Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Kamis, 02 Agustus 2012

Ada Penampakan di Tungku Dapur Itu


Hari ini saya mau ikutan giveaway lagi ah. Mau ikutan meramaikan hajatan emak Winda Krisnadefa yang katanya sih tanggal 4 Agustus ini mau ultah yang ke 25 tahun. Caranya mudah kok, hanya menulis cerita tentang kenangan masa kecil kita. Nah berhubung yang lain banyak bercerita tentang pengalaman masa kecil mereka yang lucu dan penuh keceriaan. Sekarang saya mau cerita kenangan masa kecil yang menyeramkan aja ah.

Sebelum saya bercerita tentang pengalaman horor tersebut, saya akan bertanya dulu kepada anda, khususnya emak-emak yang sudah mempunyai anak. Apa kira-kira jawaban anak anda ketika mereka anda larang bermain di sungai dengan alasan sungai tersebut ada siluman buayanya?. Atau apa yang terjadi jika anda melarang mereka berkeliaran di luar rumah saat menjelang maghrib tiba dan berdalih jika itu adalah jam beroperasinya Wewe Gombel saat mencari mangsa?. Hmm. saya kira jika anda nekat melakukan hal itu pada anak anda, bukan ketakutan yang nantinya akan mereka dapatkan, tapi sebaliknya mereka akan salto ngakak guling-guling menertawakan larangan anda. Yah, di jaman modern seperti ini mana ada anak kecil yang percaya klenik dan sebangsanya. Lah wong hantunya saja sekarang sudah banyak yang jadi bintang di film-film nasional hahaha.

Saat kecil dulu ada sebuah mitos yang beredar jika barangsiapa berani tidur di depan tungku dapur sambil berbantalkan sapu lidi, besar kemungkinan setelah dia bangun akan menjumpai sebuah penampakan di tungku dapur tersebut. Nah mitos itulah yang dulu saya alami ketika masih kecil. Sebuah pengalaman yang hingga detik ini saya masih mengingat secara detail dalam otak saya.

Saya tak ingat tahun berapa tepatnya saat pengalaman itu terjadi. Seingat saya ketika itu adalah masa-masa awal saya memasuki bangku sekolah dasar. Ceritanya saat itu saya baru saja pulang dari sekolah. Karena merasa kepayahan saya  mencoba tidur-tiduran di sebuah balai bambu yang terletak di depan tungku dapur. Tanpa melepaskan seragam sekolah saya pun mulai memejamkan mata di balai bambu itu. Agar nyaman kemudian saya sandarkan kepala ke sebuah sapu ijuk kecil yang biasanya digunakan untuk membersihkan debu balai bambu itu. Lumayan empuk, begitulah pikiran saya saat itu. Balai bambu dan bantal sapu ijuk itupun akhirnya sukses membujuk saya menuju alam pikiran bawah sadar.

Tak seberapa lama kemudian saya pun terjaga dari tidur saya karena mendengar sebuah panggilan dari ruang tamu di depan.

 "Le, tolong mrene'o diluk", kata suara tersebut.

Saya pun menyahut dengan berteriak "dalem" dan menuju ruang tamu asal panggilan itu.

"Tolong njupukno penebah nang pawon yo", pinta embah kepada saya.

Saya tak menjawab dan hanya mengangguk mengiyakan perintah wanita yang akrab saya panggil Emak itu. Segera saya pun bergegas kembali menuju balai bambu tempat saya tidur tadi. Pada awalnya saya masih merasa wajar-wajar saja kondisi dapur yang tadi telah saya tiduri itu. Namun saat selang beberapa detik saya mengambil sapu lidi dan membalikkan tubuh saya ke arah tungku dapur itu, akhirnya saya tahu ada sesuatu yang  saat itu tengah memperhatikan saya.

Sejenak jantung saya terhentak dengan begitu kuat. Nyaris saat itu saya tak bisa bersuara. Hanya bisa terpaku menatap sebuah penampakan yang ada di depan saya. Sebuah mahluk yang hingga detik ini baru sekali itu saya jumpai. Jika saya deskripsikan mahluk itu lebih mirip dengan muka leak yang sering kita lihat di kaos-kaos Bali. Muka merah, berambut panjang, lengkap dengan sepasang taring dan mata yang melotot ke arah saya. Bentuk tubuh mahluk itu jika diamati tak ubahnya seperti sublukan. Tanpa tangan kaki dan nangkring bak sublukan di atas sebuah tungku dapur.

Setelah sekian detik lamanya saya beradu pandang dengan mahluk itu, akhirnya saya pun sadar jika itu adalah nyata, bukan halusinasi semata. LARI, itulah yang ada dalam pikiran saya selanjutnya. Yah, saya harus segera kabur dari dapur itu. Melupakan sapu lidi, pergi dari mahluk itu, lari dan terus berlari menuju ruang tamu tempat Emak saya tadi.

Sampai di ruang tamu saya masih tak bisa berkata-kata. Yang bisa saya lakukan hanya mengeluarkan sebuah kalimat tak jelas sambil menunjuk ke arah dapur.


"Buuu..Buuu..Buuu", itulah ucapan tak jelas yang bisa saya keluarkan sesampai di depan Emak.

Emak pun akhirnya memberi sebuah pukulan ringan di punggung saya. Hingga akhirnya saya pun bisa berteriak lepas.

"Buthoooooo...!"

Sebuah teriakan lepas yang akhirnya disusul pula tangisan saya di pelukan Emak. Emak kemudian menuju dapur dan mengambil air minum untuk diberikan kepada saya. Beliau pun kemudian membujuk saya untuk kembali ke dapur dan menunjukkan tempat mahluk tadi. Awalnya saya ngotot tak mau, tapi karena diantar emak akhirnya saya pun menyanggupi untuk kembali menuju dapur itu. Lantas apa yang terjadi disana? Hmm aneh bin ajaib. Tiada satu pun mahluk menyeramkan di dapur itu. Yang ada hanya sebuah balai bambu di depan tungku dapur yang masih nampak hembusan asapnya Seakan mereka tengah menertawakan diri saya yang baru saja berlarian bak pelari juara dunia.

Itulah pengalaman horor yang pernah saya alami ketika masih kecil dulu. Sebuah peristiwa yang sempat membuat saya selama beberapa tahun kemtdian trauma saat di dapur sendirian. Dan lucunya  justru tungku dapur tempat penampakan itu sekarang telah berubah menjadi kamar yang saya tiduri setiap hari.. Hiiiiii....




Note Translate Boso Jowo : arahkan mouse untuk melihat terjemahannya

Le, tolong mrene'o diluk
Boy, tolong kesini sebentar

Tolong njupukno penebah nang pawon yo
Tolong ambilkan sapu lidi kecil di dapur ya

Sublukan
Dandang tempat memasak nasi

Butho
Raksasa menyeramkan









Sekilas Pariwara...

85 komentar:

  1. wkwkwk.. :) pertamaks kah.. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kang, saya belum pernah bertemu dengan yang aneh2 seperti itu.. :D

      Hapus
    2. maaf kang disini hanya jualan minyak tanah :p

      poko'e kalau ketemu jangan kaget loh ya hehe

      Hapus
  2. pesen tempat dulu aja ah.. liat gambarnya nanti siang aja :D

    BalasHapus
  3. heh baca ini malem2 mau tidur kok yaa tak bayangin wujudnya, amit2 yaa allah gag mau keliatan apah2 deh, pkok e emoh liat begituan ,untung gambarnya gag tak liat om :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. begh emang napa Niar? wong cuma gambar doang kok gak gigit

      Hapus
  4. bukan sereem sam...
    yang ada malah ngakaaakkkk guling2 sampe kejegur got...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah sampean emang punya bakat jadi paranormal sam, bisa punya nyali

      Hapus
  5. wee itu foto uncle lozz waktu kecil ya? :D

    BalasHapus
  6. Hahahahaaaaa fotone lucu Mas

    BalasHapus
  7. wkwkwkwkwkw kaget tp langsung ketawa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. ketawa model jaman modern tuh mas wkwkwk

      Hapus
  8. Hi hi, coba dulu sampean punya HP kamera, difoto trus upload pasti menghebohkan foto hantu tersebut, saya menyebut hantu itu adalah "Jin Tumang" hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yo.. mungkin itu yang disebut jin Tumang yo kang

      Hapus
  9. Looooozzzzzzzzzz...
    Saya baru aja nge-klik yang itu...hihihi...itu nggak kayak leak ah, kayak tuyul malah :D

    Saya jadi lebih percaya bahwa makhluk-makhluk halus itu ada, wujudnya juga bermacam-macam tergantung apa dulu jenisnya. Ahaaa, saya pengen nulis tentang pengalaman saya juga sebenernya Lozz, tapi takut, di kamar lagi sendirian soalnya...

    Selamat ikut lomba ya, menang maneh koyoke ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo tulis aja kisahnya mbak.. kalau takut yo nulis aja siang hari atau bawa laptopnya ke luar rumah hehehe

      matur nuwun mbak..

      Hapus
  10. Weleeehhh .. kaget aku ...

    Mampir bang ..

    BalasHapus
  11. Bundo gak buka gambarnya, serem ah..

    biasanya pada anak kecil mitos macam begitu sangat melekat d bawah sadarnya
    makanya bisa muncul dalam mimpi saat tidur.

    bundo pernah mengalaminya.. dulu suka bandel make singlet kebalik.
    orang serumah kompak berulang2 bilang klo singlet kebalik entar ketemu harimau.
    suatu kali tetap memakai singlet terbalik secara sengaja, trus tidur.
    daannnn.. beneran ketemu harimau..!

    untungnya bundo gak takut sama harimau..
    klo ketemu leak spt uncle, bundo bakal jejeritan.. xixi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. loh tapi pengalaman saya ini bukan mimpi loh Bundo. Kalau mimpi mah saya sering tuh Bundo. mimpi ketemu hantu, Trio Macan ampe Dewi Persik ahahaha

      Hapus
  12. gendruo iku sam hahhahhaaaa

    BalasHapus
  13. saya langsung merinding membayangkan butho yang di lihat uncle di tungku dapur itu, udah siap-siap tutup muka aja pas buka spoilernya....eh, ternyata si thole kecemplung got to....hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe jangan ampe ditiru Zidane loh mbak dir rumah

      Hapus
  14. Aku pernah denger cerita Tungku dapur itu dari Bulik ku yang tinggal di Boyolali,.
    Ya gitu rumah Mbah kan gede, dapurny pun segede gaban plus ada amben tempat kita nungguin masak..
    Suka bilang gitu si Bulik, makanya kalo ke rumah Mbah Ga pernah berani masak sendiri hihi lihat dapurnya, menakutkan..

    Mbayangin ada Buthooo
    ahhh semoga ga pernah nemuin yang aneh2, bismillah ajah,hihi..

    What ?? sekarang jadi KAmarnya Uncle?
    Jangan2 Butho nya sampeyan Je.

    BalasHapus
    Balasan
    1. begh.. awas sampean ndiri loh teh yang ketemu Butho itu

      Hapus
  15. ahaha, potonya lebih serem dari penampakan kayaknya

    BalasHapus
  16. mengerikan...
    kalo aku yag ketemu penampakan di tungku itu
    pasti udah pingsan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi ayo Dija dibangunin tuh tante Elsa mau pingsan haha

      Hapus
  17. Om...mungkin penampakannya..
    eh hantunya itu pingin ngajak main main....

    main kelereng atau lompat tali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dija mau ajakin main lompat tali tah penampakannya? Hayooo

      Hapus
  18. aaaahhh... gambarnya bikin aku kaget!

    nggak pingin pindah kamar, Uncle? Bahaya lho.. Nanti klo si butho pengen bernostalgia, gimana? Sampeyan sanggup melayani? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar wis Teh.. sekalian kopdar dua dunia yang berbeda haha

      Hapus
  19. Gambarnya biasa aja brooo...cuman ceritanya seru tapi ngak mau nyoba ah heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja deh Bli.. gratis kok, ora mbayar wkwkwk

      Hapus
  20. huaaaa uncle lozzz, merinding chika bacanya hikss :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dibaca dong ah.. dibayangin aja nanti ketemu dia hahaha

      Hapus
  21. sorry kalau aku ngakak pas baca bu bu buthooooo :D

    katanya memang cuma nak kecil yg dilihatin makhluk halus seperti itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngakaklah sebelum ngakak itu kena pajak hehehe

      Yupz emang katanya gitu mbak El, soale anak kecil itu dosanya masih dikit, jadi katanya mudah melihat hal yang tak kasat mata

      Hapus
  22. yee yeee yeee..uncle radial penakoooooootttt huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh awas yo Mi situ pas masak muncul juga macam kayak cerita saya

      Hapus
  23. wkwkkw.. sy liat foto itu kok malah jadi inget sm postingan sy yg ini http://bundabelajarmenulis.blogspot.com/2012/08/dulu-sekarang.html

    inget pas adek sy kecebur got malem2... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi pasti dia lihat Butho kayak saya, makanya ampe kecebur got haha

      Hapus
  24. Idihh serem amat ceritanya, engga berani buka deehh =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak berani buka berarti gak kebagian takjil buka loh hihi

      Hapus
  25. :((( hoor banget...aku gk berani buka gambarnya... :'((((
    makasih yaaa udah ikuta #GABlogEmakGaoel.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mak.. senang bisa meramaikan ultahnya.. wah padahal disitu ada kado ultah buat Emak, tapi napa malah takut ngebuka ya hahaha

      Hapus
  26. saya sih percaya dengan cerita sampeyan, soalnya saya juga punya penglaman waktu kecil di liatin wujud serem kek gitu...


    fotonya bikin kaget... bawah ane jangan bukak ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh iya tah? piye mas, apa mirip dengan penampakan yang saya lihat. Jangan-jangan dia adike loh hahaha

      salam kenal mas

      Hapus
  27. Bukankah itu potret diri mas
    Kok disebut "penampakan" sih
    Semoga berjaya dalam kontes
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe matur nuwun De..

      salam hangat balik dari Jember

      Hapus
  28. untung pas aku nginep nang omahe sampean gak ketemu butone sam, hehe

    aku ada blog baru sam, boleh dong dikunjungi, salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip wis mampir tadi sam.. namanya sih yang kurang essip..

      Hapus
  29. alhamdulillah saya sudah lama tidak mengalami hal seperti itu ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengalami opo sam, Galau tah? hahaha

      Hapus
  30. bener tuh...
    perasaan jaman kecil banyak banget yang kayak gitu
    sekarang pada ngungsi kemana ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe tuh pada main pilem mereka Kang

      Hapus
  31. Udah siap2 ketakutan eeeehhh... malah ketawa geli....
    Lhaa butho khan guedeee penampakanne... eeaa gambare malah kya putune butho...

    Nanti malam ati2 liat langit dipojokan kamar yo mas... aku ngirim gendruwo lhoo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. awas mbalik ke diri sendiri loh kirimane Bun

      Hapus
  32. deg-degan buka gambarnya hehehe ternyata. apa kabar uncle? baru bisa online lagi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik mbak.. uhui bisa online lagi nih yeee.. :p

      Hapus
  33. belum bisa buka fotonya uncle, eh itu pinter buat terjemahannya
    bgmn caranya itu uncle?

    cerita mahluk halus jadi ingat cerita tanteku pernah lihat jihin (bahasa daerah utk jin) lagi sholat di mesjid ... bentuknya nggak nyeremein malah bagus katAnya tetapi tinggi i gede seatap mesjid

    BalasHapus
    Balasan
    1. puh sebagus apapun kalau besarnya seatap yo tetap menyeramkan Tante hehe.

      kapan-kapan deh saya kasih tahu carane.. tapi di WP bisa gak ya?

      Hapus
  34. ternyata mitos tidur berbantalkan sapu lidi itu hampir ada di semua derah ya, karena di makassar juga ada..namun saya belum pernah sekalipun mencobanya..., btw-itu foto anak kecebur selokan ya...kasihan banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja Pak, siapa tahu jenis penampakannya beda. Kan lain ladang lain belalang, lain daerah lain pula penampakannya hahaha

      Hapus
  35. kalo saya yang tidur di depan pawon, buthone nggak mungkin muncul, soale sesama butho sudah saling pdngertian, nggak boleh nggoda hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk itu namanya butho sopan Kang

      Hapus
  36. ha ha ha.. kok penunggu tungku dapurnya belepotan ingus dan abu dapur begitu he he..
    Suruh mandi dulu Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ogaaaah.. biar mandi sendiri aja hahaha

      Hapus
  37. hwaduh,,, :D jadiin cerpen bagus nih... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe maaf gak bisa buat Cerpen saya mbak.. bikinin dong ah

      Hapus
  38. Wekekek... Buthone, photome sopo Kang? Cilikane Kang Fiyan yow? *tolah toleh* ada kang Sofyan gak ya? :D

    Tapi tapi tapi.... buat judul koq monoton, Kang...
    # Ada rahasia di tapal batas itu...
    # Ada konspirasi di belakang warung itu... daaaannn
    # Ada penampakan di tungku dapur itu....

    Ojo baleni neh yo... bosen! wkwkwk... *mlayuuuuuuu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok aku mau bikin judul "Ada si cerewet di kotak komen itu" :p

      Hapus
    2. Wkwkwkwk...

      Daun pandan digecek watu
      wiss ah.... mlayuuuuu... :p

      Hapus
  39. Senam jantuuung. . .
    Udah tau pasti serem, tapi lha wong namanya penasaran ya tetap dibuka saja pakai pinter. huuuuuuuuuuuuuuh,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah.. ketimbang nanti kepo gak ketulungan hayoo

      Hapus
  40. hehehehe...kok fotonya sampe item gitu mas.. :D

    BalasHapus
  41. Astagfirullah Fotonya bikin kaget...kang

    BalasHapus
  42. Hahaha ... baca malem begini, jadilah agak merinding disko. Dari komen-komen yang udah saya baca, ada yang bilang lucu, ada yang kaget. Hmmm, saya buka besok pagi saja hahaha :D

    BalasHapus
  43. hantu jaman ini sudah bukan hal yang menakutkan, wong hantu sekarang banyak yang narsis dan ikutan masuk pada acara photophoto

    BalasHapus