BalasHapus
  15. Mau Kopdar beneran atau kopdar-kopdaran, yg penting tetap seru kan Mas Lozz? ;)

    BalasHapus
  16. aha..kopdar...yes...dimanapun tempatnya tetep aja kopdar mas,,malah enak kopdar gitu...memandang alam lepas,,,sungguh,,huh...(apa ini maksudnya pake huh segale...)

    nah ketika memandang alam itu ngomong aja mas,,,terus dicatet apa yg ada disana..jadilah puisi...saya malah suka puisi yg jujur yg sepenuh hateee,,,ciee,,,^^

    sip lah kopdarnye...tetep aje itu kopdar...(lahir di betawi kaaan..??

    BalasHapus
  17. ooo... kang Sofyan itu tetangga penjenengan ya mas. ^_^

    kapan nih kopdar sama saya....? :D

    BalasHapus
  18. Lidya@
    kok mirip iklan mbak Lid?

    Sofyan@
    kapan nih kopdar ma Nurainie? hahaha

    Mabrurisirampog@
    mungkin saja Kang, entah kapan yo

    Djangan Pakies@
    hehehe bener kang, Kopdar.. minum kopi sambil bersandar

    Tarry Kityhollic@
    loh ayo cepetan dipost mbak..

    BalasHapus
  19. Ientanainie@
    pingin sih kopdar sambil ngopi di kaki Ciremay

    Putri Baiti Hamzah@
    gak pingin kopdar ma saya nih Put?hehe

    Kakaakin@
    yah sini aja ntar bikin kopdar rame-rame di Jember

    Arief Bayoe Sapoetra@
    haha gak kurang jauh tah tempat kopdarannya?

    Goodcrab@
    lah kapan nih Bunda Yati main kesini.. enggak pingi ketemu Keluarga Tamasya nih

    BalasHapus
  20. Jurnal Rachmat@
    lah kita kan dekat mas, mampir aja kesini pas kebetulan ke Jember

    Ami@
    apalagi kalau ada mbak Ami, pasti lebih seru hehe

    Orin@
    yang penting tetap seru-seruan mbak hahaha

    Puterie Amirilies@
    oke..oke makasih ye mpok..

    Erwin@
    lebih tepatnya tetangga Masbro mbak.. ehm mungkin lebih banyak jempol ya kalau kita ampe kopdar hehe

    BalasHapus
  21. jalan2 sore ketempat sahabat.... mudah2an hari ini lebih menyenangkan...

    BalasHapus
  22. ikut komentar-komentaran Kang... hehe..

    apaun istilahnya, bersilaturahmi dengan sahabat yang biasanya hanya ketemu lewat internet mungkin menimbulkan sensasi yang berbeda, meski belum seberuntung sampeyan, tapi suatu saat saya berharap bisa kopdar-kopdaran seperti sampeyan hehe..

    Nuwun Kang..

    BalasHapus
  23. Di postingan sahabat2 blogger aku banyaaaak banget yg nyebutin Uncle Lozz jadinya penasaran hehe, ijin follow ya salam kenal :)

    BalasHapus
  24. Kok Masbro ga ikutan mainan kopdar-kopdaran juga? klo saya sih ga usah main kopdar-kopdaran cukup pasar-pasaran saja hihi..

    BalasHapus
  25. salam perkenalan mas bro :)

    BalasHapus
  26. pakde sebenarnya juga pengin kopdar walau acaranya diwarung pojok hutan he he he....

    kau pengin buat puisi, langsung bikin saja , pakde pengin menikmatinya

    oh nitip pesan sama Kang Sofyan: pakde beberapa waktu ini kagak kasih komentar di blognya, karena ada pemberitahuan dari google, jika blognya kang Sofyan ada progran "jahat" dari anaz...blogspot. sehingga pakde tidak dapat mengikuti blog Kang Sofyan. terima kasih

    BalasHapus
  27. salam perkenalan mas lozz,,,
    salam sukses juga,,,

    BalasHapus
  28. yang langsung tak kenal yang tengah ma yang kanan! :D

    *met puasa uncle!
    **maaf baru sempat BW

    BalasHapus
  29. jadi kapan kita kopdar? :)

    Met Ramadhan
    Mohon maaf lahir & bathin

    BalasHapus
  30. Wow .... suasananya asyik banget tuh Mas!

    Jadi pengen cepat pulang kampung :)

    BalasHapus
  31. wueeeehhhhhhhhh,, sangar cak,, kapan kita ketemu? tak tunggu di pacet. hahahahaha

    BalasHapus
  32. kopdar kopdaran.. tapi senengnya seneng beneran... asyik punya tuh uncle kopral... mbok aku ikuttttttttttttttt... ada pisang gorengnya gak?? hihihih...

    BalasHapus
  33. weleh, soal puisi saya sangat tidak pede mas

    BalasHapus
  34. aku juga belum pernah kopdar dek,, banyak yg ngajak tapi aku tolak semua .. hehehhee sok bgt ya...

    bukan nolak tapi kucing2an ngumpet dulu hehehe aku belum bisa kopdar hehehe masih pemalu .. jiahhhh

    salam :)

    BalasHapus
  35. jiaah....Uncle , rupanya kopdar juga ya
    kok malah dibilang kopdar2an sih Uncle?
    khan kopdarnya beneran tho, bukan dr plastik ...hehehehe...

    kayaknya bulan juli ini dimana2 ada kopdar ya Uncle
    dan, setiap kopdar selalu punya sensasi dan cerita membahagiakan sendiri2 :)
    salam

    BalasHapus
  36. mantabz ^_^ nanti kapan kapan aku ikut heheheh

    BalasHapus
  37. Saya datang lagi sobat, seraya memohon maaf lahir batin atas setiap kesalahan kecil maupun besar, baik dari setiap komentar ataupun postingan yang kurang enak dibaca.
    Semoga selama puasa di bulan ramadhan kita diberi kesehatan .

    salam persohiblogan ^_^

    BalasHapus
  38. salam lestari bro......
    anda memasuki kawasan bebas berekspresi,,,
    berkreasi,,, n berinovasi......
    hwehehe......

    klo bs mampir d blog q ya,,,,
    maklum baru bkin.... hwehehe......
    (kasih saran ato kritik jg boleh)

    BalasHapus
  39. Saya juga pernah kopdar-kopdaran dengan beberapa kawan blogger, ketemu langsung pada akrab. :D

    BalasHapus
  40. kapan ke Bandung? Atau buatkan dulu puisinya dari sekarang? Hehehehe

    BalasHapus
  41. Saya juga sama kayak Mas akbar, pengen buat puisi sama belum pernah kopdar juga :)

    BalasHapus
  42. Senangnya yang sudah bisa kopdar,
    sebelumnya sudah kenal kan belum jadi blogger, rasanya pasti lebih seru ya Akbar,
    Semoga saya termasuk yang masih semangat belajarnya masih ada di dunia blog ini.

    BalasHapus
  43. Keknya aku udah pernah baca artikel ini dech....belum ya??? keknya di blog lain, heheheheh

    Saya undang ke Malang lebaran ini...ayo semua blogger Jember ntar kopdar di rumah, akan saya jamuh sahabat-sahabat semua ;)

    BalasHapus
  44. pengen deh ikutan kopdar...

    BalasHapus
  45. Semoga kelak bisa bikin puisi kang



    Salam Kompak

    BalasHapus
  46. Pingin saya jalan2 ke Jawa Timur, jika suatu saat saya kesana, kita kopdaran juga yuk :D

    BalasHapus
  47. lozz akbar@ fotoku endi sam?

    BalasHapus
  48. Enak cangkrukan kayak gitu mas-santaiiiii
    Kapan2 mbok dolan ke Suroboyo mas
    tak tunggu yooo

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  49. Aku tertarik dengan suguhan 3 cangkir kopi plus tutupnya diantara peserta kopdar. Mungkin ini yang membuat suasana jadi gayeng, apalagi dengan adanya sebungkus rokok. Hm ...... tambah makyoss......
    tapi awas loh rokok dapat embahayak kesehatan dan menbuat janin tidak berkembang :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  50. Ini kan namanya kopdar beneran, piye toh Uncle?
    Wah seneng deh... kopdar di warung kopi...
    Vania pesen teh boleh yah Uncle?

    Walau tak pernah tatap muka...
    yang namanya sahabat tetap sahabat...
    yah gak Uncle... :-D

    BalasHapus
  51. Wah, Mas, kurang dua bulan lagi udah setahun ngeblog. :D

    Tuh, 'kan, udah bisa diduga, kalo kopdaran ama Mas Akbar pasti ngopi. Asik asik... ^__^

    BalasHapus