Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Rabu, 14 Desember 2011

Kata Satpam Dunia Maya Cinta Itu...?

Dulu saya berpikir jika CINTA itu adalah sebuah rasa ketertarikan kita pada seorang lawan jenis atau wanita. Perasaan tak biasa itu pernah saya rasakan saat duduk di bangku SD. Dialah Marpuah, seorang murid baru SD sebelah yang pernah menjadi medan magnet perhatian saya kala itu.

Cinta saat itu saya definisikan sebagai sebuah rasa nyaman yang harus kita terima saat kita naksir dengan seseorang. Yah, ada sebuah rasa nyaman ketika di jam istirahat saya bisa menatapnya dari kejauhan. Sebuah kepuasan batin tersendiri rasanya manakala saya bisa menyalurkan hasrat cinta  lewat coretan-coretan di sampul buku pelajaran. "Lozz dan Marpuah", ditambah dengan simbol hati, itulah coretan-coretan yang sengaja saya buat. Sebagai tanda jika saat itu saya sedang jatuh cinta.

Malu rasanya manakala teman-teman kelas telah memergoki coretan-coretan di sampul buku itu. Berpura-pura melakukan sebuah pengingkaran, padahal dalam hati menginginkan, agar gosip antara Lozz dan Marpuah terus diperbincangkan teman-teman. Sebuah sensasi luar biasa rasanya manakala esok hari saya mendapati tulisan "Lozz dan Marpuah" terpampang besar tak beraturan di dinding sekolah. Seakan itu telah menjadi sebuah tanda, jika publik telah mengakui saya dan Marpuah adalah dua sejoli hahaha.

Saat beranjak gede saya pun tahu jika cinta tak sebatas hanya mau menerima sebuah rasa nyaman dari seorang pasangan. Cinta juga harus siap menelan rasa pahit, sakit dan juga lara apabila dibutuhkan. Saat harus melihat kenyataan jika si dia sudah terjangkit virus penghianatan. Kita harus ikhlas nrimo segala luka lara sebagai konsekuensi menjadi seorang pejuang cinta. Saya pun sadar jika isi dunia tak hanya sebatas antara aku dan kamu. Cinta juga bersifat universal. Tak mutlak hanya milik pasangan.  Masih ada keluarga, saudara, sahabat dan mungkin orang lain yang harus kita beri sebuah ungkapan rasa bernama cinta.

Ketika saya dipecat sepihak oleh seorang majikan gara-gara sebuah fitnah berlebihan. Namun semuanya saya sikapi dengan sebuah senyuman. Saya rasa itulah sebentuk cinta saya buat orang lain. Mau legowo nrimo meski awak disio-sio.  Saat saya memilih diam melihat seseorang berkoar negatif tentang diri saya. Mungkin itu pula ungkapan cinta saya. Bersabar dan memberikan sebuah rasa nyaman orang lain untuk berkata sepuasnya tentang segala sesuatu yak tak sepenuhnya ada pada diri saya.  Cinta juga harus rela berkorban, seperti halnya saat dulu saya menolak sebuah tawaran pekerjaan yang menggiurkan, karena lebih memilih mendampingi adik-adik saya pencinta alam.

Di dunia pencinta alam saya pun menemukan jika cinta bukan hanya sebatas bumbu pelezat saat kita berinteraksi dengan manusia. Masih ada ciptaan Tuhan lainnya yang berhak mengecap manis anugerah Sang Khalik bernama cinta. Ada alam, tumbuhan dan juga satwa yang butuh cinta kita.

Pernah di suatu malam saya mendengar suara kucing kecil kelaparan. Lantas itu saya masukkan rumah dan memberi dia makan. Kenapa saya lakukan itu?. Mungkin itulah sebentuk cinta saya kepada satwa. Meski pagi harinya saya harus terbangun gara-gara mencium sesuatu dari kolong tempat tidur saya. Yah, si meong kecil itu telah menjadikan kolong tempat tidur saya sebagai toilet daruratnya hehehe. Namun saya rela, karena cinta itu adalah mau berbagi dengan makhluk Tuhan lainnya. Seperti halnya saya merelakan pohon di samping rumah menjadi tempat bermain sekumpulan burung dengan bebasnya. Cinta itu juga mau peduli layaknya adik-adik saya yang lebih memilih menjadi pejuang sampah dan laskar biji-bijian, padahal kanan-kiri mereka sudah tak mau peduli lagi dengan lingkungan.

Mungkin itu definisi cinta menurut satpam dunia maya. Tentang kriteria istri idaman?. ehm..ehm piye iki jawabe yo hahaha. Yang jelas saya tak mau memberi bandrol mahal, tapi saya juga tak mau mengobral besar-besaran dalam urusan jodoh. Gak mesti seksi, tapi pingin yang bahenol dan pintar membuat kopi. Gak harus cantik rupawan, tapi saat dipandang harus bisa memberikan sebuah rasa nyaman. Yang jelas dia pun harus memiliki beberapa hal yang sudah saya jabarkan di atas. Mau nrimo, ikhlas, sabar, rela  berkorban, mau berbagi dan peduli dan sayang dengan keluarga.

Lah terus kapan Lozz?. Bukankah sekarang sudah masuk Setelah Bulan Sebelas?. Hahaha sabar dong ah. Bukankah sang Arjuna sekarang ini sedang berusaha mencari Marpuah?.


“Tulisan ini saya ikutsertakan di acara 5th Anniversary Giveaway: Ce.I.eN.Te.A  
yang diselenggarakan oleh zoothera


Sekilas Pariwara...

61 komentar:

  1. buka gembok, trus lempar kuncinya ke sumur dulu!!.. :P

    BalasHapus
  2. waahh..Marpuahnya belum ketemu ya mas?

    BalasHapus
  3. Ciyee..Lozz Lope Marpuah..

    Sekarang dah ketemu belom Marpuah nya??
    Cinta yang universal,Yuk marii kita tebarkan cinta pada sesama..

    Sukses ngontesnya ya Uncle..

    BalasHapus
  4. Bercintalah kamu, sebelum kamu dicintai cacing...

    Ups...templatenya kok gini? pake komen di jendela popup segala. Serasa kembali kejaman dahulu wkwkwkwk.....

    BalasHapus
  5. Lozz Akbar & Marpuah :)

    Nanti ledekin, ah :)

    BalasHapus
  6. apa kabarnya Marpuah kang?? :D

    Cinta memang universal yo kang, cinta memang tak selalu harus antara pria & wanita, tapi cinta itu sangatlah luas..

    hehe, iya nih kang, sudah lewat bulan sebelas lho.. hihihih

    BalasHapus
  7. Nah cinta ini yang aku mau kang... :)
    Cinta itu bukan kepada lawan jenis saja tetapi kepada semua mahluk ciptaanya.
    tetapi ketika kita benar2 menyatakan cinta kita (bukan aku atau dia tapi KITA)juga harus siap dengan segala konsekwensinya....

    BalasHapus
  8. wahh ikut GAnih. semoga menang ya?

    BalasHapus
  9. cinta waktu zaman SD mah cinta-cintaan alias cinta monyet yah kang..hehehehe...
    cinta pada alam kayaknya yang lebih melekat dengan bang lozzakbar sampai kapanpun nih..semoga cintanya pada alam tak lekas luntur jika bang akbar telah melabuhkan cintanya pada seorang wanita yang menjadi sejolinya..
    :)

    BalasHapus
  10. Semoga ketemu segera kenyamanan itu

    BalasHapus
  11. wow........... Ce I eN Te A.... ruarrr biasa penjabarannya. banyak marpuah disini uncle........... mreneo.... hehehhe....

    BalasHapus
  12. Cinta adalah saat mendapati
    Kang Lozz Terkapar Dengan Mata Yang Menerawang, hehe. Salam ke Marpuah ya Kang.

    BalasHapus
  13. Jieee jieee Mas Lozz...
    Semoga segera ketemu si Marpuah ya...

    BalasHapus
  14. ya smoga ketemu jodoh yg sholihah yang setiap dipandang menentramkan...

    BalasHapus
  15. O, cinta itu ternyata... :)
    Yang mencari marpuah itu sampeyan apa arjuna, kang? hehe
    seperti pepatah: tak ada marpuah, ningsih pun jadi hehe

    *)cinta itu apa yang tidak kita mengerti tentang rahasia hati.. :)

    BalasHapus
  16. Advertiyha@
    kuncine ora ono serepane loh mbak

    Melly@
    Blum mbak Mell, bantuin nyari donk

    Anazkia@
    Lozz dan Anazkia, pantes ora yo? hehe

    Nchie@
    apakah mbak Polwan itu ya teh si Marpuah? hahaha

    Die@
    bukan gitu Om.. kalau disetting di bawah entri. ada yang kesulitan loh kalau mau komen

    BalasHapus
  17. Mabrurisirampog@
    loh ada apa setelah Bulan Sebelas kang, apa sampean mau Rabi?

    Baha Andes@
    sampean apa gak ikutan kang mengutarakan cinta di acaranya mbak Anies?

    Asep Saepurohman@
    matur nuwun mas :)

    Muamdisini@
    lah kalau alamnya dah hancur, kan kita gak bisa punya tempat buat cinta-cintaan mas

    Riez@
    aamiin...

    BalasHapus
  18. Ientanainie@
    wkwkwk pesen satu gak pakai saos ya

    Sipicu@
    hehe masih tetap bertahan kok sam

    Untje van Wiebs@
    hehehe isin diriku rek digojlokin Una

    Rumahmauna@
    aamiin.. salam salam buat Zizi dan Fathan ya mbak :)

    Sukadi@
    terserah wis Kang, Marpuah apa Ningsih, sing penting masih ambegan hahaha

    BalasHapus
  19. Suit-suiiiittt... *loh gak muni*
    Suit-suiitttt... *loh gak muni maneh* :P
    Memang klo sudah cinta tai kucing rasa coklat padahal perut terasa muneg-muneg :D

    BalasHapus
  20. jadi kapan dong...hehee nanya lagi. bukannya udahketemu marpuahnya, tinggal resminya aja ya.

    BalasHapus
  21. Ahh Marpuah kau buat abang kita ini teringat-ingat terus dengan segala lope-lope-an masa kecil.
    Semoga disegerakan bertemu dgn "marpuah" yang mampu memberi garansi rasa nyaman senyaman kriteria yang dirimu idamkan yaa Lozz...

    Eniho, linkny sudah terapdet di list peserta yakss.. makacihhh :)

    BalasHapus
  22. Marpuah itu yang rumahnya di Madura kah? yg jelas alamatnya sudah gak salah lagi kan? #kabuurrr.....
    Eh, semoga sukses ding...

    BalasHapus
  23. saya tidak bisa banyak berkomentar
    sekedar bisa mengucapkan semoga sang arjuna tidak menyepikan dirinya di gunung arjuna untuk bertemu dengan sang marpuah

    BalasHapus
  24. Ciye ciyee... ayo segera cari marpuah-nya, uncle. Didukung dehh, hehe :D

    BalasHapus
  25. cinta ya..
    hmm cinta itu hanya Tuhan yang tahu :)

    semoga bisa menemukan marpuahnya ya..dan semoga alamat'a gk palsu #korbanayutingting

    BalasHapus
  26. aaah, nambah saingan lagi..
    moga lekas bertemu marpuahnya ya uncle lozz :D

    BalasHapus
  27. Cuma bisa bantu mendoakan mas Lozz, moga segera menemukan Marpuah, aamiin *senyummmm

    guud luk ya mas buat kontesnya ^__^

    BalasHapus
  28. mungkin marpuah lagi dipasar uncle.. :D

    BalasHapus
  29. Cuit...cuit, ketika Uncle bicara cinta ;)

    Iya ini saatnya setelah bulan sebelas itu...

    Gudlak ya GA-nya...

    BalasHapus
  30. cikiciw :) asik ada yg jatuh cinta :)

    BalasHapus
  31. marpuah~
    kaya'nya tetangga saya mas....
    huahahaahaha~
    semoga menang.....

    BalasHapus
  32. hihihi...semoga 'Marpuah' itu bisa segera dikenalkan ke khalayak ramai di sini ya Uncle ;)

    BalasHapus
  33. Setelah bln sebelas tahun berapa itu bang Lozz??? Wuehehe,

    Moga segera menemukan Marfuah secepatnya. Amiiin :)

    BalasHapus
  34. hahaha,,, bang lozz lope marpuah..
    ciiee... cie....

    BalasHapus
  35. wahh..marpuah..marpuah..dimanakah kau berada ? jadi skrg judulnya arjuna mencari marpuah ? ckck..ditunggu undangannya aja klo gitu..jgn lama2 yaa..apa perlu bantuan mencari marpuah ? hehe

    BalasHapus
  36. Yuniarinukti@
    suit..suit.. ctak haha

    Zoothera@
    matur nuwun mbak.. met milad pernikahan ya

    Ririe Khayan@
    hehehe Marpuah si penjual rujak tuh brarti mbak

    Citromduto@
    gunung Arjuno?? mau nyari keris kang?

    Ila Rizky Nidiana@
    hehehe jadi malu sama Ila nih

    BalasHapus
  37. Enny Law@
    aaminn.. semoga saya gak kesasar juga deh

    Amel@
    loh kok saingan sih Mel..hehe

    Naya Elbetawi@
    aamiin.. makasih Nay

    Dhila13@
    wkwkwk emang Marpuah tukang sayur hehe

    Yunda Hamasah@
    hehehe disiutin lagi deh

    BalasHapus
  38. Saladin Code@
    Kapan dirimu rabi Zy hahaha

    Jiah Al Jafara@
    salam buat tetangganya ya

    Orin@
    insya Allah, nanti deh teh setelah bulan sebelas ya haha

    Tarry Kittyholic@
    tahun gajah kali mbak Tar

    Joanna@
    boleh.. dengan senang hati deh mbak Joann

    BalasHapus
  39. Tulisannya kk marpuah eh kk lozz bagus euy ;)

    moga marpuahnya cepet ketemu ya kk ;D

    BalasHapus
  40. Aaah.. So sweeet.. Pasti bentar lagi Marpuahnya ketemu yah Uncle.. :-D

    Sukses kontesnya.. :-D

    BalasHapus
  41. Ayo dong pada bantuin cari Marpuah nya.....
    Wah, tiap kontes selalu menang nih...

    BalasHapus
  42. Salam kang !!
    cinta itu sangat luas pengertiannya kang, pernah juga dulu saya sepemikiran dengan akang tentang rasa cinta yg baru tumbuh, tp sesudah gede rasa cinta itu terus berkembang dan menampakkan jati dirinya yg sebenarnya. Bersyukurlah seorang hamba apabila rasa cinta itu masih ada dalam hati.
    semoga kontesnya sukses kang
    salam

    BalasHapus
  43. Rasanya saya pernah dengar nama Marpuah.. anak mana ya...? Hehe...
    Semoga bisa segera menemukan yang mau nrimo, ikhlas, sabar, rela berkorban, mau berbagi dan peduli dan sayang dengan keluarga ya, Mas...

    BalasHapus
  44. uncle lagi posting cinta2an nih :)

    BalasHapus
  45. marpuah...marpuah...kau selalu di hati, dimana lagi ku mencari, ku tunggu kau digardu sambil minum koopi

    BalasHapus
  46. Hohohoho...definisi cintanya mantap banget Lozz!

    Smoga cewek bahenol, bisa bikin kopi dan menimbulkan rasa nyaman itu bisa segera ditemukan ya!

    Doaku dari jauh, anak muda...
    :D

    BalasHapus
  47. saya gak suka romantis-romantisan. jadi gak pernah mempermasalahkan cinta-cintaan..

    tapi kalo dipikir-pikir saya kadang suka romantis juga.. ROkok, MANgan graTIS.. :)

    BalasHapus
  48. Amien. semoga bang Lozz bisa segera menemuka si Marpuah yaaa ;-)

    btw, gudlak kontesnya

    BalasHapus
  49. Ikut mendukung Kang, dan sukses selalu sem,oga diberikan kemudahan.

    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  50. dan saya juga sudah berkata tentang cinta

    BalasHapus
  51. si marpuah nya lagi nyuci tuh di kali....

    samperin gih bang... hehee.. :P

    BalasHapus
  52. marfuah???? jadi keinget nama kaka kelas saya waktu SMP dulu hehe... kontesnya moga sukses ya kang.

    oia, itu yg nyanyi nyanyian blogger yg gak terluka lagi suaranya siapa ya ko bagus suaranya :D

    BalasHapus
  53. cie...ceritanya lg nyari marpuah nechh.....smoga cepet ketemu yachh...

    baca marpuah aku jd inget temneku nech...kan ceritanya dulu lg musim rambutan...kan klo rambutan yg bulunya botak itu namanya rambutan rafi'ah...tp temenku dgn pedenya ngomong begini ke abangnya..."bang...ini rambutan marfu'ahnya berapaan?" ehh si abnag bukannya jawab malah ketawa terbahak-bahak hahahha.....

    BalasHapus
  54. Satpam dunia maya bisa bicara cinta ya..? hehehe.... #gak percaya

    Oke deh, aku ngaku... aku gak heran kalau tulisan di atas (lagi2) akan menang kontes #sakit hati :p

    BalasHapus
  55. siip...definisi cinta ala Lozz keren euy! Semoga Marpuahnya mendengar klo lagi di cari2 ya...dan semoga sukses kontesnya :)

    BalasHapus
  56. maya cinta itu dmn mas bro

    BalasHapus
  57. Marpuaaahhhh ...
    dimanakah dirimuh ?

    salam saya

    BalasHapus
  58. wah aku bkn kriteria donggg
    ga bs bikin kopiii :(

    smg segera ketemu soulmatenya ya

    BalasHapus
  59. This is very nice prayer.. Thank you.. have a great day.!!! happy blogging...

    BalasHapus