Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Senin, 05 Maret 2012

Nostalgia Pandusiar Amatir

 
Streeees..! Mungkin itu ungkapan yang tepat tentang kondisi saya beberapa hari ini. Disaat saya sedang getol-getolnya hobby ternak blog, ternyata ada sebuah kendala vital yang masih belum bisa diatasi. Gara-gara koneksi rumah yang masih saja ngadat akibat buruknya sebuah pelayanan jasa seperti yang saya ceritakan dalam posting kemarin.

Tapi yo wis lah, mungkin ini adalah sebuah ujian. Seorang blogger tentunya tak boleh terlalu menjadikan masalah koneksi sebagai kambing hitam dan dalih untuk mandul berkarya. Waktunya sekarang saya mau nulis yang ringan-ringan saja. Sejenak saya akan flashback ke masa saat dulu masih aktif di radio amatir komunitas.Masa-masa saat saya menjadi salah seorang pandusiarnya.

Menjadi seorang blogger, bisa dikatakan banyak kemiripan yang saya temukan seperti halnya saat saya dulu menjadi pandusiar radio komunitas. Jika di dunia blogging kita mengenal nama pena, macam Dhenok Habibie, Bunda Don'tworry sampai Mama Radial.  Di radio pun ada sebuah julukan nama udara sebagai nama samaran bagi para pelakunya.

Namun saya rasa nama-nama samaran di blogsphere tidaklah sebegitu ekstrim nama-nama samaran di radio komunitas. Di radio komunitas nama-nama samaran yang dipakai hampir semuanya tak mirip dengan nama asli pemiliknya. Jadi jangan heran jika di sebuah radio komunitas seseorang yang bernama asli Slamet, saat di udara namanya berubah menjadi nama bintang sinetron macam Betrand. Marpuah disulap menjadi Maria Mercedes. Suwito pun dipermak sedemikan rupa menjadi Anto Medan. Bahkan yang lebih ekstrim tapi lucu adalah nama-nama udara di progam acara lagu-lagu tradisional. Betapa tidak, disini anda tak akan temukan nama-nama modern. Kebanyakan nama samaran yang diambil dari nama-nama tokoh silat komik. Macam Gundala Putera Petir, Pendekar Gunung Gangsir, hingga Iblis Pemetik Bunga hahaha.

Di radio komunitas pun mengenal istilah kopdar macam di blogsphere. Bahkan kadangkala setiap beberapa bulan diadakan acara temu kopdar akbar antar pendengar, yang tujuannya untuk saling mengenal setelah sekian lama penasaran dengan nama samaran masing-masing. Disinilah biasanya terjadi sebuah interaksi sosial yang ujung-ujungnya banyak diantara mereka yang akhirnya menjadi pasangan. (pandusiarnya kapan? hehe).

Dulur blogger, itulah sekilas cerita ringan tentang sebuah nostalgia saya. Masa dimana nama Akbar begitu melambung dan lebih dikenal dari pak Camat yang ada di daerah saya. Namun sayang, seiring perkembangan teknologi sekarang radio komunitas tak begitu lagi dinikmati.

Nah sekarang saya akan sedikit berteka-teki dengan sebuah salam-salam khas yang dulu sering saya temukan saat menjadi seorang pandusiar amatir. Salam-salam yang terdengar norak, tapi bagi saya itulah sisi keunikan dari sebuah radio komunitas. Bagi anda yang mungkin pernah menjadi seorang pendengar radio komunitas, mungkin salam-salam di bawah ini sudah tidak asing lagi bagi indera dengar anda. Tapi buat yang belum tahu saya harap anda jauhkan dulu cursor mouse anda dari kata-kata di bawah. Tebak dulu singkatan yang ada di dalamnya, baru anda buka jawabannya. Selamat menerka-nerka deh.

FISIKA
FIKIRANKU SELALU INGAT KAMU

KARISMA
KANGEN RINDU SETENGAH MATI

AMERIKA
AKU MERINDUKAN KAMU

KASET
KENANG AKU SEBELUM TIDUR

JAGUAR
JANGAN GANGGU AKU SUDAH PUNYA PACAR

HARIMAU
HANYA DIRIMU YANG KUMAU

SEPEDA
SENYUMMU PENUH DAMAI

KOMPERSAL
KOMPAK PERSAHABATAN SELALU

KARTIKA
KANGEN RINDU TIADA TERKIRA

LAMBADA
LAMBAIANMU MENGGETARKAN DADA

JOJOBA
JOMBLO JOMBLO BAHAGIA

LOZZ AKBAR
PRIA TAK SEBERAPA TAMPAN HAHAHAHA

NOTE : pingin tahu cara membuat tulisan seperti di atas?. Gampang, nanti deh akan saya share dan belajar bareng di BENGKELOZZ

Sekilas Pariwara...

96 komentar:

  1. hahahahahahahahah """maaf mas , ga bs berenti ketawa baca tulisan terakhir.

    jadi ingat masa2 jd "pura2nya penyiar" di radio amatiran kampung. beneran kita lbh beken dr pak bupati sekalipun y mas hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kan, berarti sampean pernah rasain yo mbak jadi selebriti lokalan wkwkwk

      Hapus
  2. hahaha keren uncle, aku suka intip2 juga dibengkel tapi belum komen2 :)
    tulisan yg terakhir diganti toh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha diganti "tuan muda A Tze' mungkin keren ya mbak

      Hapus
  3. itu bukan nama pena ayah, itu nama dunia maya.. hahahaha *sama aja* :D

    dhe belum pernah jadi penyair, tapi jadi pendengar sering.. dhe lebih suka denger penyiar cowok daripada penyiar cewek.. soalnya biasanya kan suara penyiar itu bagus-bagus.. eh, ayah beneran jadi penyiar?? kok mendadak dhe lupa suara ayah yaa.. *pengen di telp* :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gantian dong ah yang nelpon

      [im]http://www.myspaceantics.com/images/myspace-graphics/misc/smiley-with-cell-phone-call-me.gif[/im]

      Hapus
    2. abohhhhh ada konspirasi apa nih antara ayah dan anak ini hehehe

      Hapus
    3. gak ada Kang.. masih dalam batas kewajaran kok hahahaha

      Hapus
  4. Pria tak seberapa tampan?
    hahahhahaha..
    tapi manise gak karuan yo Mas,hihihhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ponakane Batigol gitu loh..

      Hapus
  5. Ahaaaaiii...yang terakhiir, eheemm... kaga seberapa tampan tapi penuh pesonaaa... #eaaaaa... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. [im]http://www.smileystar.com/emoticons/msn-smiley-emoticons/cool-smiley.gif[/im] [ma]Tenkyu Nay[/ma]

      Hapus
  6. Lozz...saya belum pernah jadi pandusiar amatir, jadi istilah-istilahnya juga baru tau dari sini lo...hehe, Iblis Pemetik Bunga...jadi inget cerita silat Kho Ping Ho beneran nih... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe saya kok jadi kangen baca komik tempo dulu ya mbak

      Hapus
  7. Mas Lozz nama samarannya apa?
    Tak masukin bengkelozz ke blog list dulu ah. :)

    Oh ya mas. Mau denger kokoro no tomoku gakkk? :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe Kokorotomo asli kalau ini ya Un..

      kirim emailku ya

      Hapus
  8. Trus seng Mrs. Xxx iku piye gak sido dicantumkan disini tah,,hahahaha

    sip rek,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. [im]http://www.talkjesus.com/images/smilies/animated-smilies/quiet.gif[/im]

      begh.. rahasia negoro iku Kang

      Hapus
    2. Kok maen rahasia-rahasia? ops...emang para pandusiar banyak rahasianya, apalagi kalau berhubungan dengan yang bening-bening...
      [im]http://3.bp.blogspot.com/_IUvNbpiMMS8/Smg8BEkol7I/AAAAAAAAAVw/t26sSZ5A1DU/s320/AddEmoticons04218.png[/im]

      Hapus
    3. Hahaha,,benar Om Aldy,,pandusiar itu orang yang penuh dengan tanda tanya

      Hapus
  9. wkwkwkwkwkwkk..
    asyeeekk neh akronimnya...
    tak klik e cak, tapi mbok yo pisan2 sowan nang nggonanku, wes suwe gak ninggal laraan nang blogku. hohohohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. begh barusan aku nyampai situ.. wah salip dalan iki ceritane rek

      Hapus
  10. Hahaha saya facepalm pas mbaca yang LOZZ AKBAR :D

    BalasHapus
  11. Kalo Kang Lozz Akbar rada-rada setress gara-gara ternak blognya sedikit terganggu masalah koneksi, saya malah sudah menonaktifkan beberapa subdomain abisabila, bukan karena stress tapi lebih karena sedang menfokuskan pada beberapa hal di dunia nyata.

    Nyata sekali kalau saya tidak penah tersentuh atau menyentuh dunia radio komunitas, dari sekian salam yang dimunculkan, tak satupun bisa saya tebak, apalagi yang terakhir. heheheh....

    segera menuju ke bengkel nya Kang Lozz, penasaran, ada apa di sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya malah merasa kurang kerjaan sekarang Kang di dunia maya, maklum kan saya satpam dunia maya..

      Matur nuwun Kang

      Hapus
  12. Pengalaman menjadi pandusiar juga ya Lozz, banyak pengalamannya.
    Tapi kok Lozzakbar tuh artinya pria tidak seberapa ganteng? wuih, kapan lakunya kalau gitu?
    [im]http://3.bp.blogspot.com/_GUvT2rY1Vko/SXpOviL0iZI/AAAAAAAAAxI/3Vy26qiaRaY/S45/death_gif.gif[/im]

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk sing penting masih ambegan wis Om

      Hapus
    2. Beg jawaben pertanyaannya Om Aldy iku Bli,,kapan lakunya jare ??? hahaha

      Hapus
  13. jiahahaha....mau ngakak dulu akh.... :D
    mau langsung ke bengkelnya Uncle dulu akh.........
    ( lho kok?cuma numpang ngakak dowang disni tho? ) :P
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh Bunda kemana? gak mau Akbar anterin pakai becak

      Hapus
  14. Pria tak seberapa tampan itu siapa uncle? *kepo* hihihihi..
    Dulu sempat jg jd penyiar di radio kampus uncle, tp ga pake salam2an kek gituh :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini kan kampung teh.. jadi gawe sak karepe dewe salamnya hahaha

      Hapus
  15. Hahahah...yg terakhir itu singkatan tahun brp yach? perasaan waktu sekolah dulu belum diajarin dech hihihi.....

    baru tahu dari sini istilah salam2 itu....bisa aja yah mrk bikin singkatan yg keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun Jawa mungkin mbak Nia hehehe

      Hapus
  16. Iya ya dulu dikampungku tenar yang brik, brik gitu, namanya juga aneh2.

    Wech kalu dulu AKBAR mencalonkan diri jadi bupati bisa jadi menang ya Uncle, hehee...

    Aku yang akrab sama JOJOBA, sering denger. Yang baru tahu LOZZ AKBAR, kacau guru bahasanya singkatannya meleset jauuuuuuuuuuuuuhhhhhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu bukan singkatan mbak, tapi sebuah makna yang terpendam hahaha

      Hapus
  17. catatan ini ingat saya masih kecil.. zaman itu Radio siar masih sangat lekat.. kini zaman teknologi canggih dan radio pun semakin di tinggalkan...


    kunjungan pertama
    salam kenal dan follow juga
    Revolusi Galau
    ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal balik mas.. insya Allah nanti saya mampir dan kuntit balik.. matur nuwun ya

      Hapus
  18. hahahhaha,,,
    Kartika Candra
    Kangen Rindu Tak Terkira
    sama Canda dan Rayuan

    [im]http://1.bp.blogspot.com/_-dIKuwbEI40/TFrcvXYfJPI/AAAAAAAAB0M/Z-g6a-3XZno/s400/kajol-pictures.jpg[/im]

    BalasHapus
    Balasan
    1. [im]http://www.india-server.com/news-images/shah-rukh-khan-35601.jpg[/im]

      Kartika Mega... Kangen Rinduku Memandang Gambarmu

      Hapus
    2. Mesti wes wong Bollywood hahaha,,Kajol = Kau Jarang On Line hahaha

      Hapus
    3. Haha...
      Syahruk Khan,,, Sayang admine rung raup lan sikatan :P

      Hapus
  19. Wkwkwkwk.. Jepang : Jember Patrang..

    BalasHapus
  20. Yng paling menyimpang:LOZZAKBAR=Pria tak seberapa tampan

    Tapi Zaman aku muda dulu adanya SUZUKI= SUNGGUH-SUNGGUH LAKI-LAKI

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau itu sebangsa dengan BASUKI ya mbak, Banyak Anak Susah Rejeki wkwkwk

      Hapus
  21. Seorang blogger tentunya tak boleh terlalu menjadikan masalah koneksi sebagai kambing hitam dan dalih untuk mandul berkarya. >>>> ini dia Kang.., yang membuatku merasa tersindir hahaha... Karena koneksi inet yg bikin bete yg berhasil membuatku aras-arasen ngeblog, selain tentu saja urusan pekerjaan dan Shasa yang harus diprioritaskan hehehe..

    Apa kabar Kang? Lama gak mampir kesini deh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketahuan kok mbak yang bener-bener aras-arasen dan yang bener-bener sibuk..

      kalau nurut saya sih mbak Reni bener-bener sibuk loh

      Hapus
  22. walah....aku ko ga inget yaa bentuk sapaan salam-salam itu... boleh donk kasih clue singkatannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah tuh kan tinggal buka aja mbak artine

      Hapus
  23. Kalau saya nggak cuma di Radio Amatir, tapi di Radio Komersial juga pernah. Kalau nggak ingat pesan orang tua, mungkin saya putus kuliah gara2 nyaman di radio yg juga menghasilkan uang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha wah pak Mars mania radio juga nih

      Hapus
  24. huaahahha~
    baca dari awal yg keinget malah yg akhir, hueheheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah tuh.. awas kebawa mimpi loh Jiah

      Hapus
  25. wkwkwkwkk....... gak pernah maen gituan, tp dl serng denger omku mengudara. jan.... bingung. hehhe...... tp aku tertarik cara bikin tulisan kyk gituuu......ditunggu..... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha salam Kompersal deh buat si Om

      Hapus
  26. hahaha...nama slamet jadi betrand....? jauh banget ya...hihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan itu hanya ada di radio komunitas mbak..

      Hapus
  27. muter2 gak nemu pengen nebak satupun tuh dari semua kata di atas wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sampean bukan penggemar radio komunitas dulu Kang :)

      Hapus
  28. Istilah-istilah pandusiar itu sering terdengar dulu ketika Tipi belum ada. RRI, RKPD dan sejenisnya menjadi bsarana hiburan. Bahkan saya waktu SMA juga pernah make nama udara Jragan Gudhel untuk ngirim salam ke teman-teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiyhahaha jadi tahu nih saya nama bekennya sampean di udara

      Hapus
  29. wah, baru tau pandusiar
    dan nggak ngert itu salam2an apa he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe berarti bukan penggemar radio dong Tante

      Hapus
  30. Haha.. Pria Tak SEberapa Tampan :P

    Btw, dulu aku juga sering dengerin radio ampe malam (waktu masih SD di kampung sana). Ada satu nama udara yang masih kuingat: "Maling Budiman" hahaha... Seru juga ya jaman dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga Wanita Berbaju Kuning :)

      Hapus
  31. Untungnya saya gak hidup di zaman itu ya. Bahaha LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah tuh gak terlalu jadul loh mas

      Hapus
  32. [im]http://i36.photobucket.com/albums/e1/ludacrix666/GIF/Radio.gif[/im]

    [co="red"]Tamasya FM[/co]

    BalasHapus
    Balasan
    1. [ma]Toppas FM... sekali di udara tetap di udara[/ma]

      Hapus
  33. Saleum
    Aku masih betah diradio komunitas sekarang kang. Malah kalau gak salah akhir periode ini posisiku bakal di naikkan ke bagian penyiaran publik. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow.. salam buat para penggemar di sana ya bang

      Hapus
  34. lozz akbar (lelaki oke bangeetttzzz...aku berdebar-debar)

    *wakaakkakkk..ini bukan dari aku ya, dari seseorang yang jadi jodohmu di ujung dunia, aku dibisikkin dia tadi,,hihi..
    peace om...

    BalasHapus
  35. wkwkwkwkkwkwwkkwk. . . .. lucu lucu juga orang-orang radio komunitas. . . meskipun pernah sesekali hidup diradio komunitas kayaknya ndak seheboh ini deh bang. . . .

    kreatif kreatif banget yak. . . ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. kalau radio komunitas di kota kayaknya gak heboh macam gini deh mas

      Hapus
  36. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    BalasHapus
  37. wah pantas lancar menyusun kata kata
    ternyata pernah jadi pandusiar radio

    keren sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi lebih pinter mbak Anis loh saat membuat puisi cinta

      Hapus
  38. postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

    BalasHapus
  39. jadi ingat radio di tempat saya dengan nama-nama betul-betul menyimpang
    seperti julukan si kumis beracun gara-gara berkumis tebal

    he.. he.. ditunggu tulisan kerlap kerlipnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau disini ada tuh kang, namanya SONGOT RACUN

      Hapus
  40. saya taunya cuma kompersal doang euy... :D
    Seru juga ya jadi penyiar. Saya sih gak bakat, udah gemetar duluan saat megang tombol2 mixer :D

    BalasHapus
  41. jadi bingung berkomentar apa ya Kang,apa Akbar itu radio al akbar itu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups.. di Jember ada kok radio Akbar.. cuma ini radio resmi Kang

      Hapus
  42. iya nich sob...... gmn cara bikin tulisan diatas....hehehehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti deh Mas, kita belajar bareng ya..

      Hapus
  43. saya ngakak.. asli, Kang!

    semoga Kang Lozzakbar (yang ngakunya) pria tak seberapa tampan segera menemukan Mbakyu Marpuah

    salam hangat IJOLUMUT ikatan jomblo lucu & imut

    NB: imut = item mutlak :P

    BalasHapus
  44. kagak ngerti uncle singkatan2nya..
    entah kenapa masa muda saya dulu ga dihabiskan buat denger radio..
    padahal jaman smp-sma dulu, temen2 saya hobi itu kirim2 salam lewat radio

    BalasHapus
  45. Wkwkwkwk...... Kan Lozz yang cerdas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  46. Hahaha.... lucu-lucu singkatannya,
    dulu saya dan kawan-kawan juga punya radio komunitas,
    jargon salam kami : "salam manis takkan habis, salam sayang takkan hilang" hahaha...

    BalasHapus
  47. hahaha...baru tau ternyata salam khas radio banyak bgt..lucu2 bgt :DD

    BalasHapus