Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Jumat, 20 Juli 2012

Ada Konspirasi di Belakang Warung Itu


Lagi-lagi Essip disanggongi sebuah komen yang nggregetno ati. Sebenarnya bukan isi tulisan komennya yang saya permasalahkan, tapi komen bergambarnya itu loh yang membuat saya geregetan, seakan empunya komen mau menantang saya gasakan.

Loh emang si anonim pemilik komentar dahsyat itu muncul lagi? hehehe enggak kok. Komen itu datang dari  Den Mas Ngabehi Haris Samaranji Blontang Brotowali. Seorang dulur blogger asal semarang yang  protes karena merasa tidak dilibatkan dalam acara konspirasi 18 Juli. Lah emang semua itu salah saya?  salahe dewe dong, kenapa sampai sekarang belum ngurusi KTP jadi warga desa Webe. Jadi yo wis, nrimo wae  kalau kemarin ora kebagian sensasi "ngerjain komandan" hehehe.





Sejak Jambore Blogcamp digelar sebenarnya saya sudah mempunyai rencana membuat sebuah artikel khusus yang diposting tepat di hari jadinya. Tiga hari menjelang ultah Blogcamp, saya pun mempersiapkan sebuah pernak-pernik untuk artikel itu nantinya.  Artikel tentang Blogcamp, ucapan selamat, kembang api, musik dangdut plus penari latarnya, itulah konsep saya di artikel tersebut. Layaknya pesta perayaan beneran, saya  menggelar pula semacam gladi resik sebagai persiapan. Beberapa percobaan pun saya lakukan di sebuah blog siluman. Hasilnya? Alhamdulillah sesuai dengan bayangan saya. Musik dangdut bergema, penari latar lancar jaya, kembang api pun siap diluncurkan ke angkasa. Intinya saat itu saya merasa benar-benar yakin semua akan lancar-lancar saja dan tugas saya selanjutnya hanyalah membuat sebuah artikel untuk pengiringnya.

Sehari sebelum ultah Blogcamp saya pun mulai menggarap artikel tersebut. Dalam hati saya yakin pasti banyak pula diantara dulur blogger lainnya yang ingin memberikan sebuah kado posting di hari ultah Blogcampnanti. Jadi kenapa tidak sekalian diorganisir agar lebih semarak dan menjadi sebuah kejutan bagi sang komandan. Lewat YM dan FB saya mencoba hubungi beberapa dulur blogger, diantaranya Mbak Irma, mbak Melly, mbak Yuni, mbak Yunda Hamasah, mbak Iyha, mas Insan dan siapa saja yang online ketika itu. Semua pun sepakat menjadikan tanggal 18 Juli itu sebagai hari posting tribute to Blogcamp.

Sebuah konferensi via chat tiba-tiba muncul di FB. Isinya sebuah woro-woro dari mas Insan tentang rencana tersebut. Satu persatu blogger pun diundang hingga chat tersebut tak ubahnya sebuah ruang bawah tanah para gerilyawan yang sedang mengatur siasat perang. Mengatur strategi serapi mungkin dan tentu saja sangat dirahasiakan dari intaian pasukan telik sandi komandan.

Ide pun kemudian muncul dari seorang gerilyawan bernama teteh Nchie.  Sebuah aksi berpura-pura bungkam dan bermuka sengak pada setiap aktifitas yang dilakukan komandan. Saya heran kenapa semua yang ada disitu mengamini ide tersebut dan menjalankannya dengan begitu manisnya. Tidak menggubris setiap komentar Pakde d`n menyimpan rapi jempol-jempol mereka pada status-status FBnya. Yang tentu saja merubah suasana di ruang bawah tanah itu. Dari yang awalnya serius sekarang berubah menjadi ajang cekikikan sekaligus penyesalan. Mereka tertawa karena merasa sukses mengerjai komandan, tapi juga menyesal karena merasa mempermainkan komandan yang mereka sayang.

Segera saya lanjutkan menulis artikel. Sesekali saya mondar mandir menuju ruang bawah tanah, warung blogger dan markas blogcamp di FB untuk melihat situasi di medan perang. Disinilah sebuah insiden terjadi. Akibat sebuah ketidakfokusan, artikel separuh  jadi itu tanpa sengaja saya klik tombol publishnya. Yang berarti artikel itu launching tak sesuai jadwalnya. Saya pun segera menyimpan kembali "amunisi" itu rapat-rapat ke gudangnya dengan tujuan tak ada seorang pun yang sempat melihatnya. Namun di hati saya masih was-was dan khawatir artikel prematur tersebut terlanjur nongol di blogrol orang-orang.

Kekhawatiran saya ternyata terbukti terjadi. Sebuah status tiba-tiba muncul di Warung Blogger. Pak Mars mempertanyakan posting terbaru Essip yang hilang saat beliau mencoba membukanya. "Waduh bisa digebuki para emak-emak saya nanti", begitu pikir saya. Dugaan saya ternyata tepat karena saat obrolan YM baru saja terbuka mbak Iyha langsung menyambar saya. "piye sampean iku sam, nggarai ketemu wae", protes mbak Iyha. Demikian halnya ketika saya kembali ke ruang bawah tanah, orang-orang pun menyalahkan saya karena dianggap membahayakan nyawa para gerilyawan hahaha.






Saya tak ingin berlama-lama lagi di ruang bawah tanah itu.  Rasanya saya  sudah tak kuasa menahan serbuan emak-emak yang telah siap ngantemi saya dengan  peralatan dapurnya.  Suasana yang tidak kondusif itu akhirnya memaksa saya mengungsi kembali ke rumah maya sendiri. Melanjutkan menggarap postingan dan memasukkan segala pernak-pernik yang sudah disiapkan.

Masalah kembali terjadi karena pernak pernik yang sudah saya anggap lancar ternyata tak berjalan sesuai rencana. Tak ada musik dangdut yang terdengar. Tiada kembang api yang nampak memancar. Hanya menyisakan tiga penari latar yang berdansa tanpa irama dan juga sebuah foto sang komandan lengkap dengan senyum khasnya. Sebuah  senyuman yang seakan menertawakan kepanikan yang sedang saya rasakan.

Berbagai cara saya coba lakukan agar pernak pernik itu bisa berjalan sempurna. Saya pun mencoba mencopot semua piranti yang saya tanam ke tubuh Essip, karena saya khawatir ada bentrok script yang terjadi di sana. Hasilnya masih saja nihil dan justru sekarang tampilan Essip yang nampak amburadul karena saya preteli piranti-piranti di dalamnya. Hmmm. saya kualat komandan nih,  begitu pikir saya.

Akhirnya saya pun pasrah. Melanjutkan postingan tersebut tak sesuai dengan rencana di awal. Tapi setidaknya saya sedikit terhibur karena posting itu jadi artikel pertama yang mengucapkan dirgahayu buat markas besar sang komandan.

Dulur blogger, ada beberapa pelajaran yang saya petik dari tragedi konspirasi 18 Juli itu dengan Ramadhan nanti. Yang pertama adalah fokus dan konsentrasi pada sebuah pekerjaan sangatlah diperlukan ketika kita melakukannya. Segala sesuatu akan berjalan kurang sempurna bahkan bisa saja gagal jika kita mblarah dari pekerjaan utama kita. Seperti halnya ketika saya melakukan kesalahan posting prematur karena asyik mblarah sana sini, mungkin seperti itulah Ramadhan kita nanti. Jangan sampai kita semua melakukan sebuah sikap  mblarah yang bisa mengurangi keafdholan puasa kita. Tetap fokus dan konsentrasilah dengan puasa kita agar bisa berjalan sempurna.

Pelajaran yang kedua adalah jangan terlampau yakin dan mengklaim sesuatu yang kita anggap benar, sebelum tiba waktunya kebenaran itu terungkap. Yah dengan super pede saya yakin jika pernak pernik artikel yang sudah saya siapkan akan berjalan dengan lancar nantinya. Tapi apa terjadi? Hmmm.. segala hasil dan ketentuan ALLAH yang tentukan  finalnya. Demikian pula dengan halnya perbedaan Ramadhan yang terjadi hari ini, semoga kita bisa menyikapi semuanya dengan arif dan bijak. Tidak saling mengklaim yang paling benar. Tidak pula terlalu mencari siapa yang salah. Jalanilah puasa dengan keyakinan kita masing-masing. Ibarat seorang siswa saat ini kita sedang mengerjakan sebuah ujian semesteran dengan jadwal berbeda dengan hasil rapor yang akan dibagikan di alam barzah nantinya. Tidak ada yang salah menurut saya, yang salah adalah mereka yang mampu dan tiada mempunyai halangan tapi untuk puasa mereka mengatakan enggan.

Pelajaran yang terakhir adalah konspirasi itu menunjukkan jika sebenarnya kita mampu dan bisa bergandengan tangan untuk mencapai sebuah tujuan. Semoga saja di Ramadhan nanti kita bisa melanjutkan konspirasi yang telah ada. Membuat sebuah konspirasi yang senantiasa menuju kebaikan melalui artikel-artikel yang kita tuliskan.

Selamat Ramadhan dulur-dulur semua, Mohon maaf jika ada khilaf saya. Yuk kita sama-sama membuat konsipirasi yang begitu aduhai dan manis di dunia maya ini. Sebuah konspirasi yang menjadikan tulisan-tulisan kita sebagai salah satu ladang amal tentunya bagi kita semua.


note : maaf tulisane panjang hahaha. Maklum besok puasa jadi saya puas-puasin deh nulisnya. 

sumber gambar DISINI



Sekilas Pariwara...

85 komentar:

  1. Wah ..
    pantesan kemaren sempat ada heboh banyaknya artikel tentang PakDe dan BlogCampnya ..
    ternyata ini toh rahasianya --
    .
    Saya juga mohon maaf jika ada salah sam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kemana saja kemarin sam, kok gak ikutan hadir di rapat belakang warung hehehe

      Hapus
  2. mohon maaf juga kalau sayaada salah ya uncle,selamat menjalankan ibadah puasa. btw aku salah menebak tahun lahirnya ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kan kemarin sudah saya kasih bocoran, jika saya seumuran Pascal hahaha

      Hapus
  3. Sama2, mohon maaf lahir batin Kang Lozz, senang bisa turut menyemarakkan tributo to blogcamp nya, walau jarang bersua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lahir batin juga mbak Mira, senang pula dulu bisa menyemarakkan Giveaway anda :).. met Ramadhan ya mbak

      Hapus
  4. hayoo kita ramaikan WEBE...
    saya siap membantuuu.. Sam Lozz

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih diskon 80% buat kopine sam biar rame hehehe

      Hapus
  5. lebih sukses aku dong, tidak sampe tertayang sebelum waktunya waktu milad blogcamp kmrn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ade kan ora petakhilan jari-jarine macam saya hahaha

      Hapus
  6. Eh aku kecelek petek sam. Tak pikir tulisan Tribute to BlogCamp itu nge-link ke acacicu, ternyata mbalik kucing ke essip, hehe..

    Mohon maaf lahir dan bathin ya sam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kata mas Edward iku jebakan betmen sam hahaha

      met lahir batin juga sam, mohon puasa Ramadhan.. #lah kok kewalik sih

      Hapus
  7. Sama-sama Lozz, saya juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin...ternyata ceritanya panjang banget ya, banyak intrik dan kusak-kusuk di belakang yang ulang tahun...tapi yang pasti, karena diajak Lozz-lah saya jadi berpartisipasi...
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. puanjang mbak, ampe saya kemarin kepikiran dibikin novel ceritane. tai laku opo ora yo hahaha

      met Ramadhan buat mbak Irma sekeluarga

      Hapus
  8. Iya, sempat baca publish postingannya sebelumm jam-nya cinderella pulang dari pesta. PAs di klik..eh postingannya sdh disable lagi..

    Happt Ramadhan juga, mohon maaf lahir dan bathin:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Postingannya kathut Cinderella mbak hehe

      Happy Ramadhan juga mbak Rie.. mohon maaf lahir batin

      Hapus
  9. ia betul mbak potinganya dah nggak ada tentang untung ketemu dengan blog camp

    selamat menjalnkan ibadah puasa mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Postingnya di sulap pak Tarno bang.. makanya hilang hehe

      met Ramadhan bang Opick

      Hapus
  10. huaaaa... aku ketinggalan gegara ga ol di fb sama ym :D
    rame banget padahal, hehe. slamat buat pakdhe yang sukses dikerjai. hihi. seneng bisa liat temen-temen kompak. kapan nih mau ngeramein warung lagi? ;)

    oya, maaf lahir batin ya, uncle. kalo ada salah2 kata, mohon dimaafkaann... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami Ila.. mohon maaf jika ada khilaf saya.

      selamat menunaikan ibadah puasa ya

      Hapus
  11. selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan buat sahabat yang menjalankannya. Sama-sama saya juga minta maaf.

    BalasHapus
  12. Karena saya lulusan sekolah mata-mata di AS tahun 1983 gelagat itu sudah tercium pada malam hari sebelum hari H Ultah BlogCamp. Mengapa saya bisa menciumnya ? Gampang kok karena mainnya terlalu kasar yaitu : 3 komentar tiba-tiba dipotong sehingga saya menyimpulkan "ada sesuatu".

    Konspirasi saya jawab dengan Buka Konspirasi dengan cara : tidak muncul di Blog dan WB sampai jam 12.10.

    Saya tahu kalian ribut chat yang mempertanyakan saya.
    Saya tahu ada yang tilpon saya tapi tak saya jawab.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kapok wis De gak bikin konspirasi menggempur blogcam lagi deh tahun depan haha

      matur nuwun De

      Hapus
    2. PAntesan PAkde aku sms pagi2 ga di JAwaaabb..
      ternyata sengajaaa yaaa..!!

      Hapus
  13. Postinganku juga berantakan Mas, sudah di skedul jam 00.00, pas dilihat jam 8 pagi ternyata gak muncul.. sdh dicoba-coba lagi tetap gak mau muncul juga. Terpaksa dihapus dan di copas lagi, untung draft nya belum dihapus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau buat kemarin sih mending telat ketimbang prematur posting mbak Yun hehehe

      Hapus
  14. waduh enek pakde cholik di atas...
    :D

    selamat puasa kang esip!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat puasa juga kang Santai hahaha

      Hapus
  15. udah ramadhan, selamat berpuasa juga Om Tante dan para kisanak sekalian :D

    BalasHapus
  16. Hehehe,,terlalu fokus mengerjai orang sampek salah pencet hehehe, untung masih ketemu anggota WB yang lain coba gak ketemu bisa buyarr rencana konspirasi iku

    Selamat Berpuasa Uncle Lozz, mohon maaf lahir bathin, salam untuk Alisya disana ya hi hi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung gak ketemu Pakde kang, bisa dipenggal kepalaku hihihi

      met puasa juga Kang.. salam buat Umik :)

      Hapus
  17. hehehe...selamat ramadhan ya uncle...

    saya kok malah jadi ngebayangin gimana kalo uncle tiba2 dikeroyok emak2 menggunakan peralatan dapur karena sudah di anggap membahayakan nyawa para gerilyawan....hihi....untung nggak kejadian beneran ya uncle...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha mungkin posting ini judule akan menjadi "terperangkap di sarang gerilyawan" hahaha

      selamat Ramadhan juga mbak, Zidane udah ikut puasa gak ya?

      Hapus
  18. hahahaha .. mau kasih kejutan tapi gak konsentrasi ... :D

    Selamat puasa ya Mas ... maaf lahir batin ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lahir batin pula bu Dey.. selamat Ramadhan buat keluarga Parongpong di sana

      Hapus
  19. Yang bikin ngakak adalah ketika para peserta resah ... diluar dugaan Pakde gak muncul pagi harinya ha ha ha ....
    Jadi penasaran saya ikut-ikutan telpon Pakde xixixi
    Tks Uncle .... hiburan pagi hari heuheu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jadi curiga, jangan-jangan kang Yayat itu pasukan telik sandi Pakde yang nyamar ke ruang bawah tanah hehehe

      Hapus
  20. Bundo ikut nyengir lihat yang jail2 ini..
    untung belum masuk ramadhan kemarin itu yaa.. wkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita kerjain aja Pakde sekarang Bundo biar afdol masuk Ramadan hehehe.

      met puasa Bundo Adel..

      Hapus
  21. sayang nggak bisa ikutan ngerayain ultahnya blogcamp

    smoga ibadah puasanya berkah^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, selamat Ramadhan juga ya..

      Hapus
  22. meskipun ga sempat mempersembahkan postingan special bwt blogcamp...tapi sy salut dgn para sahabat blogger yg bs membuat acara 'surprise'nya sukses ...hihihi.

    poko'e top markotop,...jos kronyos..^^

    met puasa paklik,.....maav lahir batin nggih :)"

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwun Bulik.. mbayangin nih piye rasane jadi penganten baru pas puasa wkwkwk

      Hapus
  23. sekarang saya jadi lebih paham tentang konspirasi itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dibocorkan loh mas Akhmad.. ini rahasia negara

      [im]http://th06.deviantart.net/fs40/150/i/2009/050/8/a/TOP_SECRET_by_Kapten_N.jpg[/im]

      Hapus
  24. Sip ...

    Kuwi judule ...
    ketrucut mas ... huahahaha ...
    kualat sepertinya ... qiqiqiq


    Salam saya Sip

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakaka, ketrucut i opoh om NH??

      Hapus
    2. ketrucut iku adike iwak cucut, Niar

      Hapus
    3. ketrucut itu mbrodol sebelum waktunya hahaha

      Hapus
  25. wahahahhaha,,, sepertinya aku ikut andil bikin ketauan yo sam.. :(
    soale komen pakdhe gak tak reken, wakakka... *lirik sist nchie, katanya gak boleh jawabbbbbbbbbbbb,, hahhaha...

    besok2 bikin yang alus,,, sini tak ajari,, hihih,, *ampun dheeeee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa...wwkwkk...Ternyata si Komandan lebih Jeli ya Sist..
      Lain kali kita bikin lagi yang lebih haluuusss..biar ga ketauan..

      Hapus
    2. [im]http://www.sherv.net/cm/emoticons/fighting/waving-white-flag.gif[/im]

      begh stop.. nyerah wis jangan nyerang markas lagi.. kualaaaat hahaha

      Hapus
  26. Huaah terbongkar juga sebelum nya, tuh pakdhe bener2 lho kasian di kacangin seharian, xixixixi :p

    Weealah, ituh postingan untung gag ikutan koment, ntar makin ketauan, wakakkaka :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kamu ikutan pas kopdar pasti disuruh lari lapangan sebelum makan Niar :p

      Hapus
  27. Hmmm...
    Masih seperti yang dulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai wae Om.. masih lancar jaya

      Hapus
  28. *Sungkem sama PAkde dulu *

    Duuhh..kok aku terbawa bawa aliran sesatnya sampeyan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah... lah teteh Nchie rek.. lempar granat sembunyi tangan

      Hapus
  29. Hm... begitu toh kisahnya.... ternyata ada konspirasi... pantesan di hari itu, notif FB di BBku berdentang tiada henti.... tang ting tang ting.... mau ngintip tapi sedang mengemudi jarak jauh.... penasaran tapi lagi ngejar waktu.... ternyata oh ternyata.... indah sekali konspirasinya... hehe

    sepakat denganmu mas, bahwa fokus/konsentrasi adalah faktor utama berhasilnya sebuah pekerjaan, jangan dihias dengan 'mblarah' .. :D.

    Sepakat juga dengan tiga point pembelajaran yang dapat dipetik dari peristiwa itu mas, semoga Ramadhan kita kali ini bisa jauuuuh lebih baik dari tahun2 sebelumnya yaaaa......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ke depan kita juga bisa terus bersepakat membuat konspirasi yang senantiasa mengarah kebaikan ya mbak

      Hapus
  30. lah saya kemana kok tidak dapat kabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salahe dewe sih ngilang terus.. atau jangan-jangan kang Citro ini ya anggota telik sandine Pakde?

      Hapus
  31. Hari yang seru kemaren itu. Yang terasa buat aku adalah makin mengenal dan akrab dengan teman-teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung juga deh kemarin gak digebukin Bunda Niken gara-gara salah posting hehehe

      Hapus
  32. Ya ampun ternyata panjang juga kisah yg dilalui komandan gerilya. tapi acaranya sukses banget lho Mas..gak nyangka untuk BlogCamp kita begitu kompak ya. semoga dikesempatan lain dpt berlanjut, misalnya memerangi konten internet yg tak mendidik

    BalasHapus
  33. Lozz....bunda udah dimaapin blon ya sama pakdhe? Perlu dicatet nih ya yang jadi provokator bunda itu bukan Insan Robbani lho, jangan salah ya, tapi, tapi.....Lozz Akbar........kabuuuurr.............

    BalasHapus
  34. Wuaaoooooowwww... namaku ikut mejeng di blog yang ESSIP MARKOSIP ini... hiks hiks hiks... terharu dan tersipu deh... Makasih Kang Sholeeeeeh. Yen tak pikir pikir, jenengkyu dadi apik men yo... Den Mas (pantes yen iki)... Blontang (belang ngono yow? apaneee?) Brotowali (pait nylekit... haha :D).

    Hehe KTP saya di WEBE emang belum diurus sih ya... soalnya, takut gak bisa jadi anggota aktif Kang, takut mung anget2 tahi ayam. Jane ra apik yooo takut yang begini ini. Tapi saya berteima kasiiiiiiih banget, walaupun bukan anggota resmi tapi blog saya terpampang di Blog Webe dan Radar Essip. Matur nuwun.

    Salam hangat dari Semarang.
    Den Mas Haris Samaranji Blontang Brotowali :D

    BalasHapus
  35. Sudah dulu ya, saya mau nulis ni. wkwkwkwkwk
    Pas klik Gambar yang pertama, kaget temenan, Kanda.
    Mirip Buto Ijo. .. :)

    Hikmahnya ikut saya petik juga, Kanda.
    Selamat puasa. :)

    BalasHapus
  36. Meski ada insiden digebukin emak2, tapi surprise-nya berjalan lancar to. Hehe.
    Aku sudah bertanya2 ada apa ini, tapi buka blog pakde berat banget sekarang. Gemes jadinya. Bukan karena berat beneran, tapi memang sulit buka di sini. Lebih jengkel lagi kalo bacanya terlalu lama, koneksi terputus. Jadi tak pernah absen.
    tapi sudah nemu cara baru, sih. Haha.. lucu juga. Harus buka game farmtown dulu kalo mau blogwalking. Kan koneksi internet tak pernah putus jadinya. Haghag.. mas Indra mesam-mesem lihat aku buka game lagi.

    BalasHapus
  37. gara gara blogcamp jd ada kenangan indah spt cerita ini...hehe

    BalasHapus
  38. pimpro (pimpinan provokator) bikin laporan pertanggung jawaban... hahha... Tapi emang seruuuuuuu.... *salaman sm pimpronya.. :D

    BalasHapus
  39. mohon maaf lahir batin juga yaa :D

    BalasHapus
  40. Hehe... Gitu ya kisahnya.
    Saya mau ikutan posting tanggal 18, kok ya pas banget sinyal si 3 gak konek-konek. Menyebalkan :(

    BalasHapus
  41. seru banget nampaknya....

    BalasHapus
  42. hmmm. Saya pernah mengalami hal seperti, sering malah. Begitu juga dengan status FB yang sering mendapat komentar yang seperti yang mas sebutkan. Sabar aja mas. Tinggal set up Block atau delete sudah beres. Heieiheiiehie. Salam dari Blogger Pontianak.

    BalasHapus
  43. wah ngeri juga ya judulnya ada "konspirasi" hehehe

    BalasHapus
  44. Iku arane kuwalat Mase, wong tuwek kok dijarag... hehehehe...

    Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan :)

    BalasHapus
  45. Ke TKP -Markas logcamp-

    selamat ramadhan juga.. :D

    BalasHapus
  46. Selamat puasa Uncle :)

    Aku beruntung olnine saat tanggal 17 Juli lalu, jadi ikut diajakin nulis buat blogcamp :) Matur nuwun ya Uncle ...

    BalasHapus
  47. wih.. mantep blog nya...
    page rank 3, salam kenal

    BalasHapus
  48. Kualat sama aku juga tuh.. Kan aku nggak diajakin pertamanya.. :D

    Kasihan juga ya pas Pakdhe dicuekin... :D

    Selamat berpuasa Uncle, semoga puasa kita diterima Allah SWT dan selamat ultah juga yaa... Semoga diberi umur yang penuh berkah :)

    BalasHapus
  49. Mo ngucapin selamat bertambah usia Mas Lozz...
    Salam kenal dri warga Webe :D

    BalasHapus
  50. katanya ada yg nambah umur, berkurang jatah di dunia. Wilujeng teupang taun....panjang yuswa tur barokah, sehat lahir sareng batin, sukse dunia sareng akherat.aamiin

    Wilujeng ngajalankeun ibadah shaum ramadhan....

    BalasHapus