Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Rabu, 10 Agustus 2011

Sahur..sahur..sahur

Tanpa terasa kita telah menjalani sepertiga pertama di bulan suci ini. Bulannya para pencari Tuhan. Bulan saat pintu ampunan dibuka lebar-lebar bagi siapapun juga yang sungguh-sungguh ingin memasukinya. Menghamparkan kembali lembaran sajadah panjang, yang mungkin sudah lama tak tersentuh di dalam almari pakaian. Membasuh muka dan anggota tubuh yang mungkin telah rindu sejuknya air wudlu'. Ya, itulah Ramadhan. Bulan perlombaan menuju kebaikan. Bulan dimana hanya pejuang sejati yang akan mengangkat trophy kemenangan tinggi-tinggi di lebaran nanti.

Dulur blogger, entah kenapa dini hari ini pikiran saya menerawang suasana Ramadhan beberapa tahun silam. Saat di mana di bulan seperti ini biasanya saya berlagak bak panglima perang yang lengkap dengan senjata meriam. Ya, saya kangen mercon bumbung. Saya kangen keceriaan saat petasan bambu itu dinyalakan. Namun sayang, petasan mambu itu sekarang hanya menjadi cerita masa kecil yang telah lalu. Suara keceriaan itu sekarang telah berganti dengan yang lebih modern, mahal dan memboroskan bagi siapa yang ingin membunyikannya.

Tiada lagi bunyi kentongan patrol yang selalu setia menemani saat sahur tiba. Saat dimana saya sering mendapat siraman air comberan dari tetangga, gara-gara nekat memukul kentongan sebelum waktunya. Ya, sekarang yang ada hanyalah suasana sahur yang begitu sepi. Karena para pemukul kentongan sahur lebih memilih menonton lawakan sahur di televisi.

Mungkin teknologi yang telah merubah suasana itu. Mungkin pula Ramadhan harus mengikuti perkembangan jaman. Tiada lagi suara kentongan agar semua orang terjaga, berganti dengan alarm hape yang katanya tepat guna. Tak perlu lagi menunggu suara tak.tak.tik.tok di luar sana, karena ada si dia yang telah membangunkan di ujung telpon sana. "Abi bangun, udah waktunya sahur nih", Ya sebait kata-kata yang membuat seorang blogger semacam kang Sofyan langsung terjaga. Sebaris SMS mesra yang selalu dinantikan oleh mereka yang sedang dilanda kasmaran.

Alhamdulillah, Ramadhan kali ini terasa begitu spesial bagi saya. Tapi bukan karena mendapat SMS mesra seperti kang Sofyan loh haha. Saya bersyukur karena inilah kali pertama saya menjalankan Ramadhan sebagai seorang blogger. Banyak hikmah yang saya dapatkan di bulan yang penuh barokah ini. Salah satunya adalah ketika sahur tiba. Jika dulu saya cuma bersantap sahur dengan satu macam hidangan yang biasa ibu hidangkan di atas meja. Kali ini begitu banyak hidangan yang bisa saya santap manakala berkunjung ke rumah maya dulur blogger lain sambil menunggu imsyak tiba.

Terima kasih buat dulur blogger yang dengan senang hati mau membuka pintu rumahnya saat sahur tiba. Matur nuwun juga untuk suguhan cerita, ilmu pengetahuan, info yang telah anda berikan hingga saya menjadi kenyang. Sebuah suguhan yang rasanya sama lezat dari hidangan sahur yang saat ini saya santap. Mohon maaf jika di Ramadhan ini saya suka mondar mandir teriak sahur sambil membawa kentongan haha.

Semoga saja tahun depan saya masih bisa bersua dengan Ramadhan. Masih bisa menikmati hidangan sahur yang anda suguhkan. Masih bisa pula membunyikan kentongan sahur di rumah maya anda semua.

Sekilas Pariwara...

55 komentar:

  1. Alhamdulillah sahur tahun ini sangat terasa berbeda karena hadirnya webe :D

    BalasHapus
  2. saur saur,, waktu imsak delay 20 menir krn cuaca buru,,, hahah
    saya habis ngatrol nih kang.... hehehe

    puasa sekarang sangat berbeda dari taun lalu, dengan hadirnya kang lozz dan sahabat2 blogger lainnya... :D

    BalasHapus
  3. Ada perbedaan antara ramadhan sekarang dengan yang tahun kemarin. Kalau tahun kemarin kan masih belum ada acacicu, hehe..

    Alhamdulillah keluarga panaongan sudah sahur semua Kang. Menikmati hasil masakan ibu panaongan, haha..

    Trus, kapan kita safari ramadhan di panaongan?

    BalasHapus
  4. Sahur...., sudah bangun nih.!!!

    BalasHapus
  5. Kakaakin@
    Alhamdulillah, kadang ada SMS mesra juga buat bangunin sahur hehe

    Mabruri@
    iyo kang, rasane tambah wareg aku pas makan sahur karena BW

    Masbro@
    lah saya masih nunggu pak Lurahe Panaongan iki rek.. salam gawe Bu lurah yo

    Wawank@
    lah sudah imsyak mas di sini hehe.. makasih dah mampir mas Wawank

    BalasHapus
  6. tahun kemarin aku belum kenal uncle Lozz :)

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, ramadhan tahun ini semoga membawa barokah dan maghfiroh bagi kita semua ,aamiin

    ramadhan thn inipun berbeda utk bunda, krn ada uncle yg selalu membunyikan kentongan saat sahur :)
    selamat menjalankan ibadah puasa ya Uncle
    salam

    BalasHapus
  8. nanti deh bunda kirimin sms ya utk bangunin Uncle ....hhehehe...
    salam

    BalasHapus
  9. Selamat berpuasa mas Lozz, maaf baru mampir
    Mohon dimaafkan, semoga dapat melaluiRamadhan kali ini dengan lebih baik

    BalasHapus
  10. Hehehe... Kentongan sahur itu kadang berubah jd message di FB... Tapi niat sama mulianya toh... Abis sahur dan subuhan ngapain nih Uncle...? :-D

    BalasHapus
  11. Selamat puasa lang lozz, mau ucapin sahur waktunya udah kelewat. Iya ramadhan kali ini juga terasa beda bagi saya. Sekarang daapt banyak ilmu dari para sahabat termasuk kang lozz

    BalasHapus
  12. hadu mas , konco ku sampe tangi pas aku buka blog e sampeyan .. hahaha

    BalasHapus
  13. Yep, ini Ramadhan istimewa dan ramadhan pertama sebagai blogger.

    BalasHapus
  14. asal jangan mengetuk setiap pintu blogger untuk meminta sumbangan utuk makan sahur saja he he he.....

    selamat menjalankan ibadah puasa

    BalasHapus
  15. hehehe,,,,jenengku kok di jadikan sampel...kan uncle sudah tak sms setiap buka dan sahur tiba karo aku dan itu² yang diatas hehehe....

    Kalau di Banyuwangi Kentongan masih rame Uncle...

    BalasHapus
  16. semoga kita semua dapat menjalani ibadah di bulan ramadhan ini dan diterima segala amal kita

    BalasHapus
  17. Semoga Ramadhan masih kuraih, luar biasa hikmah di bulan mulia ini,

    salam ukhuwah sob, berkunjung ke rumah saudara di dunia maya, salah satu bentuk salturahmi di zaman modern ini

    BalasHapus
  18. kaget aku ada lagunya, hahaha... saur sambil ngeblog ya. aku saur sambil dengerin Quraish Shihab biarpun yang nyantol gak nyampe 2,5 persen...

    BalasHapus
  19. lagunya bikin kaget nih, ga cocok saat buka blognya disiang hari he he

    sebnarnya bila memang punya niat sahur, maka tak perlu dibangunkan dgn mercon/kentongan/sms cukup gunakan jam biologis tubuh

    BalasHapus
  20. bener banget.... suka banget klo denger anak2 bangunin sahur pake kentongan. asik dengernya. skrg emng udh gak ada lagi. btw, tp uncle tetep dpt sms mesra itu kan? hehehe.....

    BalasHapus
  21. Lidya@
    tahun kemarin saya juga belum kenal Pascal ma Alvin

    Bundadontworry@
    oke deh Bun.. saya tunggu loh SMS mesranya pas sahur hehe

    Mas Tony@
    hallo pa kabar Mas Ton.. selamat berpuasa juga ya

    Lyliana Thia@
    langsung mengukir peta khatulistiwa di sarung bantal mbak hehe

    Mas Jier@
    yups.. patrolnya sudah berganti di dunia maya sekarang mas., tapi syukur banyak hidangan pengetahuan sekarang yang bisa kita santap sembari makan sahur

    BalasHapus
  22. Celoteh Kelor@
    Alhamdulillah, berarti patrol dunia mayaku sukses bangunin orang hehe

    Susindra@
    betul mbak nuansane beda rasane dibanding tahun kemarin

    Pakde Sulas@
    hehe nanti deh saya ketokin rumah pakdhe Sulas buat minta kopi

    Sofyan@
    horre ada Abi di sini.. uhui makasih ya Abi dah mampir hehe

    Joe@
    aamiin.. matur nuwun brade Joe

    BalasHapus
  23. Dhymalk dhykTa@
    makasih dah mampir mas.. salam kenal ya

    Ami@
    kok bisa engga nyantol.. hayoo fokus mikirin yang lain tuh hehe

    R10@
    lah bisa kelewat tuh mas kalau Subuh baru bangun

    Ientanainie@
    hihihi kentongan mesra aja deh pinginnya

    BalasHapus
  24. Semoga kita semua bisa berjumpa kembali dengan berkah dan indah ramadhan di tahun-tahun berikutnya sam,,,,,,, semoga saja kelak ente ada yang bangunin sahur langsung (teman hidup untuk selamanya)amin,,,,,,

    BalasHapus
  25. wah.......telat nieh yang mau ngomongin sahur .... ato, sahur-sahur .........di http://majupendidikanindonesia.blogspot.com/

    BalasHapus
  26. saya kadang2 malah males sahur sob.
    saya kadang2 malah males sahur sob.

    BalasHapus
  27. Ngabuburitt...ngabuburit...nang ngendi ritt

    BalasHapus
  28. Saya juga masih ingat waktu dulu "perang" dengan tetangga, saling bersahutan membunyikan mercon bumbung (kalau tempat saya menyebut long bumbung)... sekarang sudah nggak ada lagi, selain memilh yang praktis, keberadaan uang yang sedikit berlebih turut berpengaruh... dan kalau boleh sebut, kurang kreatif dibanding jaman mercon bumbung hahaha...

    wis Kang, selamat menantikan saat berbuka puasa.. :)

    BalasHapus
  29. wah...hidangan saur sekarang makin beragam sehingga warungnya makin laris ya...haha... selamat menjalani puasa esok hari...

    BalasHapus
  30. waaaah ,,. telat nie,,
    g bisa sahur,, hehhehe,,.

    BalasHapus
  31. Digoyang2 malah ngantuk lagi...
    Met saurrrrrrrr

    BalasHapus
  32. oh gitu ya kang sofyan semangat bangun gara2 ada sms....
    banyak2 berdo'a yuk.

    BalasHapus
  33. Arief Bayoe Sapoetra@
    aamiin. semoga kang..

    Liverpuldian@
    salam sahur mas.. makasih dah mampir ya

    Said Arsyad@
    asal kuat aja gak lapar mas, ga sahur juga gak apa-apa, tapi sangat dianjurkan sahur

    Riez@
    lah kalau dini hari macam gini masak istilahe ngabuburit kang?haha

    Sukadi@
    heeh kang, padahal mercon bumbung murah, meriah tapi juga bahaya yo kang hehehe

    BalasHapus
  34. Mechta@
    makasih mbak.. selamat bersantap sahur ya

    Cikal@
    lah di sini belum imsyak loh mas

    Marsudiyanto@
    harus dengan cara apa supaya jenengan bisa bangun buat santap sahur pak?

    Baha Andes@
    heeh Kang, SMS mesra dari si dia hiyahahaha

    BalasHapus
  35. aku mau siram mas lozz pake cendol hiahahaha..

    mas brigadirkopi mau tak delet aku pindah ke alamat ini ^_^

    BalasHapus
  36. Sahur sahur sahur. . . . (Bawa mercon) dar der dor dar der dor bummmmm (yang ini bom) haha.
    Sampean jg jadi korban modernisasi lho. Buktinya, nangkring di depan komputer nunggu imsak xixixi

    BalasHapus
  37. Selalu berubah. Dari tahun ketahun. Subhanallah.

    BalasHapus
  38. pagi mas...saya juga sahur tadi,,,^^petrol masih suka ada di lingkungan rumah bbrp tahun lalu tapi sama,,sekarang tak ada lg..(atau ktk petrol berbunyi saya belum bangun yaa...

    BalasHapus
  39. Sahur tahun ini, junior saya mau makan dan minum selain segelas susu.
    suara mercon bumbu sekali2 masih terdengar di tempat saya, berdekatan dengan penduduk betawi asli, tapi sudah tidak seramai tahun lalu ( bertoleransi sama yang lain kali ).
    Sahur-sahur-sahur masih ada petugas yang keliling :)
    # Semoga kita termasuk yang memegang tropi kemenangan itu.

    BalasHapus
  40. salam sahabat
    3 S Sahurrr Sahurrr Sahurrrr hehehe oot kalau di tempat mas jam 2:57 berarti tempat saya jam 3:57 wah mas kok gasik temen se nek sahur kalau saya sahur nya mepet jelang imsak hihihi

    BalasHapus
  41. hehehe buat saiia pribadi.. puasa adalah momen buat bikin kita naik berat badan.. :) kapan lagi kita bisa makan teratur (buka + saur) sama makan enak kalau bukan di bulan puasa :p

    BalasHapus
  42. Ikutan komentar ya..
    Tapi kira2 telat nggak ya??

    Sahur tahun ini, LUMAYAN...
    (Maksunya???)

    Gag tau!
    Gag nyamug banget!

    BalasHapus
  43. Sapa yang sakit mas Lozz
    He...he.. gambarnya berbaring tuh diatas

    Alhamdulillah semoga kita semua sampai pada finish dengan predikat FITRAH

    BalasHapus
  44. akhirnya bisa ikutan sahur juga

    BalasHapus
  45. OOT: Ilmu bloggingnya dah makin keren nih. Postingnya dah mendekati gaya Pak Mars :))

    BalasHapus
  46. Udah imsak untuk wilayah pandeglang dan sekitarnyaUdah imsak untuk wilayah pandeglang dan sekitarnya

    BalasHapus
  47. Enak Mas bisa sahur merasakan masakan ibu. Saya sahur air putih aja, tapi itu karena saya ga bisa makan sahur juga sih, hehehe.

    BalasHapus
  48. yg tidur di ranjang itu blm sahur yad...?

    BalasHapus
  49. selamat puasa mas LOz... selamat ber sahur ria jugaaaa

    gambar yang lagi tidur mirip dirimu mas, huwahahahah

    BalasHapus
  50. Ramadhan tahun lalu saya msh lajang mas Lozz, lah skrg kok hrs masak sahur buat suami hihihi...
    Aamiin, semoga kita msh berjumpa dg Ramadhan berikutnya ya mas...

    BalasHapus
  51. Only Zy@
    lah kenapa Zey? eman loh kalau dihapus?

    Tarry Kittyholic@
    kalau saya bukan korban mbak, tapi malah jadi budak internet haha

    Fitri@
    semoga perubahan itu selalu ke arah yang lebih baik ya Fit?

    Puteriamirilis@
    apa perlu saya yang patrol di rumah sampean mbak

    Ysalma@
    saya ikutan senang loh mbak, Junior masih kecil udah bisa berpuasa

    Dhana@
    lah tukang patrolnya kan harus makan sahur duluan mbak sebelum keliling patrol hehe

    BalasHapus
  52. Belajar Photoshop@
    lah itu salah satu hikmah puasa msa, yang gemuk jadi langsing.. yang kurus bisa berisi badannya.. aneh ya?

    Kopiah Putih@
    lumayan lauknya ya mas, minta dong? hehe

    Citromaduro@
    hahaha masak engak nak kanak sakek sih kak?

    Profit Bulanan@
    Alhamdulillah ya Mas

    Erdien@
    lah jahu deh kang Erdien, jika sama pak Mars

    BalasHapus
  53. TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia@
    Jember udah dari tadi kayaknya mas hehe

    Sigulajawa@
    apa perlu saya kirim makanan sahur kesitu mbak Sya? hehe

    Situsonline@
    bangunin dong mas

    Nadia Meutuah@
    saya rasa mirip Haniku deh mbak hahaha

    Orin@
    insya Allah Ramadhan depan ada si kecil di situ deh mbak Orin

    BalasHapus
  54. Apa makanan sahur Mas Akbar hari ini? :D
    Pake ngopi, Mas? :)

    BalasHapus
  55. semoga ramdhan kali ini membawa berkah bagi semuanya,,, :)

    BalasHapus