Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Minggu, 18 Desember 2011

LOL .. Lozz Ogah Lebay..

Memang benar yang dikatakan orang jika menjadi seorang blogger itu akan membuat kita semakin pinter. Banyak pelajaran, ilmu, kosakata atau istilah-istilah baru yang bisa saya dapatkan. Yang awalnya saya mengira hiatus itu sebagai sebuah kata lain dari rekreasi, akhirnya saya pun bisa tahu jika hiatus itu adalah rehat sejenak dari aktifitas menulis. Saya pun bisa tahu banyak tentang istilah-istilah gaul lain yang biasa dipakai di dunia maya, macam FYI, cekidot, OOT, LOL dan lain sebagainya.

Ada sebuah cerita lucu saat saya menemukan istilah baru bernama LOL. Ceritanya saat itu saya sedang bermain sebuah game online strategi bernama Travian. Yang namanya game online strategi perang tentu saja harus dibutuhkan sebuah strategi jitu. Lobi dan negoisasi dengan pemain lain sangat diperlukan agar desa maya kita aman dari serangan pemain lain. Nah saat itu ada seorang pemain dari India yang mencoba melakukan sebuah negoisasi lewat pesan singkat di akun saya. Awalnya saya menyambut baik pesan perdamaian pemain dengan ID Ramesh tersebut. Namun perdamaian itu tak berlangsung lama gara-gara pesan singkat si Ramesh yang berisi kata-kata LOL.

Jujur kata LOL saat itu adalah kata yang tidak saya sukai. Mungkin karena hampir mirip dengan kata-kata TOLOL, saya pun menganggap pesan singkat itu adalah semacam ejekan pada diri saya. Lalu apa yang terjadi?. Yo wis, genderang perang segera ditabuhkan, karena saya menganggap Ramesh sudah mengusik kedaulatan desa maya saya lewat sebuah ejekan. Hanya dalam hitungan jam desa Ramesh luluh lantak oleh serbuan pasukan maya dari desa saya.

Selang beberapa jam kemudian si Ramesh mengirim pesan singkatnya berisi "Why you destroy my village?". Saya pun menjawab, "because you say to me, LOL". Ramesh kembali menulis pesan singkatnya "LOL??".

Saya pun penasaran mencoba mencari tahu tentang arti dari istilah LOL tersebut. Akhirnya saya pun sadar jika ternyata saya yang telah membuat sebuah kekeliruan konyol terhadap Ramesh. Yah, LOL ternyata tidak seburuk yang ada dalam pikiran saya. LOL yang jika diterjemahkan dalam kamus  bahasa awam berarti NGAKAK, ternyata telah membuat saya bertindak zalim terhadap desa Ramesh hahaha (Lol).

Ada hikmah yang bisa kita ambil dari cerita di atas, jika pemahaman pada sebuah masalah tentu saja amat diperlukan sebelum kita menentukan sikap pada permasalahan tersebut. Keterburu-buruan dalam mengambil sikap tanpa melakukan sebuah ricek seringkali terjadi dalam kehidupan kita. Andai saja saya mencari terlebih dahulu arti dari kata LOL, tentu tak akan pernah ada perang di antara saya dan Ramesh. Yah, karena sebuah ketidaktahuan dan penilaian sepihak membuat saya membuat kesimpulan negatif dan melakukan tindakan ceroboh terhadap Ramesh. Bayangkan andai saja saya dan Ramesh benar-benar seorang presiden dari suatu negara. Enggak lucu kan ada sebuah perang terjadi gara-gara LOL? hehe.

Dulur blogger, dalam beberapa minggu ini ada sebuah blog yang begitu intens menjadikan saya satu paket bersama beberapa blogger lainnya sebagai bahan postingan. Alhamdulillah, ternyata eksistensi seorang tukang sapu warnet ternyata diakui oleh blogger yang secara akademis saya pikir lebih pintar dan dewasa dari saya.

Lantas apakah saya harus menyanggah semua tulisan tentang saya tersebut?. LOL.. Lozz Ogah Lebay..! Saya memilih DIAM..!. Saya tidak akan membuat postingan lebay balik. Lebih baik saya fokus menulis tentang sesuatu yang manfaat, ketimbang saya sibuk mreteli akhlak orang lain. Monggo saya persilakan semua orang menilai saya secara obyektif, wajar dan opo onoke. Tak perlu ada sebuah tulisan jika saya tak akan mendapat rahmat Tuhan dan akan dijauhi orang-orang. Cukup kiranya saya yang akan mendoakan diri saya sendiri agar segera dijauhi orang-orang, manakala saya memang seperti itu adanya.

Saya cuma bdrharap semoga saja tidak ada pihak-pihak yang semakin memperkeruh suasana. Tidak mengeluarkan komentar-komentar tanpa didasari pengetahuan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Tidak melakukan sebuah kecerobohan layaknya saya melakukan tindakan bodoh  karena ketidaktahuan tentang istilah LOL. Nilailah segala sesuatunya dari dua mata sisi. Berkomentarlah tentang diri saya karena anda benar-benar tahu, bukan karena sebuah prasangka atau prinsip katanya. Sebab seorang blogger yang bijak tentu akan mendahulukan nurani, akal dan pikiran sebelum mengeluarkan komentar lewat tulisan. Blogger yang berpikiran dewasa tentunya juga paham kapan waktunya diam dan kapan waktunya  angkat bicara.
Sekilas Pariwara...

49 komentar:

  1. Bingung komentare, Om. Arep gole'i arti OOTlah

    Berharap semua ada hikmahnya. Itu saja

    BalasHapus
  2. :)

    Tidak akan bertahan lama sesuatu yang tidak benar.....

    jare wong tuek mbien
    "Biarkan anjing menggonggong kafilah tetap belalu"

    Tetep semangat.

    BalasHapus
  3. untung cuma dalam permainan, saya pernah berpengalaman dengan istilah hoax pada komentar blog
    sampai-sampai menjadikan ketersinggunngan

    untunglah dapat segera diselesaikan dengan damai

    BalasHapus
  4. LOL | aku mau nilai kang Lozz make angka ae... | 0,0 berapa ya

    BalasHapus
  5. Hahaha.. curhat yek ayek'e yeeeek...

    BalasHapus
  6. Untuk sahabat.

    yang mencintai buku dan film. kami ada sedikit tentang itu.

    terimakasih

    BalasHapus
  7. bener Kang daripada ribut sesama blogger, mending makan nasi RAMESH, udah enak bikin Lelut Ola Luwe

    BalasHapus
  8. Lozz, selamat pagiiiii!

    Menilai seseorang dari katanya itu memang seburuk-buruk prasangka. Saya juga pernah mengalaminya di dunia maya dan bener...sanggup membuat saya takjub karena 'keberaniannya' menilai orang yang tidak dikenal baik di dunia nyata.

    Baca deh posting saya yang judulnya Ups!

    Terus Lozz, blog saya lagi bermasalah nih, nggak bisa log in ke dasbor, jadilah nggak bisa jawab komen apalagi posting, maafkanlah...smoga silaturahmi kita tetap terjalin baik :)

    BalasHapus
  9. LOL :D
    Kasihan orang India itu mas...

    BalasHapus
  10. Saleum,
    Hebat ya dampak dari kata "LOL" bisa ngehancurin sebuah negara..... tetap semangat kang,
    saleum dmilano

    BalasHapus
  11. Anggap aja orang orang yang membicarakan itu mempunyai perhatian yang gede terhadap sampean. :)
    .
    Eniwey minta ganti rugi gak tuh orang india negaranya diberantakin? :D

    BalasHapus
  12. wah hanya gara-gara LOL.jadi menyerang :)

    BalasHapus
  13. OOT : wira wiri sini tapi yang ditunggu2 belum tayang, lama amat sih nggodoknya :(

    LOL, baru ngerti uncle lozz bisa curhat juga xixixi ...

    selamat hari Senin ya om!

    BalasHapus
  14. LoL..si Uncle Curhat deh..

    Semoga si Lol jangan dateng lagi ya..

    BalasHapus
  15. semoga ada hikmah di balik setiap kejadian.. *semangaaattt :)

    BalasHapus
  16. aku juga dulu pertama ga tau apa itu LOL heee

    BalasHapus
  17. OMG kesalah pahaman makna 3 hurup itu berakibat fatal ya

    BalasHapus
  18. waduuuuuh, sepele bikin berabe yak. Kalo saya milih diam, bila ada kata2 baru. Biar ga keliatan katroknya. Wuehehehe :)

    BalasHapus
  19. damai saja ah ,piss :)
    uncle postingan tulisan pascal publish nanti malam

    BalasHapus
  20. hahhaha,,,
    uncle..uncle...
    makanya buka kamus dulu... *emang ada dikamus?
    gak mau tanya2 Osar sih. Osar mah tau, LOL itu apa.. :P

    BalasHapus
  21. Opo iki, Uncle? (aku melu-melu liane manggil uncle, gak popo to? :D )

    Sudah damai belum sama Mas Ramesh itu? HIhihihihi...

    Saya aja sampe sekarang masih banyak ndak ngerti istilah2 dunia maya. Piye meneh, emak-emak sok jadi blogger yo ngene iki :P

    BalasHapus
  22. hehe, LOL itu bukanx Laughing Out Loud ya? yg artinya ketawa terbahak".. haha:D
    lucu deh,,
    Kalo sempat mampir comment n follow blog sederhana Fyrdha ya,,,Makasih :)

    BalasHapus
  23. haha...asek asek! blogger memang mengasyikkan..

    BalasHapus
  24. Satu lagi, CMIIW yang dulunya saya kira ekspresi senyum ternyata kepanjangan dari, "Correct Me If I Wrong"

    BalasHapus
  25. saya juga sering gak mengerti kata-kata itu cuma ikut-ikutan saja

    BalasHapus
  26. Tiga paragraf terakhir, sepertinya masih sedikit mengganjal di hati ya, Mas. Sabar, Mas.Dan jika saya seringkali datang tanpa meninggalkan kenangan ( komentar ) juga karena saya sedang belajar berpikir dewasa, memilih saat yang tepat untuk berkomentar ataupun cukup mengambil pelajaran dari apa yang saya baca.

    BalasHapus
  27. saya mau komen., tapi bingung mo koment apa hehhe., salam aja deh gan.,

    BalasHapus
  28. hallo brade?pa kabar?
    LOL dulu ah...
    :D
    kalo OOT sih apa tuh?
    emang sih aku sendiri jg kadang suka nemuin bahasa yg aneh2, tp pura2 ngerti aja.. hehe.

    BalasHapus
  29. Haha.. kok awak'e dewe iki yo podho-podho gak gaul yo Mas..
    Baru tau sekarang klo ternyata LOL itu Ngakak, kirain artinya TOLOL, sama seperti pemikiran Mas Lozz.. :P

    BalasHapus
  30. Klo mengenai curhatnya mas Lozz..
    Saya juga kurang suka terhadap komentar yang menyanggah tulisan kita, bukan karena saya gak suka tulisan saya dihina, tapi alangkah baiknya bila di koment menggunakan bahasa yang halus, jadi kesannya mengoreksi, tidak menjatuhkan :)

    BalasHapus
  31. waduh, jd penasaran sama blogger itu.. sopo sih? *bukan aku kan Uncle?*

    #kepooo# hehe...

    eniwei... aku juga pernah uncle... disindir sama blogger lain waktu ngadain giveaway gurindam kmrn... dia menyimpulkan sendiri tanpa konfirmasi dan bertanya kenapa begini begitu... langsung aja menghakimi... sakit banget... aku justru langsung curhat sama pakde dan bu bintang timur... abis itu plooong deh...

    BalasHapus
  32. Lol, kok gak posting maneh?

    Ngguyu rah Lol, haha...

    BalasHapus
  33. kapan-kapan main game online sama saya aja kang, saya nggak bakalan pake bahasa begituan soalnya saya juga nggak paham. hehehehe

    apa kabar kang Lozz? ini sudah bulan "setelah bulan sebelas" lho kok belum ada kabarnya?

    BalasHapus
  34. :lol: :lol: alias kakakakkakakkak
    Lucuuu mas Lozz aselik saya ketawa waktu Si Ramesh nanya "Why you destroy my village?" hahaha.. kira-kira masih bisa dibangun lagi ga tuh villagenya mas Ramesh? :p

    Menyoal blog yang sukanya meng-aku-aku postingan orang, seharusnya dengan membaca tulisan ini kalau dia memang smart pasti akan perlu untuk merasa malu..
    Semangat terus Mas Lozz

    BalasHapus
  35. aku juga tahu istilah oot, hiatus, lol dari dunia maya, mas...tadinya mah bingung apaan tuh. kirain kue apa gitu. hehee

    BalasHapus
  36. hahahah satpam dunia maya aja ngga tau artinya LOL...apalagi aku hihihih......

    uncle...emang si dia masih aja posting ttg topik itu?

    BalasHapus
  37. oot : mana foto mbak Nique ya yg wkt itu? susah cari di warung blogger nih. hehehe...biar kupajang.

    BalasHapus
  38. semua itu ada hikmahnya kok :)

    oya
    jangan lupa follow blog aku di : miftachuljanna.blogspot.com

    BalasHapus
  39. Meski nggak Gitu ngerti masslahnya, aku dukung sikap uncle...

    BalasHapus
  40. Kang, sepertinya aku banyak ketinggalan ya? Ada berita penting yang tak aku ikuti rupanya :(

    Anyway, seneng banget bisa mampir lagi kemari.

    BalasHapus
  41. pesan dari tetangga sebelah; damai itu lebih indah kang hehehe...

    BalasHapus
  42. Biarin aja, Kang. Kita mah LOL aja..hahaa...

    BalasHapus
  43. Hahahahaha, Mas, kok bisa sih? :D

    Saya ketawa geli pas mbaca permainan Travian Mas Akbar itu. Hehe, hanya karena kesalahpahaman satu kata, LOL, satu desa hancur. :D

    BalasHapus
  44. Mas Akbar, seperti biasa, saya penasaran, siapa sih blogger yang ngejadikan beberapa blogger jadi bahan posting-an? Cerita dong, Mas...

    BalasHapus
  45. Waah...ana apa iki? aku ketinggalan sepuuur... :(

    BalasHapus
  46. wah satu paket postingan tu apa yaa??yang pasti mah mas loz keren lah...:) wah dirimu desa yg hancur itu, kamu bayar upeti ga mas dari kehancuran itu..hehe...LOL

    BalasHapus
  47. Assalamu'alaikum, Kang...

    Wah bingung sy, saatnya diam ato bicara ya... Btw, kalo CMIIW ituh artinya apa, Kang...

    BalasHapus