Monggo Pinarak..!

Lozz Akbar

Blog seorang pencinta alam di sebuah kota kecil bernama Jember

Kirim Email

Selasa, 23 Juli 2013

Jangan Rampas Dunia Kecil Mereka

HORRE MAGRIB TLAH TIBA. WAKTUNYA BERBUKA. TEMAN - TEMAN MASIH BERPUASA KAN?. AKU SENANG KALAU SUDAH BERBUKA PUASA. KARENA BANYAK MAKANAN YANG DIMASAK IBU. ADA KOLAK PISANG DAN ES DAWET. AKU JUGA SENANG KARENA IBU SERING MEMASAK MAKANAN KESUKAANKU YAITU TEMPE GORENG.
KALAU AKU MAKAN BIASANYA KUCINGKU SELALU MENGIKUTIKU. TERUS  TERIAK MEONG. TERUS MENGEJAR AKU. TERUS MEMINTA TEMPE GORENGKU. TERUS AKU KASIH SEDIKIT TEMPE. KARENA KATA IBU AKU HARUS SAYANG PADA HEWAN. KARENA JIKA AKU SAYANG HEWAN KATA IBU ALLAH JUGA AKAN SAYANG AKU. TEMAN - TEMAN SELAMAT BUKA PUASA YA. DAN JANGAN LUPA BACA DOA SEBELUM MAKAN.

D
ulur blogger sengaja hari ini saya ingin menulis dengan cara tak seperti biasanya. Sengaja saya meniru gaya Fauzan dan Pascal saat menulis apa yang mereka pikirkan. Sebab, hari ini saya juga ingin turut merayakan hari berbahagia mereka dan juga seluruh anak di nusantara. Yah, 23 Juli hari ini, harinya anak-anak Indonesia.

Jika ada pertanyaan seperti apa nasib bangsa kita beberapa puluh tahun ke depan. Mungkin jawabannya tergantung tentang bagaimana cara kita mendidik anak-anak kita. Sebab, merekalah yang nanti akan menjadi pengendali negeri ini. Ambruk tidaknya bangunan bernama Indonesia, semua tergantung generasi yang lebih tua saat membangun pondasi pendidikan pada anak-anak mereka. Anak ibarat kertas putih, dan soal warna terserah kita semua mau menuliskannya. Jadi, jika suatu saat nanti ada yang salah dengan anak-anak kita, mungkin itu tak mutlak salah mereka. Tapi, salah kita pula sebagai pelukis akhlaknya.

Zaman sekarang mungkin tak sama dengan masa kecil saya dulu. Si Unyil sudah hilang perlahan-lahan, terganti aneka kartun impor yang lebih menawan. Gobak sodor, petak umpet, patik lele, dakon, engkleng tak lagi dimainkan, sebab sudah banyak mainan teknologi canggih dan serba instan. Anak-anak sekarang seakan kebingungan untuk mencari sosok idola. Mereka sudah tak punya lagi lagu kebangsaan menurut usia mereka. Ya, ABG dan anak kecil sekarang serasa sulit saja dibedakan saja. Tiada lagi lagu dan idola versi anak-anak, karena polah keong racun dan artis dewasa yang direcoki orang tua mereka.

Permainan masa kecil kita memang sederhana dan nyaris tak berbau teknologi. Tapi, justru sarat pelajaran yang membentuk kepribadian kita nanti. Tentang kratifitas, kesetiakawanan hingga efek yang harus kita terima jika suka bermain culas. Tidak, saya tak sedang menyalahkan teknologi yang ada sekarang. Anak-anak modern butuh teknologi itu. Tapi, harus ada filter dan kontrol saat mereka menggunakannya. Orang tua, itulah benteng terakhir mereka. Menimbang, mengontrol bahkan jika perlu melarang jika ada sesuatu yang dianggap belum waktunya dikonsumsi anak-anak mereka.

Semoga saja hari anak-anak nasional ini tak semata  seremonial saja. Tapi, juga menjadi momentum bagi kita semua untuk membenahi pendidikan anak-anak Indonesia. Bukan hanya sebatas pendidikan di sekolah saja. Tapi, berilah mereka atmosfer sesuai dengan dunianya. Sebab, masa kecil hanya sekali saja terjadi dalam hidup kita. Jadi jangan rampas dunia kecil itu sebelum waktunya.

Note : Selamat hari anak-anak nasional buat anak-anak Indonesia.Selamat yo Le dan Genduk, semoga kelak kalian bisa menjadi generasi hebat kebanggan bangsa. Mungkin hanya sebatas slide video ini sebagai kado di hari berbahagia kalian semua. Sebagai ucapan terima kasih untuk warna-warni inspirasi dari kalian semua. Yah, mungkin inilah salah satu bentuk balas budi saya. Sebab, tanpa kalian semua, Uncle Lozz mungkin tiada pernah ada di ranah maya.

close
cbox

Sekilas Pariwara...

71 komentar:

  1. semoga anak-anak Indonesia tidak menjadi dewasa sebelum waktunya tiba....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin.. tumbuh berkembang dengan masa kecil yang wajar seperti biasanya ya Pak

      Hapus
  2. Jadi inget masa kecil.. Hadeu.. Uncle bikin mataku sembap nih..

    Selamat hari anak nasional juga, Uncle.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.. mungkin jadi tugas kita nanti mbak kalau udah punya anak.. Mendidik anak-anak kita sesuai dengan jamannya

      makasih mbak Damae.. ojo nangis dong

      Hapus
  3. wiis.. Uncle emang top markotop dah....
    kreatifitasnya oke banget... salam dari Devon

    BalasHapus
  4. Selamat Hari Anak Nasional 2013!! ^_^
    Saya sendiri juga agak prihatin kalau ngelihat sebagian anak sekarang yang kebanyakan sudah terpengaruh dengan pola-pola kebiasaan orang dewasa..
    Kesannya malah jadi gak seperti anak-anak.. dan anehnya kok bangga dikatain mirip orang dewasa yaa..

    Uncle Lozz ini jago buat video yaa.. Keren!!
    Btw, itu pakek software apa yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak jago kok mas.. Cuma memaksimalkan software Ulead.. Coba deh. semua pasti bisa

      Hapus
    2. Oooh pakek Ulead yaa.. Ntar saya cari deh.. ^_^

      Kemarin pernah juga nyoba2 buat video begini,, tpi pakek ProShow Gold..
      Menurut mas lebih lengkap dan bagus yg mana yaa fiturnya??
      Ada juga kan Pinacle..

      Hapus
  5. Ih uncle nyontek cara nulisnya Fauzan... :P

    Makasih, semoga anak2 Indonesia bisa menikmati dunia ini seutuhnya dan mewarnainya dengan warna pelangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fauzan kan pinter, jadi wajar kan saya contek Bibi

      Hapus
  6. Selamat hari anak , semoga anak-anak Indonesia selalu mendapatkan perhatian dan kasih sayang selalu. Semoga uncle selalu disayang oleh keponakan2nya dan juga anaknya nanti ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. nitip sun sayang ah buat Pascal dan Alvin

      Hapus
  7. semoga semakin banyak anak Indonesia yang bs tersenyum krn masa kecilnya tdk terampas. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. beruntung deh Keola dan Naima, punya orang tua yang bisa menyeimbangkan teknologi dengan pendidikan lewat alam..

      Hapus
  8. Aku juga panggil Uncle Lozz, hehehe. Jaman semakin maju, dan permainannya pun semakin canggih, semua tergantung ortu untuk mengawasi dan mengarahkan ke jalan yang essip :)

    Selamat Hari Anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah mungkin nanti bisa dikau praktekkan Kang. Kan bentar lagi si kecil bakalan njumbul..

      Hapus
  9. Selamat Hari Anak Indonesia

    Kebahagiaan anak-anak adalah kebahagiaan orang tua dan mungkin kebahagiaan bagi orang lain juga... #essip

    Nuwun Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo Kang.. ada istilah "bapak polah anak kepradah". Nah, kalau nanti anak kita berulah, yo orang tua juga yang susah

      Hapus
  10. setiap tahun diperngati
    tapi sekedar peringatan semata
    anak-anak kita masih saja banyak yang hidup di jalanan tanpa punya masa kanak-kanak yang semestinya mereka nikmati. hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. He-eh Kang.. semoga ke depan pemerintah peduli dengan anak-anak itu yo.. Kan ada aturan mainnya juga katanya jika anak terlantar itu urusan negara

      Hapus
  11. Jika ada pertanyaan seperti apa nasib bangsa kita beberapa puluh tahun ke depan. Mungkin jawabannya tergantung tentang bagaimana cara kita mendidik anak-anak kita.

    Setuju sekali. Ini yang membuat saya merasa tanggung jawab sebagai orangtua itu amat berat. Saking beratnya sampai2 saya bisa nangis2 kalo berdo'a, minta diberi kekuatan dan diberi kebaikan utk anak2. Mas Lozz, pemahaman berkeluarganya sudah baik sekali lho mas. Tinggal tunggu realisasinya :)

    Permainan anak2 dulu, menurut saya - sejalan dengan pendapat mas Lozz, membentuk karakter yang utuh bagi anak. Karena ada banyak interaksi dengan sebaya di situ. Di situ anak belajar "hidup" dan berperan di antara orang lain dalam level mereka, belajar memecahkan masalah, dan belajar memimpin dan dipimpin. Permainan sekarang cenderung membuat anak lebih individualis.

    Sip deh mas Lozz ... tulisan yang amat dalam dan keren ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe setelah bulan sebelas kok. :p


      Insya Allah di tangan mbak Mugniar, mereka akan jadi generasi andalan, tapi berdoa juga wajib ya mbak. Karena kita pun tak tahu apa yang nanti terjadi dengan anak-anak kita

      Hapus
  12. terima kasih om lozzakbar....azif sudah ada di pilemnya om lozz....kueren deh.... mantapppppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. heran kok saya rasane akrab banget dengan Azif ya pak hahaha.. Jadi kalau liat pak Necky, pasti inget Azif

      Hapus
  13. Haha..mauntepp nih Uncle Lozz... setuju dengan ini "jika suatu saat nanti ada yang salah dengan anak-anak kita, mungkin itu tak mutlak salah mereka. Tapi, salah kita pula sebagai pelukis akhlaknya."
    Sebagai bagian dari caraku mendidik karakter anak2ku, sampe sekarang pun aku tidak memperbolehkan anak2ku menonton sinetron Indonesia... (termasuk Bundanya pun aku larang haha)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dilarang dong Kang. tapi cukup difilter aja mana yang cocok bagi keluarga kita..

      Hapus
  14. Akmal berteriak gembira, potonya tampil di pidio Uncle.

    Adalah tugas dan kewajiban kita orang tua mendidik, membimbing dan mengantarkan anak menju kedewasaan yang setiap langkahnya disesuaikandengan tumbuh kembangnya. Semoga kita dilmpahkan kekuatan dan kemudahan menjalan amanah itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe salam buat Kaji Cilik si Amal yo Kang.. ganteng deh kayak bapake, tapi masih kalah jenggot aja hahaha

      Hapus
  15. selamat hari anak, uncle. *eh, telat yak*
    jadi kapan punya anak sendiri nih? moga secepatnya yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. kamu juga semoga secepatnya.. biar enggak galau dan bisa move on hahaha

      Hapus
  16. Aku prihatin dengan para ortu jaman sekarang, uncle.
    Banyak yang mengajarkan anak untuk mengutamakan pemenuhan keinginan anak. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting sampean ora mbak..

      Hapus
  17. jadi kepingin liat anak anak kecil yang mainan di kebun dan dijalanan atau bermain di hutan seperti kisah si bolang (bocah petualang)

    semoga di jaman ini permainan anak anak tempo dulu nggak hilang begitu saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pemerintah perlu menghidupkan permainan anak-anak itu lagi Sam.. Dengan membuat semacam festifal dolanan anak tradisional

      Hapus
  18. ya allah emaknya yang punya anak malah lali ki piye...ini om-nya yang masih single malah eling dan nulis "khusus" suwun om..tulisannya ini jadi reminder..emaknya ini sering kali masih suka merampas dunia indah mereka dengan disuruh belajar ini itu..hhehehhe....emaknya masih sering kena "peer pressure" halah opo kuwi..maksudte komunitas emak emak ...yang saling membandingkan anakku udah bisa ini lho..anakku usianya segini udah pinter ini lho...aduh tertekan juga kan...pada akhirnya ingin anaknya at least bisa seperti itu..*hedeh..tobat wis saiki santai santai bae...karena anak anak itu unik dengan segala kemampuan dan perbedaannya...mereka punya kelebihan masing masing...
    suwun remindernya yah om..:) Selamat hari anak buat semua anak di indonesia dan di dunia..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo lah.. masig-masing anak ada kelebihan dan kekurangan. Jadi ojo sawang sinawang dengan anak orang deh.. Kinan still a biutipul little girl kok :)

      Hapus
  19. Uncle, aku terharu pisan euy dengan tulisan ini. Pertama kalinya dengan melihat videonya yang bener-bener bikin geleng-geleng. Uncle sungguh konsen terhadap Anak Indonesia, mulai dari lagu-lagu anak kemudian tulisan ini hingga videonya. Aku cuma bisa angkat jempol dan bilang : teruskan perjuanganmu yang memiliki arti luar biasa.

    Kelak, anak-anak yang ada di video uncle inilah yang mampu memberikan jawaban tentang Indonesia beberapa puluh tahun lagi. Inza Allah uncle, aku akan mendampingi Faiz, memberi contoh yang baik serta memberikan harta yang tak kan bisa dibayar : Kasih sayang, iman dan sifat positive.

    Sukses ya uncle untuk semua yang kau kerjakan dan menjadi berkah, aamiin.

    Salam
    Astin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah jika misal anak-anak yang ada di video itu sebagian aja jadi blogger, kan keren mbak.. semacam reuni hihihi.

      salam metal deh buat Faiz

      Hapus
  20. Selamat hari anak nasional untukku, untuk teman temanku dan untuk anak anakku di seluruh Indonesia. Andai ada qwuantum leap, Aku mau balik ke masa kecilku dulu. Karena dari sanalah semuanya berakar, jadi mau memperbaiki kesalahan di masa kecil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. sayang masa kanak-kanak hanya terjadi sekali mbak. Tapi setidaknya pengalaman di masa kecil itu bisa sampean terapkan pada anak-anak di rumah

      Hapus
  21. semoga anak-anak Indonesia bisa semakin memajukan negeri tercinta kita ya.. mengharumkan nama bangsa.. amin..

    Uncle Lozz.. saya lagi keasikan cari-cari sekolah SD buat Vania... hihihi... Hidup anak-anak Indonesia..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik.. kabari loh kalau udah dapat sekolah..

      Hapus
  22. selamat hari anak nasional uncle... smoga tambah pinter yah #eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe selamat hari anak juga.. smoga makin pinter juga mbak hahaha

      Hapus
  23. pasukan kecil yg lucu2 ...insya Allah dewasa jadi kebanggaan para blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada diantaranya yang jadi blogger Tante..

      Hapus
  24. Selamaat Hari Anak Unclee..
    Makasih ya Videonya..
    #kataolive

    BalasHapus
  25. Selamat hari anak2. . .
    Saya juga masih anak2 lho. . :D

    BalasHapus
  26. selamat hari anak anak juga ya Om... harinya Dija ya??
    kan Dija anak anak

    kalo Om lozz akbar??? gak punya hari yaa???

    kan gak ada hari Om ???

    BalasHapus
  27. Waaaa... si Kang Lozz bikin postingan khusus nih buat anak2 Indonesia. Wow, keren... semoga Kang Lozz tetap jadi uncle kesayangan anak2 ya? BTW... kapan uncle jadi bapak ya? :D Aku doain secepatnya ya....

    Ituuuu bagaimana buat pideo-nya Kang? Ajarin dong... keren banget lo.
    Salam dari Shasa nih... Kapan Uncle maen2 ke Madiun ya?

    BalasHapus
  28. aiih...lucu2nya keponakan si uncle ini... calon blogger mendatang :)
    salut, Cak!

    BalasHapus
  29. Bangga dengan masa kecilku meski tak dapat menikamati kebebasan bermain di luar....

    BalasHapus
  30. Semoga harapan uncle dan kita semua dapat terwujud.
    Setuju sama uncle, semoga bidang pendidikan ada perbaikan yang menyeluruh. Sedih kita mendengar dalam buku saja harus tercantum hal-hal yang belum layak dilihat anak.
    Makasih Uncle.
    Salam

    BalasHapus
  31. Permainan kasti, gobak sodor,sunda manda,lompatkaret, bekel, itu mainanku waktu kecil..sekarang anak-anakku mainnya game, untung masih mau sepedaan, kejar-kejaran sama temannya, main masak-masakan..lumayan biar nggakdi dalam rumah terus

    BalasHapus
  32. Selamat Hari Kecil Unkle..padahal wis gede haha

    BalasHapus
  33. Seelamat hari anak nasional. Semoga mereka dapat melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia di masa mendatang

    BalasHapus
  34. Anak-anak kita harus melek IT, dengan pengawasan orangtua dan guru!

    BalasHapus
  35. iya uncle...:)
    salam juga dari Umar dan Azkiya :)

    BalasHapus
  36. jadi kangen masa2 kecil dl.. mainannya masih bareng dan fisik.. g kayak jaman sekarang maennya malah di dunia digital :)

    BalasHapus
  37. ingin rasanya bisa balik ke jaman dulu pas saya masih sekolah di desa.
    walopun dibilang kampung tapi kami tak pernah kalah dengan anak kota.
    kami punya permainan yang tak kalah seru dengan mereka. tiap malem maen petak umpet trus ada yg sembunyi di kandang burung diatas pohon. main betengan, lompat tali, congklak. tiap sore ngaji di TPQ sampe maghrib. mancing bareng,

    haduh rasanya sekarang semua sudah terangkum jadi satu yaitu gadget, kasian ya anak sekarang. besok anakku tak kasih mainan kuno aahhh...

    BalasHapus
  38. saya taunya ada hari anak nasional pas udah gede mas, pas masih anak-anak dulu belum paham kalo ada hari anak. hehe telat deehhh

    salam buat ponakannya :)

    BalasHapus
  39. selamat hari anak nasional uncle :D

    BalasHapus
  40. Selamat hari anak uncle, semoga anak anak sekarang masa depannya makin cerah.

    BalasHapus
  41. Terimakasih uncle.... semoga saya bisa mengantarkan Alfi menjadi anak yang sholihah, Amin....

    BalasHapus
  42. Biar telat asal ucap selamat :D *Selamat Hari Anak-Anak se ... blogosphere deh yaaa <3

    BalasHapus
  43. smg semua anak Indonesia bisa sekolah & menikmati masa kanak2nya dengan riang serta nyaman..berharap banget..
    selamat hari anak indonesia.. hidup uncle !!.. *eh :D

    BalasHapus
  44. pasukannya uncle lucu2 bangeeeeeeeeettttttttttt

    BalasHapus