Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Selasa, 14 Februari 2012

Bekas Bagimu, Berharga Bagi Mereka


Seringkali dalam postingan saya singgung tentang progam "memulung sampah" yang dilakukan oleh adik-adik saya di pencinta alam. Mengumpulkan berbagai macam sampah anorganik macam botol plastik dan segala jenisnya. Memanfaatkan sesuatu yang oleh sebagian orang disebut "barang tak berharga" ini agar bernilai komersil, yang hasilnya kami jadikan sebagai pelumas agar roda-roda organisasi kami senantiasa terus berjalan.

Salah satu "barang primadona" yang menjadi obyek "memulung" kami adalah kertas. Selain memiliki nilai profit tinggi dan jauh dari kesan kekotoran. Mengumpulkan kertas bekas juga menjadi sebuah ajang aplikasi kami tentang pentingnya sebuah konservasi dalam kehidupan sehari-hari. Yah, ketimbang kita makin hari sibuk membabati pohon demi pohon karena kebutuhan kertas yang semakin meningkat. Alangkah bijaknya jika kita mendaur ulang kertas-kertas tak terpakai itu menjadi kertas yang baru kembali.

Musim perburuan kertas mencapai puncaknya saat berakhirnya tahun ajaran bagi siswa. Banyak kertas yang bisa kami kumpulkan dari orang-orang yang rela rumah atau kantornya kami cuci gudang. Untuk kertas-kertas yang sudah dianggap tak bisa lagi digunakan, kami pisahkan untuk segera disetor ke timbangan tukang loakan.. Lantas bagaimana dengan kertas atau buku yang masih layak untuk dimanfaatkan secara wajar?.

Awalnya  kertas atau buku-buku itu kamu perlakukan sama seperti halnya kertas bekas biasa. Kami pilah sesuai jenis kelas harga perkilonya. Namun lambat laun kami berpikir, betapa eman rasanya jika kertas atau buku-buku itu harus mengakhiri nasib di wadah timbangan tukang loakan. Akhirnya kami pun bernisiatif untuk memisahkan kertas-kertas bekas  yang masih layak pakai itu untuk kami sumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Memilah buku-buku paket pelajaran yang masih bisa digunakan. Merangkai lembar demi lembar buku tulis yang masih kosong dan memberinya sampul agar bisa dipergunakan kembali.

Di ranah blogsphere ada sebuah kegiatan yang hampir sama, tapi lebih hebat dari apa yang kami lakukan di pencinta alam. Blogger Hibah Sejuta Buku, sebuah kegiatan sosial dari dulur-dulur blogger yang secara sukarela mengumpulkan buku-buku bekas yang masih layak pakai untuk dihibahkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Sebenarnya kegiatan ini sudah memasuki fase yang ketiga. Fase pertama dan kedua, pengiriman buku telah dilakukan di Kabupaten Meranti, Riau dan Papua. Untuk fase ketiga giliran Maluku yang akan menjadi targetnya. Hibah buku akan dilakukan ke sebuah sekolah dasar di Seram Utara.

Dari artikel yang saya baca DISINI, SD YPPK Manusela, Seram Utara  adalah sekolah dasar  yang memiliki 60 murid dengan enam ruangan ala kadar. Diisi oleh tiga orang tenaga pengajar, tapi hanya satu guru bernama Yuli Lilihata, yang aktif disitu. Sebuah SD dengan sarana yang sarat keterbatasan, tapi ada  semangat belajar yang tinggi dari anak-anak bangsa disitu yang harus kita perhatikan.

Rela bertelanjang kaki saat menempuh ke tempat studi. Menulis pelajaran dengan media kertas yang lebih layak disebut sebagai bungkus kacang. Pulpen tanpa body, pensil yang hanya seukuran ibu jari.

"Oh Manusela..Manusela, layakkah kalian menjadi  bagian dari pertiwi yang kaya raya ini?. Padahal kalian sudah sangat lantang menyanyikan lagu kebangsaan. Tapi kenapa kalian seolah-olah telah dilupakan?.  Kuyakin kalian  sudah hafal diluar kepala tentang apa itu Indonesia Raya, Bhineka Tunggal Ika dan juga apa itu Pancasila. Tapi, kenapa jurang kesenjangan itu kian nampak menganga?."

Rasanya kita tak perlu lagi menunggu-nunggu pemerintah untuk segera turun tangan. Mari kita lakukan apa yang bisa kita berikan untuk mereka. Mungkin lewat BHSB kita bisa sedikit meringankan segala kekurangan yang dialami anak-anak bangsa yang ada di Manusela. Tak perlu kita sibuk mencari  mana yang salah dan siapa yang harus disalahkan. Bocah-bocah Manusela telah memberi perenungan pada kita semua,  jika Sang Khalik memang benar-benar Maha Kreatif.  Banyak hal yang bisa kita lakukan menuju ke arah kebaikan. Banyak jalan menuju Roma, banyak cara juga yang bisa kita lakukan untuk Manusela. Yah, walaupun hanya lewat sebuah buku bekas, saya rasa semua itu sudah cukup membuat mereka tertawa lepas.

Dulur blogger, mungkin sebuah novel atau buku adalah sesuatu yang mudah bagi kita untuk membelinya. Kadang kita rela merogoh kocek secara berlebihan demi memborong buku saat ada obral besar-besaran. Dan seringkali pula saat hasrat itu terpenuhi, kita pun mengonggokkan buku-buku itu karena telah puas membacanya.

Bekas bagi kita, tapi sangat berharga bagi mereka. Jadi kenapa kita tak memberi kesempatan saudara-saudara kita untuk ikut juga merasakan apa yang sudah kita nikmati?. Yah, ketimbang buku-buku itu kita museumkan di gudang  penuh rayap yang siap memangsa lembar demi lembarnya satu persatu. Atau kita loakkan yang ujung-ujungnya harus berakhir di tangan penjual kacang tepi jalan. Apakah tidak sebaiknya jika buku-buku itu kita hibahkan untuk mereka yang sangat membutuhkan?.

Monggo dulur-dulur  jika berkenan, berikan bocah-bocah Manusela sebuah senyuman lewat buku-buku bekas yang masih layak untuk dipergunakan. Buku tulis, buku paket pelajaran, buku cerita/novel anak, peralatan alat tulis. Atau  sumbangan berupa materi yang juga sangat diharapkan, mengingat biaya pengiriman yang juga memakan biaya yang sangat besar.


Alamat Koordinator Hibah Sejuta Buku ala Blogger Fase Ketiga :

PEKANBARU - RIAU DAN SEKITARNYADWINA
Sekretariat Blogger Bertuah
Jl. Sakinah I no. 2A Tangkerang Utara
Pekanbaru - Riau
Hp. 0761-4880884

MARYO SANJAYA
Sekretariat Bappeda Kota Pekanbaru
Kantor Walikota Pekanbaru
Jl. Sudirman Pekanbaru - Riau
Hp. 085271464472


BUKITTINGGI - SUMBAR DAN SEKITARNYAJAZA AUFAYANI
Jl. Proma 1 no 03
Kelurahan Belakang Balok, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh
Kota Bukittinggi - Sumatera Barat 26136


BEKASI - JAWA BARAT DAN SEKITARNYAHARIE SULISTYONO
SD-IT AL FIDAA
Jl. Damai no 8 Papan Mas blok F Tambun
Bekasi Jawa Barat 17510


JAKARTA DAN SEKITARNYAROE SALAMPESSY
Jl. Tebet Dalam 4 no. 31 A.
Kel. Tebet Barat RT.12/RW.01.
Jakarta Selatan-12810.
Hp. Roe Salampessy 085716061556
Hp. Almascatie 082197553554


SEMARANG - JAWA TENGAH DAN SEKITARNYAAFRIANTI MAHULETTE
AKBAR MARASABESSY
(BLOGGER ARUMBAI)
Jln. Jenderal Sudirman, Galunggung Samping SMA 11 Ambon,
Lorong SD 64. No. 6. RT 06/006
Ambon 97128


BOGOR DAN SEKITARNYA ERIKASMAN GAFAR
PT. Yudhistira Ghalia Indonesia
Jln. Rancamaya KM.1 No 47 Warung Nangka
Ciawi-Bogor 16720


KEDIRI - JAWA TIMUR DAN SEKITARNYAAGUSTIN WILUJENG
Jl. Letjen Suprapto No. 58
Kediri Jawa Timur 64124
Hp. 08819252376


SULAWESI DAN SEKITARNYAAYUNIAR SAKINAH WALIULU (UNHY)
Kompleks Wesabbe Depan Pintu 2 Unhas Blok C No.49
Makassar-90245.
Hp. 0852 4327 8256


JOGJAKARTA DAN SEKITARNYAANTOK SURYADEN Jogloabang Desa Gombang, Tirtoadi, Mlati,
Sleman - Yogyakarta 55223
Hp. 081 227 320 63


KALIMANTAN DAN SEKITARNYASUROTO SMAN 1 Bakumpai
Jl.Atak Iberansyah Desa Lepasan - Kec Bakumpai
Kab Barito Kuala Kalimantan Selatan 70512
hp. 0819 53560008.
Flexi:(0511)7437397


Batas pengumpulan buku adalah sejak awal februari 2012 sampai akhir april 2012.
Untuk bertanya dan hal lainnya, silahkan bergabung di facebook grup Blogger Hibah Sejuta Buku

Sekilas Pariwara...

58 komentar:

  1. ikut mendukung gerakan tersebut kang. insya allah saya kirim ke Bukit tinggi, lebih dekat dari tempat saya.

    BalasHapus
  2. Weh, rak sido komen, karna lihat alamat2 yang super keren susunannya. Wis, maturnuwun udah bantu menginfokan :)

    BalasHapus
  3. bingung arep ngmong opo, wes tak dungone wae mugo maju trus pntang ojo mndur...

    BalasHapus
  4. siapppp Insya Allah ikutan lagi. nah ini bener nih di blog listku munculnya kemarin cumajudul blognya aja gak ada judul postingan.

    BalasHapus
  5. Ngetes kolom komen yang keren...
    [im] http://try2bcoolnsmart.files.wordpress.com/2012/01/makan-duren-lagi.jpg?w=224&h=300[/im]

    BalasHapus
  6. Semoga hibah buku kali ini sukses juga...
    Dan semoga saya bisa ikutan :)

    Oiya... komen saya di atas, dihapus aja ya...
    Cuma ngetes doang :D

    BalasHapus
  7. Sip sam, berbagi memang keren..

    Ohya, sori mau ora sido ngopi nang omahmu, onok tamu nang panaongan.

    BalasHapus
  8. wah ini bsa di bilang peluang utk bsa sedikit membantu org2 di bawah, pekerjaan yg sangat mulia. Insya Allah sya akan mngorek buku2 bekas dlu yg mana banyak yg sudah sma sekali gak kepakai alias hampir rusak sia sia. Inilah yg di sebut penyelamatan ilmu # cieh bahasanya hehe...

    BalasHapus
  9. Untuk wilayah Bali belum ada to mas? Jauh banget kalau harus bawa buku ke Kediri dari mBali.

    Btw, [co="blue"]Benarkah warna tulisan ini biru?[/co] [co="red"]Kalau merah aja, gimana?[/co]

    BalasHapus
  10. waduh keren lho kolom komennya
    bisa naro2 foto segalackckck

    ya deh tar kumpulin buku bekas
    klo ga ada buku baru aja
    hehehe

    BalasHapus
  11. Sip...aku dukung pisan pokok'e

    BalasHapus
  12. ka mariatul penampakannya kok selalu bawa durn :D

    semangat!!!

    BalasHapus
  13. eh saya pengen ikutan banget blogger hibah buku ini. makasih info nya atuh ya mas..salam

    ngomong2 penghamburan kertas. di kantor juga sya lebih sering nge print pake kertas yg bekas aja kalau gak penting-penting banget mah. sayang kalau hamburin kertas. kasian pohon2 :)

    BalasHapus
  14. [im]http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/41573_154107464617051_16_n.jpg[/im]
    [co="green"]keren banget sam, sangat perlu didukung dan terus dilanjutkan[/co]
    [ma]mari berbagi untuk kemajuan negeri[/ma]

    BalasHapus
  15. [im]http://i218.photobucket.com/albums/cc14/tamasya/tamasya-1.gif[/im]

    Aku nyobak gambare pisan yo Om.. hehe..

    BalasHapus
  16. [co="green"]ssiipppp bangetlah pokoke,,
    selalu mendukung kegiatan2 indah sperti ini.
    sukses yo kang... [/co]

    BalasHapus
  17. Yup..tak perlu menunggu, mari bertindak!
    Saya share juga dgn cara berbeda di sini.

    BalasHapus
  18. Susindra@
    ayo kemana mbak Sus??hehe

    Dmilano@
    alhamdulillah.. tenkyu kang

    Anazkia@
    tetap semangat yo Naz.. jangan hiraukan suara-suara sumbang, yang cuma bisa mengkritik doang

    Usman Alhafish@
    lah barusan itu dah ngomong kang hehehe..

    Lidya@
    maaf mbak. kemarin itu ceritanya lagi belajar, eh gak sadar malah blog ini yang saya pakai ngetest

    Kakaakin@
    mau dong Kak.. durennya [im]http://favouritesmilies.webs.com/please.gif[/im]

    Masbro@
    santai sam. kapan-kapan wae wis ngopine hehe

    BalasHapus
  19. Yayack Fackih@
    hehehe emang pakai bahasa opo sih sampean kang Yayack

    Budiastawa@
    mungkin Bli budi bisa mengusulkan?

    Nicamperenique@
    nyumbang pakai duit juga gak apa-apa mbak Ni.. asal jangan pakai chip poker loh hahaha

    Sofyan@
    oke kang..

    Arrian@
    Kakaakin kang puteri duren bang hahaha

    Maminx@
    betul mas, manfaatkan dulu segala sesuatu yang masih bisa dimanfaatkan.. baru kita berpikir unutk mengambilnya dari alam

    Tarry Kittyholic@
    aamiin.. piye mbak dah buka tokonya?

    BalasHapus
  20. Advertiyha@
    jempolmu kok gede ndoro??

    Masbro@
    wkwkwkwk.. kok foto iku sih sam.. tapi keren loh aku bisa nonton Noveri

    Mabruri@
    matur nuwun sam.. sukses juga progam berbaginya yo

    Yustha TT@
    banyak cara untuk membantu mbak, salah satunya dengan lebih banyak memberikan info tentang kegiatan ini.. arigato mbak Yus

    BalasHapus
  21. Buku aku gak punya banyak, lagian gak cocok dibaca oleh anak-anak. Kalau dana tunai gimana ya?

    BalasHapus
  22. Ide yg bagus, smg dapat sambutan antusias dari para sahabat blogger.

    BalasHapus
  23. Ah indahnya brrbagi.. Insya Allah bs berpartisipasi..

    BalasHapus
  24. Terus semangat untuk mengumpulkannya dan ikut mensukseskannya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  25. pake pengepul kan cak? biar kirimnya bisa sekalian, biayanya juga ngirit kalo patungan.. nanti minta sumbangan di warung :D

    BalasHapus
  26. ayo bantu..mumpung bisa....jgn tunggu kaya dulu ya. hehee..sip sip..

    BalasHapus
  27. yuuk kita saling berbagi meski hanya dengan 1 buku saja sangat berarti buat orang lain

    BalasHapus
  28. mudah2an bisa ikut berpartisipasi :)

    BalasHapus
  29. wahh kegiatan yang sangat berarti utk mereka yang membutuhkan...smoga sukses yach acaranya....nanti aku coba cari buku2 yang bisa disumbangkan...terimakasih atas infonya...

    BalasHapus
  30. Sepertinya diriku belum bisa ikut kakak. buku di rumah banyak tapi posisi lagi jauh dari rumah :) Semoga sukses dan lain kali diriku bisa ikutan ^^

    BalasHapus
  31. InsyaALLAH ikut berpartisipasi uncle ;)

    BalasHapus
  32. Subhanallah, Uncle kegiatan yg sangat positif sekaligus bisa membahagiakan diri kita sendiri, krn dgn berbagi, kita akan merasa sangat bermanfaat utk orang lain, seperti yg diajarkan agama kita, manusia yg bermanfaat adalah manusia yg berguna bagi orang lain.

    InsyaAllah Uncle, bunda pingin ikutan Uncle dlm kegiatan ini.
    bagaimana teknisnya ya Uncle?
    salam

    BalasHapus
  33. oh ya Uncle no.hape bunda , bunda tulis di inbox fb nya Uncle saja ya...
    salam

    BalasHapus
  34. dihibahkan untuk dibaca orang lain. lebih menarik begitu. lebih bermanfaat dan berpahala.

    BalasHapus
  35. semoga kegiatan ini bernilai ibadah di hadapan ALLAH..dan semoga saya mendapat waktu dan kesempatan untuk turut berpartisipasi...salam :-)

    BalasHapus
  36. Artikel yang mulia :)
    makasih infonya ..
    Ikut dukung banget :)

    BalasHapus
  37. Terus kalau yan lain nyoba gambar dan warna, aku nyoba apa

    BalasHapus
  38. dulu dhe pernah nyoba mendaur ulang kertas lho yah, tapi gagal.. request dong, kapan2 bikin postingan tentang cara mendaur ulang kertas.. ya ya ya.. :D

    BalasHapus
  39. [co="green"]Sik,,,sik.. Semarang endi kuwi... oooo daerah UNNES Gunungpati... yo..yo..yo[/co] *koyo meh nyumbang buku ae***

    Kereeen, Kang. Pencetusnya pasti Kang Sholeh juga ya.

    BalasHapus
  40. saluuut buat karya mu & adik2 di sini... semangat terus ya..semoga menginspirasi ya lain :)

    BalasHapus
  41. -[ma]Ayo Dukung Dan Sukseskan !!![/ma]

    BalasHapus
  42. Syukurlah Kang kalo kita punya program indah seperti ini. Untuk sementara saya juga punya binaan yang juga membutuhkan yang seperti ini Kang.
    [co="red"]tes markotes[/co] warna

    BalasHapus
  43. Die@
    essip tuh.. monggo kalau ada pertanyaan, bisa segera hubungi saya di tempet biasa :)

    Tusuda@
    aamiin.. semoga sukses acara ini ya Bli

    Lyliana Thia@
    alhamdulillah.. matur nuwun mbak Thia

    Indra Kusuma@
    sukses juga buat anda kang Indra

    Ari Tunsa@
    tuh alamat-alamat pengepulnya dah saya cantumkan di atas Kang

    Sang Cerpenis Bercerita@
    hehehe.. nunggu kaya kapan bisa amal ya mbak Fan

    Julie@
    bener mbak 1 buku sudah cukup membuat mereka bahagia

    Naya Elbetawi@
    aamiin... makasih ya Nay

    BalasHapus
  44. Nia@
    sama-sama mbak Nia.. semoga dd Walu juga lekas sembuh ya

    Elvira157@
    oh lagi jauh dari rumah ya.. semoga sukses di sana ya mbak

    Orin@
    Hatur nuhun teh Orin

    Serambi Puisi@
    matur nuwun Bunda.. oke nanti Akbar SMS ya untuk teknisnya

    Hanif@
    bener, ketimbang dimusiumkan bukunya

    Blog S hariyanto@
    aamiin matur nuwun ya mas

    BalasHapus
  45. waahhhhhhhhhhhh nimbrung ke tempat saudaraku...
    100% aku selalu mendukung...
    boleh ikutan gabung gak sobat....

    BalasHapus
  46. Yayats38@
    salam buat keponakan saya yang cantik Aiko ya Kang

    Citro Mduro@
    dolanan hape wae kang hehehe

    Dhenok Habibie@
    kan banyak tuh Dhe.. artikelnya di Google

    Samaranji@
    oraaa Kang.. saya ini bagian ramen-ramen tok kok

    Mechta@
    makasih mbak.. salut juga dengan teman-teman di BHSG

    Aryna@
    trus kapan sampean ndukung saya mbak hehehe

    Jangkies@
    jiyaaah kang Pakies namanya ganti rek sekarang

    Dedy@
    monggo mas.. semoga betah yo..

    BalasHapus
  47. Semoga suksess niatan baik ini dan anak2 gk mampu punya kesempatan membaca

    BalasHapus
  48. komik cak?? eehehehehehe
    mugo2 manfaat

    BalasHapus
  49. padahal aku udah meng iyakan untuk di ajak jadi volunteer Hibah buku wilayah malaysia tapi belum sempat kampanye.. lagi2 alasan blog hilang.

    BalasHapus
  50. Mantap bli....lanjutkan...nunggu koordinator, kemarin ke Jember lupa atu

    BalasHapus
  51. tak dukung dengan DOA om... SEMANGATT<<<<<<<<,,

    BalasHapus
  52. salut dan mendukung kegiatannya kang semoga sukses ya

    BalasHapus
  53. Aduh saya dari dulu nyari yang beginian akhirnya ketemu juga.. ingin menyumbangkan alat2 tulis layak pakai. Kebetulan lokasi saat ini masih di Jakarta karena ada rencana pindah ke Bali. Oya boleh saya tau, Untuk wilayah yang sudah ada koordinatornya, apa ada yang punya daftar sekolah yang mayoritas muridnya anak2anya kurang mampu? Mencarinya datanya di mana? mekanismenya penyerahan ke anak-anak ini bagaimana? Akan disumbangkan kemana saja? dan apakah ada dokumentasinya ketika alat2 tulis bekas itu diberikan? supaya tambah yakin saja.
    Tolong di sharing jadi di daerah lain bisa dibentuk koordinatornya. Terima kasih.

    BalasHapus
  54. Ini masih ada kelanjutannya gak ya?

    BalasHapus