Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Jumat, 15 Februari 2013

Kata Saya Ini Narsisis Artistik

Dari informasi yang saya dapatkan melalui sebuah forum, kata-kata Narsis itu berasal dari mitilogi Yunani. Tentang hikayat  seorang pemuda bernama Narsissus. Pemuda ini memiliki raut yang sangat tampan dan memiliki kebiasaan suka memuji diri sendiri. Selain tampan, Narcissus dikatakan memiliki hati yang tak mudah takluk oleh bujuk rayu para wanita. Berkali-kali para wanita menawarkan cinta buat dia, berkali-kali itu pula dia menolaknya. Hingga pada suatu ketika, seorang wanita bernama Echo mengutuknya saat cintanya ditolak oleh Narsissus. Dikisahkan akibat kutukan itu si Narsissus hanya memiliki rasa cinta pada bayangan dia sendiri di air kolam.

Menurut  psikologi definisi narsis itu adalah sebuah pola sifat dan perilaku yang dipenuhi obsesi dan hasrat pada diri sendiri untuk mengabaikan orang lain, egois, serta tidak memperdulikan orang lain dalam memenuhi kepuasan, dominasi, dan ambisinya sendiri. Atau kalau diringkas narsis itu over cuek alias ora ngurus.

Rasa narsis itu menurut saya perlu, sepanjang digunakan dengan porsi tak berlebihan.  Ketika seseorang mengalami krisis kepercayaan diri, mungkin saat itulah rasa narsis dibutuhkan. Sebaliknya jika digunakan dengan dosis berlebih, so pasti akan memberikan efek tak baik pada seseorang. Egoisme tingkat tinggi dan ujung-ujungnya akan membuat seseorang memiliki sifat tinggi hati.

--------

Nah, kali ini dapat undangan  Giveaway dari Una dengan tema Narsisis Artistik. Intinya kita disuruh memajang foto senarsis mungkin dan memiliki cita rasa seni menurut versi kita.

Sebenarnya beberapa hari ini saya merencanakan membuat sebuah foto unik untuk menyemarakkan gawe Una. Konsep foto saya rencananya akan berpose menunggang seekor kebo. Sebab, dengan tampang tak seberapa tampan sudah selayaknya jika foto saya meski didukung properti yang unik agar memiliki nilai artistik. Berhubung kebo disini sangat langka, yo wis terpaksa saya pajang aja foto-foto koleksi lama. Poko'e ora ngurus orang lain bilang foto tersebut tak memiliki nilai Narsisis Artistik. (sorot gambar untuk memperjelas)










Skenarionya sih ingin membuat foto levitasi ala Niar Ningrum. Tapi berhubung dibatasi pengetahuan soal dan alat pendukung foto levitasi, Jadi yo seperti ini hasilnya. Bukan foto melayang macam levitasi, tapi foto nyemplung dan nyungsep di kali.









Tidak ada yang istimewa dari foto di atas. Kecuali sedikit perlakuan efek black white dan properti berupa sepeda pancal pinjaman. Tapi eits jangan salah. Foto itu pernah jadi juara dua loh pada kontes foto di sebuah situs jejaring sosial. Ceritanya pernah saya posting di artikel "Poko'e Melu".
Entahlah, saya sendiri tak habis pikir kenapa juri malah memilih foto itu. Padahal foto bule-bule pesaing menurut saya sangat artistik dibanding foto itu. Nah, menurut anda dari sisi mana sih nilai artistik foto saya itu? Tampang modelnya yang tak seberapa tampan? Sepeda pancal pinjamannya? atau sendal jepitnya? hahaha.


Ini foto saya paling mahal ! sebab, untuk mencari latar belakang foto seperti itu harus bercapek-capek mendaki dulu "Atap Pulau Jawa" Mahameru. Posenya sih klasik, cuma gambar orang dengan style two fingers yang kuno. Tapi, latar belakang ledakan vulkanisnya itu loh yang membuat Una aja ngiri :p.

Nah kalau foto yang terakhir ini foto bonus aja. Sebenarnya itu foto unpublish alias tidak boleh dikonsumsi oleh calon-calon Marpuah. Iso mati aku rek pasarane hahaha.

 "Postingan ini dipartisipasikan di Narsisis-Artistik Giveaway."
Sekilas Pariwara...

60 komentar:

  1. Hahhaaa..potone kagak nahan Uncle..
    apalagi sing terakhir kae..
    karo sopo kuwii, Marpuah ne ayu tenan :D

    TApi aku suka yang di sepeda nooh..
    Artistik banget, jadul je :

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehm... kasih tahu enggak ya hahaha

      saya kan angkatan jadul teh wkwkwk

      Hapus
  2. essip....seng trakhir iku rek garai iri..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. begh piye iki pas backpacker kemarin harusnya nyari dong cewek cantik buat foto-fotoan :p

      Hapus
  3. wah ada kungfu dari jember nih, hebat bisa jungkir balik di sungai hehe foto itu jadi keinget waktu kecil saya dulu, kalo habis pulang sekolah suka main di sungai sampai seharian.... sukses buat give awaynya kang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Kang.. sayang ya sungai kita tak sejernih dulu lagi

      Hapus
  4. Kayane foto pertama dan kedua bukan narsis deh mas... itu nasib... wkwkwk...
    Polahmu pancen gawe ngekel mas....
    Sing dadi Marpuah isi awet enom mesti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ketimbang gak ada kerjaan Bun. Jadi bikin tingkah aneh aja akrobatik di kali hihihi

      Hapus
  5. Ihuiiii cihuiii icikiwir
    Eh mas yang di meru, kek masih muda amat yak :p :p :p
    Makasih ya mas dah ikutan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu fotoku pas ABG, sekarang kan udah remaja, baru 21 Tahun wkwkwk

      sukses kontese Un

      Hapus
  6. Itu beneran nyungsepMas qiqiqi

    Untuk poto yg menang itu, mungkin eksotik menurut jurinya wkwkwk

    Sing mahameru keren, 11-12 (kilometer) sama yang main 5 cm *edisi memojokan

    Kok gelem sih cewek cantik itu diajak foto *kabooor

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. mungkin terkesima pesona tak seberapa tampan saya mbak Esty :p

      Hapus
  7. bhuahahahahhaha,,,,,,gkgkgkggkg,,,,hihihihihi ,,owwalaaaaaahhh


    lom puas!!!


    jiaaakaaakaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. [im]http://animatedgifimages.net/wp-content/uploads/2012/07/ae64d__Laughing03.gif[/im]

      Hapus
  8. wah, untung narsis fotonya ga ketuker yaa...coba klo itu nyungsepnya bukan di kali, tp ketuker di mahameru...wkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe mungkin saya gak bisa ikutan Giveawaynya Una mas :)

      Hapus
  9. uncle pernah berambut pendek juga ternyata ya...saya pikir udah gondrong dari dulu..hehe

    poto paling bawah siapa ya....ayune rek, mirip artis..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh justru saya dulu gundul pas bayi mbak hehe

      Hapus
  10. heheheh ada yang mau ikutan levitasi ternyata, fotonye ojok ning kali om nyungsep kyok ngunu sopo sing nulungi :p

    eeh wait itu tjantik sekali fotonya yang bawah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajarin dong ah foto levitasi, biar gak main nyemplung di kali

      Hapus
  11. Narsisnya deh. . :D
    Itu yang di Mahameru koq kayak bukan kamu ya, Kanda. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begh iya tah? terlihat lebih unyu-unyu ya Dinda haha

      Hapus
  12. Hahahhaa,,, Gokil yang foto nyungsep. :))
    Hmmm,,,, iya seperti bukan kamu, Om. Yang di gunung,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini lagi.. Apakah raut wajah dia yang sedang nampak dalam foto itu Bli wkwkwk

      Hapus
  13. foto yg paling mahal itu udah kaya astronot nginjek bulan hihih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tah kesana? nanti deh saya anterin :p

      Hapus
  14. Mas, foto yg melompat ke sungai itu, yang ke-2, posenya menukik banget. Gak nyungsep ke lumpur tuh Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaline jeru mbak Evi.. Aman kok dibuat salto-saltoan

      Hapus
  15. Baru paham foto yang nyungsep itu, kayaknya waktu ambil foto ini harus dilakukan pengambilan beberapa kali, taunya dari rambut dan celana yang basah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow.. sampean emang pengamat fotografi yang jeli mbak Yun

      Hapus
  16. Keren abis poto Levitasinya tuch..!!
    KApan2 tak cobain ach !

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakukaaaan.. segera cari kali terdekat di kota anda hehehe

      Hapus
  17. Itu foto di Mahamerunya keren ya :D
    Kayak foto di balik awan, hehehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kok mas soale masih nginjek tanah tuh hehe

      makasih dah mampir mas

      Hapus
  18. weleh weleh, narsis tenan rek fotone, hehehe
    Iku mencolot nang kali ngisore gunung manggar yo cak, pas awak dewe kopdar biyen yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Kang.. tapi tetap sungai yang sama. Napa? kepingin cebur-ceburan tah? hahaha

      Hapus
  19. Foto melayangnya itu keren mas. Tapi kenapa kecil ya, diperbesar dikit lebih keren kayaknya.
    Foto terakhir, dengan siapa? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh kan bisa diZoom tuh mbak.. coba deh sorot aja dengan pointer mouse

      Hapus
  20. Mas, cuma mau nanya...
    sebelum foto kayang itu berhasil dengan hasil bagus dan sempurna, berapa kali mengalami jatuh bangun aku mengejarmu?
    hehehe..

    BalasHapus
  21. Whehehe...Marpuah asli nggak gampang cemburu kok, Lozz...
    Dan foto-foto nyemplung sawah itu, sumpah keren, pengeeeennnnn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. itu butuh berkali-kali nyemplung mbak.. ampe pegel rasane boyok :)

      Hapus
  22. ada aja ide koprol masuk air ...gokil ah....
    foto yang ada kepulan erupsi itu mengerikan, sedekat apa sih jaraknya?
    ndak deg2an uncle?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pertama kali, langsung tiarap tante pas erupsi itu muncul, apalagi ada sedikit getaran. Tapi kalau udah terbiasa malah erupsi itu yang ditunggu-tunggu buat latar belakang berfoto

      Hapus
  23. mentang2 skrg lagi rambut pendek, semua foto yg di tampilinnya kok pendek semua fotonya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh itu foto jadul buanget loh teh.. kalau gak salah saat saya masih aktif di dunia infotainment qkqkqk

      Hapus
  24. Ketahuan ya kalo uncle Lozz suka mandi di kali wuehehe....

    Ini marpuah nya uncle waktu masih ABG yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pssst.. Ojo rame-rame mbak, cewek itu asline turis Tiongkok yang saya paksa foto bareng.. Ojo rame-rame loh ini RAHASIA hahaha

      Hapus
  25. kenalin dong marpuah yang itu uncle :)

    BalasHapus
  26. terpesona dengan gaya bebasnya nybur ke Kali itu...kira2 adegan ulang gak tuh?

    #itukah sang Marpu'ah?

    BalasHapus
  27. Wow .. foto fotonya keren mas
    Semoga menang ya GA nya

    BalasHapus
  28. eh...keren bgt lho uncle foto pertama itu, aku sukaaa...keliatan bayangannya di air, keren deh ;)

    BalasHapus
  29. Biarlah foto levitasi yang gagal itu ...
    Biarlah foto black and white sepeda pancal itu ...
    yang jelas ... si Essip sudah menemukan Marpuah versi import ...

    hahaha

    Calon-calon marpuah yang lain kecuutt ... cemberut ... cembokur ...

    Salam saya Sip

    BalasHapus
  30. ha ha ha ha keren dan narsis, gak diragukan lagi!

    BalasHapus
  31. hehe.... yg terakhir paling artistik alias artisnya ada yg cantik...hehe...

    BalasHapus
  32. Super sekali bang Essip bisa terbang di atas air... Ajarin dong. :p

    BalasHapus
  33. fotone keren Kang... yang kurang cuma pas nyungsepnya aja tuh hahaha

    BalasHapus
  34. wah... udah berkeluarga yah? fotonya keren2 dah

    BalasHapus
  35. narsistik itu udah gangguan psikologi #eh :P

    BalasHapus
  36. wiihh.... fotone kaya pendekar nyungseb

    BalasHapus