Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Senin, 20 Februari 2012

Enggak Pingin Kemana-mana

Jika saja saya ditanya oleh Una
Ini dia empunya Giveaway..
akan imajinasi tentang sebuah tempat yang ingin saya kunjungi. Mau kemana ya?. Hmmm.. Mungkin saya pingin ke sebuah kota yang dulunya bernama Sunda Kelapa. Kota yang menjadi magnet para pengejar impian. Jakarta, Yah itulah yang menjadi impian saya saat ini.

Batavia kota yang bersejarah bagi saya. Meski tak ada satupun catatan sipil yang menulis saya sebagai warganya. Tapi dari kota inilah layar kehidupan saya mulai dikembangkan. Kota inilah yang menjadi tempat saat pertama kali saya sambut dunia lewat sebuah tangisan. Udara Batavialah yang dulu pertama kali memenuhi rongga dada saya. Tapi sayang udara Batavia tak lagi ramah seperti dulu kala. Rasanya tak bisa lagi dibedakan mana sebenarnya udara dan mana asap para pengendara.

Saya ingin ke tempat yang disebut orang sebagai surganya para kaum urban. Tapi bukanlah menjadi seorang pengejar impian yang dulu pernah saya lakukan. Saya hanya ingin sedikit bernostalgia saat dulu merasakan jika ibukota memang lebih kejam dari seorang ibu tiri. Mengenang kembali masa-masa dimana setiap pagi saya harus berdiri di sebuah tembok pembatas
Di Balik Tembok Pembatas Itu
yang kokoh berdiri. Menjadi seorang kuli yang bekerja layaknya di bawah majikan kompeni. Bekerja keras memeras keringat, tapi sayang saat pulang dari rantau tak ada sedikit pun kebanggaan yang bisa didapat.

Ingin rasanya saya kembali ke ranah Betawi. Kota yang dulu mempunyai sebuah kali yang bersih nan asri. Kali yang dulu begitu digandrungi para bule-bule Kompeni. Bahkan mereka tak segan meminum airnya tanpa ada rasa kekhawatiran. Tapi apa yang terjadi sekarang?. Ciliwung tak bisa lagi dibanggakan. Tiada lagi sampan-sampan yang berlalu lalang. Ciliwung tak ubahnya sebuah selokan yang membelah metropolitan.

Saya ingin kembali ke kota kelahiranAntara Tanah Abang dan Pasar Senen saya. Untuk bersilaturahmi dengan saudara-saudara saya. Menengok keponakan yang selama ini hanya bisa saya pandang dari foto-foto Facebook di dunia maya. Tapi saya takut, apakah mereka masih mengenal saya?. Saya takut mereka akan seperti orang-orang hedonis cuek itu?. Saya takut saudara-saudara saya akan menatap penuh curiga dan menganggap saya seorang garong karena berambut gondrong
Gondrong Bukan Berarti Garong
.

Ah setelah saya pikir-pikir. Mungkin lebih baik saya cukup disini saja. Biarlah kota kecil ini yang menjadi medan pertempuran hidup saya. Walaupun tak bisa saya pungkiri, saya kangen dengan tanah kelahiran saya. Saya rindu Jakarta, tapi saya sudah jatuh cinta dengan kota kecil ini. Ciliwung sudah tak lagi kuingini, karena disini ada Bedadung yang telah membuatku jatuh hati.

Artikel ini dipartisipasikan dalam :

Photobucket

Sekilas Pariwara...

71 komentar:

  1. Udah bro...jangan pergi kemana-mana, ditempat yang sekarangpun sudah surga. Kalau berjalan terlalu jauh lantas hilang, piye...

    BalasHapus
    Balasan
    1. golek cedek-cedekan yo Om.. hehehe

      Hapus
  2. ke Palembang aja, biar ketemu ama dhe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. Jauh Dhe.. ketemu lewat mimpi aja deh

      Hapus
  3. Kayaknya iya... bakal takut... gondrong gitu. Hahaha...
    Sini mas ke Jakarta~

    wis tak cathet yo~

    BalasHapus
    Balasan
    1. [im]http://ohiok.com/img/babyj3nb/moocomments/thank-you/aww-thank-you.gif[/im]

      Hapus
    2. Ga usah joget joget gitu tho mas... @_@
      Wkwkwk...

      Hapus
    3. [im]http://www.indianchild.com/images/angry.gif[/im]

      Hapus
    4. [im]http://2.bp.blogspot.com/-67bsPwbs0v4/Tt7krQdF3dI/AAAAAAAAAi8/frgCU8YDYKk/s1600/meremmelek+lalala.gif[/im]

      Hapus
    5. wakakaakk....guyu liat photo gerak2 mbak una nya.... :))

      Hapus
    6. aku kok gak kepingin nang Jakarta yo Mas, aku malah kepingin nang Malang hehehe

      [im]http://bloggradien.files.wordpress.com/2008/08/ngakak.gif[/im]

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Berarti nggak ke samarinda juga dong...
    Hehe...

    BalasHapus
  5. una merem melek gitu ya :-D
    uncle kan walaupun gondrong haitnya baik loh hehehe, para ponakan pasti gak takut deh. ditunggu loh kedatangannya di ibukota :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. nanti deh mbak kalau ada libur dan rejeki, insya Allah dolan ke sana

      Hapus
  6. wah aku malah mumet di jakarta :)makanya skrng sering mubeng2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan kamu mau mubeng-mubeng Njember Zy? [im]http://www.cathworld.org/worlds/biz/rosery/Bird.gif[/im]

      Hapus
  7. Saleum,
    Mudah2an ada langkah nanti ke aceh kang :)
    [ma] dimana aja yang penting bahagia [/ma]

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. wuih jauh buanget Aceh tuh Kang.. tapi siapa tahu ya

      Hapus
  8. mending ndik emba lunk kang, kalo sampean mbalik ke ciliwung, saya nggak punya kesempatan ketemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Kang..saya tunggu di pojok perempatan seperti biasa ya..

      Hapus
  9. Jangan lupakan tanah kelahiran dong kang ? Bagaimanapun ia berjasa sebagai pemberi tempat pijakan pertama bagimu di dunia. haha...

    BalasHapus
  10. Kita tidak bisa memilih untuk dilahirkan dimana Kang. Tapi kita diberi waktu untuk memikirkan (dan memilih) mana tempat yang top dan pas untuk berkarya, survive dan memejamkan mata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups... bener Bli dimanapun selalu ada celah untuk berkarya

      Hapus
  11. Ayolah sekali2 ke Jakarta Uncle, niatnya untuk silaturahim, kopdar gitu sm temen2 di jkt dan sekitarnya *ngarep* hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pemalu loh teh Orin.. [im]http://www.freesmileys.org/smileys/smiley-fc/shy.gif[/im]

      Hapus
  12. kalo maen ke Jakarta mampir ye :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke Nay ane bakal sungkem sama Abah Harun

      Hapus
  13. Lebih enak nang Malang Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih enak nang omah nyangkul, agak siang dikirim singkong rebus plus sayur bayam
      mantabs

      saya tidak tahu dimana saya dilahirkan. Namun saya tetap suka dan cinta dengan tempat saya berada saat ini seperti apapun kondisinya
      inilah bumi yang harus dipijak dan langit yang harus dijunjung

      Hapus
    2. Enak maneh nang Sukorejo kang Sofyan hehehe

      Hapus
    3. Hahaha,,nang omahe ehm..ehm..ehmm si Mrs. XX yo Bli Lozz

      Hapus
    4. [im]http://lh4.googleusercontent.com/-Z5b5MYDK6wA/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAsM/-7DXBzWxBQ8/s512-c/photo.jpg[/im] tak rok norok lho

      Hapus
  14. ga mau nawarin ke baubau ah. hahaha..
    ayo mas ke jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti aja deh.. saya main ke Mayang

      Hapus
  15. dirumah lebih damai.... he he he

    BalasHapus
  16. Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer laser jet dan voucher. Caranya tinggal like fanpage >> http://www.facebook.com/anugrahpratamacom. Dan ikuti Contest menulis artikelnya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  17. Bedadug tuh apa ya? #mikir

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedadung tuh,,, getuk bakar... xixixixixixixix

      Hapus
    2. Bedadung tuh nama sebuah kali di Jember mbak..

      Hapus
  18. ke jakarta gak jadi, ke maluku gak mau, ciliwung di tolak, aceh gakda biyaya.... eeeemmmm bagaimana kalo ke surga saja master... hehehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente dulu deh brangkat hahaha.. apa perlu saya sewakan becak?

      [im]http://4.bp.blogspot.com/-5OtQ6W8XSwA/TfY9paw0WtI/AAAAAAAAAA8/pRuwi6y7kAc/s320/becak.gif[/im]

      Hapus
  19. ayo uncle ke jakarta...keponakan udah pada kangen tuch...pengen dibawain oleh2 dari jember heheheh.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. kapan ya.. hmmm kapan-kapan deh

      Hapus
  20. Ayo pulkam Mas, gak usah ragu :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah saya dah di kampung nih mbak...

      Hapus
  21. Haha... Pesertane gendeng, jurine sableng... :D :D :D

    Owalah, Kang Sholeh aslinya anak betawi toh...
    Sukses ya Mas kontesnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ora kang..cuma numpang lahir doang kok..

      matur nuwun ya kang

      Hapus
  22. Ke Jakarta harus mampir sini sam, awas sampeyan gak bawa oleh-oleh buat si botak.. !!
    [im]http://www.clipartreview.com/_images_300/An_angry_cartoon_woman_with_a_rolling_pin_in_hand_100921-224145-877009.jpg[/im]

    BalasHapus
    Balasan
    1. [im]http://www.hdherd.com/images/smilies/scared.gif[/im]

      [ma]mblayu..mblayu ah...[/ma]

      Hapus
    2. Oh,, ngumpet dibelakang PC thah,, tak tembak dari sini,, biar rasa!!

      [im]http://backpackingtraveldestinations.co.uk/wp-content/uploads/2011/01/angry-cartoon-woman-seated-shooting-computer1.jpg[/im]

      Hapus
    3. ijin ngguyu nang kene aku Bli Lozz

      [im]http://3.bp.blogspot.com/_nBk0odNYWOs/TByfa37dsyI/AAAAAAAAA-w/X4f1T1J2bHk/s1600/Laughing-Baby.gif[/im]

      Hapus
  23. Dunia yang terindah adalah dunia dimana ada yang membuat jantung kembang kempis ya bli?

    BalasHapus
  24. permisi2... Numpang lewat.... Lagi mau pindah rumah ke jakarta nih, biar bisa ketemu sama mulan jamila... Ada yg mau ikut? :P
    Salam kenal

    BalasHapus
  25. kelor suka sama yang gondrong koq .. gondrong itu bukan garong ..

    BalasHapus
  26. saya malah paling males ke jakarta hehe klo bukan karna kepepet mah males kesana :P

    BalasHapus
  27. saya malah belum pernah ke Jakarta mbak :( mentok juga sampe Malang :(

    BalasHapus
  28. ditanya kemana, udah dijwb panjang lebar tinggi eh ternyata disini saja :D

    BalasHapus
  29. Hai,,

    Sorry udah lama gak berkunjung kemari lagi,,
    oya sekalian mau bilang, alhamdulilah aku udah punya domain sendiri,
    kalau ada waktu berkunjung ya di blog aku yang baru disini :

    http://blog.enterspasi.com

    Thanks

    BalasHapus
  30. Katanya pengen ke rumah saya...

    BalasHapus
  31. suka baca tulisan ini.. Ada kerinduan yang terpendam namun juga ada kekecewaan..
    ya sudah tidak perlu lagi mengejar impian sampai ke jakarta..
    biarlah Jakarta akan tetap sama selamanya seperti dulu, dalam ingatanmu.. :-)

    BalasHapus
  32. Kalo saya sih inginnya pulang kampung, ke Surabaya. :D

    BalasHapus