Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Rabu, 18 Juli 2012

Saya Beruntung Ketemu Blogcamp


Ngeblog sing Enak tapi gak sak~Enake !

Sebagian besar tentunya sudah tidak asing lagi dengan jargon di atas. Sebaris kalimat yang nangkring begitu  manis pada sebuah rumah maya  di ranah blogsphere ini. Yah, siapa lagi kalau bukan Blogcamp. Rumah maya keren milik seorang lelaki yang juga keren, bernama Abdul Cholik atau akrab disapa Pakde Cholik.

Bicara tentang Blogcamp itu berarti saya harus kembali bernostalgia ke masa  awal-awal ngeblog dulu. Saat dimana saya masih belum paham tentang segala pernak-pernik dunia blogging. Oleh Masbro saya disarankan untuk sering-sering berkunjung ke blog milik orang lain. Sebuah aktifitas blogger yang akhirnya saya kenal dengan istilah blogwalking. Dan salah satu blog yang dia sarankan untuk saya kunjungi adalah Blogcamp.

Kesan yang saya dapatkan saat pertama kali berkunjung ke Blogcamp adalah kaget. Betapa tidak, ternyata semua di luar dugaan saya. Ranah blogsphere tak hanya seluas daun kelor seperti yang saya sangka. Banyak hilir mudik para blogger yang terjadi di bog itu. Efeknya tentu saja saya pun  kecipratan memperoleh teman-teman baru usai berkunjung dari sana. Dari sana sayjavascript:void(0)a kenal Advertiyha yang avatarnya dulu telah membuat saya terpesona. Ada lagi kak Jumialely yang telah sukses mengajak kopdaran saya di alam mimpi. Ada pula kang Ismoyo Sedjati, sang jawara Kecubung Tiga Warna yang kini telah menghilang entah kemana.  Yah, dari Blogcamp saya kenal  banyak sekali blogger-blogger hebat lainnya, yang secara tidak langsung telah memberikan urun inspirasi bagi tulisan-tulisan saya selanjutnya.

Awal Desember 2010, dua bulan setelah saya menjadi seorang blogger, saya mendapat sebuah sensasi ltar biasa dari Blogcamp. Cerita yang dulu pernah saya tuliskan di artikel berjudul Matur Nuwun Pakdhe. Sebuah tali asih yang membuat saya makin bersemangat dan yakin jika saya mau istiqomah kelak akan muncul sensasi-sensasi baru yang saya dapatkan dari aktifitas ngeblog yang baru saya jalani. Alhamdulillah serasa ada sebuah keberkahan dari buku yang pertama pakde kirimkan itu, karena setelah itu meski tak banyak, saya beruntung bisa merasakan sensasi-sensasi baru dari berbagai kontes dan giveaway yang saya ikuti.

Pakde bagi saya adalah seorang blogger yang mau peduli merangkul blogger lainnya. Sudi memberikan*sebuah kail tantangan agar bloger lainnya mau dan berani menggapai sebuah sensasi berupa ikan keberuntungan. Kail itu berupa kontes-kontes penuh inovasi yang sering beliau gelar. Sebuah kompetisi yang bukan hanya mengejar nama dan kemenangan, tapi disitu ada pula pengalaman dan pelajaran yang kita dapatjan. Saya beruntung ketemu Blogcamp dan mendapatkan banyak pengalaman serta pelajaran baru dari kontes-kontesnya. Dulu saya berpikir jika menulis fiksi itu adalah sesuatu yang sulit untuk saya buat, tapi gara-gara Blogcamp saya baru tahu jika menulis fiksi itu bisa dilakukan asal ada usaha dan niat. Itulah salah satu contoh pengalaman yang saya dapatkan dari kontes-kontes Blogcamp.

Ngeblog sing Enak tapi gak sak~Enake !, bagi saya bukan hanya sebatas memberikan sebuah rasa percaya diri pada kemampuan kita. Jargon itu menurut saya adalah semacam pedoman bagi seorang blogger dalam menjalani aktifitasnya. Yah, kita harus bebas merdeka mengekspresikan segala kreatifitas kita di dunia maya. Tapi ada satu hal yang mungkin Pakde coba wejangkan pada kita semua, jika ada sebuah etika pula yang harus senantiasa kita jaga bersama. Ada budaya thmur yang harus kita hormati. Ada unggah ungguh yang jangan sampai pula kita langkahi. Yang muda harus menghormati yang lebih tua, sebaliknya yang tua pun senantiasa mau merangkul yang muda.

Pakde membuktikan jika jargon itu bukanlah hanya sebagai pemanis header blognya semata. Seorang seleblog yang masih saja mau wira-wiri dolan ke rumah blogger pemula sekalipun. Kurang sreg rasanya jika Abdul Cholik dipanggil Pakde. Menurut saya Pakde lebih tepat disebut sebagai bapaknya blogger. Tapi.. ben ah enak Pakde wae wis. Lagian saya gak mau nanti Pakde wira wiri ke balai desa  ngurus KK melulu gara-gara anggota keluarga Pakde bertambah tiap harinya hahaha.

Matur nuwun Pakde Cholik. Semoga seger waras dan sejahtera selalu bersama Bude Ipung sekeluarga. Selamat ultah buat Blogcamp yang ke-3. Semoga pula Pakde tak pernah lelah dan sabar untuk momong kita semua. Ngapunten nggih De, jik` ada guyonan saya yang mungkin lalai dengan budaya unggah ungguh kita. Poko'e De Cholik essip markosip dan top markotop wis.

Kopdar menurut njenengan mungkin serasa kacang ijo tanpa santan jika tiada acara makan-makan. Ultah pun menurut saya tiada berkesan tanpa sebuah bingkisan. Nah sekarang saya juga pingin kasih bingkisan buat ultah Blogcamp dan jajaran stafnya. Pinginnya sih saya nanggap Lady Gaga dan trio Macan, tapi saya takut nanti muncul pro kontra di dunia maya. Lagi pula setelah saya itunf-itung celengan ternyata duit saya ora cukup buat beli bedak mereka hahaha. Jadi terpaksa saya undang aja deh grup dangdut dari kampung sebelah plus penari latarnya.

Oh ya satu lagi ding, maaf De dengan berat hati saya melaporkan jik` kembang api yang seharusnya bisa muncul kelap kelip saat malam puncak nanti, ternyata gagal saya nyalakan. Mungkin sumbune ayem jeh atau saya kualat njenengan nih ceritane, tuh buktine tadi template blog saya yang jadi korat karit hahaha. Wis ah, kasihan pemain orkes dangdutnya menunggu tuh dibawah.

Sugeng midangetaken sinambi sedal sedul kretek. Lophe Yu Pull De..



Sekilas Pariwara...

87 komentar:

  1. Hihiih..menikmati dangdutan ahh..
    Apik Tenan Je..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo goyang je

      [im]http://1.bp.blogspot.com/-vwqW1DDHGLo/UATeuNYuE1I/AAAAAAAAAEI/5NkyXgwbF0c/s1600/gifs-dancer.gif[/im]

      Hapus
    2. wew, itu penari hawai ndengerin musik dangdut ya???

      Hapus
  2. mengamankan posisi keduaxxx!

    BalasHapus
  3. Ngeblog sing Enak tapi gak sak~Enake !
    sesuk diundang makan malem rek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sisain saya paha ayamnya ya mas

      Hapus
  4. karena blogcamp teman blog saya jadi bervariasi tidak ibu2 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena blogcamp teman blog saya jadi bervariasi tidak bapak2 lagi :p

      Hapus
  5. Ahaaayyy.... sing joget Trio Macan kayane...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan Bun.. Trio Singo Edan tuh hahaha

      Hapus
  6. "Lagian saya gak mau nanti Pakde wira wiri ke balai desa ngurus KK melulu gara-gara anggota keluarga Pakde bertambah tiap harinya hahaha.", ngakakak saya :))
    Mo ikut dangdutan tapi kok gak bunyi =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bunyi kang.. lancar jaya sekarang, ternyata diesel listrike belum saya nyalakan

      Hapus
  7. BlogCamp pancene keren yo sam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gara-gara Blogcamp Sipicu ada yo sam

      [im]https://lh4.googleusercontent.com/-hg-Baje6mbo/TX8cpSQD9rI/AAAAAAAAALE/vbK7xJckmK0/poster6f7a552d800f346f0893eb02b12c68a710cf2c69.jpg[/im]

      Hapus
    2. Sipicu bukan Pikacu ya, kanda. :lol:

      Eheeeem. .
      Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, setelah mengenal Pakde.
      Hanya bisa dirasa, WAW. . .
      #komentarberantai. :)

      Hapus
    3. nanti deh kuceritain soal Sipicu dinda hahaha

      Hapus
  8. membayangkan jika Pakdhe wira-wiri ke Balai desa dan Kecamatan ngurusi KK ahhh...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bisa mumet tuh kepala desa nantinya

      Hapus
    2. Selamat menunaikan ibadah dibulan Ramadhan, smoga diberikan kesempatan dan kesehatan untuk bertemu Ramadhan berikutnya dalam kondisi yang lebih baik..mohon maaf lahir dan bathin ya

      Hapus
    3. selamat Ramadhan juga mbak Rie :)

      Hapus
  9. bhuahaha....tumbal pertamaxxx mengaku DOSA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiyahahaha. poko'e aku ora melu-melu Mi

      Hapus
  10. Numpang goyang Jempol Uncle hehehe,,essip

    Selamat Ulang Tahun BlogCamp

    BalasHapus
  11. aseeeq.....trio macan bakal digoyang neh... heee :D

    sugeng ambal warso pakdhe cholik n blogchamp'nya ...sukses terus..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti deh ultah ke-4 si Alysa yang saya suruh joget hehehe

      Hapus
  12. kali ini udah sah ya postigannya gak nyolong start... Hahhaha...

    mantap uuuyyy, ada dangdutannya segala.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ojo rame-rame teh, isin aku loh

      Hapus
  13. Lozz, lha koq sama sih kita jatuh cintanya sama blogcamp karena "moto" (jangan baca Molto!)pakdhe ya -- Ngeblog sing Enak tapi gak sak~Enake !
    Postingan yang mantaaabeh!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakde emang essip markosip Bun.. Bunda Yati juga keren kok

      Hapus
  14. Hwahaha... ada dangdutannyaa.. Lucu banget Uncle :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana kalau mbak Armae ikutan goyang juga?

      Hapus
  15. walaaahh...aku penasaran sm dangdutannya uncle, sik istirahat mesti dicek lg nih hohohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa ajakin Akang Matahari nanti jogetan dangdutnya ya teh

      Hapus
  16. Akupun beruntung diajakin Uncle nulis buat BlogCamp hari ini, matur nuwun ya :)

    Ndangdutnya belum bisa kubuka ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu foto Pakdenya aku culik juga ya Uncle, izin belakangan, heheee...

      Hapus
    2. siap diputer dangdut plus kembang apine Yunda

      Hapus
  17. citt cuitt pernah dapet buku niyee dari pakdhe, weh itu kembang api ne di tunggu2 lha kok melempem toh yoo, wes joget ae :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak paham Niar, mungkin kena air hujan

      Hapus
  18. sbg newbie....aku belum pernah berkunjung k blogcamp..
    hehehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada kata newbie kok buat Pakde nurut saya Ris

      Hapus
  19. Kok aku gak iso dangdutan yo sam?? :)
    ihiyyyy,,, avatarku bikin terpesona, aslinyaaaaaa... tanya pakdhe deh,, hahha...
    hepi anniversary dhe... berkah n manfaat selalu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tahu ndoro, kayaknya pemain dangdute ikutan ngambek hahaha

      Hapus
  20. aku juga ada kesan sama blogcamp , gak pernah menanggg kalo ikutan kontesnya hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kan setidaknya kita dapat pengalaman baru setelah ikutan kontesnya mas :)

      Hapus
  21. sepertinya habis di schedule nih postingannya ya kang essip.. ? :D

    kapan ya saya orang pelosok bisa ketemu dengan pakde..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah saya aja gak pernah ketemu Pakde :(

      Hapus
  22. saya nggak bisa dengerin dangdut nya nih uncle....sinyalnya ilang-ilang terus.. pokoke selamat ulangtahun buat blogcamp, sukses selalu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak.. Met Ramadhan ya

      Hapus
  23. dangdutannya asik nih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fauzan ikutan goyang gak Bu Dey

      Hapus
  24. Ternyata Pak Dhe Cholik itu orang Jombang. Baru tau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas, sekarang domisili Suroboyo

      Hapus
  25. Kaaaaaaang, sampeyan koq gak ngasihtau seeeh kalo sedulur2 blogger bikin surprise buat Pakdhe. Huhhh.... teganya dikau, jotake akyu yow?!?!
    [im]http://1.bp.blogspot.com/_zaod1x2eD4c/TULejztBy8I/AAAAAAAAAjk/w63Lt22QwrQ/s320/marah.jpg%2Bhulk.jpg[/im]

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk ternyata sampean Hulk yo kang? hahaha

      Hapus
  26. alhamdulillah...ternyata kita dipertemukan dalam keberuntungan yg sama ya Bro.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak Mechta.. Alhamdulillah sesuatu ya

      Hapus
  27. Woooiii. onlen woooiiii... Haha...

    Kang,,, kalo ada salah salah kata dari gue selama ini, mohon dimaapkan yo... tenan loh iki, dimaapkan yo? yo? yo? awas yen ora :D

    Marhaban yaa romadhoon. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke bro, kumaafkan segala kesalahan eikeh ama ane..

      Hapus
  28. semua merasa beruntung bertemu Pakdhe plus Blogcamp nya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya ALLAH seperti itu mbak..

      Hapus
  29. saya mengenal blogcamp ketika melihat komentar di warung blogger... trnyta setiap saya buka postingannya sangat banyak sekali komentar dri tman2 blogger.. dri sana saya mulai bw sering..hehe
    salam mas akbar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog saya juga kecipratan banyak diketahui orang gara-gara dolan ke Blogcamp loh mas

      Hapus
  30. Bermula dari BlogCamp, saya banyak mendapatkan banyak teman, dekat seperti sahabat, hangat layaknya kerabat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermula dari Blogcamp juga saya bisa kenal sampean Kang Abi

      Hapus
  31. walah, Bundo telat ke sininya.. padahal mau pinjem trio macan yang goyang paling bawah itu.. pindah manggung ke LJ biar rame juga :p

    Bundo pertama tau uncle memang dr blog Ami osar
    tapi banyak teman lainnya yang bundo kenal dari blogCamp.
    semoga jaya selalu kita semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ami Osar itu juragan saya Bundo, saya kan tukang kebunnya hahaha

      Hapus
  32. Bener-bener punya banyak teman setelah mampir di blognya pakde cholik.
    Tapi sayang belum pernah ketemu sama beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga belum kok mas.. salam kenal ya

      Hapus
  33. Postingan yg ini hampir menggagalkan rencana kejutannya kemarin Mas hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi selamatlah nyawa saya dari serbuan ibu-ibu mbak Evi

      Hapus
  34. di mana mana lagi bahas ttg blogcamp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan 18 Juli kemarin hari ultahnya mbak, jadi kita bikin sebuah posting massal tribute to blogcamp

      Hapus
  35. Berarti kita kenal Pakde hampir bersamaan yo Mas.. selisih 4 bulanan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh ya.. tapi sekarang enak sih sampean, ora adoh-adoh kalau pingin dolan ke Pakde

      Hapus
  36. puja puji tulus untuk blogcamp...selamat menyambut bulan suci Ramadhan mohon maaf lahir batin ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami-sami Pak.. mohon maaf lahir batin jika ada khilaf saya

      Hapus
  37. wah berguna banget yah mas.salam kenal dari Blogger gagal

    BalasHapus
  38. Ikut nyimak aja Lozz, karena saya juga udah posting tentang BlogCamp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ikutan nyimak juga kalau gitu ah.. kan saya juga sudah posting hehehe

      Hapus
  39. Terima kasih atas perhatian, apresiasi dan doanya.
    Semoga persahabatan kita semakin membaik
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  40. saya juga beruntung banget ketemu BlogCamp, jadi punya banyak teman termasuk jadi kenal dirimu mas! :)
    BlogCamp memang keren dan luar biasa... semoga makin berjaya dan kian menginspirasi kita semua yaaa....

    BalasHapus
  41. wah asik dong yah, tapi kapan nih untuk gilirah saya :(

    BalasHapus