Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Tempat Nongkrong

Kirim Email

Rabu, 18 Juli 2012

Saya Beruntung Ketemu Blogcamp


Ngeblog sing Enak tapi gak sak~Enake !

Sebagian besar tentunya sudah tidak asing lagi dengan jargon di atas. Sebaris kalimat yang nangkring begitu  manis pada sebuah rumah maya  di ranah blogsphere ini. Yah, siapa lagi kalau bukan Blogcamp. Rumah maya keren milik seorang lelaki yang juga keren, bernama Abdul Cholik atau akrab disapa Pakde Cholik.

Bicara tentang Blogcamp itu berarti saya harus kembali bernostalgia ke masa  awal-awal ngeblog dulu. Saat dimana saya masih belum paham tentang segala pernak-pernik dunia blogging. Oleh Masbro saya disarankan untuk sering-sering berkunjung ke blog milik orang lain. Sebuah aktifitas blogger yang akhirnya saya kenal dengan istilah blogwalking. Dan salah satu blog yang dia sarankan untuk saya kunjungi adalah Blogcamp.

Kesan yang saya dapatkan saat pertama kali berkunjung ke Blogcamp adalah kaget. Betapa tidak, ternyata semua di luar dugaan saya. Ranah blogsphere tak hanya seluas daun kelor seperti yang saya sangka. Banyak hilir mudik para blogger yang terjadi di bog itu. Efeknya tentu saja saya pun  kecipratan memperoleh teman-teman baru usai berkunjung dari sana. Dari sana sayjavascript:void(0)a kenal Advertiyha yang avatarnya dulu telah membuat saya terpesona. Ada lagi kak Jumialely yang telah sukses mengajak kopdaran saya di alam mimpi. Ada pula kang Ismoyo Sedjati, sang jawara Kecubung Tiga Warna yang kini telah menghilang entah kemana.  Yah, dari Blogcamp saya kenal  banyak sekali blogger-blogger hebat lainnya, yang secara tidak langsung telah memberikan urun inspirasi bagi tulisan-tulisan saya selanjutnya.

Awal Desember 2010, dua bulan setelah saya menjadi seorang blogger, saya mendapat sebuah sensasi ltar biasa dari Blogcamp. Cerita yang dulu pernah saya tuliskan di artikel berjudul Matur Nuwun Pakdhe. Sebuah tali asih yang membuat saya makin bersemangat dan yakin jika saya mau istiqomah kelak akan muncul sensasi-sensasi baru yang saya dapatkan dari aktifitas ngeblog yang baru saya jalani. Alhamdulillah serasa ada sebuah keberkahan dari buku yang pertama pakde kirimkan itu, karena setelah itu meski tak banyak, saya beruntung bisa merasakan sensasi-sensasi baru dari berbagai kontes dan giveaway yang saya ikuti.

Pakde bagi saya adalah seorang blogger yang mau peduli merangkul blogger lainnya. Sudi memberikan*sebuah kail tantangan agar bloger lainnya mau dan berani menggapai sebuah sensasi berupa ikan keberuntungan. Kail itu berupa kontes-kontes penuh inovasi yang sering beliau gelar. Sebuah kompetisi yang bukan hanya mengejar nama dan kemenangan, tapi disitu ada pula pengalaman dan pelajaran yang kita dapatjan. Saya beruntung ketemu Blogcamp dan mendapatkan banyak pengalaman serta pelajaran baru dari kontes-kontesnya. Dulu saya berpikir jika menulis fiksi itu adalah sesuatu yang sulit untuk saya buat, tapi gara-gara Blogcamp saya baru tahu jika menulis fiksi itu bisa dilakukan asal ada usaha dan niat. Itulah salah satu contoh pengalaman yang saya dapatkan dari kontes-kontes Blogcamp.

Ngeblog sing Enak tapi gak sak~Enake !, bagi saya bukan hanya sebatas memberikan sebuah rasa percaya diri pada kemampuan kita. Jargon itu menurut saya adalah semacam pedoman bagi seorang blogger dalam menjalani aktifitasnya. Yah, kita harus bebas merdeka mengekspresikan segala kreatifitas kita di dunia maya. Tapi ada satu hal yang mungkin Pakde coba wejangkan pada kita semua, jika ada sebuah etika pula yang harus senantiasa kita jaga bersama. Ada budaya thmur yang harus kita hormati. Ada unggah ungguh yang jangan sampai pula kita langkahi. Yang muda harus menghormati yang lebih tua, sebaliknya yang tua pun senantiasa mau merangkul yang muda.

Pakde membuktikan jika jargon itu bukanlah hanya sebagai pemanis header blognya semata. Seorang seleblog yang masih saja mau wira-wiri dolan ke rumah blogger pemula sekalipun. Kurang sreg rasanya jika Abdul Cholik dipanggil Pakde. Menurut saya Pakde lebih tepat disebut sebagai bapaknya blogger. Tapi.. ben ah enak Pakde wae wis. Lagian saya gak mau nanti Pakde wira wiri ke balai desa  ngurus KK melulu gara-gara anggota keluarga Pakde bertambah tiap harinya hahaha.

Matur nuwun Pakde Cholik. Semoga seger waras dan sejahtera selalu bersama Bude Ipung sekeluarga. Selamat ultah buat Blogcamp yang ke-3. Semoga pula Pakde tak pernah lelah dan sabar untuk momong kita semua. Ngapunten nggih De, jik` ada guyonan saya yang mungkin lalai dengan budaya unggah ungguh kita. Poko'e De Cholik essip markosip dan top markotop wis.

Kopdar menurut njenengan mungkin serasa kacang ijo tanpa santan jika tiada acara makan-makan. Ultah pun menurut saya tiada berkesan tanpa sebuah bingkisan. Nah sekarang saya juga pingin kasih bingkisan buat ultah Blogcamp dan jajaran stafnya. Pinginnya sih saya nanggap Lady Gaga dan trio Macan, tapi saya takut nanti muncul pro kontra di dunia maya. Lagi pula setelah saya itunf-itung celengan ternyata duit saya ora cukup buat beli bedak mereka hahaha. Jadi terpaksa saya undang aja deh grup dangdut dari kampung sebelah plus penari latarnya.

Oh ya satu lagi ding, maaf De dengan berat hati saya melaporkan jik` kembang api yang seharusnya bisa muncul kelap kelip saat malam puncak nanti, ternyata gagal saya nyalakan. Mungkin sumbune ayem jeh atau saya kualat njenengan nih ceritane, tuh buktine tadi template blog saya yang jadi korat karit hahaha. Wis ah, kasihan pemain orkes dangdutnya menunggu tuh dibawah.

Sugeng midangetaken sinambi sedal sedul kretek. Lophe Yu Pull De..